Panel Schneider merupakan produk perangkat kelistrikan yang sangat populer dan sudah tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Tidak heran bila produk panel satu ini mempunyai banyak peminat. Panel listrik ini diproduksi oleh perusahaan bernama Schneider Electric.

Bagi orang yang berkecimpung di dunia kelistrikan, tentu sudah tidak asing dengan perusahaan satu ini. Tapi sayangnya, banyak oknum tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan momen tingginya peminat untuk membuat produk palsu.

Walaupun ingin mendapatkan produk panel dengan harga bersaing, Anda perlu lebih selektif dalam memilih supaya memperoleh yang asli. Beberapa caranya akan dibahas pada uraian berikut. Sebelum itu, akan dibahas terlebih dahulu mengenai Schneider Electric.

 

Membahas Sekilas tentang Schneider Electric

panel schneider murah Jakarta

Sebelum membeli panel Schneider, tidak ada salahnya mengetahui sekilas tentang Schneider Electric. Schneider Electric merupakan perusahaan asal Prancis yang didirikan pada tahun 1836 oleh dua bersaudara.

Schneider et Cie pada awal abad ke-20 menjalin kerja sama dengan Westinghouse Systems, grup yang bergerak di bidang elektrik. Keduanya pada waktu tersebut membuat motor elektrik serta lokomotif.

Kemudian, sesudah Perang Dunia II, bisnis peralatan untuk perang mulai ditinggalkan dan beralih ke lainnya, yakni teknik elektrik, baja dan besi. Sektor ini ditangani oleh perusahaan hingga awal tahun 1980.

Grup Schneider pada tahun 1981 terpecah dan fokus di elektrik serta pengontrolan industri. Terkait hal ini diikuti oleh strategi akuisisi Telemecanique tahun 1988, Square D tahun 1991, Merlin Gerin tahun 1992 serta APC tahun 2007.

Merk tersebut menjadi produk andalan perusahaan. Kemudian pada tahun 1999, Groupe Schneider mengganti namanya menjadi Schneider Electric. Di Indonesia, namanya adalah PT. Schneider Electric Indonesia, perusahaan penyedia alat-alat listrik serta panel Schneider.

Schneider Electric Indonesia mempunyai pabrik ditiga lokasi, yaitu Pulau Batam, Cikarang serta Cibitung. Total karyawannya mencapai hingga 4 ribu lebih orang. Pada tahun 2012 dibangun pabrik baru di Cibitung.

Pada tahun 2017, pabrik di Cikarang diperbesar menjadi pabrik engineering to order paling besar di Asia milik Schneider. Produk panel yang dihasilkan bertegangan rendah sampai menengah. Persentase produk di ekspor yaitu lebih dari 75 persen.

 

Memahami Sejarah Schneider Electric yang Masih Jarang Diketahui

Distributor Schneider Jakarta

Sebelum panel Schneider menjadi produk yang diunggulkan, tidak terlepas dari namanya sejarah. Sudah dibahas sebelumnya secara singkat bahwa perusahaan Schneider Electric didirikan oleh dua bersaudara.

Dua bersaudara dimaksud bernama Eugène dan Adolphe Schneider. Fokus usaha mereka pada tahun 1836 permulaan yaitu di bidang industri baja seperti peralatan kapal, rel kereta serta jenis industri berat lain.

Mereka berdua pada awal mulanya mengambil alih pabrik pengecoran logam yang terbengkalai di daerah Le Creusot. Pada tahun 1860 hingga 1870, Henri Scheneider, anak Eugene mulai memakai cara baru yaitu memproduksi baja dengan harga lebih murah tapi lebih kuat.

Sesudah Revolusi Prancis, masa krisis mulai ditemui. Charles Schneider, pemimpin baru meninggalkan industri peralatan perang secara agresif dan beralih ke sektor sipil. Pada tahun 1960 Charles meninggal dan terjadi masalah suksesor.

Pada tahun 1969, kontrol diambil alih oleh Baron Edouard-Jean Empain tapi gagal, lalu dimulai aliansi dengan perusahaan lain. Perjalanan masih jauh hingga produk panel Schneider akhirnya sebesar sekarang.

Pada tahun 1981, Didier Pineau-Valencienne melakukan perubahan terhadap struktur perusahaan dan membuang sektor yang tidak menguntungkan. Sebelumnya sudah dibahas mengenai perubahan nama menjadi Schneider Electric pada tahun 1999, tepatnya bulan Mei.

Dari tahun ke tahun perusahaan ini senantiasa mengalami perkembangan. Sama seperti perusahaan lain yang pernah mengalami masa terpuruk, tapi akhirnya mampu keluar dan mengatasinya.

 

Uraian Mengenai Panel MDP Diproduksi oleh Schneider Electric

cari panel listrik Schneider

Ada beragam jenis panel Schneider yang dimanfaatkan dalam sebuah rangkaian listrik, salah satunya MDP atau Main Distribution Panel. MDP merupakan salah satu jenis panel listrik yang mempunyai fungsi membagi serta menerima suplai listrik dari LVMDP.

Kemudian menyuplai ke panel selanjutnya. LVMPD merupakan induk kendali listrik yang biasanya ditemukan dalam lingkup hotel, pabrik, gudang, kantor, rumah pribadi dan bangunan penting lainnya. Ada beberapa komponen material pembentuk MDP, meliputi:

 

1. MCCB (Molded Case Circuit Breaker)

Material pertama yaitu MCCB, fungsinya sebagai peralatan pengaman. Terdapat dua fungsi yang bisa dilakukan oleh MCCB, pertama yaitu pengaman saat muncul gangguan pada sumber listrik. Kedua, sebagai pemutus listrik yang bisa diatur sesuai kebutuhan.

 

2. OCB (Oil Circuit Breaker)

Komponen material pembentuk panel Schneider MDP selanjutnya adalah OCB. Fungsinya sebagai penutup sirkuit dan dipakai sebagai pemadam busur api yang berpotensi timbul karena adanya permasalahan tertentu.

Tanpa material ini membuat pelindung busur api tidak ada. Akibat yang ditimbulkan adalah panel mempunyai tingkat bahaya semakin tinggi. OCB cocok digunakan sebagai loncatan api karena memiliki sifat konduktivitas termal.

 

3. ACB (Air Circuit Breaker)

ACB juga merupakan penutup yang mempunyai peran sebagai pemadam busur api, tapi bedanya pada level udara. Material ini dapat dipakai pada tegangan rendah maupun tinggi. ACB akan menjadi pelindung saat ruang udara mengalami gangguan tertentu.

 

4. Grounding

Grounding adalah material yang mempunyai peran sebagai pengaman aliran listrik. Dalam pemasangan panel Schneider MDP, ada kemungkinan kabel terkelupas atau terlalu banyak memperoleh aliran listrik.

Kondisi ini bila dibiarkan sangat membahayakan, sehingga diperlukan lapisan grounding supaya panel tetap aman saat dipakai. Fungsi lainnya dari grounding yaitu bisa menyeleksi aliran listrik yang tidak berfungsi serta mematikannya.

 

5. CT (Current Transformer)

Komponen material terakhir yaitu CT yang terbuat dari baja, sehingga mampu menghantarkan listrik dengan baik. CT mempunyai fungsi sebagai alat penurun tegangan atau arus dalam kotak panel bila diperlukan.

 

Produk MCB Schneider Electric Indonesia yang Ada dalam Panel Listrik

Schneider Electric Indonesia memproduksi banyak produk kelistrikan, salah satu yang kerap dicari oleh para pembeli adalah MCB atau Miniatur Circuit Breaker. Dalam sistem kelistrikan, panel Schneider MCB ini mempunyai fungsi sangat penting, antara lain:

 

1. Pemutus Arus

Fungsi pertama memutus arus listrik baik secara manual memakai sakelar toggle. Untuk penggunaan manual biasanya dimanfaatkan saat ingin memperbaiki kabel yang membuat seluruh jaringan listrik perlu dimatikan.

Selain metode manual, ada juga cara otomatis. Metode otomatis biasanya berfungsi saat bangunan mengalami kelebihan beban listrik. MCB akan secara otomatis memutus arus listrik supaya tidak terjadi hal-hal membahayakan akibat overload tersebut.

 

2. Menghindari Overload atau Beban Berlebih

Overload akan terjadi bila pemakaian tenaga listrik melebihi daya tersedia. Sebelumnya sudah sedikit dijelaskan bahwa panel Schneider MCB akan secara otomatis melakukan pemutusan arus listrik saat terjadi overload.

Dalam MCB ada komponen bernama bimetal yang mempunyai fungsi mendeteksi terjadinya beban berlebih. Ketika pemakaian daya listrik mengalami overload, bimetal tersebut menjadi panas, lalu melengkung dan memutus secara otomatis arus lisrik.

 

3. Pengaman Bila Terjadi Short Circuit atau Korsleting

Fungsi terakhir MCB yaitu sebagai pengaman bila tiba-tiba terjadi short circuit atau hubungan arus pendek. Sudah bukan rahasia lagi bahwa korsleting merupakan salah satu penyebab kebakaran yang kerap terjadi.

Sebagai upaya pencegahan hal seperti ini, diperlukan panel Schneider MCB sebagai pemutus arus otomatis saat korsleting terjadi. Komponen magnetic trip berupa solenoid dalam MCB akan mengaktifkan fungsi satu ini.

Sama seperti bimetal, panas yang ditimbulkan akan menyebabkan komponen ini bereaksi. Bedanya terletak pada jeda waktu, di mana magnetic trip mampu bereaksi lebih cepat saat keadaan darurat.

 

Beda Produk MCB Schneider Asli dan Palsu Wajib Diketahui

 

Ketika akan membeli produk MCB Schneider, diperlukan ketelitian supaya mendapatkan yang asli. Sebab, sudah banyak produk MCB palsu bertebaran. Bagi pembeli awam, banyak yang merasa sulit membedakan keduanya, antara produk asli dengan palsu.

Apalagi pemalsu MCB semakin cerdik dalam mengemas produknya. Tampilan luar dibuat sangat mirip dengan produk original, bahkan sengaja menambahkan pemberat tertentu, seperti besi supaya semakin terlihat seperti aslinya.

Akan sangat disayangkan bila sudah terlanjur membeli ternyata produk MCB yang diperoleh palsu karena berpengaruh signifikan terhadap kualitas. Beberapa perbedaan panel Schneider MCB asli dengan palsu diantaranya:

  1. Pada saat dipegang, produk asli mempunyai body kesan kompak, sedangkan MCB palsu akan terkesan ringkih.
  2. Dilihat dari segi harga, produk palsu jauh lebih murah dibandingkan dengan asli.
  3. Dilihat dari segi tampilan warna body, produk asli lebih cerah dibandingkan dengan palsu.
  4. Pada saat ditimbang, MCB palsu lebih ringan dibandingkan asli.
  5. Bila lebih cermat, Anda akan menemukan kode, label atau name plate tertulis pada MCB lebih tegas bila itu asli, sedangkan produk palsu cenderung kabur.

 

Selain MCB, Ada Juga ACB Schneider, Komponen dalam Panel Listrik

distributor Schneider termurah

Dalam panel Schneider, selain komponen MCB ada juga lainnya yaitu ACB atau Air Circuit Breaker. Sebelumnya sudah dibahas secara singkat mengenai fungsi ACB. Jadi, bisa dikatakan fungsi ACB sama seperti MCB, yakni sebagai penghubung serta pemutus arus pada rangkaian listrik.

Bila arus yang lewat melebihi kapasitas maksimal ACB, proses pemutusan arus akan dilakukan oleh komponen ini secara otomatis. Fitur lainnya yang dimiliki oleh komponen satu ini yaitu UVT atau Under Voltage Trip.

UVT mempunyai fungsi memberikan perlindungan saat tidak ada tegangan listrik atau dalam artian sedang tidak bisa dioperasikan. Ada juga fitur CC atau Closing Coil yang berfungsi menyalakan ACB secara otomatis.

Bila dibandingkan dengan MCB dan MCCB, ACB dapat menghantarkan arus jauh lebih besar yaitu mencapai lebih dari 6000A. ACB dilengkapi selector opsi batas arus maksimal, sehingga bisa diatur persentasenya.

 

Komponen panel Schneider ACB sama halnya dengan yang lain, mempunyai beragam jenis produk. Beberapa jenis ACB yang diproduksi dan disediakan oleh perusahaan produk kelistrikan satu ini diantaranya:

 

  1. Smart panel, fungsinya menghubungkan, mengukur serta menyimpan energi listrik untuk mendukung efisiensi penggunaan.
  2. Masterpact NW, memanfaatkan sistem pegas sebagai penyimpan energi listrik. Selain itu, juga dilengkapi komponen pendukung lain, seperti energi meter, ampere meter serta volt meter.
  3. Masterpact NT, dilengkapi power meter yang mampu menampilkan faktor daya serta instaneous power. Pemakaian komponen ini akan membuat pengelolaan energi listrik dalam gedung lebih efisien.

 

Inilah Produk Lainnya yang Ditawarkan oleh Schneider

Dalam kotak panel Schneider yang sudah dibentuk sedemikian rapinya tidak terlepas dari komponen utama maupun pendukung. Selain yang sudah disebutkan sebelumnya, produk lain Schneider ada power supply, relay, socket serta industrial plug.

Ada juga pilot light, contact block, PLC, VSD, contactor, push buttons, bell atau buzzer, sensor, light tower dan lain-lain. Supaya kinerja motor listrik senantiasa stabil dan terhindar dari overload, diperlukan motor starter serta sistem proteksi motor.

Kedua komponen ini bisa Anda peroleh dari Schneider. Produk motor starter serta sistem proteksi motor terbagi menjadi berbagai jenis hingga sekarang, antara lain:

  1. Relay kontrol, membantu memutuskan daya saat terjadi beban berlebih.
  2. TOR atau Thermal Overload Relay, seringkali diintegrasikan pada kontaktor jenis TeSys dan merupakan sistem proteksi motor.
  3. Motor circuit breaker, proteksi atau pelindung yang dilengkapi dengan sistem thermal magnetic aplikasi.

Penting diingat, ketika hendak membeli sepaket panel Schneider atau beberapa komponen yang ada didalamnya, pastikan mengenai keaslian. Jangan sampai karena mengabaikan keaslian, komponen yang seharusnya berfungsi sebagai pengaman, malah sebaliknya.

Dengan menggunakan produk asli, potensi permasalahan listrik seperti kebakaran bisa dicegah. Sebab, arus listrik yang mengalir masih bisa dikendalikan. Sedangkan bila menggunakan produk palsu, tidak ada jaminan untuk itu karena dari segi kualitas belum diketahui secara jelas.

Ketika ternyata kualitasnya sangat buruk, bukan hanya menghambat kinerja, tapi juga berpotensi menimbulkan kerugian besar. Jadi, pastikan dengan baik di awal sebelum membeli, Anda memilih supplier tepat dan legal.

 

Cara Mendapatkan Supplier Panel Schneider Harga Bersaing Jakarta

logo final mikmar gracindo-small

Bagi banyak pembeli panel Schneider Jakarta, mencari supplier dengan harga bersaing menjadi hal utama yang sangat dipertimbangkan. Agar bisa mendapatkannya, Anda bisa menerapkan berbagai cara berikut:

 

1. Ketika Menemukan Harga Murah Tidak Langsung Tergiur

Pertama, tidak langsung tergiur dengan penawaran harga murah, apalagi jauh sekali dari standar tarif pasaran. Bagaimanapun juga supplier bukan hanya ingin memperoleh konsumen banyak saja, tapi juga memikirkan masalah keuntungan.

Dalam menjalankan bisnis, percuma bila konsumen sangat banyak, tapi bukannya untung yang diperoleh malah rugi. Jadi, tidak mungkin bila panel yang dijual mempunyai harga terlalu jauh dari standar pada umumnya bila benar-benar asli.

Jadi, walaupun Anda sedang mencari produk panel Schneider dengan harga bersaing, jangan semata-mata menjadikan nominal tarif sebagai patokan utama. Pertimbangkan juga aspek lainnya, terutama mengenai kualitas.

 

2. Melakukan Perbandingan Beberapa Supplier

Cara selanjutnya, lakukan perbandingan beberapa supplier. Akan menguntungkan tentu saja bila mendapatkan produk dengan kualitas sama, tapi berharga lebih murah. Untuk mendapatkannya, Anda perlu riset terlebih dahulu, lalu membandingkan.

Alangkah baiknya bila proses pembandingan harga meliputi total keseluruhan. Jadi, bukan hanya tarif produk, tapi juga sekaligus biaya ongkos pengiriman. Dalam hal ini, jarak menjadi salah satu pertimbangan tidak kalah penting.

 

3. Mempertimbangkan Rekomendasi Teman Terpercaya

Ketika sedang mencari produk panel Schneider, tidak ada salahnya bila mempertimbangkan rekomendasi dari teman terpercaya. Tentu saja teman yang sudah pernah membeli dan menggunakan produk tersebut.

Atau bisa juga rekomendasi dari mulut ke mulut. Biasanya, produk berkualitas akan sangat mudah terekspos informasinya oleh masyarakat. Sebab, secara tidak langsung mereka merekomendasikan kepada orang lain tanpa diminta.

 

4. Mempertimbangkan Pengalaman Supplier

Cara terakhir, pertimbangkan pengalaman dari supplier. Biasanya supplier berpengalaman memberikan pelayanan kepada konsumen lebih baik seiring dengan segala hal yang sudah pernah dilalui sebelumnya.

Mendapatkan supplier panel listrik Schneider harga bersaing Jakarta bukanlah hal mudah, terutama bagi orang awam karena diperlukan kecermatan dalam memilih. Tapi, Anda tidak perlu khawatir, Mikmar Gracindo mampu mengatasi permasalahan tersebut.

 

Tidak hanya harga bersaing, Mikmar Gracindo akan memproses pemesanan dan pengiriman produk dengan cepat. Mengenai masalah kualitas produk bisa Anda buktikan sendiri. Segera konsultasikan pesanan panel Schneider Anda di nomor WA berikut.

Mikmar Gracindo menyedikan layanan Panel Listrik Schneder, Low Voltage (LV) Panel, Medium Voltage (MV) Panel, Trafo Step Up, Trafo Step Down, Genset Control Panel, Lighting Panel dan panel listrik lainnya dapat menghubungi Mikmar Gracindo.

Baca juga : Jasa Pemasangan Panel Schneider