Mengetahui perusahaan service maintenance instalasi listrik  terbilang cukup penting, karena merawat instalasi listrik tidak mudah dan membutuhkan tenaga ahli. Sehingga kami sarankan agar Anda tidak melakukannya sendiri, dan lebih baik mengandalkan penyedia jasa yang ahli.

Merawat instalasi listrik bisa menjaga agar kerusakan yang kemungkinan bisa terjadi, dapat diketahui lebih awal dan bisa langsung diperbaiki. Sebab kerusakan instalasi listrik rentan menimbulkan kecelakaan yang membahayakan jiwa, seperti kebakaran contohnya.

Perlu dilakukan service maintenance secara rutin, untuk mencegah terjadinya kerusakan terlebih lagi listrik digunakan setiap hari. Baik kerusakan kecil maupun besar bisa terdeteksi lebih awal, sehingga perbaikan bisa segera dilakukan oleh tenaga ahli.

Namun ada beberapa jenis service yang biasa diterapkan, serta Anda perlu mengetahui apa saja tujuan melakukan perawatan pada instalasi listrik. Tentunya banyak manfaat bisa Anda dapatkan dan bersifat menguntungkan, karena instalasi listrik menjadi lebih awet.

Mengenal Jenis-Jenis Service Maintenance

main distribution panel

Nyatanya perawatan tidak hanya terdiri dari satu jenis saja, melainkan dibedakan menjadi dua jenis berdasarkan perencanaannya. Sebab terdapat maintenance yang memang telah dijadwalkan atau rutin dilakukan, ada juga yang dilakukan secara tiba-tiba.

1. Planned Maintenance

Jenis pertama adalah perawatan terencana, sesuai dengan namanya, maintenance ini sudah direncanakan terlebih dulu biasanya memang rutin dilakukan. Adapun rangkaian prosesnya dimulai dari perawatan pencegahan, atau biasa disebut sebagai Preventive Maintenance.

Jika Anda bertanya apa saja jenis jenis perawatan? Maka ini termasuk salah satunya, tujuan kegiatan ini untuk memastikan agar produk dihasilkan sesuai rencana, baik dari kualitas mutu, biaya juga ketepatan waktu.

Jenis lainnya adalah perawatan terjadwal atau Scheduled Maintenance, dilakukan secara periodik dalam jangka waktu tertentu. Tujuannya adalah mencegah kerusakan, dan rentang waktu perawatan biasanya ditentukan berdasarkan pengalaman, atau rekomendasi pabrik.

Jenis lainnya yaitu perawatan prediktif atau Predictive Maintenance, kegiatan ini terlaksana berdasarkan kondisi alat atau mesin itu sendiri. Jika kondisi mesin saat dicek dalam keadaan kurang baik, maka perawatan akan dilakukan segera.

2. Unplanned Maintenance

Jenis service maintenance berikutnya adalah perawatan tidak terencana, dilakukan karena adanya indikasi berdasarkan kegiatan proses produksi dengan hasil tidak sesuai. Saat itulah perawatan perlu dilakukan, dan terbagi menjadi tiga jenis.

Pertama adalah perawatan darurat atau Emergency Maintenance, mencegah adanya akibat lebih parah. Jenis berikutnya adalah perawatan kerusakan atau Breakdown Maintenance, perawatan baru dilakukan saat alat mengalami kegagalan atau terkendala.

Adapun jenis lainnya bernama perawatan penangkal atau Corrective Maintenance, saat hasil produk sudah setengah jadi atau baru jadi namun tidak sesuai rencana. Maka perawatan akan segera dilakukan, untuk menangkal adanya hasil produk dengan kondisi lebih parah.

Baca juga : Jasa Instalasi Listrik Terbaik Di Jakarta Dan Sekitarnya

Tujuan Dilakukannya Service Maintenance

spesifikasi panel LVMDP

Sebetulnya tujuan dilakukannya maintenance apa? Tentu saja setiap orang memiliki tujuan masing-masing, ada yang memang bertujuan agar mesin bisa bertahan lebih lama, ada juga pengguna yang bertujuan agar kerusakan lebih besar bisa dicegah lebih awal.

1. Memperpanjang Usia Aset

Tujuan utama dilakukannya perawatan adalah memperpanjang umur aset, jika kita mampu merawat suatu alat dengan baik, maka masa pemakaiannya juga lebih lama. Jika kerusakan baru ditemukan saat mesin sudah rusak parah, maka biaya perbaikan akan lebih besar.

2. Menekan Tingkat Biaya Perawatan

Tujuan lainnya dari service maintenance ialah menekan biaya perawatan, karena kegiatan ini dilakukan secara rutin, maka biaya dikeluarkan tidak membengkak. Setiap kegiatan perawatan yang dilakukan, akan berjalan secara maksimal dan efektif.

Selain itu kegiatan ini juga bisa mencegah adanya pemakaian atau penyimpangan biaya diluar batas, sehingga modal yang ditanam bisa bertahan lebih lama. Instalasi listrik membutuhkan perawatan secara rutin, sehingga biaya perbaikan bisa ditekan serendah mungkin.

3. Menghindari Kegiatan Perawatan yang Berbahaya

Tujuan penting lainnya ialah keselamatan jiwa setiap orang, jika instalasi listrik rusak sewaktu-waktu tanpa diketahui, maka akan berbahaya bagi orang sekitar. Selain itu kegiatan maintenance terlalu berat, juga dikhawatirkan bisa berbahaya.

4. Menjamin Kesiapan Operasional

Apa tujuan dari maintenance? Salah satu tujuannya memastikan bahwa kegiatan operasional selalu siap setiap waktu, ketersediaan peralatan juga perlengkapan yang dipasang pada kegiatan produksi, nilai tambahnya yaitu kegiatan produksi tidak akan terlambat.

Kualitas yang diharapkan juga bisa tercapai, dengan begitu Anda dapat memenuhi kebutuhan produk juga rencana produksi secara tepat waktu. Kesiapan operasional tentunya sangat penting, bagi Anda yang menjalankan usaha dalam bidang industri.

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Service Maintenance Instalasi Listrik

Perawatan tidak bisa dilakukan begitu saja, terutama jika berkaitan peralatan kelistrikan. Ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan terlebih dahulu, untuk memastikan bahwa listrik tidak dalam keadaan menyala, dan dapat membahayakan keselamatan diri Anda.

Dalam melakukan maintenance, pastikan bahwa stop kontak terhubung dengan alat elektronik dalam keadaan terlepas. Setidaknya beri jarak ideal antara alat elektronik dengan stop kontak, saat melakukan service maintenance.

Kemudian jangan asal dalam membeli kabel, pastikan bahwa daya yang dihantarkan sesuai. Gunakan kabel tembaga dan berisolasi PVC yang terpasang secara permanen, dengan ukuran minimal 2.5 mm2, itulah standar yang harus Anda terapkan.

Berapapun jumlah listrik di rumah Anda, pastikan hanya mengalirkan maksimal 10 Ampere. Apabila arus listrik berada diantara 10 sampai 16 Ampere, maka gunakan kabel berukuran 4 mm2, untuk menjaga keamanan Anda dan keluarga tentunya.

Apa saja pekerjaan maintenance? Orang yang ahli dalam bidang maintenance biasanya akan memastikan terlebih dulu, bahwa kondisi instalasi listrik yang akan dicek dalam kondisi tidak aktif, dan melakukan pengecekan secara periodik untuk mencegah adanya kerusakan.

Hujan atau kebocoran biasanya menjadi penyebab utama konsleting terjadi, adanya air yang mengalir pada instalasi maka akan menjadi penghantar listrik. Kondisi tersebut juga bisa terjadi kilat atau petir yang menyambar, dan bisa saja aliran listrik terputus.

Dalam melakukan service, akan lebih baik jika Anda menggunakan jasa teknisi ahli yang sudah paham mengenai prosedur pelaksanaannya. Jangan sembarangan dalam memilih teknisi, karena pekerjaan ini bisa membahayakan keselamatan diri sendiri ataupun orang lain.

Menemukan Perusahaan Service Maintenance dengan Kualitas Layanan Terbaik

Mikmar Gracindo Logo

Jika saat ini Anda belum menemukan perusahaan terpercaya, yang mampu memberikan jasa sesuai kebutuhan Anda. Maka kami bisa memberi rekomendasi terbaik, yang pastinya tidak akan mengecewakan Anda dan mampu memberi manfaat positif.

Kami sarankan agar Anda menggunakan jasa dari Mikmar Gracindo, sebagai perusahaan yang menangani jasa perawatan terutama pada bidang kelistrikan. Kami sudah berpengalaman dan bekerja secara profesional, untuk setiap konsumen yang membutuhkan jasa kami.

Dengan senang hati layanan service maintenance akan kami berikan dengan sebaik mungkin, selain itu Mikmar Gracindo juga sudah memiliki banyak konsumen. Sehingga kepercayaan konsumen adalah hal utama, yang selalu kami utamakan.

Jika Anda berminat untuk menggunakan jasa perusahaan service Mikmar Gracindo, maka bisa menghubungi kami melalui WhatsApp dibawah ini.

Tidak hanya menyediakan jasa, namun Mikmar Gracindo juga menyediakan produk listrik seperti panel dengan material berkualitas. Kami menyediakan produk berkualitas dengan harga bersaing, yang pastinya bisa memenuhi standar Anda.

Setidaknya Anda perlu menjadwalkan perawatan secara rutin dalam setahun, sehingga dapat diketahui apakah instalasi listrik terjadi kerusakan atau tidak. Karena setiap peralatan pasti mengalami batas penggunaan, maka dari itu dibutuhkan service maintenance.

Mikmar Gracindo menyedikan layanan Panel Listrik Schneder, Low Voltage (LV) Panel, Medium Voltage (MV) Panel, Trafo Step Up, Trafo Step Down, Genset Control Panel, Lighting Panel dan panel listrik lainnya dapat menghubungi Mikmar Gracindo.

Baca juga : Supplier & Jasa Instalasi Panel Listrik Terpercaya