Sebagian dari Anda mungkin sudah pernah mendengar MCC panel serta fungsinnya, jenis panel ini memang banyak dimanfaatkan untuk instalasi listrik. Biasanya rangkaian MCC dimanfaatkan untuk kegiatan dalam industri, karena mampu mengendalikan motor-motor.

Perlu Anda ketahui jika motor control center ini memiliki beberapa komponen, yang masing-masing komponen berperan penting. Jika Anda hendak menggunakan Motor control center, maka kami sarankan agar Anda mengetahui terlebih dahulu fungsi dari setiap komponen.

Apa itu MCC panel? Jika kami bahas secara singkat, maka dapat dikatakan jika panel ini memiliki fungsi utama dalam mengendalikan motor-motor baik secara local atau remote. MCC dapat dikendalikan dari jarak jauh, menggunakan PLC atau DCS sehingga lebih efektif.

Biasanya pengendalian ini dilakukan di control room, MCC memang lebih sering dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan industri. Motor control center mampu mengendalikan beberapa motor dalam satu waktu, sehingga kebutuhan listrik bisa terpenuhi secara merata.

 

Pentingnya MCC Panel dalam Pengoperasian Elektro Motor

fungsi mcc

Ada alasan tersendiri mengapa Motor Control Center sangat dibutuhkan, terutama dalam pengoperasian elektro motor. Maka dari itu jika Anda membutuhkan panel ini, kami sarankan agar mengetahui dengan baik sebetulnya manfaat apa saja yang bisa pengguna dapatkan.

1. Arus Starting Tinggi

Salah satu fungsi utamanya adalah mengatur arus starting tinggi, tanpa adanya pusat kendali motor, maka lonjakan starting akan sangat tinggi. Semua motor menggunakan sistem DOL atau Direct Online, yaitu rangkaian motor yang terdiri dari kontaktor, motor listrik dan TOR.

2. Faktor Keselamatan

MCC panel juga mampu menjaga keselamatan kita, karena saat menyalakan motor, maka kita akan berhubungan langsung dengan sumber listrik. Akan berbahaya jika tidak ada panel MCC, maka dari itu penting untuk memanfaatkan panel tersebut sebagai faktor keselamatan.

Saat berhubungan dengan sistem listrik dan terdapat kerusakan kabel atau motor, tentu bisa membahayakan jiwa Anda. Selain itu kelemahan proteksi dapat mengakibatkan kerusakan fatal, bahkan berujung pada kebakaran yang bisa berimbas terkendalanya kegiatan industri.

3. Lokasi Kontrol

Tanpa adanya MCC, maka Anda harus mengoperasikan elektro motor hanya di satu tempat dengan jarak yang dekat dari sumber listrik. Tentu kondisi ini terlalu berisiko dan kurang efektif, apalagi jika pusat kontrol terjadi kerusakan atau bahkan kebakaran, maka semua panel pengendali akan terdampak.

4. Lonjakan Arus Tidak Terkendali

Dengan adanya MCC panel, maka arus tidak terkendali bisa diatasi dengan mudah. Saat arus listrik tidak terkendali, maka bisa berdampak pada matinya seluruh arus listrik. Namun jika menggunakan MCC, maka seluruh motor bisa langsung ON atau menyala tanpa panel.

Tentu saja memanfaatkan panel ini lebih efektif, karena pengguna tidak perlu menyalakan motor secara manual saat pemadaman terjadi. Selain itu terjadinya arus listrik yang tidak mampu dikendalikan, tentu bisa berdampak pada kerusakan dan berbahaya bagi jiwa Anda.

Baca juga : Ini Dia 3 Komponen Komponen Listrik beserta Fungsinya

 

Mengenal Fungsi Panel Motor Control Center

supplier panel MCC murah

Penting bagi Anda untuk mengetahui fungsi MCC, sebelum membeli dan menggunakan panel listrik ini. Fungsi utamanya adalah mengontrol motor pada proses industri, juga mengatur feeder dan lighting.

MCC panel dapat dijalankan secara local atau remote, sehingga Anda bisa menyesuaikannya dengan keperluan. Motor control center berfungsi sebagai sistem proteksi dari beban motor, serta sistem control, interlock juga monitoring pada beban motor.

Dengan begitu penggunaan listrik akan lebih terkendali, selain itu Motor Control Center dalam suatu rangkaian terdiri atas motor starter, bus bar, sekering (fuse), push buttons dan lainnya. MCC sendiri diklasifikasikan menjadi dua jenis, berdasarkan tegangan voltase yang dicapai.

MCC tegangan rendah dengan voltase yang bisa mencapai 600 volt, lalu Motor Control Center tegangan tinggi dengan voltase mencapai 7.2 kilo volt. Dalam pemilihan MCC, Anda harus lebih selektif agar tidak keliru dalam memilih panel berkualitas.

Setelah mengetahui apa fungsi MCC? Kini Anda bisa memanfaatkan panel secara maksimal, fungsi dari MCC ini memang sangat penting. Buktinya sudah banyak orang yang menggunakan panel ini, terutama perusahaan yang menjalankan kegiatan industrinya.

Fungsi suatu alat memang perlu pengguna pahami secara keseluruhan, tidak semua orang memperhatikan dari peralatan yang digunakan, alhasil mereka tidak mengerti fungsi lain yang sebetulnya dimiliki oleh alat tersebut, terutama peralatan berkaitan dengan instalasi listrik.

 

Komponen Panel Motor Control Center

Kontraktor Panel MCC untuk Pabrik

Apa itu panel motor? Panel yang fungsi utamanya menghidupkan motor listrik, mulai dari starting, running dan stopping. Adapun beberapa komponen yang terdapat pada MCC, dan masing-masing komponen memiliki peran penting dalam menjalankan fungsinya.

1. Trafo Control

Komponen pertama yaitu trafo control, mampu menghasilkan voltase stabil sehingga dapat menggerakkan alat kontrol dengan stabilitas suhu sepanjang waktu digunakan. Trafo control juga berperan penting, dalam mengatur tegangan sesuai dengan voltase dibutuhkan mesin.

Control transformer juga memiliki beberapa jenis, seperti trafo step up, step down, isolasi, CT dan non-CT. Trafo memiliki cara kerja yang cukup sederhana, dimana alat ini bekerja dengan induksi timbal balik antara kumparan primer dan sekunder.

2. Overload Thermal Fuse

MCC panel juga memiliki komponen Overload Thermal Fuse, rangkaian listrik ini memproteksi komponen listrik dari kemungkinan kerusakan yang dapat terjadi akibat beban berlebih. Overload Thermal Fuse berperan sebagai sistem proteksi, dan berperan penting bagi MCC.

3. Motor Starter

Komponen berikutnya ialah motor starter, yang mampu mengubah tenaga listrik yang telah dialirkan menjadi momen putar dalam sebuah mesin. Pada prinsip kerjanya, motor starter mampu mengubah energi listrik menjadi energi mekanik atau tenaga putar.

Motor starter lebih sering digunakan untuk menghidupkan kendaraan, dengan roda gigi flywheel membuat mesin dapat melakukan kompresi sehingga mesin kendaraan bisa hidup.

4. MCB dan ACB

Komponen MCC panel berikutnya adalah MCB atau Miniature Circuit Breaker dan ACB atau Air Circuit Breaker, MCB berfungsi dalam membatasi arus listrik dan menjadi pengaman jika terjadi beban listrik berlebih, seperti halnya hubungan arus pendek atau konsleting.

Sedangkan ACB berperan dalam pemutus arus rangkaian listrik, dengan memanfaatkan udara untuk meredam timbulnya busur api saat ACB dinyalakan. Air Circuit Breaker dapat digunakan pada tegangan rendah dan menengah, juga mampu meredam switching atau gangguan.

 

Menemukan Supplier MCC Panel Terpercaya

Mikmar Gracindo Logo

Membeli komponen rangkaian atau instalasi listrik, memang dibutuhkan produk berkualitas tentunya agar fungsi dari komponen tersebut bisa bekerja sesuai fungsinya. Seperti halnya panel MCC yang dimanfaatkan oleh banyak orang, terutama dalam kegiatan industri.

Sebelumnya sudah kami jelaskan manfaat dari MCC panel, selain itu komponen apa saja yang terdapat didalamnya beserta fungsi rangkaian tersebut. Dalam menggunakan suatu peralatan, akan lebih baik jika kita mengerti fungsi utama dari alat tersebut.

Sama halnya dengan panel listrik yang memiliki manfaat besar bagi penggunanya, baik dalam menyalurkan arus listrik juga menjaga agar tidak terjadi kerusakan. Maka dari itu kami akan mengajak Anda, untuk mencari tau rekomendasi supplier panel listrik terpercaya.

Mikmar Gracindo menyediakan MCC panel yang berkualitas, Anda bisa menghubungi Mikmar Gracindo melalui WhatsApp dibawah ini.

Dengan senang hati kami akan membantu Anda, dalam mendapatkan produk berkualitas. Tidak hanya MCC panel saja, namun banyak juga produk lain yang bisa Anda ketahui melalui website resmi Mikmar Gracindo.

 

Mikmar Gracindo menyedikan layanan Panel Listrik Schneder, Low Voltage (LV) Panel, Medium Voltage (MV) Panel, Trafo Step Up, Trafo Step Down, Genset Control Panel, Lighting Panel dan panel listrik lainnya dapat menghubungi Mikmar Gracindo.

Baca juga : Jual Main Distribution Panel Ready Stock Jakarta