Panel listrik 3 phase semakin diminati dari waktu ke waktu, sehingga permintaan untuk instalasi produk ini juga semakin luas. Agar mendapatkan produk dan layanan yang memuaskan, maka penting sekali memilih jasa distributor panel listrik 3 phase terbaik.

Banyaknya permintaan instalasi panel listrik ini tidak terlepas dari berbagai keunggulannya, salah satunya yakni menyediakan arus listrik besar. Agar lebih memahaminya, simak terus penjelasannya di artikel ini.

Proses Instalasi oleh Distributor Panel Listrik 3 Phase Terbaik

Panel listrik 3 phase sederhana merupakan panel yang terdiri dari empat kabel SR yang digunakan untuk menghantarkan arus. Panel ini mempunyai tegangan sebesar 380 volt.

Adapun empat kabel yang digunakan pada panel ini terdiri dari tiga kabel arus listrik positif dan satu arus listrik negatif berwarna hitam. Perlu digaris bawahi bahwa tiga kabel aliran listrik positif disebut dengan phase 1, phase 2, phase 3.

Masing-masing kabel memiliki karakteristik berupa garis halus yang terdapat pada kabelnya. Contohnya, pada phase 1 terdapat satu garis halus, begitu juga deng kabel phase 2 dan phase 3 yang memiliki jumlah garis yang sama sesuai dengan namanya.

Proses instalasi oleh distributor panel listrik 3 phase terbaik membutuhkan jaringan 3 phase yang berfungsi untuk mendistribusikan atau menyalurkan tenaga listrik dari sumber utama listrik ke konsumen atau pengguna listrik.

Umumnya, listrik ini tercipta dari plat besi yang ketebalannya sekitar 0,5 – 1 mm. Namun, ukurannya juga bisa disesuaikan dengan panelnya. Jadi, plat besi ini akan dipakai untuk wadah instalasi berbagai komponen listrik.

Fungsi Panel Listrik 3 Phase

Apa saja fungsi panel listrik 3 phase? Ketahui penjelasannya di bawah ini.

1. Memudahkan Pengoperasian Mesin

Selain berguna untuk tempat pemasangan komponen listrik, panel ini juga berguna untuk memudahkan pengoperasian mesin listrik. Selain itu, panel ini juga berperan sebagai indikator, baik saat mesin sedang beroperasi maupun tidak beroperasi.

2. Pemutus atau Penghubung Arus Listrik

Fungsi panel listrik 3 phase yang berikutnya adalah untuk memutus atau menghubungkan arus listrik.

Seperti yang diketahui, pada jenis panel ini terdapat komponen bernama Moulded Case Circuit Breaker (MCCB) yang berperan sebagai pembatas atau sekat arus apabila terdapat arus yang bebannya melebihi batas maksimal secara tiba-tiba.

Komponen MCCB umumnya digunakan oleh pabrik atau industri berskala besar sebagai pelindung dari listrik 3 phase. Dengan begitu, maka MCCB termasuk komponen yang sangat penting untuk digunakan pada panel listrik 3 phase.

3. Menyalurkan Arus Listrik

Distributor panel listrik 3 phase terbaik umumnya digunakan oleh industri, pabrik, hotel, atau pengguna listrik berkapasitas besar lainnya. Hal ini bertujuan untuk mendistribusikan arus listrik dan mengoperasikan dinamo motor dan motor penggerak lainnya yang berkapasitas besar.

Harga panel listrik 3 phase dinilai lebih terjangkau dalam mengirimkan daya listrik jika dibanding listrik 1 phase maupun 2 phase. Sebab, peralatan listrik untuk kebutuhan industri bisa lebih optimal jika jaringan 3 phase.

4. Menghemat Biaya Pemakaian Listrik

Perlu diketahui bahwa kabel yang dipakai untuk listrik 3 phase lebih kecil, sehingga dapat lebih menghemat ongkos listrik. Pasalnya, listrik 3 phase menerapkan tegangan yang lebih tinggi hingga mengakibatkan arus listriknya jadi lebih rendah.

Memilih distributor panel listrik 3 phase terbaik jangan sembarangan, karena tidak semua distributor memberikan layanan yang maksimal. Pilihlah mikmargracindo.com yang telah terbukti kualitasnya. Untuk memperoleh respon cepat, hubungi nomor +62(21) 543 373 45 dan dapatkan penawaran terbaik.

 

Selain itu Bagi Anda yang Sedang Mencari Sparepart Panel Listrik Schneder, Low Voltage (LV) Panel, Medium Voltage (MV) Panel, Trafo Step Up, Trafo Step Down, Genset Control Panel, Lighting Panel dan panel listrik lainnya dapat menghubungi Mikmar Gracindo.