Fungsi MCC dalam dunia industri sangat penting, kegunaan utamanya adalah sebagai proteksi serta sistem control, interlock, serta monitoring beban motor. Dalam sebuah panel, instalasi MCC terdiri dari motor starter, MCB/sekering (fuse), bus bar, dan juga push buttons.

Motor starter sendiri memiliki fungsi sebagai pengendali, yaitu menghidupkan maupun mematikan mesin menggunakan contactor di dalamnya. Fungsi lainnya juga sebagai overload relay untuk proteksi dengan memutus aliran listrik jika beban berlebih.

Dalam dunia industri juga sangat penting mengetahui apa panel MCC? Apalagi setelah berkembangnya sains dan teknologi, ada cukup banyak pengembangan-pengembangan dengan komponen baru yang lambat laun mulai diterapkan.

Memahami Lebih Lanjut Mengenai Pengembangan MCC

Supplier Panel MCC untuk Pabrik

Sebelum penjelasan lebih lanjut mengenai pengembangannya, ada baiknya memhami lebih dahulu apa yang dimaksud dengan MCC? Motor Control Center sendiri cukup banyak digunakan dalam bidang teknik.

Pada model konvensional hanya mencakup komponen-komponen elektromekanik dan masih menjadi bagian utama pada produk MCC tersebut. Sementara itu, semua koneksi yang dilakukan akan melalui pemasangan kabel.

Fungsi MCC pada negara-negara maju juga masih menggunakan produk-produk dengan perangkat mekatronika. Meski demikian, terdapat pengembangan menggunakan komponen cerdas baru dan mulai diterapkan beberapa tahun terakhir.

Pengembangan pertama adalah CMCC, yaitu pusat kontrol motor tradisional yang dapat menjadi kontrol start-stop serta deteksi kesalahan sederhana. Tentu saja, hal ini harus dilakukan dengan kinerja serta perawatan andal.

Cukup banyak yang bidang-bidang ekonomi nasional yang menggunakan pengembangan komponen ini. beberapa di antaranya seperti petrokimia, pembuatan kertas, tekstil, metalurgi, farmasi, listrik, dan proses-proses lain yang membutuhkan pengendalian.

Selanjutnya adalah pengembangan fungsi MCC menggunakan IMCC atau Intelligent Motor Control Center yang kuat dan memberi kontrol posisi mesin dan servo. Komponen ini juga mendeteksi kesalahan dan fungsi diagnosis dalam aplikasi pengendalian proses kompleks.

CMCC maupun IMCC dapat digunakan sendiri guna melengkapi kontrol motor. Meski demikian, komponennya juga digunakan untuk kontrol distribusi DCS atau pengendali logika PLC on-site controller yang sebelumnya telah diprogram.

Prinsip-prinsip Kerja MCC

supplier panel MCC murah

Fungsi MCC juga memiliki prinsip-prinsip kerja, baik yang tradisional maupun yang sudah memiliki fitur-fitur cerdas. Selain itu, penggunaannya juga memiliki beberapa permasalahan yang sering muncul.

Pusat pengendali motor konvensional diprogram dengan koneksi remote kabel kontrol dan sinyal ke sistem DCS yang menampung ruang MCC. Perintah kontrol DCS serta informasi umpan balik MCC ditransmisi melalui kabel.

Pengendali motor konvensional memiliki beberapa kekurangan, salah satunya membutuhkan banyak kabel kontrol maupun sinyal. Selain itu, cukup banyak juga kendala pada beban kerja kabel, instalasi, serta panjang siklus commissioning.

Penggunaan fungsi MCC konvensional membutuhkan banyak kabel, sehingga titik kegagalan maupun penyebab kecelakaan sulit ditemukan. Peningkatan alat loop untuk meletakkan kontrol maupun kabel sinyal juga sulit diperluas.

Permasalahan lainnya juga pada manajemen produksi maupun operasi, kurangnya informasi diagnostik, serta operasi dan pemeliharaan listrik buruk. Selain itu, suku cadang sulit disatukan dan membutuhkan biaya cukup besar.

Sementara itu, fungsi MCC dengan fitur dan sistem cerdas menggunakan kontrol otomasi listrik menggabungkan teknologi informasi, penginderaan, serta olah data komputer. Komponen utamanya berfungsi untuk komunikasi, kontrol DCS, operasi motor listrik relevan.

Penggunaan model ini memiliki beberapa ciri-ciri, misalnya bus komunikasi pada situs DCS tanpa kabinet dapat mengendalikan hingga 100 sirkuit motor. Terdapat fitur anti-gangguan sehingga penyebab kerusakan mudah ditemukan.

Penggunaan komunikasi bus, instalasi, maupun siklus commissioning dapat dilakukan dengan singkat. Selain itu, memungkinkan untuk meningkatkan alat loop dengan perangkat lunak, fleksibel, dan mudah diperluas.

Fungsi dari MCC dengan model ini juga memiliki informasi manajemen operasional yang lengkap, termasuk pemeliharaannya sehingga mencegah downtime secara tidak terduga. Selain itu, membutuhkan suku cadang sedikit.

Fungsi MCC yang Perlu Dipahami

Kontraktor Panel MCC untuk Pabrik

Setelah memahami mengenai pengertian dan modelnya, selanjutnya adalah mengetahui apa fungsi dari MCC? Dalam bidang industri, ada cukup banyak fungsi-fungsinya seperti penjelasan berikut.

Penggunaan motor control center akan mempermudah start-stop dengan lebih aman karena tombol atau push button berada di dinding luar panel. Dengan begitu keselamatan operator akan meningkat jika terjadi kerusakan yang mengakibatkan percikan api hingga ledakan.

Selain untuk meningkatkan keselamatan operator, fungsi MCC lainnya adalah untuk sistem proteksi dari berbagai gangguan. Gangguan sendiri dapat menyebabkan kerusakan lebih parah baik pada bagian motor maupun komponen pada panel.

Ada berbegai jenis proteksi yang umum digunakan untuk menghindari kerusakan panel. Beberapa di antaranya overload, overcurrent, phase failure, earth leakage, short ciruit, interlock, dan masih banyak lainnya.

Bukan hanya digunakan untuk start-stop saja, tombol pengoperasiannya juga dapat ditempatkan dekat mesin atau sesuai kebutuhan. Jika dilengkapi dengan emergency stop dan terpasang dekat mesin, maka operator akan lebih mudah dalam kerja maupun pengawasan.

Semua sistem start-stop pada panel menggunakan magnetic contractor sehingga bekerja ketika ON dan berhenti saat OFF. Sementara itu, Power Shut Down akan menghentikan seluruh mesin dan akan normal ketika menyalakan power.

Artinya, fungsi MCC tidak akan langsung beroperasi seluruhnya sebab harus menyalakan tombol ON satu per satu. Dengan demikian tidak akan terjadi lonjakan arus tinggi karena semua motor starting secara bersamaan.

Sistem starting ini dapat disesuaikan kebutuhan maupun lonjakan arusnya. Ada berbagai pilihan untuk sistem starting sendiri guna mengurangi lonjakan arus, beberapa di antaranya seperti D.O.L, STAR-DELTA, AUTO-TRANS, INVERTER, VFD/VSD, dan lainnya.

Perawatan MCC yang Benar

MCC sebenarnya merupakan salah satu dari jenis-jenis panel kelistrikan yang banyak digunakan di perumahan maupun industri. Fungsi MCC akan lebih maksimal jika dilakukan perawatan secara berkala pada setiap komponennya.

Jika dalam kondisi normal, panel servis aman disentuh jika pintu luar panel tertutup. Namun jangan bekerja pada panel servis listrik terbuka ketika pintu maupun tutup pelindung depan dilepas karena service lug bisa berakibat fatal.

Anda juga perlu menghindari menyentuh kabel yang masuk dalam panel dari atas kotak. Selain itu, perlu hati-hati juga pada alat penanganan, sebab berpotensi Anda menyentuh kabel servis dan mengirim guncangan pada Anda.

Pemeriksaan panel listrik maupun kotak pemutus sirkuit dapat dilakukan setahun sekali, gunanya adalah memastikan jika semua komponen berfungsi dengan baik. Selain itu, operator juga akan lebih aman dalam menggunakannya.

Selain memastikan bahwa fungsi MMC berjalan dengan maksimal, Anda juga bisa mengetahui tanda-tanda penuaan maupun aus pada komponen. Selain itu, perlu dilakukan identifikasi tanda penyebab kemungkinan kebakaran listrik.

Jika Anda ingin komponen-komponen tetap awet, maka perlu memilih penyedia MCC dengan kualitas tinggi. Meskipun perawatan tetap harus dilakukan, namun produk berkualitas bisa digunakan dalam jangka waktu lebih panjang tanpa permasalahan berarti.

Mikmar Gracindo merupakan distributor terbaik memilih produk-produk kelistrikan berkualitas tinggi. Anda dapat langsung melakukan pemesanan melalui WA.

Panel kelistrikan dengan beragam jenisnya sangat banyak digunakan pada industri maupun perumahan, salah satunya motor control center. Cukup banyak orang menggunakannya sebab fungsi MCC sangat penting terutama untuk sistem proteksi.

Mikmar Gracindo menyedikan layanan Panel Listrik Schneder, Low Voltage (LV) Panel, Medium Voltage (MV) Panel, Trafo Step Up, Trafo Step Down, Genset Control Panel, Lighting Panel dan panel listrik lainnya dapat menghubungi Mikmar Gracindo.

Baca juga : Supplier Panel MCC Murah dan Berkualitas