Mendapatkan supplier transformator step up dan step down harga terbaik merupakan keinginan banyak pembeli. Apalagi bila penggunaannya untuk memenuhi kebutuhan usaha, di mana setiap pengeluaran harus sangat dipertimbangkan.

Terlebih lagi, komponen trafo tersebut masuk dalam skala prioritas kebutuhan yang harus rutin dipesan, misalnya dalam konteks ingin menjualnya kembali. Mencari supplier yang memberikan harga terbaik tapi tetap mengutamakan kualitas bukanlah hal mudah.

Untuk mendapatkannya, Anda bisa menyimak tips yang akan diuraikan pada pembahasan berikut. Sebelum itu, akan diulas terlebih dahulu mengenai kedua jenis transformator ini terlebih dahulu.

 

Berikut Penjelasan Singkat Tentang Transformator

Distributor Transformator Step Up Dan Step Down Jakarta

Bagi seseorang yang berkecimpung dalam dunia transformator step up dan step down, tentu sudah tidak asing lagi dengan kedua komponen ini. Tapi, bagi orang awam atau masih baru masuk dalam dunia transformator, biasanya belum terlalu paham.

Atau sekadar sudah mengetahui, tapi tidak terlalu mendalami. Dari segi pengertian, transformator merupakan sebuah alat listrik yang berfungsi mengubah besaran listrik dalam suatu rangkaian. Tegangan adalah besaran listrik utama yang diubah oleh trafo.

Pengubahan dimaksud bisa dalam bentuk menurunkan tegangan atau menaikkannya. Trafo bekerja hanya pada tegangan berjenis AC atau berarus bolak-balik. Sedangkan sistem kerjanya berdasarkan prinsip induksi elektromagnet.

Implementasi trafo beragam, mulai dari alat yang akrab dengan keseharian hingga pendistribusian tenaga listrik. Transformator step up dan step down merupakan dua di antara banyak jenis trafo yang kerap dipakai untuk memenuhi kebutuhan.

Pada dasarnya sebuah transformator sederhana terdiri dari dua kumparan atau lilitan kawat yang terisolasi. Dua kumparan dimaksud adalah primer dan sekunder. Bagian kumparan kawat terisolasi tersebut, pada kebanyakan komponen transformator dililitkan terhadap sebuah besi.

Besinya bernama core atau inti besi. Fluks magnetik atau medan magnet akan timbul saat kumparan primer dialiri oleh arus AC. Hasil medan magnet akan semakin besar seiring semakin besarnya arus listrik.

Fluktuasi medan magnet di sekitar kumparan primer akan menginduksi GGL atau Gaya Gerak Listrik dalam kumparan sekunder. Kemudian terjadi proses pelimpahan daya dari kumparan primer menuju kumparan sekunder.

Pada momen inilah terjadi perubahan tegangan listrik. Bisa berubah ke tegangan lebih tinggi atau lebih rendah, tergantung jenis transformator step up dan step down yang dipakai.

 

Memahami Beberapa Fungsi Transformator Step Up

bagian transformator

Untuk yang pertama akan membahas tentang transformator step up terlebih dahulu. Transformator jenis ini mempunyai jumlah kumparan atau lilitan bagian sekunder lebih banyak.

Istilah lain dari jenis ini yaitu trafo penaik tegangan. Relevan dengan tegangan listrik yang dihasilkan pada bagian output lebih besar dibandingkan input. Ada beberapa fungsi trafo jenis ini baik secara umum maupun pada alat tertentu, diantaranya:

 

1. Mentransmisikan Energi Listrik

Fungsi pertama yaitu mentransmisikan energi listrik supaya dapat terdistribusi dengan baik. Fungsi satu ini biasanya dipakai pada generator pembangkit listrik. Mengenai cara kerjanya hampir sama dengan trafo penaik tegangan pada PLN.

Yaitu menambah tegangan listrik untuk kemudian ditransmisikan ke gardu induk. Tujuan dari proses ini yaitu supaya daya listrik yang ditransmisikan tidak hilang banyak alias lose power.

 

2. Menaikkan Tegangan Listrik

Beda transformator step up dan step down salah satunya dari segi menaikkan atau menurunkan tegangan listrik. Untuk fungsi trafo jenis ini berfungsi menaikkan tegangan listrik. Salah satu implementasi fungsi ini pada inverter pembangkit listrik tenaga surya.

 

3. Pada UPS Komputer

Fungsi berikutnya pada UPS (Uninterruptible Power Supply) komputer yaitu membackup daya listrik saat situasi tertentu. Seperti ketika komputer kehilangan sumber listrik utama. Dalam kondisi ini diperlukan trafo penaik tegangan dalam UPS atau trafo inverter.

 

4. Pada Microwave

Pada microwave ada sebuah komponen bernama magnetron yang mempunyai fungsi mengonversi energi listrik menjadi gelombang mikro dengan frekuensi tinggi. Dalam kondisi ini dibutuhkan trafo penaik tegangan penghasil arus dan tegangan besar.

 

Inilah Pengertian Transformator Step Down Beserta Fungsinya

jual transformator Tangerang

Transformator step up dan step down itu kebalikan. Bila trafo step up merupakan penaik tegangan, trafo step down penurun tegangan. Pengertian transformator penurun tegangan yaitu komponen pengubah besaran listrik yang mempunyai jumlah lilitan primer lebih banyak.

Jadi, tegangan output dihasilkan lebih rendah dibandingkan input. Fungsi trafo jenis ini pada rangkaian elektronika beragam. Salah satunya pada catu daya, baik yang sudah atau belum memakai rangkaian regulasi.

Penggunaan lainnya yaitu pada sistem distribusi energi listrik. Biasanya jenis trafo penurun tegangan yang dipakai varian 3 phase. Trafo jenis ini pada perancangan rangkaian harus didesain sesuai keperluan beban.

Akan menjadi berbahaya bagi komponen tersebut bila arus yang dibutuhkan melebihi hasilnya. Akibat yang ditimbulkan yaitu kumparan dan inti besi mempunyai suhu panas berlebih. Akibat paling parah bisa menimbulkan kerusakan pada transformator tersebut.

Implementasi transformator step up dan step down berbeda. Dibandingkan penaik tegangan, penurun lebih banyak dipakai pada peralatan listrik rumah tangga, seperti televisi, charger perangkat, radio, speaker aktif, power amplifier dan masih banyak lagi lainnya.

Penting dipahami bahwa tegangan output kedua jenis trafo ini perbedaannya cukup signifikan. Transformator penaik tegangan mempunyai output 220V, 11kV atau selebihnya. Sedangkan transformator penurun tegangan memiliki output antara 5V hingga 110V.

 

Tips Mendapatkan Supplier Transformator Step Up dan Step Down Harga Terbaik

jual transformator murah

Setelah membahas sekilas tentang kedua komponen penting dalam rangkaian elektronika, kini saatnya mencari produk dengan penawaran harga terbaik. Ada berbagai tips bisa Anda coba terapkan untuk mendapatkan produk harga terbaik, antara lain:

1. Membandingkan Beberapa Supplier

Tips membeli transformator step up dan step down pertama, bandingkan beberapa supplier. Tentukan terlebih dahulu trafo dengan spesifikasi seperti apa yang dibutuhkan. Setelah itu Anda bisa mencari beberapa supplier penyedia produk tersebut.

Dari produk dengan kualitas sama, bandingkan dari segi harga. Harga dimaksud bukan hanya dari harga produk, tapi juga sangat penting mempertimbangkan biaya keseluruhan termasuk ongkos kirim atau akses transportasi.

Tidak ada salahnya dalam melakukan proses pembandingan, menanyakan kepada supplier mengenai hal-hal berkaitan dengan produk yang ingin dibeli. Keramahan dan kecepatan respons sangat penting dipertimbangkan.

2. Selektif dalam Memilih

Ketika memilih transformator step up dan step down harus selektif bukan hanya mengenai harga, tapi juga kualitas. Bagaimanapun juga, hal utama yang diprioritaskan dalam memilih komponen adalah kualitas.

Segala faktor yang relevan bisa menjadi pertimbangan penting. Bila masih bingung memilih produk dengan spesifikasi seperti apa yang cocok untuk memenuhi kebutuhan, Anda bisa berkonsultasi dengan supplier terkait.

 

3. Mewaspadai Produk dengan Harga Terlalu Rendah dari Pasaran

Tips terakhir, walaupun sedang mencari produk dengan harga terbaik, waspadai bila menemukan tarif terlalu rendah dan jauh dari standar pasaran. Penting diingat bahwa kualitas sebanding dengan harga.

Apakah Anda sedang bingung mencari trafo penaik atau penurun tegangan yang memiliki harga terbaik tapi tetap mengutamakan kualitas? Sekarang, Anda tidak perlu bingung lagi karena Mikmar Gracindo mampu mengatasinya.

Temukan produk berkualitas yang Anda butuhkan dengan menghubungi Mikmar Gracindo di nomor WA . Atau bisa juga berkonsultasi terlebih dahulu secara gratis mengenai transformator step up dan step down yang diinginkan.

Mikmar Gracindo menyedikan layanan Panel Listrik Schneder, Low Voltage (LV) Panel, Medium Voltage (MV) Panel, Trafo Step Up, Trafo Step Down, Genset Control Panel, Lighting Panel dan panel listrik lainnya dapat menghubungi Mikmar Gracindo.

Baca juga : Distributor Transformator Step Up Dan Step Down Jakarta