Ada banyak jenis panel listrik yang bisa ditemukan dipasaran, salah satunya panel SDP. Setiap jenis perangkat listrik mempunyai bentuk dan komponen didalamnya yang berbeda-beda. Mengenai komponen terpasang, menyesuaikan dengan fungsi perangkat tersebut untuk apa.

Ketika membahas tentang panel listrik, yang terlintas dipikiran pertama kali adalah kotak khusus dengan isi komponen beserta rangkaian listrik. Biasanya pada bagian luar juga disertai komponen khusus pendukung bagian dalamnya, seperti tombol atau LCD.

Dari waktu ke waktu penyedia produk SDP semakin meningkat. Inilah penyebab pemilihan penyedia produk panel berkualitas sangat penting dilakukan dengan berbagai tips yang akan dibahas pada uraian berikut.

 

Membahas Sekilas Mengenai Panel SDP

Jual Panel SDP Jakarta  

Sebelum menerapkan tips memilih supplier panel SDP berkualitas, akan dibahas terlebih dahulu sekilas mengenai panel listrik. Panel listrik merupakan perangkat atau alat yang berfungsi membagi, menyalurkan, lalu mendistribusikan energi listrik dari sumber ke pihak pemakai.

Fungsi lainnya dari perangkat ini yaitu menangani aliran atau arus listrik dalam sistem grounding. Jadi, ketika nantinya terjadi listrik liar, sistem lebih aman dan tidak membahayakan pengguna. Seperti kita tahu ketika berhubungan dengan listrik harus ada sistem pengaman.

Apalagi bila penggunaannya dalam skala besar. Bukan hanya mencegah terjadinya kecelakaan kerja, tapi juga meminimalisir timbulnya kerugian. Karena perangkat biasanya dibuat dan disusun rapi dalam kotak khusus, membuatnya lebih tampak aman.

Terdapat banyak sekali jenis produk ini yang penting dipahami sebelum membeli. Sebab, setiap jenis mempunyai kegunaan berbeda-beda. Membahas mengenai jenis panel listrik, dibagi menjadi banyak kategori.

Mulai dari segi penggunaan, bahan serta tipe. Dari segi penggunaan ada panel SDP, MDP, synchron genset, WLC, KWH, capacitor bank, genset AMF ATS dan COS. Sedangkan berdasarkan jenis bahan, ada box besi dan box plastik.

Berdasarkan tipe terbagi menjadi tiga jenis, yaitu wall mounting, free standing dan switch gear. Mengenai masalah harga perangkat ini bervariasi, menyesuaikan dengan ukuran, model, bahan serta spesifikasi.

Memahami Panel SDP Beserta Berbagai Komponen Didalamnya

Supplier Panel SDP Listrik

Jenis SDP atau Sub Distribution Panel memanfaatkan MCCB (Moulded Case Circuit Breaker) untuk mengaliri listrik yang berasal dari LVMDP. LVMDP atau Low Voltage Main Distribution Panel berfungsi sebagai pembagi utama daya untuk semua instalasi feeder yang dilayani.

LVMDP bekerja pada tegangan rendah dan menerima daya dari trafo, lalu mendistribusikannya ke LVSDP atau Low Voltage Sub Distribution Panel. Dalam proses pengoperasiannya memakai ACB (Air Circuit Breaker) atau MCCB (Moulded Circuit Breakers).

Membahas tentang aksesori, tergantung dari sistem yang ingin dibuat. Setiap jenis panel listrik mempunyai komponen khusus didalamnya, termasuk juga SDP. Beberapa komponen yang ada di dalam panel SDP diantaranya:

1. Air Circuit Breaker

ACB merupakan komponen yang berfungsi sebagai pemutus arus pada rangkaian. ACB memanfaatkan udara untuk meredam timbulnya busur api saat posisi dinyalakan. Komponen ini dipakai untuk tegangan rendah sekitar 380 kV.

2. Miniature Circuit Breaker

MCB mempunyai fungsi melindungi rangkaian dari adanya arus berlebih. Jadi, saat arus listrik melewati MCB berlebihan akan diputus secara otomatis. Tapi, saat arusnya normal, MCB akan berfungsi sebagai saklar penghubung dan pemutus arus listrik manual.

3. Moulded Case Circuit Breaker

MCCB mempunyai fungsi sebagai pengaman serta pemutus arus saat terjadi korsleting atau overload yang bisa menimbulkan kerusakan pada motor listrik bahkan kebakaran karena percikan bunga api. Biasanya pemakaian MCCB pada alat-alat berat.

Komponen lainnya dalam panel SDP yaitu thermal overload relay, ampere meter, volt meter, pilot lamp, CT atau Current Transformator, push button serta magnetic contactor. Setiap komponen mempunyai fungsinya masing-masing yang saling mendukung satu sama lain.

Baca juga : Supplier Transformator Step up dan Step Down

Beragam Keuntungan Menggunakan Panel SDP

Distributor Panel SDP Untuk Pabrik

Penggunaan setiap panel listrik memberikan beragam keuntungan, begitu juga dengan SDP. Asalkan produk SDP yang dimiliki berkualitas, keuntungan ini akan diperoleh secara maksimal. Beberapa keuntungan SDP beserta LVMDP diantaranya:

  1. Memberikan keamanan saat tiba-tiba terjadi short circuit dalam rangkaian.
  2. Bisa melakukan distribusi beberapa kombinasi dari iphase dengan outgoing 3 phase dan menerimanya dalam bentuk incoming 3 phase.
  3. Lebih menghemat proses distribusi listrik.
  4. Dengan menggunakan panel SDP beserta LVMDP, setiap rangkaian di berbagai sirkuit akan diberikan pemutus beban atau fuse serta sumber pasokan listrik.
  5. Peralatan serta perangkat eksternalnya mempunyai kekuatan stabil dan aman. Hal ni karena LVMDP akan menjaga sumber daya primer dan sekunder secara terus menerus.
  6. Memberikan layanan distribusi serta konversi power ke berbagai perangkat eksternal yang diambil dari sumber daya primer maupun sekunder.

SDP mempunyai banyak komponen pendukung dengan fungsinya masing-masing yang tentu saja menguntungkan dalam sebuah rangkaian listrik. Bukan hanya untuk mengalirkan listrik, tapi juga menurunkan tegangan supaya tidak terjadi korsleting.

Panel SDP nantinya akan mengubah listrik menjadi listrik siap guna dengan tegangan sesuai dengan peralatan elektronik yang akan dipakai. Penting diingat bahwa keuntungan tersebut tidak akan optimal bila produk yang digunakan tidak berkualitas.

Tips Memilih Supplier Panel SDP Ready Stock Jakarta Berkualitas

Manfaat Menggunakan Panel SDP

Walaupun banyak supplier SDP Jakarta menyediakan produk ready stock, tidak semuanya mempunyai jaminan kualitas. Untuk mendapatkan produk ready stock yang berkualitas, terapkan beberapa tips memilihnya sebagai berikut:

 

1. Mengetahui Lokasi Supplier

Tips pertama, ketahui lokasi supplier dan pastikan benar-benar ada, bukan fiktif. Apalagi bila Anda ingin membelinya secara online. Caranya dengan melakukan riset secara online maupun offline.

Metode pencarian panel SDP secara offline bisa dengan langsung mengunjungi lokasi supplier terkait. Untuk metode pencarian online, bisa melalui sosial media, website atau platform lainnya yang dimiliki oleh supplier tersebut sebagai penunjang informasi.

 

2. Memperhatikan Harga

Tips selanjutnya perhatikan dari segi harga, Anda harus mengetahui tarif dipasaran sebagai patokan. Jangan mudah tergiur dengan harga terlampau rendah karena riskan terhadap kualitasnya yang buruk.

 

3. Mempertimbangkan Pelayanan

Ketika memilih supplier pertimbangkan pelayanan yang diberikan. Pelayanan yang baik akan memudahkan Anda ketika mengalami permasalahan terkait produk SDP, seperti adanya cacat fisik, ingin mengetahui cara pemakaian atau kendala saat pengoperasian.

 

4. Meminta Produk Sampel

Ketika hendak membeli panel SDP ready stock, meminta produk sampel bisa menjadi alternatif untuk lebih meningkatkan keyakinan sebelum membeli. Akan lebih meyakinkan lagi bila produk sampel diketahui secara langsung, bukan hanya virtual.

 

5. Memahami Masalah Garansi serta Sistem Retur

Tips terakhir, pahami masalah garansi produk serta sistem retur. Tidak semua supplier menyediakan layanan garansi dan sistem retur ini. Jadi, sebaiknya Anda memilih seller yang memberikan fasilitas ini sebagai jaminan bila produk mengalami kerusakan.

Bagi Anda yang sedang mencari produk SDP ready stock Jakarta berkualitas, segera pesan di Mikmar Gracindo. Supplier ini sudah lebih dari 10 tahun berkecimpung di dunia panel listrik, sehingga sudah tidak perlu diragukan lagi terkait pelayanan.

Mengenai masalah harga, tidak perlu khawatir karena Mikmar Gracindo mempunyai tarif yang kompetitif. Apakah Anda masih merasa ragu? Konsultasikan saja terlebih dahulu kebutuhan panel SDP Anda di nomor WA berikut.

Mikmar Gracindo menyedikan layanan Panel Listrik Schneder, Low Voltage (LV) Panel, Medium Voltage (MV) Panel, Trafo Step Up, Trafo Step Down, Genset Control Panel, Lighting Panel dan panel listrik lainnya dapat menghubungi Mikmar Gracindo.

Baca juga : Distributor Panel SDP Untuk Pabrik