Memilih supplier trafo untuk pabrik perlu beberapa pertimbangan terlebih dahulu agar mendapatkan produk dengan kualitas tinggi. Sebab mesin distribusi listrik ini memiliki peran sangat penting dalam produksi sebuah industri.

Salah satu perangkat listrik statis ini disebut juga dengan transformator, fungsinya adalah mentransfer daya listrik pada rangkaian satu dengan lainnya. Umumnya, transformator digunakan untuk menambah maupun mengurangi level tegangan tiap rangkaian.

Mesin yang bisa didapatkan melalui supplier trafo untuk pabrik ini digunakan pada arus bolak-balik atau alternating current (AC). Tegangan arus pada setiap rangkaian dapat terus bertukar tanpa memberi pengaruh pada keseluruhan daya listrik.

Mesin transformator pada sebuah pabrik atau industri memiliki fungsi yang sangat penting sehingga harus menggunakan produk bermutu tinggi. Selain itu, perlu juga perawatan rutin yang harus dilakukan agar kinerja mesin selalu stabil.

Tips Memilih Trafo untuk Pabrik

Supplier trafo untuk pabrik akan menyediakan berbagai jenis transformator sehingga perlu disesuaikan dengan kebutuhan dalam mengganti tegangan kelistrikan. Berikut adalah spesifikasi yang harus diperhatikan agar tidak salah dalam memilih transformator.

1. Bentuk Transformator

Setidaknya terdapat dua bentuk transformator yang dapat digunakan pada sebuah industri, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Oleh sebab itu, Anda perlu mempertimbangkannya terlebih dahulu sebelum memilih salah satunya.

Trafo berbentuk kotak merupakan salah satu yang masih banyak digunakan saat ini sebab memiliki harga relatif terjangkau. Selain itu, bentuknya juga memudahkan dalam penataan sehingga lebih praktis dan tidak memakan tempat.

Sementara itu, bentuk lain yang ditawarkan supplier trafo untuk pabrik adalah toroid atau disebut juga dengan transformator donat. Tidak banyak yang menggunakan toroid karena bentuk lingkaran tidak memiliki sudut sehingga sulit dalam penataan.

Selain itu, toroid juga memiliki harga lebih mahal jika dibandingkan berbentuk kotak. Meski begitu, bentuk ini memiliki kelebihan waterproof sehingga cocok untuk industri yang proses produksinya dekat dengan air atau kolam

2. Hasil Output Tegangan

Tips kedua memilih produk pada supplier trafo untuk pabrik adalah memperhatikan hasil output tegangan. Jika Anda memiliki kit driver sebesar 32 Volt, maka ada baiknya memilih output 32 Volt C agar tidak ada perbedaan dalam voltase.

Anda juga dapat memilih transformator yang memilih output tegangan lebih besar jika ingin mengganti kit driver yang sebelumnya. Dengan begitu, kebutuhan voltase akan terpenuhi tanpa harus membeli mesin transformator baru.

Penyebab Trafo untuk Pabrik Rusak

Produk yang disediakan oleh supplier trafo untuk pabrik umumnya dapat digunakan dalam waktu cukup lama, namun tidak menutup kemungkinan terjadi kerusakan hingga bahkan meledak. Berikut adalah beberapa faktor yang membuat transformator pabrik cepat rusak.

1. Ukuran Inti Trafo

Ukuran pada inti transformator sangat berperan penting karena mempengaruhi efisiensi cara kerja maupun kapasitas kelistrikannya. Bukan hanya berkenaan dengan ukuran kawat saja, namun juga termasuk daya maksimum yang dapat ditampung oleh inti mesin.

Hal ini karena mesin distribusi listrik ini akan bekerja ekstra menanggung tegangan listrik yang besar setiap waktunya. Jika ukuran ini tidak diperhatikan, maka akan menimbulkan resiko adanya overheating atau suhu panas berlebihan.

2. Material Inti Mesin

Salah satu pentingnya memilih supplier trafo untuk pabrik dengan produk berkualitas juga berpengaruh dengan usia transformator sendiri. Material sendiri tidak harus tebal, namun disesuaikan dengan beban kinerja dari tranfromator.

Hal ini karena tidak jarang material yang tebal justru membuat kinerja tidak efisien dan bahkan menurun. Dapat dikatakan, kualitas bahan bertujuan untuk menyesuaikan dengan kapasitas serta fungsi dari trafo itu sendiri.

3. Pemasangan Tidak Tepat

Penyebab transformator gampang rusak selanjutnya berkaitan dengan tugas teknisi yang memasang inti mesin. Tidak jarang teknisi kurang berpengalaman sehingga pemasangan dilakukan secara tidak tepat, kurang rapat, dan lainnya.

Pemasangan transformator menjadi hal penting, jika kurang rapat maka akan menimbulkan getaran hebat ketika mesin bekerja. Getaran terlalu besar bisa membuat transformator menjadi mudah rusak.

Oleh sebab itulah, ada baiknya untuk mencari supplier trafo untuk pabrik dengan layanan teknisi berpengalaman agar resiko kerusakan ini dapat diminimalisir. Selain itu, jasa perawatan mesin juga diperlukan untuk menjaga kinerja tetap maksimal dalam waktu lama.

Perawatan Trafo untuk Pabrik

Perawatan trafo yang digunakan pada perindustrian perlu dilakukan berkala untuk agar usia mesin lebih tahan lama. Supplier trafo untuk pabrik juga akan memberikan layanan perawatan dengan beberapa cara seperti penjelasan berikut.

1. Kontrol Sisi Luar Trafo

Pengecekan tangki transformator perlu dilakukan secara menyeluruh, termasuk sisi-sisi luar yang sebelumnya pernah dilas, dibaut, maupun dimur. Pengecekan ini dilakukan untuk memastikan bahwa tidak ada kebocoran serta sambungan kabel tetap aman.

Pengecekan silica gel yang ada pada breather juga sangat diperlukan. Setidaknya silica ini memiliki warna biru sekurang-kurangnya pada tiga perempat bagian.

2. Melakukan Pembersihan Mesin

Pembersihan terminal isolator perlu dilakukan dengan menggunakan kain pembersih kering. Bukan hanya itu saja, pembersihkan juga perlu dilakukan pada bagian lainnya seperti tangki maupun radiator transformator.

Pembersihan debu dapat dilakukan dengan lebih mudah jika menggunakan air compressor. Apabila ditemukan sisi-sisi berkarat selama pembersihan, maka Anda dapat menghilangkannya dengan menggunakan amplas.

3. Kontrol Setiap Komponen

Perawatan selanjutnya adalah dengan melakukan pengecekan setiap komponen mesin secara menyeluruh. Dengan cara ini, akan diketahui bahwa komponen bekerja dengan baik atau tidak, sehingga dapat meminimalisir kerusakan yang mungkin dapat terjadi.

4. Pemeliharaan Berkala

Perawatan juga perlu dilakukan secara berkala. Terdapat perawatan harian, setiap minggu, bulanan, 6 bulan sekali, serta perawatan tahunan. Setiap perawatan umumnya terdiri dari beberapa proses sehingga menunjang usia mesin bekerja lebih lama.

Jika Anda tidak memiliki pengetahuan dalam merawat trafo pada industri, maka bisa menggunakan layanan jasa berpengalaman dan rekam jejak bagus. Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir dengan kebutuhan pasokan kelistrikan selama proses produksi pabrik.

Pilihan Supplier Trafo untuk Pabrik

Banyaknya supplier trafo untuk pabrik membuat Anda perlu mempertimbangkan terlebih dahulu sebelum memilih vendor. Dengan demikian, produk yang akan Anda dapatkan bisa lebih berkualitas dan tidak mudah mengalami kerusakan.

PT. Mikmar Gracindo merupakan rekomendasi supplier terbaik yang menawarkan berbagai produk instalasi listrik dengan bahan berkualitas tinggi. Bukan hanya itu saja, kami juga memberikan harga kompetitif serta proses pemesanan dan pengiriman barang yang cepat.

Mikmar Gracindo telah memiliki rekam jejak panjang sejak tahun 2011 sebagai supplier trafo untuk pabrik, distributor, serta jasa instalasi kelistrikan berskala besar. Kami melakukan kerjasama dengan pelanggan dari berbagai sektor termasuk perusahaan manufaktur.

Dengan pengalaman serta keahlian, kami tidak hanya melayani klien yang berasal dari Jakarta saja namun hingga luar Jawa, bahkan Papua. Kami juga selalu memprioritaskan keamanan kerja sehingga memberikan kepuasan terhadap pelanggan.

Informasi selengkapnya mengenai perusahaan kami dapat dilihat melalui laman resmi https://mikmargracindo.com/. Sementara itu, layanan costumer service dapat menghubungi telepon +62(21) 543 373 45.

Semua kegiatan pada sebuah industri pasti memerlukan distribusi listrik agar proses produksi berjalan lancar tanpa kendala. Oleh sebab itu, perlu supplier trafo untuk pabrik berkualitas sehingga mesin dapat bekerja maksimal dalam waktu lama.

Bagi Anda yang Sedang Mencari Sparepart Panel Listrik Schneder, Low Voltage (LV) Panel, Medium Voltage (MV) Panel, Trafo Step Up, Trafo Step Down, Genset Control Panel, Lighting Panel dan panel listrik lainnya dapat menghubungi di nomor (021) 543 373 45.