Mencari supplier trafo berkualitas penting dilakukan karena alat ini berperan dalam mendistribusikan tenaga listrik dari PLN bertegangan hingga ratusan kilo Volt. Dengan demikian berbagai peralatan rumah tangga yang membutuhkan listrik dapat digunakan.

Disebut juga dengan transformatoor atau transformer, alat ini dapat mengubah tegangan AC ke taraf lainnya. Misalnya adalah menurunkan arus 220 VAC ke 12 VAC atau bisa juga menaikkannya dari 110 VAC ke tegangan 120 VAC.

Supplier trafo berkualitas menawarkan tranformator dengan mutu tinggi yang bekerja menggunakan prinsip induksi elektromagnetik. Kinerjanya sendiri hanya pada tegangan yang memiliki arus bolak-balik atau AC.

Tranformator mendistribusikan listrik dengan menaikkan dan menurunkan tegangan sesuai dengan kebutuhan penggunaannya. Keperluan rumah tangga maupun gedung perkantoran bisa jadi berbeda, namun umumnya menggunakan tegangan 220 Volt.

Cara Kerja Trafo Berkualitas

Supplier trafo berkualitas akan menyediakan tranformator sederhana yang terdiri dari 2 lilitan kawat, yaitu kumparan primer dan sekunder. Umumnya, kawat yang terisolasi ini akan terlilit di besi atau disebut Core (inti besi).

Jika terdapat aliran arus bolak-balik pada kumparan promer, maka akan muncul medan magnet di sekitarnya. Kekuatan dari fluks magnetik ini sendiri akan dipengaruhi dengan banyaknya arus listrik yang dialiri.

Fluktuasi magnetik di kumparan primer akan memberikan induksi pada GGL atau Gaya Gerak Listrik pada kumparan sekunder. Dengan begitu, taraf tegangan akan berubah baik menjadi lebih tinggi maupun lebih rendah.

Sementara itu, inti besi pada tranformator dari supplier trafo berkualitas umumnya merupakan lempengan besi tipis ditempelkan secara berlapis-lapis. Fungsinya sendiri agar fluks magnet dapat berjalan lebih mudah serta mengurangi suhu panas yang timbul.

Rasio lilitan antara kumparan sekunder ke primer juga akan menentukan rasio tegangan yang akan terjadi pada keduanya. Misalnya saja, 1 lilitan pada kumparan primer dan 10 lilitan kumparan sekunder dapat menghasilkan tegangan hingga 10 kali lipat dari input primer.

Jenis-jenis Trafo Berkualitas

Supplier trafo berkualitas menyediakan berbagai jenis tranformator sesuai dengan kebutuhan penggunaanya. Berikut adalah beberapa jenis trafo yang sudah umum tersedia serta pengertiannya.

1. Step-Up

Pada jenis ini, lilitan kumparan sekunder memiliki jumlah lebih banyak daripada primer, sehingga gunanya adalah untuk menaikkan tegangan. Umumnya step-up digunakan pada pembangkit tenaga listrik untuk menaikkan tegangan generator pada transmisi jarak jauh.

2. Step-Down

Step-down memiliki kinerja sebaliknya dari step-up, yaitu lilitan primer lebih banyak daripada sekunder. Jika step-up menaikkan arus, maka kinerja dari step-down menjadi penurun tegangan dan cukup sering ditemukan pada adaptor AC-DC.

3. Autotransformator

Pada jenis dari supplier trafo berkualitas ini memiliki satu lilitan dan dilanjutkan secara listrik menggunakan sadapan tengah. Fasa arus pada kedua lilitannya memiliki cara kerja yang berlawanan sehingga tarif sekunder bisa menggunakan kawat tipis dari tranformator biasa.

Keuntungan menggunakan jenis ini adalah memiliki ukuran fisik lebih kecil sehingga cukup efisien dan memberikan resiko kerugian lebih rendah dari jenis sebelumnya. Sayangnya autotransformator tidak memberi isolasi secara listrik antara kedua lilitannya.

4. Autotransformator Variabel

Menggunakan autotransformator variabel memiliki sadapan tengah yang dapat diubah. Selain itu, jenis ini juga dapat memberi perbandingan pada kedua lilitannya antara primer-sekunder yang berubah-ubah.

5. Transformator Isolasi

Pada jenis yang disediakan oleh supplier trafo berkualitas ini memiliki jumlah sama antara kedua lilitannya serta tegangan primer-sekunder juga sama. Pada beberapa desain gulungan pada sekunder memiliki jumlah sedikit lebih banyak untuk mengurangi resiko kerugian.

Trafo ini memiliki kegunaan untuk mengisolai dua kalang. Umumnya pada penerapan audio, pada trafo jenis ini kini banyak terganti dengan menggunakan kopling.

6. Transformation Pulsa

Trafo pada jenis ini memiliki desain khusus sehingga dapat mengeluarkan gelombang pulsa. Material inti yang digunakan cepat jenuh sehingga ketika arus primer sudah ada pada titik tertentu, maka fluks magnet akan berhenti berubah.

7. Transformator Tiga Fase

Sama seperti namanya, trafo ini memiliki tiga tranformator yang dengan khusus dihubungkan satu sama lainnya. Umumnya lilitan primer akan dihubungkan dengan bentuk Y sementara untuk lilitan sekunder terhubung secara delta.

Perawatan Trafo Berkualitas

Meskipun melalui supplier trafo berkualitas, namun harus tetap dilakukan perawatan secara berkala agar usia mesin lebih panjang dan pasokan listrik yang didistribusikan tetap stabil. Berikut adalah beberapa cara perawatan trafo serta penjelasannya.

1. Pemeriksaan Harian

Pemeliharaan yang dilakukan secara harian melalui 3 proses, pertama adalah pemeriksaan Magnetic Oil Gauge atau MOG dari tangki utama maupun konservatori. Selanjutnya pengecekan silika gel dan pergantian jika berubah merah mudah, serta memeriksa kebocoran.

2. Pemeliharaan Bulanan

Perawatan yang dilakukan secara bulanan mesin dari supplier trafo berkualitas juga melalui serangkaian proses yaitu pemeriksaan level mintak  untuk mencegah trafo listrik rusak. Selain itu juga memeriksa kebersihan silika gel sehingga lubang ‘pernapasan’ tetap terjaga.

Proses perawatan terakhir adalah memastikan mintak dalam oil filling tetap pada level sesuai. Hal ini sangat penting karena akan mempengaruhi kinerja dari mesin sehingga perlu dilakukan berkala tiap bulan.

3. Pemeliharaan 6 Bulanan

Pemeliharaan mesin dari supplier trafo berkualitas tidak hanya dilakukan berkala tiap satu bulan saja, namun juga 6 bulan sekali terutama pada bagian oli tranformator. Sangat penting memperhatikan kekuatan dielektrik, kadar air, DDA, IFT, dan beberapa hal lainnya.

4. Pemeliharaan Tahunan

Terakhir adalah pemeliharaan yang dilakukan setiap satu tahun sekali dengan proses perawatan yang cukup panjang. Perawatan tahunan ini perlu dilakukan untuk memastikan bahwa mesin tetap bekerja maksimal dan tidak terdapat kerusakan pada komponennya.

Dalam pemeliharaan tahunan ini, salah satu prosesnya adalah menganalisa DGA atau gas terlarut dalam oil transformator. Trafo 132 KV perlu diperiksa setahun sekali, sementara itu jika di bawah 132 KV maka perlu dilakukan setiap 2 tahun sekali.

Rekomendasi Supplier Trafo Berkualitas

Pentingnya mencari supplier trafo berkualitas tidak terlepas dari kegunaannya dalam distribusi listrik untuk berbagai kebutuhan sehari-hari. Jika mesin menggunakan komponen bermutu tinggi, maka akan mengurangi resiko kerugian dan dapat bekerja secara stabil.

Mikmar Gracindo merupakan rekomendasi terbaik sebagai supplier berkualitas untuk berbagai panel listrik, termasuk menyediakan mesin trafo. Produk dari perusahaan kami sangat lengkap dengan kualitas yang tidak perlu diragukan dan disertai dengan garansi.

Selain itu, perusahaan kami juga memiliki pengalaman panjang sejak tahun 2011 dalam instalasi listrik. Kami membantu klien dalam hal kelistrikan baik untuk gedung-gedung perkantoran, real estate, rumah sakit, dan juga lainnya.

Selain sebagai supplier trafo berkualitas, perusahaan kami juga menerima pelayanan di luar Jakarta bahkan hingga luar Pulau Jawa seperti Sumatera, Sulawesi, Kalimantan, hingga Papua. Keselamatan kerja menjadi prioritas sehingga dapat memberikan kepuasan untuk pelanggan.

Website resmi kami pada laman https://mikmargracindo.com/ akan membantu Anda mendapatkan berbagai informasi lengkap yang dibutuhkan. Selain itu, pemesanan trafo berkualitas dapat melalui telepon +62(21) 543 373 45.

Distribusi listrik sangat dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari baik peralatan rumah tangga maupun di gedung-gedung perkantoran. Memilih supplier trafo berkualitas akan membantu pendistribusian listrik tetap stabil dan mengurangi resiko kerugian.

 

Bagi Anda yang Sedang Mencari Sparepart Panel Listrik Schneder, Low Voltage (LV) Panel, Medium Voltage (MV) Panel, Trafo Step Up, Trafo Step Down, Genset Control Panel, Lighting Panel dan panel listrik lainnya dapat menghubungi di nomor (021) 543 373 45.