Jasa instalasi panel listrik untuk kantor kerap diperlukan dalam beragam bangunan, seperti kantor, pabrik, perumahan, real estate, rumah sakit dan lain sebagainya. Umumnya dipakai untuk instalasi listrik kapasitas besar.

Instalasi kapasitas besar ini bisa berupa pemasangan perangkat jenis Low Voltage Panel maupun Medium Voltage Panel. Dasar pemilihannya ialah berdasarkan kapasitas daya yang dibutuhkan oleh suatu bangunan.

Hal ini cukup jauh berbeda dengan panel listrik yang umum dipakai dalam rumah biasa. Umumnya tergolong jenis kecil. Sehingga memerlukan alat dengan distribusi daya kecil pula.

Mengenal Apa Itu Low Voltage Panel

Panel listrik ialah peralatan yang bertugas dalam distribusi dan perlindungan listrik dari PLN. Tersedia beragam jenis dan ukuran yang disesuaikan dengan keperluan distribusi sehingga pemakaian daya menjadi aman dan terkendali.

Keberadaannya cukup penting dalam dunia kelistrikan. Sebab, akan menjadi penghubung dari daya listrik yang ada di pembangkit menuju bangunan. Tanpa adanya perangkat dari jasa instalasi panel listrik untuk kantor ini tentu bangunan tidak dapat dialiri daya.

Mari memahami urutan perangkat dimulai dari gardu PLN. Listrik yang diambil langsung dari PLN membutuhkan Medium Voltage Main Distribution Panel (MVMDP). Distribusi dari MVMDP lantas dilanjutkan ke Transformer atau Trafo.

Setelah itu diteruskan ke Low Voltage Main Distribution panel (LVMDP). Baru setelah itu dilanjutkan ke beberapa jenis alat, salah satunya ialah Main Distribution Panel. Dari MDP ini distribusi berlanjut ke alat listrik kecil yang umumnya terpasang pada rumah.

Setelah memahami urutan perangkatnya, jadi lebih mudah mengenali Low Voltage Panel dalam jasa instalasi panel Listrik untuk kantor. Anda bisa menyebutnya sebagai tegangan di bawah 1000 Volt atau 1kV.

Umumnya alat ini memiliki tegangan 380 atau 400 Volt. Seperti yang sudah disinggung mengenai urutannya. Dimulai dari Medium Voltage lantas masuk ke trafo dan berlanjut ke Low Voltage.

Saat masih dalam Medium Voltage, tegangannya dapat mencapai puluhan kV. Saat berlanjut ke perangkat setelahnya, daya akan menurun. Hingga akhirnya menjadi 380 atau 400 di bagian Low Voltage.

Sebenarnya bisa pula pembangkit ini mempunyai nama berbeda dalam setiap jasa instalasi panel listrik untuk kantor. Misalnya saja namanya ialah Power Control, Main Distribution, dan lain sebagainya. Namun intinya cara kerjanya sama saja.

Battery Charger Panel dan MCC Panel

Ada sejumlah jenis perangkat yang termasuk ke dalam Low Voltage Panel. Setiap jenis mempunyai peran masing-masing dalam distribusi daya dari energi listrik ke beban atau pengguna daya.

1. Battery Charger Panel

Salah satu ragam perangkat dalam tegangan rendah ialah Battery Charger Panel. Perangkat dari jasa instalasi panel listrik untuk kantor ini berguna dalam mengubah tegangan 220 Volt ke 24 Volt.

Alasan pengubahan ini ialah sebab PLC memerlukan tegangan 24 Volt. Perangkat ini juga dapat dipakai untuk menghadirkan tegangan pada beban, mengisi  baterai hingga menjadi cadangan daya saat kondisi darurat.

2. MCC Panel

MCC atau Motor Control Center ini berguna dalam mengatur motor pada sebuah proses industri. Kemudian juga dipakai dalam mengatur feeder dan lighting. Perangkat ini bisa dioperasikan melalui cara lokal maupun remote.

Remote dalam hal ini maksudnya ialah pengendalian secara jarak jauh memakai PLC atau DCS. Umumnya control ini diposisikan pada sebuah ruangan yang dinamakan Control Room.

Sementara apabila memakai cara local maka pengendalian motor dilaksanakan secara langsung melalui MCB yang terpasang dalam MCC. MCC ini memuat beberapa komponen untuk mendukung kinerjanya.

Komponen tersebut diantaranya ialah ACB untuk incoming, overload thermal sebagai pelindung motor, kontaktor dan MCB. Komponen atau perlengkapan tersebut penting dalam melengkapi fungsi MCC.

MCC dari jasa instalasi panel Listrik untuk kantor dapat menyalurkan daya ke beban listrik. Contohnya saja lampu penerangan, peralatan elektronik dan lain sebagainya. Penyaluran daya bisa disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.

Mengandalkan jasa instalasi akan membantu pemasangan sesuai dengan standar keamanan yang diterapkan oleh pemerintah Indonesia. Sehingga penggunaan perangkat menjadi lebih optimal.

Ragam Breaker Pada Low Voltage Main Distribution Panel

LVMDP merupakan pusat kendali daya listrik dalam beragam jenis bangunan. Baik itu berupa kantor, gudang, apartemen, hotel, pabrik maupun perumahan. Perangkat ini memuat komponen breaker yang berguna sebagai pengaman.

1. Air Circuit Breaker (ACB)

Komponen ini berupa penutup sirkuit yang mampu memadamkan busur api memakai udara. Udara yang terdapat dalam perangkat akan meredam busur api yang muncul karena aktivitas witching atau gangguan.

2. Oil Circuit Breaker (OCB)

Komponen yang ditawarkan oleh jasa instalasi panel Listrik untuk kantor ini mengandalkan minyak untuk memadamkan busur api yang keluar apabila ada gangguan. Minyak di sekitar api akan berubah ke bentuk uap sehingga api dapat dipadamkan.

3. Molded Case Circuit Breaker dengan Singkatan MCCB

Moulded Case Circuit Breaker bertugas dengan memutuskan arus apabila terjadi gangguan arus hubung singkat maupun arus beban lebih. Pemutusan ini dapat ditentukan sesuai dengan keperluan.

4. Mini Circuit Breaker (MCB)

Mini Circuit Breaker berfokus dalam arus lebih. Mini Circuit Breaker akan menjaga arus lebih akibat beban lebih maupun hubungan pendek. Apabila terjadi kasus tersebut, maka akan segera memutus hubungan.

Keuntungan Memakai Jasa Instalasi Panel Listrik untuk Kantor

LVMDP tergolong ke dalam perangkat jenis Low Voltage. Perangkat ini bertugas menerima listrik dari Transformer untuk didistribusikan ke Low Voltage Sub Distribution Panel (LVSDP).

Distribusi tersebut dilakukan melalui Air Circuit Breaker atau Moulde Case Circuit Breaker. Perangkat sub distribusi dari jasa instalasi panel Listrik untuk kantor ini nantinya akan meneruskan daya ke peralatan electrical yang dipakai oleh pengguna.

Alat distribusi akan mampu mendistribusikan arus searah atau DC pasokan daya dari satu ke perangkat lain. Nantinya, perangkat ini akan membagi listrik ke beberapa sirkuit dan menawarkan perlindungan sikring.

Perlindungan sikring maksudnya ialah pemutus arus untuk setiap rangkaian. Memasang perangkat distribusi dari jasa instalasi panel Listrik untuk kantor akan memberikan beragam keuntungan.

1. Menghemat Proses Distribusi Daya

Adanya perangkat ini tentu akan membantu proses distribusi daya menjadi lebih aman, terkontrol dan lancar. Proses ini penting sekali terutama berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan daya listrik besar.

2. Aman Akan Bahaya Listrik

Jika suatu bangunan memerlukan daya listrik besar akan tetapi tidak memakai perangkat distribusi maka ada bahaya yang mungkin terjadi, yakni sirkuit pendek atau konslet. Mungkin Anda juga tahu ada banyak musibah kebakaran gedung akibat hal tersebut.

3. Distribusi Listrik Stabil

Jasa instalasi panel Listrik untuk kantor akan membantu pembagian daya secara stabil. Sehingga nantinya setiap perangkat electrical akan berfungsi dengan baik tanpa adanya gangguan.

Memasang beragam perangkat Low Voltage untuk kantor tidak dapat dilakukan secara mandiri, membutuhkan jasa instalasi terbaik. Hal ini akan menjamin instalasi yang aman dan tepat sehingga mencegah risiko tertentu.

Jika Anda perlu memasang perangkat ini pada kantor, tidak perlu khawatir lagi. Sebab, bisa mengandalkan Mikmar Grasindo yang profesional di bidangnya. Cukup hubungi nomor telepon +62(21)54337345.

Hampir setiap jenis bangunan pasti memerlukan aliran listrik, terutama kantor. Untuk mendapat daya listrik secara merata dan stabil, perlu memasang perangkat Low Voltage dengan mengandalkan jasa instalasi panel Listrik untuk kantor.

 

Bagi Anda yang Sedang Mencari Sparepart Panel Listrik Schneder, Low Voltage (LV) Panel, Medium Voltage (MV) Panel, Trafo Step Up, Trafo Step Down, Genset Control Panel, Lighting Panel dan panel listrik lainnya dapat menghubungi di nomor (021) 543 373 45.