Peralatan kelistrikan bernama panel kapasitor bank, memiliki banyak manfaat oleh karena itu panel ini banyak dimanfaatkan. Peralatan kelistrikan ini sering digunakan oleh perusahaan ataupun kebutuhan sehari-hari, dan mungkin Anda sudah tidak asing lagi mendengarnya.

Panel ini terdiri dari berbagai komponen dengan fungsi utamanya adalah memperbaiki power factor, serta meningkatkan atau menyimpan energi listrik. Bagi Anda yang sudah mengerti mengenai peralatan kelistrikan, mungkin sudah mengetahui setiap komponen didalamnya.

Kami akan mengajak Anda untuk mengenal panel kapasitor bank, sebelum membeli serta menggunakannya. Manfaat panel kapasitor ini cukup luas, terutama dalam kehidupan sehari-hari, selain itu terdiri dari beberapa jenis tergantung tegangan yang mampu dialirkan.

Beberapa kapasitor biasanya memiliki spesifikasi serupa, tapi tetap saja terdapat perbedaan pada masing-masing kapasitor. Kapasitor bank paling banyak digunakan dalam memperbaiki power factor pada arus listrik AC, namun fungsi yang dimilikinya tentu lebih beragam.

 

Bagian-Bagian Panel Kapasitor Bank Beserta Fungsinya

Setidaknya terdapat tujuh komponen dalam jenis panel ini, setiap komponen memiliki peran masing-masing yang tidak bisa terpisahkan. Jika Anda ingin mengetahui fungsi dari masing-masing komponen, maka simak informasi berikut yang kami sajikan secara singkat.

1. Kapasitor Bank

Kapasitor bank adalah komponen terpenting yang berisi kumpulan beberapa kapasitor lain, komponen ini juga sering disebut sebagai Kondensator. Fungsi utamanya menyeimbangkan sifat induktif, yang dirangkai secara parallel agar mendapatkan kapasitas tertentu.

2. Kapasitor Breaker

Bagian lainnya dari panel kapasitor bank ialah kapasitor breaker, berguna sebagai pengaman pada instalasi kabel dan berasal dari breaker menuju kapasitor bank. Komponen ini berperan juga dalam membatasi arus listrik dalam panel, sehingga tidak terjadi hubungan arus pendek.

3. Main Switch

Bagian lain dari peralatan kelistrikan ini adalah Main Switch, berupa peralatan kendali dan isolasi selama pemeliharaan alat dilakukan. Komponen ini merupakan peralatan yang berperan sebagai penyambung, juga pemutus arus dengan bagian atasnya terdapat pengaman kabel.

4. Magnetic Contractor

Panel kapasitor bank juga memiliki komponen lain, yang sering disebut sebagai Selektor atau Saklar Transfer. Berupa komponen bank yang memiliki arus puncak tinggi, bahkan arusnya lebih tinggi dari beban arus pada motor, dan mampu menyambungkan atau memutus arus.

5. Reactive Power Regulator

Bagian selanjutnya berguna untuk mengatur kerja kontraktor, sehingga daya reaktif yang dipasok menuju sistem dan jaringan panel dapat bekerja sesuai kapasitas yang dibutuhkan. Komponen ini terdiri dari beberapa step bervariasi, mulai dari 6 sampai 18 step.

6. Box Panel Kapasitor

Bagian berikutnya bernama Box Panel, nantinya seluruh komponen listrik akan ditata rapi dan disimpan didalam box panel. Dengan komponen panel kapasitor bank ini, maka seluruh komponen dapat terjaga dan terkontrol dengan baik serta terlindungi keamanannya.

7. Power Factor Correction (PFC)

PFC mampu beroperasi secara otomatis dalam menghentikan aliran dalam panel, bersifat sebagai pengontrol faktor kerja dan membantu peralatan kelistrikan ini mencapai sistem kelistrikan secara optimal.

 

Mengenal Fungsi Panel Kapasitor Bank

Supplier Kapasitor Bank Murah Terbaik

Terdapat alasan tersendiri mengapa panel ini memiliki fungsi yang cukup penting, terutama dalam peralatan kelistrikan sehingga banyak dimanfaatkan. Banyak industri yang memilih kapasitor bank untuk mengatur sistem listrik, baik di pabrik, apartemen, kantor atau gedung.

Fungsi utama dari alat ini adalah memperkecil daya reaktif, perlu Anda ketahui bahwa daya yang diberikan PLN terdiri dari dua jenis, yaitu aktif dan reaktif. Daya aktif adalah daya yang dapat terlihat, sedangkan daya reaktif adalah daya yang tidak dapat terlihat.

Apa fungsi panel kapasitor bank? Memperkecil sudut phasa atau cos phi, karena didalam segitiga data terdapat sudut yang bernama phasa atau cos phi. Selain itu fungsi panel ini juga untuk memperbaiki faktor daya yang ada, sehingga tidak berada dibawah standar cos phi PLN.

Standar cos phi PLN berada diangka 0,85, jika dibawah standar tersebut maka akan dikenakan denda KVArh. Untuk menghindari denda dari PLN, maka perlu diperbaiki cos phi memakai kapasitor bank tersebut, sehingga Anda sendiri tidak akan merugi.

Saat menggunakan alat ini, cos phi atau faktor daya akan berada diangka 0,95 sampai 0,99. Faktor daya menjadi lebih stabil, selain itu terdapat juga berbagai komponen kapasitor bank dan penggunaannya disesuaikan berdasarkan kebutuhan konsumen.

Apa fungsi kapasitor bank pada audio mobil? Jika dihubungkan dengan bidang otomotif, maka fungsi kapasitor bank pada kendaraan adalah mampu menyimpan arus listrik. Nantinya arus listrik yang tersimpan, bisa dimanfaatkan untuk menghidupkan perangkat audio mobil.

Didalam alat ini, terdapat komponen pengaman juga pemutus arus utama, yaitu LBS atau Load Breaker Switch dan CB atau Circuit Breaker. Jika saat ini Anda masih ragu menggunakan kapasitor bank, mungkin bisa dipertimbangkan dengan melihat tagihan KVArh milik Anda.

 

Baca juga : Tips Memilih Kapasitor Bank Listrik Terpercaya

 

Berbagai Manfaat Panel Kapasitor Bank untuk Berbagai Kebutuhan

Jika saat ini Anda masih menimbang-nimbang apakah sudah saatnya menggunakan panel ini? Maka kami akan menjelaskan secara singkat, seberapa besar manfaat kapasitor bank terlebih jika Anda memiliki beberapa kebutuhan berikut ini yang membutuhkan pasokan listrik.

1. Industri

Dapat dikatakan jika alat ini wajib tersedia pada bidang industri, meskipun menekan biaya cukup mahal namun fungsinya sangat dibutuhkan. Pada industri dengan beban motor listrik besar, maka panel kapasitor bank sangat berpengaruh untuk memenuhi kebutuhan industri.

Apabila cos phi lebih rendah dari 0,85 maka daya reaktif dari industri tersebut, akan dikenakan biaya tambahan daya reaktif berdasarkan pengukuran KVArh. Dengan begitu biaya yang Anda keluarkan bisa jauh lebih besar, oleh karena itu pemanfaatan panel ini sangat penting.

2. Kendaraan

Seperti sudah kami sampaikan sebelumnya, bahwa alat ini sangat berguna pada kendaraan dalam menyimpan pasokan energi listrik. Sehingga saat Anda hendak menggunakan audio misalnya, maka energi yang disalurkan pada audio bisa diberikan secara maksimal.

Jika energi yang tersalurkan rendah, maka dampaknya adalah suara pada audio bass menjadi rendah atau pecah dan tentu saja tidak nyaman saat mendengarkan.

3. Rumah

Panel ini juga berguna didalam kehidupan sehari-hari, meski kebutuhan pasokan listrik dalam rumah tidak begitu besar seperti kebutuhan di industri. Tapi Anda tetap bisa memanfaatkan panel kapasitor bank di lingkungan perumahan, untuk mengukur daya reaktif KVArh meter.

Namun alat ini memiliki biaya perawatan yang lebih mahal, dibandingkan saat memasang panel di lingkungan perumahan. Sehingga banyak orang menilai bahwa pemasangan alat ini di daerah perumahan kurang sesuai, karena tidak begitu ekonomis.

 

Pilihlah Panel Kapasitor dengan Harga Terjangkau Namun Tetap Berkualitas

bank kapasitor

Tidak hanya memperhatikan fungsi dari panel saja, tapi Anda juga perlu menemukan supplier terpercaya dan mampu memberikan peralatan kelistrikan berkualitas. Jangan sampai Anda mendapatkan produk dengan kualitas meragukan, sehingga fungsi peralatan tidak bekerja secara maksimal.

Kami sarankan agar Anda mencari tau terlebih dahulu seputar peralatan kelistrikan ini, karena fungsi harus disesuaikan juga dengan kebutuhan pengguna. Seperti halnya bagaimana pengaruh penambahan kapasitor bank terhadap aliran daya?

Yaitu dengan memperbaiki faktor daya rendah dan menekan daya reaktif sehingga menjadi lebih kecil. Dengan informasi tersebut, pengguna akan lebih mengerti mengapa panel ini sangat dibutuhkan oleh banyak orang terutama pada bidang industri.

Namun dalam mencari produk panel tersebut, kami sarankan agar Anda mendapatkannya di Mikmar Gracindo. Kualitas produk sebanding dengan harga, dan Anda bisa menghubungi kami melalui WhatsApp dibawah ini untuk mendapatkan informasi lebih lengkap.

Mikmar Gracindo dengan senang hati akan selalu memberikan produk berkualitas kepada setiap konsumen, maka dari itu kami selalu mengutamakan kepuasan konsumen. Kami tidak hanya menyediakan panel kapasitor bank, namun juga produk dan pelayanan lainnya.

Mikmar Gracindo menyedikan layanan Panel Listrik Schneder, Low Voltage (LV) Panel, Medium Voltage (MV) Panel, Trafo Step Up, Trafo Step Down, Genset Control Panel, Lighting Panel dan panel listrik lainnya dapat menghubungi Mikmar Gracindo.

Baca juga : Mengenal Apa Fungsi Kapasitor Listrik Berdasarkan Jenisnya