Anda sedang mencari perusahaan jual genset di Jakarta terpercaya untuk memenuhi kebutuhan pengadaan generator listrik di kantor atau perusahaan? Kalau begitu harus pilih penjual terpercaya yang sudah berpengalaman.

Namun, sebelum mencari penjual sangat penting bagi Anda untuk mengetahui kebutuhan terlebih dahulu. Apakah Anda membutuhkan generator listrik besar, kecil, atau dengan custom khusus.

Agar bisa mengenali kebutuhan tersebut, sangat penting untuk mengetahui terlebih dahulu mengenai pengetahuan dasar tentang genset. Mulai dari pengertian hingga jenis-jenisnya, seperti yang akan kami paparkan berikut ini.

Mengenal Lebih Dekat Tentang Genset

Pertama-tama, yang harus Anda lakukan sebelum mencari perusahaan jual genset ketahui dahulu apa itu genset atau generator set.

Genset merupakan sebuah alat penghasil listrik yang mengubah energi gerak menjadi energi listrik. Jadi, sumbernya tidak dari listrik PLN, melainkan dihasilkan sendiri oleh generator tersebut.

Genset adalah perangkat berisi pembangkit listrik yang dipadukan dengan mesin penggerak. Keduanya disusun menjadi satu kesatuan untuk menghasilkan tenaga listrik dalam besaran tertentu. Besar jumlah besaran tergantung dari energi gerak yang dihasilkan.

Biasanya generator set digunakan untuk menggantikan fungsi listrik PLN, terutama saat pemadaman listrik. Hal ini dilakukan agar pekerjaan tetap terlaksana sesuai jadwal meskipun sumber tenaga utama tidak dapat dijalankan.

Perusahaan jual genset terpercaya menjual jenis generator set berdasarkan kebutuhan konsumen. Ada yang diperuntukkan bagi industri, usaha kecil menengah, hingga kebutuhan rumah tangga.

Untuk harga akan bervariasi tergantung dari masing-masing tipe, jenis, juga merek. Biasanya makin besar daya dikeluarkan akan semakin mahal harganya.

Untuk bahan bakar yang digunakan bisa solar atau bensin. Karena bahan bakarnya cukup mahal, kebanyakan generator set hanya digunakan sebagai sumber listrik sekunder saja.

 

Manfaat Generator Set dalam Kehidupan Sehari-hari

Sudah diketahui oleh masyarakat, bahwa pendistribusian listrik di Indonesia masih kurang merata dan terkadang mengalami gangguan. Bukan hal aneh, jika suatu daerah hanya mendapatkan listrik yang minim. Hal ini tentu sangat berpengaruh, terutama bagi industri.

Oleh sebab itu, perusahaan maupun pabrik biasanya akan menghubungi perusahaan jual genset Jakarta untuk memenuhi kebutuhan memiliki sumber listrik sekunder.

Bukan hanya bagi perusahaan atau industri saja, manfaat genset juga dirasakan masyarakat luas. Karena berbagai manfaat generator set berikut ini:

1. Sebagai Cadangan Energi Saat Keadaan Darurat

Indonesia merupakan negara kepulauan dengan keadaan geografis yang unik. Keunikan ini menjadi keunggulan, tapi di sisi lain juga diketahui bahwa letak geografis tersebut berpotensi terkena berbagai jenis bencana alam.

Pohon tumbang, banjir, tanah longsor, angin puting beliung, kebakaran, dan jenis bencana lainnya seringkali terjadi. Saat hal tersebut terjadi, maka aliran listrik terputus sehingga perlu energi cadangan.

Di sinilah fungsi generator set untuk memastikan masyarakat tetap dapat beraktivitas dengan baik, terutama aktivitas yang berhubungan dengan perangkat elektronik.

 

2. Cadangan Listrik Peralatan Kesehatan di Rumah Sakit

Rumah sakit merupakan salah satu layanan umum yang membutuhkan listrik dalam jumlah besar, terutama untuk alat-alat kesehatan di dalamnya. Terkadang daya dari PLN tidak dapat mencukupi kebutuhan ini sehingga diperlukan bantuan genset.

Pihak rumah sakit biasanya akan menghubungi perusahaan jual genset untuk menyuplai kebutuhan genset dengan spesifikasi sesuai.

 

3. Alternatif Penyedia Daya Saat Acara Besar

Melaksanakan acara tertentu yang mengundang banyak peserta seringkali membutuhkan lebih banyak energi. Terkadang suplai dari PLN tidak mencukupi, jadi dibutuhkan suplai energi cadangan untuk mencover kebutuhan tersebut.

 

4. Dipakai Saat Pembangunan Bangunan

Energi listrik yang disalurkan PLN terkadang mengalami gangguan dan bisa padam tiba-tiba. Jika hal ini terjadi dalam sebuah proyek pembangunan bangunan, maka risikonya akan besar, kecelakaan kerja bisa terjadi.

Selain itu, juga dapat membuat pekerjaan pembangunan terhambat. Pada akhirnya akan menyebabkan kerugian bagi kontraktor. Oleh sebab itu, diperlukan perusahaan jual genset  untuk menyediakan energi cadangan.

 

 

Komponen Pembentuk Generator Set

Perlu Anda ketahui bahwa generator set terdiri atas 4 komponen utama, yaitu rangkaian mesin penggerak yang menghasilkan listrik menggunakan bahan bakar. Apa saja komponen tersebut? Ini dia informasinya:

1. Mesin

Mesin pada genset berbentuk lurus searah output daya optimum yang dikeluarkan generator set. Bagian ini akan menerima input mekanis kemudian mengantarkannya ke generator.

Di perusahaan jual genset terdapat pilihan mesin dengan jenis bahan bakar, seperti propana, solar, maupun bensin. Di Indonesia lebih banyak mesin dengan bahan bakar bensin.

Sedangkan propana dan solar kebanyakan digunakan pada industri karena dibutuhkan untuk ukuran genset yang lebih besar.

 

2. Alternator

Komponen ini menghasilkan listrik yang masuk atau disuplai dari mesin. Alternator akan menimbulkan gerakan antara listrik dan medan magnet, kemudian menghasilkan arus listrik.

 

3. Pengisian Baterai

Mungkin Anda belum tahu bahwa komponen utama dalam sebuah generator set adalah pengisian baterai dan harus dilakukan hingga terisi penuh. Jika baterai dalam keadaan kosong, maka generator tidak dapat bekerja.

Pengisian baterai harus dilakukan pada tegangan stabil, apabila tegangan rendah maka tidak akan teris baterainya hingga penuh. Besar ukuran baterai akan berpengaruh pada listrik yang dihasilkan.

Karena kebutuhan setiap konsumen berbeda, perusahaan jual genset terpercaya memberikan pilihan ukuran besar baterai berbeda bagi setiap jenis generator set yag dipasarkan.

 

4. Sistem Bahan Bakar

Komponen terakhir adalah sistem bahan bakar. Sebuah generator set ukuran rumah tangga biasanya punya kapasitas lebih kecil dibandingkan untuk industri.

Anda akan menemukan tangki bahan bakar yang cukup diisi bensin penuh untuk waktu optimal bekerja 6-8 jam. Tangki bahan bakar biasanya terletak di bagian atas rangka sehingga mudah diisi.

Tangki bahan bakar bagi genset berukuran lebih besar yang perusahaan jual genset, biasanya diletakkan di samping atau bagian agar d bawah, bukan dipermukaan.

 

Perusahaan Jual Genset di Jakarta Terpercaya

Perusahaan yang menjual generator set biasanya menyediakan lebih dari satu jenis. Terutama menyediakan 3 jenis yaitu berbahan bakar bensin, bahan bakar diesel, dan portabel.

Mesin dengan bahan bakar bensin biasanya berdaya 1000 watt dan digunakan untuk kebutuhan bisnis serta rumah tangga. Sedangkan yang berbahan bakar diesel dapat menghasilkan listrik hingga 2 juta watt. Biasanya digunakan industri besar.

Jika Anda membutuhkan jenis yang mudah dibawa dan praktis, coba beli genset portabel di perusahaan jual genset. Harganya mungkin akan lebih mahal karena mengusung kepraktisan, tapi cocok untuk digunakan pada kebutuhan dengan mobilitas tinggi.

Membeli bukan hanya harus sesuai kebutuhan dan kemampuan, tapi juga harus memastikan bahwa tempat membeli terpercaya. Sebab sebuah generator set perlu yang namanya garansi.

Jadi, pastikan Anda memilih penjual yang dapat memberikan garansi sekaligus ada layanan perbaikan juga. Sehingga tidak perlu pusing mencari teknisi ketika terjadi kerusakan.

Salah satu perusahaan jual genset di Jakarta terpercaya yang mampu memberikan kebutuhan tersebut adalah Mikmar Gracindo.

Ingin konsultasi mengenai jenis generator set yang sesuai kebutuhan, Anda bisa menghubungi +62(21) 543 373 45 untuk menanyakan spesifikasi serta kisaran harga. Anda juga bisa mengecek jenis-jenis produk tersedia di laman mikmargracindo.com.

Selain itu Bagi Anda yang Sedang Mencari Sparepart Panel Listrik Schneder, Low Voltage (LV) Panel, Medium Voltage (MV) Panel, Trafo Step Up, Trafo Step Down, Genset Control Panel, Lighting Panel dan panel listrik lainnya dapat menghubungi Mikmar Gracindo.