Siapa yang tidak kenal dengan panel listrik perumahan, di mana keberadaannya dianggap sebagai jantung seluruh sistem listrik dalam rumah. Tapi, sekarang ini semakin banyak penyedia panel yang membuat sebagian orang bingung dalam memilih.

Apalagi bagi pencari yang masih awam mengenai dunia kelistrikan. Berbeda dengan yang sudah berpengalaman, biasanya sudah memiliki referensi penyedia terbaik. Bahkan sudah memiliki tempat berlangganan.

Bagi Anda yang bingung mencari penyedia panel untuk rumah sekaligus pemasangan, tidak perlu khawatir lagi karena Mikmar Gracindo memberikan solusinya. Alasan mengapa harus Mikmar akan diuraikan pada pembahasan berikut.

Pengetahuan Singkat Mengenai Box Panel Listrik

Distributor Panel Listrik Schneider Jakarta

Sebelum beralih ke pembahasan alasan mengapa harus Mikmar, apakah Anda sudah tahu apa itu box panel listrik? Box panel listrik merupakan sebuah wadah berbentuk kotak kubus maupun balok yang di dalamnya terdapat sambungan kabel.

Box ini penting ada sebagai pelindung kebocoran arus yang sangat membahayakan bila terpapar manusia. Ketika membahas tentang panel listrik rumah sangat berbahaya bila disentuh sembarangan orang.

Sambungan kabel akan tetap aman bila diletakkan di dalam kotak khusus, sehingga hanya bisa dijangkau oleh orang-orang tertentu. Tidak heran bila diperlukan pengaman bukan hanya pada arus listriknya, tapi juga bagian eksternal, yakni box supaya terhindar dari gangguan luar.

Mengenai ukuran box panel ini beragam, menyesuaikan dengan kebutuhannya untuk apa. Biasanya akan disertai dengan daun pintu pada bagian penutupnya supaya bisa dibuka dan ditutup.

Secara umum perangkat panel listrik rumah terbuat dari bahan plat besi yang memiliki ketebalan 0,5 hingga 1 mm. Kemudian barulah berbagai komponen akan dipasang dalam box tersebut.

 

Tempat Peletakan Panel Listrik untuk Kebutuhan Rumah

Akan berbeda tentu saja peletakan dan kebutuhan spesifikasi dalam skala rumah tangga biasa dengan industri. Untuk memenuhi keperluan rumah tangga biasa, spesifikasi 4A (900 VA) dianggap sudah cukup.

Tapi, mayoritas rumah baru sekarang ini didukung spesifikasi 6A (1.300 VA) atau 10A (2.200 VA). Kapasitasnya lebih besar karena sekarang ini lebih banyak orang menerapkan gaya hidup modern, di mana segala sesuatunya menggunakan fasilitas listrik.

Biasanya perangkat ini akan dipasang di area luar rumah. Bisa digabungkan dengan meteran listrik atau dipisah, di area belakang meteran listrik maupun dinding bagian dalam.

Panel listrik rumah juga bisa diletakkan di ruang bawah tanah, garasi, pantry yang posisinya berdekatan dengan dapur, ruang penyimpanan, lorong mengarah ke garasi atau luar ruangan. Terkait peletakan menyesuaikan dengan efisiensi ruangan.

 

Inilah Fungsi dari Panel Daya Listrik yang Penting Dipahami

Supplier Panel SDP Listrik

Pertanyaannya, apa fungsi dari panel daya listrik? Fungsinya yaitu sebagai tempat meletakkan komponen sebagai pendukung pengoperasian mesin listrik. Dengan adanya panel ini, komponen menjadi terlindungi dari berbagai pengaruh di sekelilingnya.

Selain itu juga membuat komponen atau rangkaian listrik menjadi lebih tampak aman dan rapi. Tujuan dari pembuatan perangkat ini supaya memudahkan pengoperasian mesin listrik. Bukan hanya itu, perangkat ini juga menjadi indikator sedang atau tidaknya mesin beroperasi.

Mengenai hal ini bisa dilihat pada panel listrik rumah yang memiliki indikator terpasang, berupa lampu dengan warna khusus. Biasanya warna lampu yang digunakan adalah hijau, kuning dan merah.

Komponen yang ada di dalam panel memiliki fungsinya masing-masing. Tapi secara umum, perangkat ini berfungsi membagi, menyalurkan serta mendistribusikan energi listrik dari sumber kepada para pengguna atau konsumen.

 

Memahami Jenis Panel Listrik Berdasarkan Bahan

Sebenarnya ada banyak jenis panel listrik dikategorikan berdasarkan berbagai aspek, salah satunya bahan. Jenis perangkat ini berdasarkan bahan terbagi menjadi dua, yakni besi dan plastik.

1. Besi

Perangkat berbahan logam berasal dari besi plat atau baja tuang. Proses pembentukannya melalui metode press, sehingga terbentuk kepingan pipih yang ukurannya luas.

Kepingan pipih tersebut dirangkai sedemikian rupa menjadi satu membentuk kotak kubus atau balok. Panel listrik rumah dengan bahan ini lebih banyak dipakai karena lebih terjamin keamanannya.

2. Plastik

Jenis berikutnya adalah berbahan plastik. Tapi, sangat penting untuk berhati-hati saat memilih box berbahan plastik karena rentan meleleh. Tidak semua jenis plastik cocok digunakan sebagai bahan pembuatan perangkat.

Lebih tepatnya adalah plastik dengan jenis HDPE karena memiliki sifat keras, kuat serta tahan lama terhadap suhu tinggi. Jadi, tidak perlu khawatir mengenai daya tahannya terhadap suhu tinggi dari arus listrik.

Baca juga : Supplier Panel SDP Ready Stock Jakarta

 

Berikut Ini Isi Box Panel Listrik Masih Jarang Diketahui

jasa instalasi box panel listrik 3 phase

Apakah Anda pernah terpikirkan, apa saja isi box panel listrik? Walaupun tampak berisikan komponen sederhana, tapi tidak semua orang memahami setiap bagiannya. Ada beberapa komponen yang biasanya dipasang dalam box panel, diantaranya:

1. MCB

Akan Anda temukan MCB atau Miniature Circuit Board di dalam panel listrik rumah. Fungsi komponen ini sebagai pembatas arus akibat tegangan atau daya yang naik melebihi batas maupun hubung singkat. Komponen ini terbatas untuk arus kurang dari 100 A.

2. MCCB

Berikutnya adalah MCCB atau Moulded Case Circuit Breaker, fungsinya sebagai pemutus sirkuit power listrik sub distribusi. Arus pengoperasiannya ada diangka 100 hingga 1.600 A. Sedangkan kapasitas pemutusnya mencapai 20 hingga 100 kA.

3. Grounding

Istilah lain dari grounding adalah earthing yang berfungsi sebagai pengaman listrik. Manusia akan terhindar dari sengatan listrik berlebihan akibat aliran arus liar karena sudah dialihkan ke bumi.

Bumi atau tanah merupakan titik referensi dalam sirkuit, tempat di mana tegangan diukur. Selain itu juga berperan sebagai tempat kembalinya perputaran arus atau hubungan langsung antara bumi dengan listrik.

4. GFCI atau RCD

Komponen lainnya yang ada dalam panel listrik rumah yaitu GFCI (Ground Fault Circuit Interrupter) atau RCD (Residual Current Device). Fungsi komponen ini mematikan sirkuit daya saat tiba-tiba terjadi aliran lewat jalur yang tidak seharusnya, seperti air.

5. Warna Kabel

Disadari atau tidak, dalam sebuah rangkaian elektronik akan ada beragam warna kabel ditemukan, mulai dari hijau, kuning hingga merah. Setiap warna memiliki fungsinya masing-masing.

Setiap negara sudah menetapkan mengenai warna kabel untuk instalasi perangkat ini. Sesuai standar IEC atau SNI, warna hitam, merah dan kuning untuk fase. Sedangkan biru muda untuk netral, lalu kuning hijau untuk ground.

6. Surge Arrester

Surge arrester atau penangkal gelombang besar pada panel listrik rumah berperan sebagai pengaman dari kejutan yang terjadi secara berlebihan. Jadi, melindungi peralatan dari tegangan berlebihan akibat peristiwa internal maupun eksternal.

7. CT

CT atau Current Transformer biasanya berbentuk cincin dan terbuat dari bahan metal atau baja. Tapi, ada juga yang bentuknya persegi dengan adanya lubang pada bagian tengah. Fungsi CT yaitu penurun arus maupun tegangan.

 

Berbagai Cara Merawat Panel Mudah Dilakukan

Panel listrik rumah

Supaya tidak mudah mengalami kerusakan dan tahan lama, perangkat ini perlu rutin dilakukan perawatan. Cara merawatnya sebenarnya tidak sulit, tapi masih banyak yang mengabaikan. Berbagai cara merawatnya yang bisa dilakukan antara lain:

  1. Perawatan panel listrik rumah dari debu, serangga dan kotoran dilakukan satu bulan sekali karena bila dibiarkan bisa menyebabkan korsleting.
  2. Untuk perawatan kekencangan baut kontak sebaiknya dilakukan setiap enam bulan sekali. Kontak baut akan timbul panas saat dialiri listrik serta mengalami pemuaian yang menyebabkannya menjadi tidak kencang, sehingga perlu rutin dicek.
  3. Pastikan jangan sampai kondisi panel bersuhu lembab akibat minyak, oli maupun air karena bisa menyebabkan timbulnya karat. Selain itu, bisa menghambat atau mengurangi kinerja komponen. Memastikan kondisi perangkat kering ini perlu dilakukan satu bulan sekali.
  4. Usahakan untuk memperhatikan aspek keamanan dan kerapian saat ingin menambahkan jaringan.
  5. Perawatan kontaktor pada panel listrik rumah bisa dilakukan dalam kurun waktu enam bulan sekali menggunakan pembersih khusus.

Walaupun sudah dirawat dengan baik, bukan berarti tidak ada kemungkinan perangkat mengalami kerusakan yang membuatnya perlu diganti. Lalu, kapan sebaiknya perangkat diganti? Secara umum perangkat ini akan bertahan selama kurun waktu beberapa dekade.

Ada beberapa tanda yang perlu dipertimbangkan untuk meningkatkan performa perangkat atau mengantinya dengan produk baru. Diantaranya, alat pemutus sirkuit sering mengalami trip, lampu meredup atau berkedip, perangkat terasa hangat saat disentuh.

Tanda lainnya panel listrik rumah perlu diperbaiki atau diganti yaitu saat muncul bau terbakar atau kabel rusak bahkan gosong. Untuk memastikan kondisinya perlu diperbaiki saja atau harus diganti, bisa ditanyakan kepada ahlinya yang memang berpengalaman supaya eksekusinya tepat.

 

Beragam Aspek Vital yang Penting Diperhatikan Saat Membeli Panel untuk Rumah

Membeli panel bisa dikatakan susah-susah gampang, terutama bagi pemula. Bagi Anda yang hendak membeli panel untuk rumah, ada beragam aspek vital penting diperhatikan, di antaranya:

1. Keamanan

Aspek vital pertama adalah keamanan, pastikan terjamin. Perangkat ini akan mengatur seluruh aspek yang berkaitan dengan sistem kelistrikan, sehingga sangat penting mempelajari detail serta spesifikasi sesuai dengan kebutuhan rumah.

Bila perlu, saat membeli panel listrik rumah konsultasikan terlebih dahulu dengan ahli kompeten untuk membantu dan memandu pencarian perangkat sesuai kebutuhan. Pastikan perangkat mampu menjangkau seluruh kebutuhan keamanan dalam rumah.

2. Efisiensi

Aspek vital selanjutnya efisiensi, di mana bisa berfungsi optimal saat dalam kondisi tidak terduga. Misalnya, adanya sakelar dengan mekanisme interlock bisa menjadi pertimbangan sebagai pelindung seluruh sistem sirkuit dari kegagalan kontrol.

3. Lokasi Pemasangan

Sangat penting memperkirakan perangkat akan dipasang di area mana. Pastikan ruangan yang akan digunakan untuk memasang perangkat ini luas dan mempunyai sirkulasi udara baik. Jangan lupa untuk membatasi akses masuknya ruangan, terutama bagi anak-anak.

Hal ini mengingat listrik sifatnya sangat membahayakan. Walaupun sudah di desain seaman mungkin, bukan berarti boleh di akses sembarangan. Apalagi bagi anak-anak, yang berkemungkinan besar menganggap perangkat tersebut adalah mainan.

4. Instalasi serta Perawatan

Aspek vital lainnya yang tidak kalah penting diperhatikan saat membeli panel listrik rumah adalah instalasi serta perawatan. Jangan nekat memasangnya sendiri untuk meminimalisir kesalahan dalam pemasangan.

Sebaiknya gunakan jasa ahli yang memang berkualifikasi dalam pemasangan. Selama proses pembelian, jangan lupa memeriksa seluruh persyaratan dan ketentuan garansi beserta layanan perawatan perangkat yang ditawarkan.

5. Kualitas serta Keandalan

Aspek vital terakhir adalah kualitas serta keandalan. Kedua hal ini akan berpengaruh signifikan terhadap umur peralatan listrik. Supaya lebih aman dan terjamin seluruh standar kualitas, memilih produk dengan merek ternama bisa menjadi opsi terbaik.

 

Alasan Mikmar Solusi Terbaik Bagi yang Ingin Pasang Panel Listrik Rumah

Logo footer

Mikmar Gracindo merupakan solusi terbaik bagi yang ingin memasang panel listrik rumah. Menjadi solusi terbaik bukanlah tanpa alasan. Beberapa alasan berikut bisa Anda jadikan pertimbangan sebelum memilihnya:

1. Produk Berkualitas Tinggi

Alasan pertama, Mikmar menyediakan produk berkualitas tinggi. Bukan hanya menyediakan panel untuk lingkup rumah saja, tapi juga perangkat jenis lain, seperti transformer atau trafo, MCC, SDP, LVMDP, bank kapasitor dan lain-lain.

Mengenai kualitas ini tidak perlu diragukan karena Mikmar sudah berkecimpung di industri kelistrikan sejak tahun 2011 silam. Jadi, bisa dikatakan sudah lebih dari sepuluh tahun menangani pembuatan produk kelistrikan.

2. Memenuhi Kebutuhan Multi Sektor

Alasan berikutnya, Mikmar Gracindo bukan hanya menyediakan fasilitas pembuatan dan pemasangan panel listrik rumah, tapi juga sektor lain. Seperti rumah sakit, perusahaan manufaktur, proyek pemerintah dan masih banyak lagi lainnya.

Berbagai sektor tersebut memenuhi kebutuhan pelanggan bukan hanya di wilayah Jakarta saja. Tapi juga wilayah lain, seperti Bali, Papua, Sumatra, Jawa, Sulawesi, Kalimantan hingga Timor Tenggara.

Jadi, tidak menjadi masalah bagi pelanggan yang berasal dari luar domisili Mikmar. Produk dijamin akan diantarkan atau dikirimkan dengan aman sesuai alamat tujuan.

3. Proses Pemesanan dan Pengiriman Produk Cepat

Mikmar akan memproses panel listrik rumah yang Anda pesan dengan cepat. Transaksi tidak harus dilakukan dengan langsung datang mengunjungi kantor resmi. Akan sangat tidak efisiens waktu bila yang melakukan pemesanan berasal dari luar kota.

Karena harus bolak balik di mana biaya transportasi dan tenaga akan lebih banyak dikeluarkan. Untuk mengatasi hal ini, pemesanan bisa dilakukan secara online tanpa harus mengunjungi kantor.

Jadi, sangat solutif bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan transportasi ke kota lain. Hanya saja, Anda akan dikenai biaya pengiriman produk, menyesuaikan dengan alamat.

4. Harga Bersaing

Ketika membeli panel listrik rumah di Mikmar, Anda akan memperoleh harga bersaing. Tidak terlalu mahal dan juga tidak terlampau murah. Tapi, bila dibandingkan dengan penyedia produk lain bisa dikatakan lebih terjangkau.

Harga yang harus dikeluarkan akan sebanding dengan kualitas. Untuk memastikan sesuai dengan budget yang dimiliki atau tidak, Anda bisa menanyakan mengenai detail harga kepada bagian customer service Mikmar.

5. Didukung oleh Tim yang Supportif

Alasan lainnya mengapa memilih Mikmar yaitu karena perusahaan ini didukung oleh tim yang supportif. Mengenai keandalan para teknisi yang membuat dan memasang perangkat sudah tidak perlu diragukan.

Jadi, ketika panel listrik rumah yang sudah dibeli ternyata ada kendala pengoperasian, bisa dibantu dengan segera oleh Mikmar. Atau mungkin ada permasalahan lain terkait penggunaan produk, Anda akan memperoleh solusi terbaik.

Perusahaan ini mengklaim bahwa kepuasan pelanggan serta keselamatan kerja merupakan prioritas utama. Hal ini menandakan ketika pelanggan menunjukkan ketidakpuasan akibat pelayanan kurang baik dari pihak Mikmar akan segera diatasi.

6. Menyediakan Layanan Garansi

Alasan terakhir, Mikmar menyediakan layanan garansi dengan syarat dan ketentuan tertentu. Mengenai ketentuan garansi ini bisa langsung Anda tanyakan kepada Mikmar supaya saat hendak melakukan klaim berhasil di ACC.

Seperti kita tahu bahwa dalam membeli atau memesan panel listrik rumah ada saja kemungkinan memperoleh produk tidak sesuai pesanan. Baik itu dalam hal spesifikasi maupun performa yang ternyata buruk setelah dicoba.

Ketika penyedia jasa memberikan layanan garansi, akan membantu Anda supaya terhindar dari kerugian. Sangat disayangkan tentu saja bila sudah terlanjur membayar mahal, ternyata produk tidak sesuai dengan pesanan dan tidak bisa melakukan klaim garansi.

Dengan berbagai poin tersebut, seharusnya tidak ada alasan lagi untuk tidak menggunakan penyedia layanan Mikmar Gracindo. Segera konsultasikan panel listrik rumah dengan spesifikasi yang Anda butuhkan melalui nomor WhatsApp dibawah ini

Mikmar Gracindo menyedikan layanan Panel Listrik Schneder, Low Voltage (LV) Panel, Medium Voltage (MV) Panel, Trafo Step Up, Trafo Step Down, Genset Control Panel, Lighting Panel dan panel listrik lainnya dapat menghubungi Mikmar Gracindo.

Baca juga: Supplier Panel Listrik Indonesia Terpercaya