MCC panels adalah salah satu jenis panel listrik yang digunakan untuk mengontrol dan mengoperasikan motor listrik di suatu pabrik atau industri. Panel ini sangat penting untuk menjaga keamanan dan keandalan sistem listrik industri

Oleh karena itu, penting bagi setiap perusahaan untuk memilih panel MCC yang tepat untuk memenuhi kebutuhan produksinya. Selain perusahaan atau industri besar, instalasi bangunan lain yang membutuhkan sistem listrik kompleks juga bisa menggunakan jenis panel ini.

Namun secara lebih rinci, tahukah Anda apa itu panel MCC? Agar tidak salah pilih jasa instalasi, sebaiknya pahami lebih dalam sebenarnya MCC itu apa, fungsinya apa saja, serta bagaimana cara kerjanya.

Kemudian, Anda bisa mempertimbangkan bagaimana kiat-kiat memilih jasa instalasi panel MCC terbaik, terpercaya, dan berpengalaman. Dengan memilih layanan terbaik, Anda bisa mengontrol, mengatur, dan melindungi motor listrik di bangunan Anda secara lebih aman.

Apa Itu Panel MCC (Motor Control Center) serta Fungsinya?

jasa pemasangan listrik baru

Pada dasarnya, MCC panels (Motor Control Center) atau Panel Pusat Kontrol Motor adalah sejenis panel yang dibangun dari komponen pengontrol. Perangkat ini biasanya digunakan untuk mengoperasikan beberapa motor listrik sekaligus atau secara bersamaan.

Karena kelebihan tersebut, panel ini banyak digunakan untuk menjaga kinerja dan keamanan sistem listrik industri. Oleh karena itu, pemilihan panel MCC yang tepat adalah langkah penting untuk memastikan produksi yang efektif dan efisien.

Jadi, sebenarnya apa fungsi MCC? Sesuai definisi di atas, fungsinya adalah untuk mengoperasikan motor listrik. Namun secara lebih spesifik, perangkat ini dapat berfungsi sebagai pengontrol untuk menjalankan motor listrik, sekaligus mengatur dan melindunginya.

Dengan komponen ini, Anda dapat penggerak motor pada suatu sistem produksi secara efisien dan aman. Untuk menjalankan fungsinya tersebut, MCC Panels ditunjang oleh beberapa bagian utama, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Busbar: bagian ini terdiri dari bahan yang konduktif dan digunakan untuk mengalirkan listrik dari panel listrik utama ke komponen motor.
  2. Starter: merupakan bagian yang berfungsi untuk mengontrol dan mengoperasikan motor listrik dengan mengatur kecepatan, arah, dan jumlah daya yang dibutuhkan.
  3. Circuit Breaker: komponen ini bertanggung jawab untuk memutuskan arus listrik jika terjadi gangguan listrik atau overcurrent.
  4. Transformer: bagian ini digunakan untuk menurunkan tegangan listrik dari panel listrik utama ke level yang lebih rendah sehingga sesuai dengan kebutuhan motor.

Jadi, MCC Panels merupakan perangkat yang sangat penting dalam sistem kelistrikan untuk produksi dan industri. Hal ini karena panelnya dilengkapi oleh berbagai komponen elektronik yang berfungsi untuk mengendalikan penggerak motor pada suatu sistem produksi.

Dengan menggunakan panel ini, Anda bisa lebih diuntungkan karena efisiensi operasi motor yang lebih tinggi, penghematan biaya dan waktu serta operasi yang lebih aman. Apalagi, MCC memiliki kemampuan untuk memantau sistem produksi secara real-time.

Baca juga : Mari Mengenal Apa Fungsi MCC Panel di Dunia Industri

Prinsip Kerja MCC Panels dalam Sistem Kelistrikan

Supplier Panel MCC Murah Jakarta

Dari aspek prinsip kerja, Motor Control Center Panels bekerja dengan menggunakan sistem kontrol motor listrik. Sistem ini dirancang untuk mengontrol motor pada sistem kelistrikan dengan baik dan efektif.

Komponen utama dari MCC Panels adalah kontaktor. Kontaktor berfungsi untuk menghubungkan dan memutuskan arus listrik yang mengalir pada motor. Selain itu, terdapat sistem proteksi untuk melindungi kerusakan motor jika terjadi arus berlebih.

Dengan menggunakan panel MCC, Anda bisa memperoleh berbagai keuntungan, baik bagi operator maupun industri. Di antaranya yaitu dapat menghemat waktu dan biaya karena pengaturan motor dan sistem produksi yang terintegrasi.

Selain itu, MCC panels juga memberikan efisiensi lebih tinggi dalam operasi motor karena komponennya dirancang untuk bekerja secara sinergis dan dapat digunakan untuk mengendalikan motor-motor yang berbeda.

Artinya, perangkat ini memungkinkan operator untuk memonitor dan mengendalikan motor dari jarak jauh. Selain itu juga bisa memungkinkan sistem operasi lebih aman karena sistem pengendalian MCC Panel dilengkapi dengan pengamanan yang ketat.

Contoh Electrical Motors Controller di MCC Panels

Untuk menjalankan prinsip kerjanya, Motor Control Center Panels dilengkapi oleh electrical motors controller. Yaitu perangkat yang bisa mengkoordinasikan performa dari sebuah motor listrik. Berikut ini beberapa contoh electrical motors controller di panel MCC:

1. Star-Delta Connection

Yaitu suatu metode penghubung motor listrik yang mengubah koneksi motor dari star (bintang) menjadi delta (segitiga) setelah motor berjalan dengan kecepatan rendah.

2. Direct-on-Line Connection

Direct-on-Line Connection merupakan suatu metode penghubung motor listrik yang langsung terhubung ke sumber daya listrik tanpa menggunakan sistem kontrol tambahan.

3. Soft-Starter Connection

Ini merupakan suatu metode penghubung motor listrik yang menggunakan perangkat pengontrol untuk mengurangi arus awal pada saat motor dihidupkan.

4. Reverse-Forward Connection

Yaitu suatu metode penghubung motor listrik yang dapat mengubah arah putaran motor secara cepat dan mudah. Biasanya digunakan pada aplikasi yang memerlukan pengaturan arah putaran motor yang sering berubah.

Tips Memilih Penyedia MCC Panels Terbaik dan Terpercaya

perusahaan kontraktor

Setelah mengetahui apa itu panel MCC, fungsi, prinsip kerja, hingga jenis electrical motor controller pada panelnya, saatnya memilih Motor Control Center Panels terbaik sesuai kebutuhan. Lalu, biasanya berapa harga panel MCC?

Untuk harganya bervariasi, tergantung pada kualitas serta layanan yang ditawarkan oleh penyedia. Ada penyedia yang hanya menjadi distributor atau supplier saja, namun ada juga yang sekaligus menyediakan jasa instalasi atau pemasangan.

Agar tidak salah pilih, sebaiknya ketahui bagaimana tips memilih penyedia atau jasa instalasi MCC panels terbaik, terpercaya, dan berpengalaman. Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat memilih jasa instalasi:

1. Kualitas Produk dan Layanan

Pastikan jasa instalasi tersebut memiliki produk berkualitas tinggi dan memberikan layanan memuaskan. Kualitas produk akan menjamin kinerja panel yang stabil dan terpercaya, sementara pelayanan memuaskan akan membantu Anda mengatasi masalah terkait.

2. Pengalaman dan Keahlian

Cari jasa instalasi panel yang memiliki pengalaman dan keahlian cukup dalam merancang, memproduksi, dan memasang MCC panels. Pengalaman dan keahlian yang memadai akan memastikan panelnya sesuai dengan kebutuhan dan dapat beroperasi dengan optimal.

3. Reputasi

Selanjutnya, pastikan jasa instalasi tersebut memiliki reputasi baik di industri kelistrikan. Anda dapat mencari informasi tentang penyedia jasa di internet, melalui situs web, forum, atau media sosial, atau bahkan menghubungi klien yang pernah menggunakan jasanya.

4. Harga Kompetitif

Setiap orang tentu ingin mendapatkan produk terbaik dengan harga terjangkau. Tetapi jangan hanya memilih penyedia yang menawarkan harga terendah, pastikan harganya sudah sesuai dengan kualitas produk dan layanan yang diberikan.

5. Pelayanan Purna Jual

Terakhir, pastikan bahwa jasa instalasi tersebut memberikan pelayanan purna jual memadai, seperti perbaikan, pergantian suku cadang, dan dukungan teknis. Hal ini akan membantu Anda mengatasi masalah yang mungkin terjadi pada panelnya nanti.

Jika Anda tertarik menggunakan panel MCC untuk kebutuhan instalasi kelistrikan di tempat Anda, Mikmar Gracindo adalah solusinya. Mikmar Gracindo adalah kontraktor panel listrik yang juga melayani jasa instalasi kelistrikan berskala besar, termasuk panel MCC.

Sebagai supplier panel profesional, kami menyediakan produk berkualitas sekaligus jasa instalasi terpercaya sesuai kebutuhan Anda. Untuk memperoleh MCC panels sesuai kebutuhan, Anda bisa menghubungi kami melalui WA.

Mikmar Gracindo menyedikan layanan Panel Listrik Schneder, Low Voltage (LV) Panel, Medium Voltage (MV) Panel, Trafo Step Up, Trafo Step Down, Genset Control Panel, Lighting Panel dan panel listrik lainnya dapat menghubungi Mikmar Gracindo.

Baca juga : Supplier Panel MCC untuk Pabrik yang Berkualitas