Penyebab voltase turun bisa diakibatkan oleh berbagai hal, mungkin Anda pernah mengalami kondisi serupa dan ingin mengetahui solusinya. Saat listrik  mati tentu saja aktivitas menjadi berhenti, dengan begitu rutinitas menjadi terhambat dan merugikan jika terjadi terlalu sering.

Maka dari itu Anda perlu mencari tau apa penyebabnya, apakah kondisi voltase turun ini memang berasal dari pemadaman yang dilakukan pihak PLN, atau hanya terjadi pada tempat Anda saja, dengan begitu akan lebih mudah menemukan solusinya.

Ada berbagai kemungkinan penyebab voltase turun, kami akan mengajak Anda mencari tau apa yang sebenarnya terjadi. Biasanya salah satu penyebab kondisi ini terjadi, karena beban listrik yang ditanggung tidak memadai sehingga Anda harus menaikkan tegangan.

Itu semua bisa dilakukan dengan menghubungi PLN, dan ada tahapan perlu dilalui yang akan kami berikan informasinya untuk Anda. Kami juga menyediakan beberapa pilihan solusi, yang barangkali bisa menjadi cara terbaik dalam mengatasi kondisi listrik padam.

 

Inilah 7 Penyebab Voltase Turun

Trafo listrik rumah

Voltase turun memang tidak bisa diprediksi, karena penggunaan listrik sepertinya tidak akan lepas dari kehidupan manusia. Maka dari itu pemadaman yang terjadi pasti akan merugikan manusia, terlebih lagi pada perusahaan karena kegiatan industri bertambah.

1. Jarak antara Rumah dan Gardu

Salah satu penyebab utama dari kondisi ini adalah karena jarak terlalu jauh, antara rumah dan gardu. Dengan begitu jaringan kurang stabil yang membuat tegangan mengalir secara tidak rata, jika kondisinya seperti ini biasanya dibutuhkan Trafo agar aliran daya stabil.

2. Gardu Listrik Menanggung Beban Berlebih

Berapa voltase yang normal? Standar PLN di Indonesia ialah 220 volt, jika lebih dari standar tersebut maka bisa saja hal tersebut membuat voltase menurun. Jika beban daya gardu tidak dapat ditanggung, maka pemadaman dapat terjadi.

3. Konsleting

Penyebab lainnya adalah konsleting atau hubungan arus pendek, kondisi ini cukup berbahaya jika terjadi pada hunian. Biasanya disebabkan karena cuaca atau bencana alam, yang membuat jaringan supply tidak dapat menyalurkan tegangan listrik ke berbagai gardu.

4. Gangguan Listrik di Rumah

Penyebab voltase turun berikutnya ialah gangguan listrik di rumah, kondisi ini tidak berkaitan dengan gardu atau PLN. Melainkan masalah sebenarnya terjadi pada instalasi Anda, seperti kebocoran arus atau kelebihan beban pada muatan daya.

5. Fluktuasi Beban

Fluktuasi beban bisa menyebabkan tidak stabilnya daya listrik, seperti halnya jika pembangkit listrik masih menggunakan energi air (PLTA). Maka saat musim kemarau tiba, aliran akan melemah karena tidak cukupnya arus air untuk menghasilkan daya.

6. Penggunaan Material Tidak Sesuai Standar pada Kabel Listrik

Banyak sekali penyebab voltase turun yang mungkin sedang dialami, namun penggunaan material yang tidak sesuai standar juga bisa menjadi salah satu penyebabnya. Pastikan Anda menggunakan material berkualitas pada instalasi listrik, agar kerusakan dini dapat dicegah.

7. Kerusakan pada Jaringan Listrik PLN

Penyebab lainnya ialah pada sumber listrik berasal, jika permasalahan terjadi di PLN itu sendiri maka Anda harus sabar menunggu perbaikan tersebut selesai. Bisa juga menggunakan mesin pembangkit listrik tambahan seperti genset, agar pasokan daya tetap bisa terpenuhi.

 

Baca juga : Distributor Schneider Harga Bersaing Jakarta

 

Begini Cara Mengatasi Gangguan Voltase Turun di Rumah

Jasa Instalasi Listrik Perusahaan Terbaik Jakarta

Bagaimana cara mengatasi voltase listrik naik turun? Terdapat beberapa opsi yang bisa diterapkan, agar kondisi voltase turun tidak terjadi kembali. Baik menggunakan peralatan tambahan, ataupun menaikkan tegangan, semuanya kembali lagi pada keputusan Anda.

1. Cari Penyebab Masalahnya

Tentu saja langkah utama dalam mengatasi gangguan yang terjadi adalah, mencari tau letak permasalahannya. Apakah dari instalasi di rumah atau PLN, Anda bisa menggunakan Multitester, yaitu alat yang digunakan untuk mengukur lebih dari 1 besaran arus.

2. Mengurangi Impedensi pada Sistem Listrik

Penyebab voltase turun bisa diakibatkan oleh berbagai hal, tapi solusi yang bisa diterapkan adalah dengan mengurangi impedensi pada sistem listrik. Misalnya memperbaiki luas penampang kabel, menaikkan size transformer, atau mengurangi panjang kabel rangkaian.

Anda juga bisa mengatur setting tap trafo atau menambah voltage regulator, cara ini cukup efektif untuk meningkatkan tegangan energi.

3. Mengurangi Kebutuhan Listrik

Solusi berikutnya yaitu mengurangi kebutuhan listrik, temukan alat elektronik dengan voltase paling tinggi. Jika tidak menggunakannya terlalu sering, maka tentukan peralatan apa yang perlu dikurangi penggunaannya dan akan lebih baik jika tidak digunakan secara bersamaan.

4. Menggunakan Stabilizer

Solusi berikutnya menggunakan stabilizer, yaitu alat yang berfungsi menjaga agar tegangan tetap stabil atau normal. Stabilizer bisa Anda manfaatkan apabila tegangan di rumah tidak stabil, yang menjadi penyebab voltase turun.

Bisa menggunakan stabilizer rendah AC, untuk menyeimbangkan arus pada alat elektronik skala rumah tangga ataupun industri. Stabilizer bisa menjadi pilihan Anda, namun jika membutuhkan alat yang juga bisa menyimpan energi maka bisa menggunakan UPS.

 

Menaikkan Tegangan Listrik Bisa Dilakukan di Kantor PLN

Mengatasi penyebab voltase turun bisa dilakukan dengan menaikkan tegangan, apabila penyebab dari kondisi tersebut memang karena beban daya berlebih. Kantor PLN memang menyediakan layanan ini, bagi Anda yang ingin menambah tegangan sesuai kebutuhan.

Langkah pertama adalah menyiapkan persyaratan yang dibutuhkan, mulai dari fotokopi KTP pemohon, denah lokasi bangunan, fotokopi rekening listrik terbaru dan materai. Anda dapat melakukan pengubahan daya PLN secara online melalui aplikasi agar lebih praktis.

Tapi Anda tetap menghubungi kantor unit PLN terdekat, lalu membawa berkas persyaratan yang telah kami sebutkan ke kantor PLN tersebut. Kemudian sampaikan maksud kedatangan Anda, yaitu untuk mengurangi atau menambah daya listrik.

Kini pertanyaan Anda seputar bagaimana cara menaikkan tegangan listrik? Telah terjawab dan mudah untuk diterapkan bukan, nantinya Anda juga perlu melakukan pembayaran di loket, dengan begitu Anda tidak akan mengalami lagi voltase turun karena beban listrik.

Anda tetap bisa menerapkan cara ini melalui aplikasi, hanya saja untuk beberapa orang yang masih terkendala jaringan internet akan sulit mengikutinya. Setelah menerapkan cara ini, maka tidak akan terkendala lagi dalam urusan instalasi listrik.

 

Menjaga Instalasi Listrik di Rumah agar Voltase Tidak Turun

Kontraktor Listrik Berkualitas Jakarta

Pemadaman memang tidak menguntungkan bagi siapapun, maka dari itu ketahui apa saja yang menjadi penyebab voltase turun. Namun selain itu Anda juga wajib mengetahui, bagaimana menjaga agar instalasi listrik di rumah bisa terawat dengan baik.

Dengan begitu instalasi tidak mudah rusak, dan pastinya Anda bisa mengetahui kerusakan sejak dini. Anda bisa memulai dengan memastikan bahwa instalasi terpasang dengan baik, dan pastinya dalam keadaan benar dan aman.

Pemeriksaan rutin perlu dilakukan, untuk mencari tau apakah masih layak digunakan atau sudah diperlukan rehabilitasi. Anda perlu menggunakan peralatan listrik dengan daya yang tepat, dan sesuai kapasitas daya yang hendak digunakan

Hal ini termasuk menjadi salah satu penyebab voltase turun, dimana penggunaan peralatan yang kurang memadai tetap digunakan. Kelebihan beban bisa memicu konsleting, dan bisa berbahaya dan memicu kerugian lebih besar.

Apabila instalasi telah terpasang lebih dari lima tahun, maka kami sarankan untuk mendapat rehabilitasi. Pastikan juga bahwa pemasangan juga rehabilitasi instalasi hanya dilakukan oleh seorang profesional, dan pastinya sudah terjamin kompeten pada bidangnya.

Mikmar Gracindo mampu memberikan pelayanan terbaik untuk Anda, selain itu kami juga menyediakan berbagai pilihan produk listrik yang Anda butuhkan. Hubungi kami segera agar Anda bisa mendapatkan informasi lebih lengkap, melalui WhatsApp dibawah ini.

Kini Anda tidak perlu khawatir jika listrik padam tanpa sebab, padahal rumah atau lingkungan sekitar tidak terjadi pemadaman. Memang penting untuk mencari tau penyebab voltase turun, agar Anda bisa menemukan solusi terbaik.

Mikmar Gracindo menyedikan layanan Panel Listrik Schneder, Low Voltage (LV) Panel, Medium Voltage (MV) Panel, Trafo Step Up, Trafo Step Down, Genset Control Panel, Lighting Panel dan panel listrik lainnya dapat menghubungi Mikmar Gracindo.

Baca juga : Distributor Schneider Jakarta Kualitas Mutu Terjamin