Dari waktu ke waktu, perusahaan penyedia panel maker area Jakarta semakin marak bermunculan. Tapi, tidak semuanya memberikan jaminan kualitas dan dapat dipercaya, sehingga perlu lebih selektif dalam memilih.

Pada umumnya, jasa ini akan menyediakan dua jenis layanan, yaitu panel daya dan panel distribusi listrik. Varian daya berfungsi sebagai penyalur atau pendistribusi tenaga listrik lewat gardu induk step down menuju panel distribusi.

Sedangkan varian distribusi berfungsi sebagai penyalur atau pendistribusi tenaga listrik lewat sumber panel daya menuju konsumen. Supaya mendapatkan perusahaan penyedia produk terbaik, Anda bisa menyimak beberapa tips yang akan diuraikan pada pembahasan berikut.

Membahas Sekilas Tentang Panel Listrik dan Fungsinya

Panel listrik Tangerang

Sebelum membahas mengenai tips, apakah Anda sudah mengetahui apa itu panel dan fungsinya? Panel listrik merupakan perangkat atau alat yang berfungsi sebagai pembagi, penyalur serta pendistribusi energi listrik dari sumber pusatnya menuju pengguna alias konsumen.

Panel maker akan memberikan tarif berbeda-beda untuk setiap produk yang ditawarkan. Mengenai harga tergantung jenis bahan, ukuran, model serta spesifikasi. Peran perangkat ini sebagai daya instalasi listrik dan pembagi daya tenaga.

Di dunia industri, lebih sering dipakai sebagai media tenaga serta penerangan. Fungsi penerangan dimaksud untuk menerangi pabrik atau ruang kerja. Sedangkan fungsi media tenaga, membantu menjalankan kinerja mesin produksi.

Inilah penyebab perangkat yang berfungsi sebagai media tenaga dengan penerangan perlu dipisahkan. Tujuannya supaya bisa bekerja dengan baik dan meminimalisir munculnya gangguan.

 

Beberapa Komponen Terpenting yang Ada dalam Panel

Pertanyaannya, apa saja isi panel? Bagi seseorang yang baru berkecimpung di dunia kelistrikan, biasanya akan muncul pertanyaan seperti ini. Sebenarnya mengenai komponen menyesuaikan dengan kebutuhan.

Supaya lebih paham, Anda juga bisa menanyakan kepada perusahaan penyedia panel maker mengenai produk yang akan dibeli isinya komponen apa saja. Beberapa komponen terpenting dalam perangkat diantaranya:

1. MCCB

Komponen penting pertama adalah MCCB atau Moulded Case Circuit Breaker. Fungsi komponen ini sebagai pengaman saat terjadi hubung singkat serta beban berlebih. Jadi, kerusakan bisa dicegah akibat short circuit yang bisa menimbulkan bunga api.

Bila tanpa pengaman berpotensi menimbulkan kebakaran akibat bunga api tersebut. Batas arus beban yang bisa dijangkau yaitu 100 hingga 1.600 ampere. Biasanya komponen ini dipakai sebagai pengaman listrik 3 phase.

2. MCB

Komponen berikutnya adalah MCB atau Miniature Circuit Board. Untuk fungsinya, sama seperti MCCB yaitu sebagai pembatas arus bila tiba-tiba terjadi hubung singkat atau beban melebihi batas.

Bedanya, komponen ini hanya terbatas untuk arus dengan nilai kecil, yakni tidak lebih dari 100 ampere. Mengenai ada atau tidaknya MCB dalam perangkat, Anda bisa langsung menanyakan kepada panel maker terkait.

3. RCCB, GFCI dan ELCB

Komponen lainnya yang tidak kalah penting adalah RCCB, GFCI dan ELCB. RCCB atau Residual Current Circuit Breaker merupakan pengaman yang berperan sebagai pemutus aliran listrik saat terjadi gangguan, seperti kebocoran arus.

GFCI atau Ground Fault Circuit Interrupter memiliki fungsi menghentikan daya listrik menuju sirkuit saat arus mengalami kelebihan beban. Terakhir, ELCB atau Earth Leakage Circuit Breaker merupakan pengaman listrik dari risiko kebocoran arus.

Dari fungsi yang sudah disebutkan, semua merupakan komponen pengaman. Serupa juga fungsinya dengan MCB. Perbedannya, varian circuit breaker ini memiliki reaksi lebih cepat bila dibandingkan dengan MCB.

4. CT

Komponen lainnya yang akan dipasang oleh panel maker adalah CT atau Current Transformer. Fungsinya sebagai pengubah besaran arus menjadi kecil atau sebaliknya menyesuaikan kebutuhan.

Selain itu juga berfungsi sebagai pengaman listrik saat tiba-tiba muncul kejutan arus secara berlebihan. Sebagai contoh, aliran listrik secara mendadak mati karena mengalami daya berlebih.

5. Grounding

Komponen terpenting terakhir yaitu grounding. Fungsinya sebagai pengaman listrik dari risiko terkelupas atau rusaknya kabel yang menyentuh bagian peralatan listrik. Jadi, tidak membahayakan siapapun disekitarnya.

Adanya grounding akan membantu arus dan aliran listrik liar supaya tersalur ke tanah. Penting dipahami bahwa grounding selalu dilengkapi dengan kabel berwarna tertentu. Pemilihan warnanya tidak sembarangan, di Indonesia sesuai dengan standar IEC dan SNI.

 

Beragam Jenis Panel Listrik yang Penting Diketahui

supplier box panel listrik bergaransi

Sebelum mencari panel maker, Anda harus memastikan jenis perangkat seperti apa yang dibutuhkan. Sebab, tidak semua pembuat perangkat mampu memenuhi kebutuhan kliennya. Ada penyedia yang hanya mampu membuat produk varian tertentu, sehingga perlu dipastikan.

Jadi, sangat penting memahami jenisnya sebelum melakukan pemesanan. Pertanyaannya, apa saja jenis panel? Bila membahas tentang jenis sebenarnya ada banyak. Beberapa di antaranya akan disebutkan pada pembahasan berikut:

1. SDP

Jenis pertama adalah SDP atau Sub Distribution Panel. Varian ini memakai komponen MCCB untuk menyalurkan daya yang berasal dari LVMDP. Fungsi perangkat ini sebagai pembagi dari MDP menuju berbagai panel lainnya yang lebih kecil.

2. MDP

Perangkat berikutnya yang biasanya disediakan oleh panel maker adalah MDP. MDP atau Main Distribution Panel berfungsi sebagai pembagi atau pendistribusi dari LVMDP menuju SDP maupun lebih kecil lainnya, sehingga langsung dipakai oleh konsumen.

3. Synchronizing

Synchronizing disebut juga dengan istilah panel sinkron atau generator sinkron. Perangkat ini bisa dioperasikan secara manual dan otomatis. Fungsinya sebagai pusat kendali proses sinkronisasi dua pembangkit listrik.

Biasanya perangkat ini terdiri dari sejumlah generator dengan kapasitas berbeda. Jadi, bisa dikatakan memparalel beberapa generator dengan tujuan supaya memperoleh tenaga lebih pada jalur yang sama.

4. WLC

Bila menginginkan perangkat yang berfungsi sebagai pengontrol tangki air, Anda bisa mencoba untuk mencari panel maker WLC atau Water Level Control. Jenis perangkat ini berperan sebagai motor listrik untuk memompa air memakai energi listrik.

Perangkat ini biasanya dipakai untuk berbagai pompa air dilingkup industri maupun rumah tangga. Fungsi utamanya yaitu sebagai pengontrol tangki menyesuaikan dengan kapasitas airnya. Jadi, ketika air dalam wadah sudah penuh, saklar akan mati secara otomatis.

5. LVMDP dan LVSDP

LVMDP atau Low Voltage Main Distribution Board mempunyai kemampuan memeriksa daya dari transformator, lalu mendistribusikannya ke LVSDP. Sedangkan LVSDP atau Low Voltage Sub-Distribution Panel akan melanjutkannya ke berbagai perangkat elektronik.

6. KWH Meter

Jenis terakhir adalah panel KWH meter, fungsinya sebagai tempat pemasangan perhitungan penggunaan daya listrik memakai KWH meter. Ada fiturnya yang berperan sebagai pengukur daya pada beban jenis apapun.

 

Tips Memilih Perusahaan Penyedia Panel Maker Berpengalaman Jakarta

supplier & jasa instalasi panel listrik terpercaya

Setelah memahami jenis apa yang dibutuhkan, barulah Anda bisa mencari panel maker paling tepat. Bila masih belum tahu jenis apa yang dibutuhkan, bisa langsung menanyakan kepada perusahaan penyedia produk terkait.

Biasanya akan ada sesi konsultasi gratis klien kepada penyedia untuk membahas mengenai kebutuhan produk. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan dalam memilih pembuat perangkat berpengalaman area Jakarta, antara lain:

1. Pastikan Legal dan Alamat Kantornya Jelas

Tips pertama, pastikan perusahaan yang Anda pilih legal dan memiliki alamat kantor jelas. Untuk memastikan legalitas, bisa dengan melihat pada website resmi atau sosial media perusahaan terkait, biasanya akan dicantumkan.

Bila tidak, Anda bisa menanyakan langsung kepada panel maker terkait SIUP atau Surat Izin Usaha Perdagangan maupun dokumen pendukung legalitas lainnya. Bila mereka enggan memberikan bukti legalitas, perlu dipertimbangkan ulang.

Mengenai kejelasan alamat kantor, bisa dibuktikan dengan mengunjungi langsung tempatnya. Baik itu diri sendiri yang berkunjung, atau meminta bantuan orang lain. Bisa juga dengan riset alamat secara online melalui Google Maps.

Tapi, riset online ini tidak selalu menjamin akurat, sehingga tetap perlu dipastikan ulang. Dikhawatirkan alamat tertera hanya fiktif alias sebenarnya tidak ada. Bila hal ini terjadi, kemungkinan buruknya Anda mendapatkan penyedia abal-abal.

2. Dibuat oleh Teknisi Berpengalaman di Bidangnya

Pastikan bahwa panel maker dipilih memiliki teknisi berpengalaman di bidangnya. Biasanya, semakin berpengalaman, maka akan semakin berkualitas produk yang dihasilkan.

Bukan hanya berkualitas dalam membuat produk, tapi juga memperbaiki saat tiba-tiba ada kerusakan. Jadi, ketika Anda mendapatkan kendala saat pengoperasian perangkat, mereka bisa segera memberikan solusi terbaik.

Pastikan mereka memahami dengan baik detail tugas yang harus dijalankan. Baik itu penguasaan teknik, penerapan serta pemasangan karena semua proses harus dilakukan dengan teliti. Tujuannya supaya terhindar dari kesalahan yang bisa membahayakan.

3. Melihat Portofolio

Tips berikutnya, lihat portofolio yang pernah mereka buat. Bila sesuai dengan perangkat yang Anda butuhkan, berarti bisa memasukkan perusahaan tersebut ke dalam daftar pilihan.

Mengenai sampel portofolio biasanya akan dilampirkan pada halaman website panel maker terkait. Bagaimana bila portofolio terlampir kurang memuaskan? Anda bisa memintanya kepada perusahaan penyedia produk tersebut.

4. Mempertimbangkan Ulasan Pengguna

Jangan lupa untuk mempertimbangkan ulasan pengguna. Semakin banyak ulasan positif yang diberikan oleh para pengguna, menandakan produk mereka berkualitas, sehingga rekomended untuk dijadikan opsi.

5. Pelayanan Ramah dan Responsif

Tips terakhir, penyedia produk berpengalaman akan selalu mengutamakan keramahan dalam pelayanan dan responsif. Jadi, ketika klien mengalami kendala segera ditangani dengan baik dan sopan.

 

Berbagai Jenis Kegiatan Pemeliharaan Panel Listrik

Distributor Aksesoris Panel Listrik Bergaransi

Setelah mendapatkan produk dari panel maker, sangat penting untuk memelihara perangkat dengan baik supaya tidak mudah mengalami kerusakan. Ada berbagai jenis kegiatan pemeliharaan perangkat yang penting dipahami, meliputi:

1. Conditional

Jenis pemeliharaan ini dilakukan dengan cara membuat prediksi kinerja perangkat. Performa serta usia perangkat bisa ditentukan, sehingga jenis maupun waktu pemeliharaannya menyesuaikan kebutuhan yang sifatnya kondisional.

2. Breakdown

Pemeliharaan breakdown dilakukan saat terjadi kasus yang sifatnya mendadak, seperti kegagalan kinerja perangkat. Jenis pemeliharaan satu ini tidak bisa ditentukan kondisinya serta menyesuaikan laporan dari para pekerja industri.

3. Corrective

Pemeliharaan corrective bisa dilakukan pada waktu-waktu tertentu. Biasanya aktivitas pemeliharaan sudah ditentukan untuk troubleshooting perangkat atau penggantian kabel menyesuaikan dengan jadwal.

4. Time Based

Jenis pemeliharaan terakhir adalah time based. Pada jenis ini pemeliharaannya berdasarkan waktu untuk mengetahui serta mencegah kegagalan perangkat. Selain itu untuk mengoptimalkan performa perangkat sesuai kapasitas serta umurnya.

Baca juga : Jual Panel Listrik Termurah di Tangerang

Manfaat Membersihkan Panel Secara Rutin Jarang Disadari

Salah satu upaya perawatan yang bisa dilakukan adalah dengan membersihkannya secara rutin. Anda juga bisa menanyakan kepada panel maker mengenai tips membersihkan perangkat ini supaya tidak salah eksekusi.

Takutnya setelah dibersihkan bukannya tambah awet malah sebaliknya. Membersihkan panel listrik secara rutin akan meminimalisir potensi terjadinya kecelakaan kerja akibat kebakaran serta kejutan listrik.

Manfaat lainnya yaitu memperpanjang usia perangkat serta peralatan listrik yang terhubung. Dengan perawatan rutin, ketika tiba-tiba terjadi gangguan pada perangkat, proses perbaikannya akan lebih cepat karena kemudahan dalam mendeteksi.

Waktu yang Tepat untuk Membersihkan Panel Listrik

Apakah Anda sudah tahun kapan waktu yang tepat untuk membersihkan panel listrik? Bila panel maker tidak sempat menginformasikan kepada Anda mengenai hal ini, tidak perlu khawatir. Sebab, Anda akan segera menemukan jawabannya sekarang.

Jadi, waktu paling tepat untuk melakukan pembersihan adalah tiga tahun sekali untuk panel kontrol listrik. Sedangkan untuk membersihkan panel daya listrik bisa dilakukan setiap tahun secara rutin.

Sebelum proses pembersihan, biasanya akan dilakukan pengecekan umum terlebih dahulu. Seperti kelenturan kabel, kabel longgar, sesuai dan tidaknya insulasi, hambatan jalur listrik dan aktivitas lainnya berdasarkan standar keselamatan listrik.

Inilah Peralatan serta Bahan yang Dipakai untuk Membersihkan Panel 

Kontraktor Panel Listrik untuk Kantor

Sangat penting mengetahui peralatan serta bahan yang dipakai untuk membersihkan panel supaya bisa melakukan secara mandiri. Biasanya panel maker akan memberikan tipsnya, bila tidak Anda bisa menggunakan beberapa peralatan dan bahan berikut:

1. Kain atau Sikat Lembut

Untuk membersihkan rak panel, bisa menggunakan kain atau sikat lembut. Kain lap bisa dipakai untuk membersihkan debu dari insulator serta pengalih pada perangkat. Jenis kain yang dipakai harus bebas dari debu, bahan metalik dan minyak.

Sedangkan sikat lembutnya bisa dipakai sebagai pembersih komponen-komponen kecil dalam panel. Sangat penting melakukan proses pembersihan dengan hati-hati dan pastikan tidak merusak bagian komponen di dalamnya.

2. Cairan Pembersih serta Air

Bila hanya memakai kain dan sikat lembut saja, sebu, kotoran dan minyak yang sudah lama menempel pada perangkat akan sulit hilang. Jadi, diperlukan cairan pembersih serta air. Anda bisa menanyakan kepada panel maker cairan pembersih apa yang cocok.

Sebab, dalam memilih cairan pembersih sangat penting memperhatikan faktor keselamatan serta kecocokan peralatan yang akan dibersihkan. Hindari memakai jenis pembersih yang bisa bereaksi dengan peralatan listrik atau bersifat mudah terbakar.

Pemakaian cairan yang tidak sesuai dengan jenis peralatan akan mengakibatkan terjadinya kerusakan. Selain itu, bisa mengganggu fungsi mekanik dan elektris peralatan serta merusak permukaan insulasi.

3. Vacuum Cleaner Industrial Grade

Peralatan berikutnya yang bisa digunakan adalah vacuum cleaner. Tidak perlu meminta bantuan panel maker untuk proses pembersihan rutin, karena Anda bisa dengan mudah melakukannya menggunakan vacuum cleaner.

Debu, kotoran serta partikel menempel pada bagian permukaan komponen bisa terangkat menggunakan alat ini. Tapi, sangat penting diperhatikan dalam menggunakan alat ini harus sesuai dengan kriteria keselamatan.

Seperti, mempunyai tekanan penyedot rendah, memakai jenis bahan non-metal dan di desain khusus untuk selang supaya tidak merusak peralatan dalam panel saat bersentuhan.

Bila ditemukan adanya kerusakan atau cacat pada komponen, segera lakukan perbaikan. Membersihkan memakai kompresi tidak disarankan karena bisa mengontaminasi peralatan serta melonggarkan komponen dalam perangkat.

4. Sapu serta Pengepel

Anda bisa menggunakan sapu dan pengepel bila perlu supaya kotoran terangkat dan debu beterbangan tidak masuk dalam perangkat. Mengenai hal ini tidak akan dikatakan oleh panel maker karena biasanya inisiatif pemiliknya sendiri dan merupakan upaya eksternal.

5. Sand Blasting

Peralatan terakhir adalah sand blasting, proses pembersihkan permukaan dengan cara menyemprotkan partikel ringan. Tujuannya untuk menghilangkan kotoran pada permukaan serta menjadikannya lebih halus.

Pada pembersihan perangkat ini, sand blasting hanya untuk permukaan luar serta bagian rak. Selain itu, pemakaiannya juga harus dengan keahlian khusus supaya tidak malah merusak dan mengontaminasi peralatan listrik.

Bagi Anda yang sedang mencari perusahaan pembuat panel listrik berpengalaman area Jakarta, Mikmar Gracindo adalah jawabannya. Segera konsultasikan kebutuhan Anda kepada panel maker satu ini melalui nomor WhatsApp berikut dibawah ini.

Mikmar Gracindo menyedikan layanan Panel Listrik Schneder, Low Voltage (LV) Panel, Medium Voltage (MV) Panel, Trafo Step Up, Trafo Step Down, Genset Control Panel, Lighting Panel dan panel listrik lainnya dapat menghubungi Mikmar Gracindo.

Baca juga : Supplier Panel SDP Ready Stock Jakarta