Sangat penting untuk Anda yang sedang mencari distributor panel SDP untuk pabrik yang menjamin kalau panel yang mereka miliki itu memiliki keunggulan. SDP sendiri dirancang untuk versi yang lebih simpel dari Main Panel. Namun ada 10 komponen yang berbeda.

Pemahaman soal struktur panel elektris memang semakin kompleks dari hari ke hari. Kali ini yang akan dibahas adalah subpanel elektrikal. Kami menjamin kalau produk yang ini masih saja diabaikan peran besarnya, padahal menjadi elemen utama pengaliran listrik pabrik.

Sebagai sebuah panel elektrikal, sub-panel ini dirancang untuk menjadi arah tujuan dari main panel ke kabel listrik yang lain. Ini juga yang membuat panel ini disebut sebagai mini service panel. Jika melihat keuntungan pemasangan panel yang satu ini, sifatnya sangat variatif.

Untuk kegiatan usaha di pabrik sangat cocok untuk dengan menambahkan sub-panel ini. Jika terjadi kerusakan pada panel utama, sub-panel ini juga yang akan memiliki kontrol seluruh elemen elektrikal lain. Tetapi Anda harus tahu kalau instalasinya sangat berbahaya.

 

Keunggulan Mendapatkan Produk Subpanel dari Distributor Panel SDP Untuk Pabrik

Jadi, kami dapat simpulkan kalau panel SDP ini adalah penghubung antara penghasil listrik utama ke alat kegiatan industri yang membutuhkan listrik. Tetapi tidak sampai disitu saja. Ada beberapa keunggulan lain yang perlu dipahami oleh calon konsumen agar bisa dipakai.

Di sisi lain, Anda masih akan menemukan beberapa tempat kegiatan industri yang abaikan peran dari SDP. Menurut kami, ini sangat penting dan Anda harus segera mencari distributor panel SDP untuk pabrik yang sedang menjalankan aktivitasnya. Keuntungannya adalah:

Membuat Panel yang Tidak Bisa diakses Menjadi Bisa

Salah satu masalah ketika berhubungan dengan kegiatan industri adalah terdapat panel listrik yang tidak bisa diakses di situasi tertentu. Tetapi dengan adanya sub-panel ini, semua panel sudah terhubung dan panel ini memiliki kontrol ke semuanya.

Membuat Manajemen Kabel Lebih Mudah

Dengan adanya distributor panel SDP untuk pabrik juga mereka akan langsung urus dan rapikan seluruh kabel yang sebelumnya berserakan. Ini karena aliran listrik dari sub-panel bisa konsleting jika terkena salah satu bagian kabel dan itu berbahaya.

Panel Utama bisa Dinon-aktifkan

Jika kinerja panel utama sudah terlalu intens dan butuh istirahat, sementara kegiatan industri tidak bisa berhenti, maka cukup dengan sub-panel saja kegiatan itu masih bisa berjalan. Tetapi tidak semua daya bisa dialirkan, hanya sebagian besar saja.

Jika Pengukuran Daya tidak Sesuai

Jika pengukuran daya di panel utama tampak tidak menetap, maka tinggal lihat saja layar yang sudah distributor panel SDP untuk pabrik. Disana akan menampilkan daya yang lebih pas dan konsisten. Dengan demikian, tidak ada lagi salah pengukuran.

 

10 Komponen pada Panel SDP

Namun jangan kira itu sudah semua, Anda masih perlu tahu apa saja yang ada di dalam sub-panel yang disediakan oleh distributornya nanti. Jangan menerima panel jika terdapat satu saja kekurangan di panel yang akan kami sebutkan di bawah ini. Komponennya adalah:

Air Circuit Breaker

Pada dasarnya, terdapat 3 breaker yang akan disediakan distributor panel SDP untuk pabrik. Yang pertama ini adalah Air Circuit yang memiliki tanggung jawab untuk aliran energi ke pabrik. Breaker ini dapat dikontrol dengan switching dengan 380 kV.

Moulded Case Circuit Breaker

Dengan adanya tombol on/off, Anda bisa bebas mengatur produk mana saja yang akan dialirkan energi. Di panel SDP ini juga kontrolnya dilakukan. Misalnya salah satu mesin tidak terpakai, maka tinggal off breaker untuk alat itu dan hemat energi.

Main Breaker

Dan main breaker juga adalah salah satu breaker yang disediakan oleh distributor panel SDP untuk pabrik. Seperti yang kami sebutkan sebelumnya kalau main panel bisa diistirahatkan dulu. Tinggal off Main Breaker dan energi hanya dari sub-panel.

Thermal Overload Relay

Kali ini bukan lagi sebuah breaker, tetapi sebuah alat yang membuat aliran udara panas hilang. Ini adalah thermal overload relay yang mana jika suhu di dalam sub-panel sudah terlalu tinggi, nantinya akan ada pendinginan dari lubang ventilasi.

Pilot Lamp

Alat yang satu ini disediakan distributor panel SDP untuk pabrik sebagai tanda kalau sebuah alat berfungsi baik atau tidak. Ada 3 kode, yaitu R, S, dan T dengan pilot lamp berwarna biro, kuning, dan merah. Jika menyala, berarti alat itu butuh energi.

Ampere Meter

Secara keseluruhan, seluruh aliran energi dan elektrikal lain perlu dipantau. Salah satu elemen yang ada juga adalah Ampere meter. Dari alat ini juga Anda bisa mengecek apakah sudah ada kelebihan daya atau masih di batasan yang normal.

Bus Bars

Bus Bars adalah sebuah elemen elektrikal yang akan langsung terpasang di sub-panel yang dikerjakan oleh distributor panel SDP untuk pabrik. Bars ini berfungsi untuk hubungkan panel bawah dengan atas.

Volt Meter

Selain adanya ampere meter, ada juga volt meter untuk mengukur tegangan listrik yang dibutuhkan oleh alat berat pabrik. Satuan yang digunakan adalah Watt. Tampilan yang ada biasanya berwarna merah dari layar kecil di sisi depan sub-panel.

Magnetic Contractor

Masih menggunakan sistem kerja medang magnet dari arus listrik. Kontraktor magnetik ini disebut juga dengan coil magnet. Akan ada dua yang distributor panel SDP untuk pabrik sediakan, yaitu NO, Normally Open, dan NC, Normally Close.

Push Button

Tidak lupa, elemen yang paling penting dan harus ada di setiap panel. Bukan hanya sub-panel, main panel wajib memiliki push button yang menjadi alat penghubung. Jika ditekan dan menyala, artinya aliran listrik siap dikirim ke alat berat di pabrik.

 

Perbedaan Distributor Panel SDP Untuk Pabrik dengan Main Panel

Dan Anda juga tidak boleh samakan apa itu main panel dengan SDP panel. Secara umum, SDP ini bisa kita katakan sebagai cadangan dan bawahan dari main panel. Main panel sendiri yang akan mengambil koneksi elektifikasi awal dan menjadi pengalirnya ke sub-panel listrik.

Dengan demikian, main panel disebut juga dengan sebutan pintu masuk listrik. Dalam hal sistem juga sub panel jelas berbeda dengan cara kerja main panel secara keseluruhan. Disini, keduanya memang mengalirkan listrik, main ke satu arah dan sub panel lebih bercabang.

 

Gunakan Jasa Instalasi dari Distributor Panel SDP Untuk Pabrik

Dari semua komponen ini dan perbedaan yang ada, satu hal yang ingin kami sebutkan ke Anda adalah, jangan sempat Anda lakukan instalasi secara sembarangan. Hubungi distributor sub-panel ternama di sekitar Anda, tetapi kami menyarankan pilih Mikmar Gracindo.

Mikmar Gracindo adalah sebuah distributor ternama dan memiliki reputasi bagus. Jika ingin melihat apa saja yang ditawarkan, maka bisa langsung kunjungi situs mikmargracindo.com. Ini adalah situs resmi, tetapi jika ragu bisa hubungi nomor +62(21) 543 373 45.

Kami jamin kalau Anda pasti butuh panel untuk kegiatan industri pabrik. Tetapi kini jika hanya andalkan panel utama, itu kesannya tidak bagus dan berbahaya. Saat ini sudah ada distributor panel SDP untuk pabrik yang merupakan sambungan main panel untuk alirkan listrik.

Bagi Anda yang Sedang Mencari Sparepart Panel Listrik Schneder, Low Voltage (LV) Panel, Medium Voltage (MV) Panel, Trafo Step Up, Trafo Step Down, Genset Control Panel, Lighting Panel dan panel listrik lainnya dapat menghubungi di nomor (021) 543 373 45.