Harga panel listrik Schneider akan sangat terpengaruh dengan komponen-komponen yang ada di dalamnya. Karena panel listrik atau electrical switchboard dibuat dengan cara custom sehingga harganya akan terpengaruh dengan spesifikasi sesuai kebutuhan pembeli.

Kalau Anda ingin beli electrical switchboard harus konsultasikan dahulu dan lihat kebutuhan serta keinginan dalam pembagian arus. Untuk amannya, langsung hubungi pihak penjual untuk berkonsultasi mengenai spesifikasi terbaik.

Namun, bukan berarti Anda bisa serahkan begitu saja seluruh pengerjaannya pada penjual. Paling tidak, harus tahu juga jenis panel yang dibutuhkan sehingga tahu pilihan paling tepat serta bagaimana spesifikasinya.

Berikut akan kami berikan informasi mengenai jenis-jenis electrical switchboard sehingga Anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan kelistrikan.

Tipe-tipe Panel Listrik dari Bahan Pembuatnya

Salah satu yang menentukan harga panel listrik Schneider adalah dari jenisnya. Sebab jenis berbeda akan punya komponen berbeda pula. Untuk jenisnya akan terbagi berdasarkan bahan, tipe, penggunaan, juga fungsi kontrolnya.

Pertama-tama kami akan infokan berdasarkan bahan pembuatannya. Ada dua jenis yang dapat Anda pilih, yaitu:

1. Box Besi

Electrical switchboard ini terbuat dari bahan logam, yaitu besi plat atau baja tuang. Proses pembuatannya menggunakan cara pres sehingga berbentuk menjadi kotak dengan ukuran sesuai kebutuhan pembeli.

 

2. Box Plastik

Bahannya terbuat dari jenis plastik HDPE yang punya kekuatan, keras, dan tahan lama, juga tahan terhadap suhu tinggi. Harga panel listrik Schneider bisa jadi lebih murah atau mahal dibandingkan box besi, tergantung dari spesifikasi dibutuhkan konsumen.

Anda dapat memilih jenis box sesuai dengan kebutuhan, apabila ingin bahan anti korosi, maka pilih bahan dari plastik. Namun, jenis bahan paling umum digunakan adalah dari box besi.

Harga Panel Listrik Berdasarkan Tipe

Selain berdasarkan bahan pembuatnya, Anda juga dapat memilih dari tipe. Ada tiga macam electrical switchboard yang dipilih berdasarkan peruntukannya.

Masing-masing tipe ini punya harga panel listrik Schneider berbeda karena spesialisasi fungsinya tidaklah sama. Selain itu, juga dipengaruhi custom atau permintaan dari konsumen sehingga menyebabkan variasi harga.

Pengelompokan tipe yang dimaksud di sini adalah berdasarkan penempatan atau posisi penempatannya. Berikut 3 tipe electrical switchboard yang diperjualbelikan:

1. Wall Mounting

Yaitu penempatan panel pada dinding, bisa dikatakan ini jenis paling banyak digunakan. Kotak panel akan diletakkan pada dinding atau ditempelkan pada dinding dengan ukuran tinggi yang mudah dijangkau orang dewasa.

Biasanya, tipe ini berukuran kecil, yaitu 0,7×0,5×0,2 m, 0,8×0,6×0,3 m, atau 0,7×0,8×0,2 mm. Kegunaannya untuk panel-panel lighting, lift, atau gas, bukan untuk penggunaan arus besar atau mesin produksi.

 

2. Free Standing

Jika kebutuhan daya pada bangunan cukup besar, maka lebih disarankan memilih jenis free standing. Ukurannya 2,2×1,6×0,6 meter dengan penempatan berdiri dan konstruksi tinggi.

Biasanya, harga panel listrik Schneider tipe ini akan lebih mahal karena membutuhkan spesifikasi besar dan komponen tidak sedikit.

 

3. Switch Gear

Selanjutnya adalah switch gear, penggunaanya untuk kebutuhan kelistrikan menengah. Panel akan membagikan daya ke panel-panel yang lebih kecil melalui trafo. Tegangan yang digunakan adalah 3,3 KV, 6,6 KV, 20 KV, dan 24 KV.

 

Fungsi sebenarnya bukanlah pensupply beban akhir, tapi lebih sebagai pembagi dan pemutus beban. Harga panel listrik Schneider ini lebih mahal dibandingkan tipe wall, tapi masih lebih murah dari free standing.

Tipe Panel Listrik dari Cara Penggunaannya

Dilihat dari penggunaannya, electrical switchboard terbagi atas 3, yaitu

1. MVMDP

Tipe pertama adalah MVMDP yang menjadi penyalur, pemisah, dan pemutus tenaga daya sebesar 20 ribu vlot dari gardu PLN. Electrical switchboar dini khusus digunakan menyalurkan daya dengan tegangan tinggi.

MVMDP akan menyalurkan listrik PLN ke Step Down Transformer agar bisa disalurkan lagi ke panel bertegangan lebih rendah.

Harga panel listrik Schneider akan disesuaikan dengan kapasitas daya yang masuk serta komponen di dalamnya. Pembuatannya kustom dengan jangka waktu tertentu, semakin cepat pengerjaan biaya juga akan terpengaruh.

 

2. LVMDP

Berikutnya adalah LVMDP yang akan menerima aliran dari MVMDP, kemudian mendistribusikannya ke panel-panel dengan tegangan lebih rendah lagi. Fungsi LVMDP adalah mengamankan arus yang diterima feeder dari trafo.

Electrical switchboard ini terdiri atas berbagai komponen pengaman, penyalur, juga alat ukur. Untuk masalah harga panel listrik Schneider sangat tergantung dari banyaknya komponen dalam satu LVMDP.

 

3. LVSDP

Selanjutnya adalah LVSDP, yaitu pembagi arus ke alat elektronik, seperti stop kontak, AC, motor listrik, lampu, dan berbagai peralatan elektronik lainnya. Electrical switchboard ini merupakan pengaman dan dapat terputus otomatis saat arus pendek.

 

Penggunaannya sangat banyak di Indonesia, bisa di rumah maupun bangunan properti lainnya. Karena peruntukkannya sebagai pembagi arus untuk tegangan yang lebih rendah.

Jenis Panel Listrik dari Segi Kontrol Penggunaannya

Terakhir adalah pembagian jenis Electrical switchboard berdasarkan fungsi kontrolnya yang terbagi atas:

1. Kontrol Genset

Untuk jenis ini terbagi lagi atas:

  1. Automatic Transfer Switch, yaitu penyalur atau penghubung arus otomatis dari genset dan sumber backup lainnya apabila sumber utama mati.
  2. Automatic Main Failure, berfungsi menghidupkan genset secara otomatis saat sumber energi utama mati.
  3. ATS-AMF, paduan panel-panel yang beroperasi otomatis untuk menghubungkan serta menghidupkan genset sebagai pengganti daya
  4. Sinkronisasi, yaitu electrical switchboard yang memadukan dua jenis sumber, yaitu PLN dan genset. Pengaturannya akan dilakukan otomatis dan disesuaikan kebutuhan beban.

Untuk harga panel listrik Schneider kontrol genset ini tergantung dari custom dan pilihan jenis fungsinya.

 

2. Kontrol Motor

Tipe ini terbagi lagi atas 4 jenis, yaitu:

  1. Electric switchboard Motor Dol, berfungsi sebagai pemutus dan penghubung motor-motor listrik dengan sumber tenaga dari kontraktor listrik dan MCB.
  2. Electric switchboard Motor Star Delta, berfungsi sebagai soft starting beban motor-motor listrik. Cara kerjanya menghubungkan star/delta terhadap lonjakan arus listrik yang terlalu tinggi.
  3. Electric switchboard MCC, berfungsi sebagai kontrol kumpulan beberapa motor listrik dan mengendalikannya dari jarak jauh. Harga panel listrik Schneider tipe ini biasanya lebih tinggi karena merupakan remote yang bekerja jarak jauh.
  4. Electric switchboard VSD, berfungsi menjalankan motor induksi dengan inverter sehingga mengatur speed agar lebih berefisiensi tinggi dan lossesnya dapat ditekan.
  5. Electric Switchboard Faktor Daya

Harga panel listrik Schneider jenis ini juga terpengaruh dari spesifikasi dan komponennya. Fungsi utamanya adalah mengoptimalkan tenaga listrik dengan pengaturan KVAR.

Nilai KVAR akan ditekan sehingga menjadi lebih baik, pada kisaran 0,99-1 atau sesuai nilai diinginkan. Jadi, mampu membuat Anda hemat listrik dan tetap terhindar dari denda PLN.

 

Karena ada banyak jenis electric switchboard di pasaran, pembeli harus jeli dalam memilih yang sesuai dengan kebutuhan. Akan lebih baik berkonsultasi dahulu dengan penjual mengenai kebutuhan dan daya beli Anda.

Anda dapat berkunjung ke laman website mikmargracindo.com atau hubungi telepon +62(21) 543 373 45 untuk berkonsultasi mengenai pembangunan panel listrik. Mikmar Gracindo merupakan salah satu penyuplai electric switchboard terpercaya yang mampu mengerjakan custom dalam waktu singkat

Diskusikan dengan customer service mengenai kebutuhan panel kelistrikan Anda dan bagaimana pembagian daya listrik yang diharapkan.