Mencari distributor panel Schneider electric yang selalu ready stok ternyata bukan perkara mudah. Salah satu alasannya karena memang brand Schneider sendiri cukup terkenal dan sering digunakan di Indonesia.

Jadi pada kesempatan ini akan kami berikan informasi dimana bisa mendapatkan produk tersebut. Selain itu kami juga akan memberikan informasi terkait dengan produk tersebut bagi yang belum pernah mengetahuinya.

Karena memang urusan kelistrikan seperti ini bukan bidang yang mudah dipahami semua orang. Sehingga niche market dari barang ini sendiri juga cukup terbatas namun digunakan oleh hampir semua orang.

Jika Anda melihat circuit breaker di rumah, itu adalah salah satu bentuk panel dengan daya lemah. Jadi perlengkapan seperti itu adalah hal yang kali ini akan kami bahas secara rinci sebagai insight.

Kita mulai dengan materi paling sederhana yaitu terkait apa sebenarnya panel itu terutama produksi dari Schneider electric. Simak ulasan selengkapnya pada segmen berikutnya agar lebih mudah memahaminya.

 

Apa Itu Panel Schneider Electric?

Cari Panel MDP Schneider.jpeg

Panel disini bukan berarti permukaan sesuatu seperti pada keterangan dari KBBI. Namun ini adalah panel elektrik yang tugasnya secara umum adalah sebagai salah satu alat untuk melakukan manajemen daya.

Bentuk paling dasar dari panel Schneider electric yang mungkin Anda miliki sekarang di rumah adalah circuit breaker. Alat tersebut digunakan untuk memutus jaringan listrik pada saat terjadi short circuit atau konsleting.

Sedangkan Schneider electric sendiri adalah sebuah brand dari Jerman yang membuat berbagai macam peralatan. Brand tersebut identik dengan perlengkapan elektrik terkait dengan jaringan.

Baik itu daya lemah atau menengah mereka memproduksi sesuai dengan kebutuhan para konsumen. Di Indonesia sendiri brand ini adalah salah satu andalan kontraktor terpercaya karena kualitasnya terbukti bagus.

Banyak keunggulan dari produk tersebut sehingga di Indonesia sendiri jumlah penjualannya cukup tinggi. Untuk masalah keunggulan akan kami sediakan segmen tersendiri agar semakin jelas penjelasannya.

Kebutuhan terhadap panel Schneider electric sendiri di Indonesia semakin meningkat dengan bertambahnya industri. Baik itu skala kecil atau menengah tentu saja pada akhirnya membutuhkan jaringan listrik secara stabil.

Sehingga brand ini sendiri banyak dibutuhkan dan juga sangat direkomendasikan oleh para pakar. Banyak juga kontraktor mekanikal elektrikal merekomendasikan Schneider electric sebagai opsi utama.

Para calon pengguna entry level tentu saja akan memperoleh keuntungan ketika menggunakan produk berkualitas. Jadi ini merupakan salah satu investasi jangka panjang bagus bagi para calon pengusaha.

 

Alasan Memilih Schneider Electric Control Panel

Seperti sudah disinggung sebelumnya memang produk dari brand ini memang banyak direkomendasikan. Namun secara spesifik sendiri masih kurang banyak diketahui oleh konsumen secara umum.

Sehingga pada pembahasan kali ini akan kami jelaskan apa saja sebenarnya keunggulannya ketika digunakan. Apakah memang sesuai dengan ekspektasi para pengguna atau ternyata hanya sekedar gimmick marketing belaka.

1. Daya tahan tinggi

Tahukah Anda bahwa Schneider electric control panel adalah salah satu dengan daya tahan paling tinggi. Jadi ketika digunakan dalam jangka panjang bisa bertahan dengan sedikit degradasi.

Ketika hendak menggunakan perlengkapan elektrikal tentu daya tahan adalah salah satu aspek penting. Jadi pertimbangkan dengan matang ketika memilih agar nantinya ketika dipakai tidak mudah rusak.

2. Perawatan mudah

Biasanya peralatan listrik dengan aktivitas konsisten seperti LVMDP membutuhkan perawatan kompleks. Namun brand ini memiliki built quality bagus sehingga perawatannya juga mudah.

Bahkan pengguna awam tidak perlu khawatir dengan kondisinya meskipun sudah lama digunakan. Hanya perlu annual maintenance secara keseluruhan untuk memastikan efektivitas tetap bagus.

3. Bergaransi resmi

Panel Schneider electric memiliki garansi resmi sehingga ketika ada masalah teknis dapat diperbaiki. Bahkan kontraktor resmi terpercaya biasanya juga memberikan garansi distributor.

Sehingga ketika terjadi kerusakan pada jangka waktu tertentu dapat diperbaiki bahkan penggantian. Ini adalah salah satu keuntungan yang perlu dipertimbangkan bagi calon pengguna entry level.

Sebagai sebuah peralatan dengan daya tahan tinggi artinya Anda tidak perlu terlalu khawatir ketika menjadikannya opsi. Brand ini sudah banyak dipercaya jadi pengguna entry level bisa menggunakannya.

Masih banyak alasan mengapa merek ini menjadi andalan para kontraktor profesional di Indonesia. Jadi ketiga aspek tersebut merupakan hal paling umum yang disukai oleh klien terhadap merek ini.

 

Jenis Panel Schneider Electric yang Ada di Indonesia

Panel Schneider

Di Indonesia ada beberapa jenis panel Schneider yang sering digunakan oleh kontraktor mekanikal elektrikal. Berikut ini akan kami bagi dalam tiga aspek agar cukup mudah karena memang sub produknya cukup banyak.

1. Low voltage

Kategori low voltage panel Schneider electric banyak digunakan di dalam negeri. Salah satu produk paling sering ditemui adalah LVMDP dimana banyak digunakan di mall atau pusat perbelanjaan.

Selain LVMDP disediakan juga MCCP dan SDP yang penggunaannya juga tidak jauh dari konsumsi listrik skala industri. Jadi berbagai macam peralatan memang selalu siap untuk dibeli oleh konsumen.

Miscellaneous electrical part seperti circuit breaker juga disediakan untuk kebutuhan daya rendah. Jadi memang mengakomodasi kebutuhan mulai dari rumah tangga sampai standar industri menengah.

 

2. Medium voltage

Untuk medium voltage sebenarnya ada beberapa alat yang umum digunakan dalam industri. Namun di Indonesia paling banyak digunakan adalah panel cubicle dengan berbagai spesifikasi.

Cubicle sendiri jenisnya ada IM, QM, DM2, dan lainnya tergantung kebutuhan instalasi. Jadi panel Schneider electric memang menyediakan cukup banyak opsi untuk digunakan para konsumen.

Apabila Anda sering berinteraksi dengan peralatan kelistrikan tentu tidak asing dengan brand tersebut. Ini adalah salah satu pilihan terbaik yang dapat dijadikan opsi secara umum.

 

3. Solar and energy storage

Sekarang di Indonesia sendiri juga sudah mulai banyak rumah pribadi menggunakan panel surya. Jadi brand ini juga dapat dijadikan opsi baik itu dari panelnya atau battery bank.

Kebutuhan listrik rumah tangga tentu akan menjadi lebih irit ketika menggunakan energi surya. Memang ini masih cukup mahal namun kedepan mungkin akan menjadi lebih terjangkau.

Ketika jenis produk tersebut sekarang paling banyak dicari di Indonesia karena memang penggunaannya cukup intens. Jadi ini adalah salah satu opsi tepat agar penggunaan optimal dan tidak butuh perawatan intens.

 

Tips Memilih Panel Schneider Electric

Sebenarnya jika ingin menggunakan merek ini tidak usah memilih terlalu teliti semua barangnya berkualitas. Namun yang ingin kami tekankan disini adalah bagaimana agar penggunaannya optimal.

Akan menjadi percuma ketika sebuah barang bagus tidak digunakan secara optimal karena kurang jeli menentukan opsi. Jadi berikut ini akan kami berikan beberapa tips agar sesuai dengan kebutuhan penggunaan Anda.

1. Pastikan kesesuaian daya

Hal pertama paling penting ketika memilih panel Schneider electric adalah kesesuaian daya. Setiap komponen baik low atau medium tentu harus melihat kebutuhan daya terlebih dahulu.

Misalnya kita butuh output sekitar 440 v tentu akan sangat salah ketika menggunakan LVMDP. Jadi antara satu perangkat dan lainnya masing-masing memiliki fungsi tersendiri.

Ini adalah hal paling penting untuk diperhatikan karena masih sering banyak kesalahan dalam pemakaian. Misalnya di sebuah pasar tradisional sudah jelas kebutuhan daya menengah tapi memaksa menggunakan LVMDP.

2. Lihat garansinya

Setiap produk pasti memiliki kebijakan garansi tersendiri sehingga perlu kita perhatikan secara detail. Sebagai rule of thumb semakin lama sebuah garansi artinya kualitasnya juga semakin bagus.

Jadi kami selalu merekomendasikan agar menggunakan produk bergaransi terutama ketika jangkanya cukup panjang. Sehingga klien tidak perlu terlalu bingung ketika nanti ada kerusakan pada masa garansinya.

3. Konsultasikan dengan pihak profesional

Jika Anda adalah klien awam atau entry level ada baiknya bekerjasama dengan pihak profesional. Banyak kontraktor mekanikal elektrikal menawarkan layanan seperti ini pada para pembelinya.

Sehingga konsumen dapat memperoleh barang sesuai kegunaan dan kualitasnya terjamin. Jika Anda memang belum berpengalaman jangan ragu untuk berkonsultasi terlebih dahulu.

Ketiga langkah tersebut tentu cukup bijak ketika dijadikan sebagai acuan ketika hendak membeli produk. Jadi nantinya Anda bisa mendapatkan barang berkualitas dan fungsinya sesuai kebutuhan pribadi.

 

Tips Agar Panel Schneider Electric Semakin Awet

Distributor Panel Listrik Schneider Jakarta

Ada tiga langkah mudah menjaga agar peralatan ini menjadi lebih awet ketika digunakan. Mulai dari testing, checking, dan maintenance jangan pernah dilupakan sehingga hasilnya bisa menjadi optimal.

1. Testing

Ketika membeli panel Schneider electric di tempat terpercaya pasti ada proses test run. Jadi sebelum produk dibawa pulang pihak penjual akan mengetes terlebih dulu apakah berfungsi dengan baik.

Jadi ketika membeli jangan pernah menolak tawaran untuk test run sebelum dipasang di rumah. Ini adalah langkah mitigasi agar ketika ada cacat produk bisa segera diganti.

2. Checking

Proses ini terjadi setelah instalasi peralatan di lokasi diinginkan sesuai kehendak pemilik. Jadi gunakan kontraktor mekanikal elektrikal terpercaya ketika membeli alat tersebut.

Karena pada umumnya kontraktor mekanikal elektrikal terpercaya pasti menawarkan juga jasa instalasi. Pada proses instalasi tersebut pasti juga akan ada run checking saat barang sudah ada di lokasi.

Jadi pengecekan bisa berjalan sebanyak dua kali yaitu sebelum membeli dan saat setelah dipasang. Ini adalah langkah mitigasi dari kesalahan teknis sehingga alat menjadi lebih awet saat digunakan nanti.

3. Maintenance

Perawatan simpel pada panel Schneider electric memang bisa dilakukan sendiri. Mulai pengecekan indikator, contact point, baut terminal, sampai pengaturan metering gauge.

Itu ada dalam buku manual ketika Anda melakukan pembelian secara resmi di tempat terpercaya. Namun untuk perawatan lebih kompleks tentu butuh tenaga ahli khusus.

Apabila Anda memang tidak memiliki kompetensi dalam perawatan kelistrikan itu lebih baik serahkan saja pada profesional. Sudah banyak layanan kontraktor mekanikal elektrikal untuk jasa maintenance peralatannya.

Fungsi Secara Umum Panel Schneider Electric

Mengapa kami akan menjelaskan secara umum karena ketika harus spesifik tergantung alat lebih baik baca buku manual. Sehingga disini kami akan menjelaskan tiga fungsi secara umum dari peralatan.

1. IM (incoming)

Panel ini memiliki fungsi sebagai penerima daya langsung dari gardu induk karena biasanya ada pada MVMDP. Jadi tidak butuh transformator step down untuk menurunkan kapasitas daya.

MVMDP panel Schneider electric mampu memanajemen daya sampai sebesar 20 kv. Sehingga ini adalah opsi paling tepat ketika digunakan pada penerimaan daya utama secara langsung.

Dari panel IM kita akan menggunakan jenis lain agar dapat ditransformasi sesuai kebutuhan penggunaan. Posisinya yang berada di paling awal membuatnya memiliki beban cukup besar.

2. DM1A

Panel ini berfungsi sebagai penghubung antara incoming dan outgoing, jadi posisinya berada di tengah. Sudah terjadi transformasi daya sehingga disini tidak perlu ditransformasikan lebih jauh lagi.

Namun bisa saja sebelum melalui DM1A menggunakan transformator step down jika dayanya masih terlalu tinggi. Semuanya tentu dapat disesuaikan kembali dengan kebutuhan penggunaan masing-masing.

3. QM (outgoing)

Ini adalah panel keluaran yang fungsinya akan mendistribusikan daya dari MVMDP menuju LVMDP. Jadi jika misalnya dayanya masih terlalu tinggi akan dilakukan transformasi lagi.

Sehingga kerja dari rangkaian panel Schneider electric ini akan selalu saling berhubungan. Manajemen daya memang bukan perkara sepele sehingga butuh peralatan lengkap.

Dengan mengetahui tiga fungsi umum tersebut tentu sekarang Anda paham juga bagaimana kompleksnya penggunaan. Jadi jangan gunakan barang sembarangan apabila ingin tetap aman beroperasi jangka panjang.

 

Tips Memilih Supplier Panel Schneider Electric Terpercaya

Jasa Instalasi Panel Schneider

Sebelumnya kami memberikan tips memilih panelnya, sekarang kita masuk pada segmen pemilihan supplier. Di Indonesia sebenarnya sudah cukup banyak supplier dari Schneider electric.

Baik itu kerjasama langsung seperti partnership atau sekedar distributor jadi mudah mencarinya. Namun ketika ingin menemukan opsi terpercaya Anda harus ekstra teliti dan menerapkan tiga tips berikut.

1. Cek ketersediaan barang

Tahukah Anda bahwa salah satu ciri supplier panel Schneider electric terpercaya dapat dilihat dari ketersediaan stok. Itu terjadi karena kontraktor mekanik elektrik selalu membeli dalam jumlah besar.’

Sehingga berapapun klien melakukan pesanan pasti selalu ada stok untuk dikeluarkan. Apabila Anda menemukan penyedia dengan stok terbatas lebih baik pertimbangkan lagi.

Bisa jadi mereka adalah distributor tangan kedua dan tidak langsung menjalin kerjasama. Sehingga besar juga kemungkinan bahwa produk dagangan mereka itu tiruan.

2. Cek review pengguna

Biasanya kontraktor atau penyedia besar dan terpercaya pasti memiliki sosial media. Anda bisa mengecek bagaimana ulasan dari klien yang pernah bekerjasama dengan penyedia tersebut.

Apakah mereka memang mampu memberikan pelayanan optimal setiap pembelian atau tidak. Ini memang relatif sifatnya karena beberapa kontraktor profesional tidak menyediakan sosial media.

Namun tetap saja Anda bisa mengecek track record dari situs resmi mereka untuk memastikannya. Jadi informasi terkait bagaimana pelayanan dapat diketahui oleh konsumen secara mudah.

3. Cek garansi

Salah satu ciri utama penyedia profesional adalah mereka tidak hanya menyediakan garansi resmi namun juga distributor. Sehingga proses pengembalian produk bisa berjalan jauh lebih cepat.

Bahkan jika misalnya masa garansi memang sudah habis pembelian spare parts panel Schneider electric mudah dilakukan. Ini adalah tanda bahwa penyedia tersebut memang bekerjasama secara profesional.

Tidak terlalu sulit bukan menentukan bagaimana supplier terpercaya untuk membeli peralatannya. Anda dapat menerapkan langkah tersebut agar bisa memilih penyedia terpercaya ketika hendak membeli.

Rekomendasi Penjual Panel Schneider Electric Bergaransi Terpercaya

Mikmar Gracindo Logo

Dengan berbagai informasi sebelumnya tentu Anda sudah siap untuk langsung melakukan pengadaan. Namun bagi para pengguna entry level tentu masih sedikit kesulitan mencari tempat beli terpercaya.

Jika itu masalahnya tidak perlu khawatir karena kami memiliki solusi terbaik untuk digunakan. Mengapa tidak membeli di Mikmar Gracindo saja yang sudah satu dekade lebih melayani para klien.

Kami merupakan sebuah perusahaan kontraktor mekanikal elektrikal terpercaya di Indonesia. Kami juga melayani pengadaan alat baik itu untuk daya rendah atau sedang sesuai kebutuhan konsumen.

Mikmar Gracindo juga menjual panel Schneider electric yang dibutuhkan oleh para konsumen. Kami juga menyediakan layanan tambahan seperti testing, instalasi, sampai commision service.

Semua itu dilakukan agar kepuasan pelanggan tetap terjaga secara optimal ketika bersama Mikmar Gracindo. Kepuasan klien adalah prioritas kami sehingga semua pelayanan akan dioptimalkan. Apabila tertarik menggunakan layanan dari Mikmar Gracindo Anda bisa mengunjungi situs resmi kami.

Urusan pengadaan peralatan elektrik seperti ini memang tidak boleh dianggap sebelah mata. Anda harus menggunakan brand yang sudah dipercaya dan kontraktor profesional seperti kami.

Jadi ketika nanti sudah dipasang dapat memberikan kinerja maksimal dan paling penting tahan lama. Tidak perlu bingung mencari karena Mikmar Gracindo siap menjadi penyedia utama Anda.

Anda bisa menghubungi kami dengan klik tombol WA untuk mendapatkan panel Schneider electric terbaik.

 

Mikmar Gracindo menyedikan layanan Panel Listrik Schneder, Low Voltage (LV) Panel, Medium Voltage (MV) Panel, Trafo Step Up, Trafo Step Down, Genset Control Panel, Lighting Panel dan panel listrik lainnya dapat menghubungi Mikmar Gracindo.

 

Baca juga: Jasa Instalasi Panel Schneider