Distributor trafo terpercaya di Jakarta merupakan penjual trafo yang menyediakan kebutuhan konsumen di daerah Jakarta dan sekitarnya. Bahkan juga menyediakan layanan bagi konsumen dari seluruh Indonesia.

Produk yang dijual berupa trafo dan alat kelistrikan lainnya. Jadi, jika Anda tengah membutuhkan perangkat statis tersebut, sebaiknya segera menghubungi distributor agar mendapatkan produk terbaik dengan harga dan kualitas terjamin.

Namun, sebelum membeli harus tahu dahulu apa sih yang dimaksud trafo dan fungsinya. Untuk informasi lebih banyak, Anda bisa simak paparan berikut ini.

Mengenal Pengertian dari Trafo Listrik

Distributor trafo terpercaya di Jakarta menjual berbagai jenis trafo yang digunakan dalam industri maupun kebutuhan lainnya. Trafo atau transformator adalah sebuah perangkat statis yang mampu mentransfer energi listrik dari satu rangkaian ke rangkaian lainnya.

Sistem kerjanya menggunakan proses elektromagnetik dan digunakan untuk menambah atau menurunkan level tegangan pada rangkaian. Anda dapat menggunakannya pada arus bolak balik atau Alternating Current (AC).

Sistem kerja transformator ini menukar tegangan arus dalam sebuah rangkaian, tapi tidak memengaruhi daya listrik total. Dibutuhkan listrik bertegangan tinggi dengan arus kecil, lalu diubah menjadi tegangan rendah berarus besar, atau sebaliknya.

Distributor trafo terpercaya di Jakarta menyediakan transformator yang hanya berfungsi untuk AC pada stopkontak, bukan arus searah atau direct current (DC). Jadi, harus diperhatikan hal tersebut.

Di dalam alat statis ini terdapat dua gulungan, yaitu gulungan primer dan sekunder yang terpisah satu sama lain. Ketika gulungan primer dialiri arus AC, maka kemunculan medan magnet berubah-ubah sebab dekat dengan gulungan sekunder.

Gulungan sekunder akan terinduksi oleh medan magnet tersebut sehingga memunculkan arus AC yang sesuai kebutuhan kelistrikan Anda.

Cara Kerja Transformator yang Perlu Diketahui

Pada dasarnya, distributor trafo terpercaya di Jakarta mendistribusikan ke masyarakat berbagai jenis transformator. Namun, konsep atau cara kerja masing-masing alat statis tersebut adalah sama.

Cara kerjanya cukup sederhana karena mengusung induksi timbal balik antara belitan primer dan sekunder, atau disebut juga sebagai kumparan. Dengan adanya kumparan ini energi dalam satu rangkaian ke rangkaian lainnya dapat diubah.

Secara sederhana dapat disimpulkan bahwa kumparan primer akan menghasilkan fluks yang terus berubah-ubah atau berganti, karena menerima tegangan bersifat bolak balik. Lalu kumparan sekunder akan terpengaruh karena letaknya berdekatan.

Hasilnya kumparan sekunder akan menghasilkan arus listrik yang diubah menjadi sebaliknya, kemudian disalurkan ke rangkaian listrik lainnya. Kinerjanya sesuai dengan hukum induksi elektromagnetik Faraday.

Jadi, walaupun ada berbagai jenis transformator di distributor trafo terpercaya di Jakarta, cara kerjanya tetap sama, menggunakan hukum induksi elektromagnetik Faraday dengan memanfaatkan dua kumparan di dalamnya.

8 Jenis Trafo Listrik dan Fungsinya

Bagi Anda yang hendak membeli transformator, harus tahu bahwa ada 8 jenis tersedia di pasaran. Tiap jenis punya fungsi tersendiri dan diperdagangkan dengan harga berbeda. Apabila ingin membeli kenali dulu 8 jenis berikut ini:

1. Step Up

Jenis yang pertama cukup umum ditemukan dijual oleh distributor trafo terpercaya di Jakarta. Biasanya digunakan pada rangkaian pembangkit tegangan elektronika. Contohnya inverter monitor LCD, inverter TV, dan lain sebagainya.

Tugas utamanya adalah untuk menaikkan tegangan. Saat ini juga banyak digunakan untuk menaikkan tegangan pada AC. Mungkin Anda sering mendengar istilah AC inverter, istilah tersebut digunakan karena penambahan alat transformator Step Up.

 

2. Step Down

Jika ada jenis yang digunakan untuk menaikkan tegangan, maka adapula digunakan menurunkan tegangan. Cukup mudah dibeli karena tersedia di penjual-penjual alat elektronik baik toko offline maupun online.

Contohnya adalah pada power amplifier, speaker aktif, televisi dan lain sebagainya. Hampir semua peralatan listrik rumah tangga menggunakan jenis trafo ini.

 

3. Isolasi

Untuk transformator isolasi sering digunakan pada rangkaian inverter. Karena fungsinya mengubah tegangan DC menjadi AC dengan ukuran sama besar. Di dalamnya terdapat kumparan primer dan sekunder yang sama besar.

Anda juga bisa dengan mudah menemukan alat ini di distributor trafo terpercaya di Jakarta, karena memang banyak digunakan. Fungsi utamanya bukan untuk mengubah, melainkan mengisolasi tegangan input maupun output.

 

4. CT dan Non CT

Keduanya punya fungsi berbeda, tapi digunakan secara bersamaan. Jika Ct membuat rangkaian power supply simetris, seperti amplifier dengan kutub positif, negatif, dan netral, maka Non CT sebaliknya.

Non CT dipergunakan untuk power supply non simetris, yakni hanya ada kutub positif dan negatif saja.

 

5. Daya

Biasanya distributor trafo terpercaya di Jakarta menyediakan transformator daya ini agar digunakan pada stasiun-stasiun pembangkit listrik maupun gardu transmisi. Fungsi utamanya dalam aplikasi transfer daya tinggi dengan maksimal daya 33 KV.

 

6. Distribusi

Jenis ini digunakan sebagai alat mendistribusikan energi listrik dari pembangkit listrik ke lokasi industri atau perumahan. Prinsipnya masih sama yaitu mengubah arus tanpa memengaruhi daya yang dikeluarkan.

 

7. PLN

Jenis transformator ini mungkin akan sulit ditemukan dijual oleh distributor trafo terpercaya di Jakarta, hanya penyedia tertentu saja yang memproduksi dan mendistribusikannya.

Jenis trafo ini sangat dibutuhkan oleh penyedia listrik terbesar di Indonesia, yaitu PLN. Fungsinya menaikkan atau menurunkan daya, dan berbagai fungsi lainnya sesuai kebutuhan PLN.

 

8. Arus

Terakhir adalah trafo yang mengonversi arus primer dengan nilai arus besar. Kemudian dijadikan arus sekunder dengan nilai rendah, disesuaikan dari aplikasi yang dibutuhkan.

 

Pentingnya Membeli di Distributor Trafo Terpercaya di Jakarta

Jika diperhatikan dengan baik dari paparan di atas, diketahui bahwa trafo memegang peranan penting dalam pendistribusian tenaga listrik. Kegunaannya baik untuk rumah tangga maupun industri.

Tanpa adanya trafo akan sulit menyesuaikan tegangan listrik yang datang dari PLN maupun sumber lainnya. Secara singkat manfaat penggunaan trafo adalah:

  1. Menurunkan tegangan listrik yang masuk ke peralatan listrik.
  2. Menurunkan tegangan dari PLN ke rumah-rumah maupun bangunan lainnya.
  3. Menaikkan tegangan saat sistem transmisi listrik bertegangan tinggi.
  4. Sebagai pengelas listrik.
  5. Pengelas listrik.

Karena fungsinya yang besar dan dapat dikelompokkan berdasarkan jenis, maka saat membeli transformator di distributor trafo terpercaya di Jakarta, Anda harus memilih jenis paling tepat berdasarkan kebutuhan.

Jadi, pastikan dahulu apa kebutuhan Anda sebelum membeli. Selain itu, pastikan membeli di tempat terpercaya, karena akan menjamin kualitas peralatan statis yang dipergunakan.

Untuk jenis-jenis tertentu, Anda mungkin bisa menemukannya dengan mudah di toko alat listrik. Namun, jenis-jenis tertentu terutama untuk kebutuhan industri, biasanya membutuhkan penyalur khusus.

Bagi Anda yang sedang mencari distributor trafo terpercaya di Jakarta dan sekitarnya, coba kunjungi laman website mikmargracindo.com. Di situs tersebut Anda bisa menemukan berbagai jenis trafo dan dapat mencari sesuai kebutuhan.

Soal harga bisa bersaing dengan agen-agen lain, tapi yang paling penting adalah pelayanan terbaik selalu diberikan. Anda juga akan mendapatkan garansi resmi yang masa berlakunya tergantung dari masing-masing produk.

CP +62(21) 543 373 45 dapat dihubungi bagi Anda yang ingin mendapatkan informasi lebih jelas. Anda dapat menanyakan ketersediaan stok, spesifikasi yang lebih lengkap, serta berkonsultasi agar mendapatkan jenis transformator sesuai kebutuhan dan budget.

Sebelum membeli, sebaiknya Anda memastikan dahulu kebutuhan dan jenis trafo yang diinginkan. Karena masing-masing jenis punya spesifikasi fungsi berbeda. Jika tidak ingin salah membeli, segera hubungi distributor trafo terpercaya di Jakarta Mikmar Gracindo.