Dalam dunia industri, penggunaan kapasitor bank atau capacitor bank sudah bukan menjadi barang baru lagi. Supplier kapasitor bank murah terbaik bisa menjadi salah satu solusi yang sangat membantu dalam rangka menghemat anggaran.

Tidak hanya dalam dunia industri, dalam kehidupan sehari-hari kita kapasitor bank juga sering digunakan, seperti dalam perbaikan power factor pada arus listrik AC dan lain sebagainya. Untuk mengenalnya lebih lanjut, yuk simak informasi pentingnya di bawah ini!

Apa Itu Kapasitor Bank?

Kapasitor bank bisa didefinisikan sebagai kumpulan beberapa kapasitor dengan spesifikasi yang sama dan terhubung dalam rangkaian paralel atau seri agar menghasilkan nilai kapasitas tertentu. Kapasitor ini punya banyak fungsi yang sangat bermanfaat dalam dunia kelistrikan.

Penggunaan kapasitor bank paling banyak pada arus listrik AC untuk memperbaiki power factor-nya. Selain itu, kapasitor bank juga digunakan untuk meningkatkan arus riak catu daya pada power supply arus DC.

Kapasitor bank memiliki kemampuan untuk menyimpan arus listrik, sehingga dapat digunakan untuk meningkatkan jumlah energi yang tersimpan. Adapun maksud dari penggunaan kapasitor bank ini adalah agar efek beban induktif dapat diminimalisasi serta sifat beban tersebut dapat dilawan.

Fungsi Kapasitor Bank

Fungsi kapasitor bank bisa dilihat pada penggunaannya, yaitu dunia industri, rumah, serta audio mobil. Berikut penjabaran masing-masing fungsi di ketiga jenis penggunaan tersebut.

1. Fungsi Utama

Sebelum membahas fungsi kapasitor bank dalam berbagai keperluan, mari kita mengenal terlebih dahulu fungsi utamanya. Adapun fungsi utama kapasitor bank adalah:

  • Mengurangi penurunan tegangan atau voltage drop.
  • Memasok daya reaktif agar dapat memaksimalkan pemakaian daya kompleks (KVA).
  • Mencegah terjadinya kelebihan beban atau overload pada transformer, kaitannya dengan peran kapasitor untuk menambah daya.
  • Mencegah naiknya suhu pada kabel listrik.
  • Dengan menurunkan kVA total, kapasitor bank dapat menghemat daya listrik karena pemakaian kVA lebih mendekati kW yang terpakai.
  • Meminimalisasi terkena denda dari PLN akibat daya reaktif yang muncul.
  • Memperkecil adanya kerugian jaringan listrik.

Yang perlu diketahui adalah terdapat dua jenis daya dalam listrik PLN, yakni daya aktif dan daya reaktif. Daya yang terlihat adalah daya aktif dan sebaliknya, daya yang tidak terlihat itulah yang disebut daya reaktif. Kemudian dalam segitiga daya terdapat sudut phasa. Nah, sudut phasa inilah yang nantinya akan diperkecil oleh kapasitor bank untuk mencapai standar sudut phasa PLN.

2. Fungsi dalam Dunia Industri

Permasalahan mengenai faktor daya mungkin tidak begitu terlihat pada penggunaan listrik di rumah. Namun, dalam dunia industri hal tersebut sangat berpengaruh karena akan dikenakan denda dari adanya daya reaktif dari pemakaian di industri tersebut.

Hal ini karena di rumah pemakaian daya terbilang kecil dibandingkan di dunia industri yang memiliki beban motor listrik besar. Oleh sebab itu, diperlukan kapasitor bank untuk memperbaiki faktor daya tersebut untuk memperbaiki kualitas pelayanan listrik dari PLN.

Karena harganya mahal, maka diperlukan adanya supplier kapasitor bank murah terbaik sebagai salah satu cara menghemat anggaran industri.

3. Fungsi pada Rumah

Untuk penggunaan kapasitor bank di rumah mungkin tidak begitu diperlukan karena pada umumnya listrik di perumahan hanya perlu menggunakan kWH meter saja. Hal ini karena tegangan dan arus yang terukur pada arus bolak-balik AC belum cukup untuk mengetahui penggunaan daya yang sebenarnya.

Pemakaian daya yang begitu kecil memungkinkan tidak adanya denda dari pihak PLN seperti pada pemakaian di bidang industri karena adanya daya reaktif. Untuk itu, umumnya perbaikan faktor daya pada penggunaan listrik di rumah bisa ditangani sendiri oleh PLN.

4. Fungsi pada Audio Mobil

Meskipun mobil tidak sebesar rumah, nyatanya justru pemakaian kapasitor bank diperlukan pada audio mobil. Hal ini karena umumnya bagian audio mobil memerlukan daya listrik yang besar dan stabil karena adanya kapasitas amplifier yang besar juga.

Di sisi lain, mobil biasanya hanya menggunakan aki dan alternator yang memasok listrik dalam jumlah terbatas. Belum lagi jika instalasi kabel listrik di mobil berjauhan, pasokan listrik dapat mengalami hambatan.

Adanya kondisi seperti ini mengakibatkan tidak maksimalnya audio yang dihasilkan, seperti bass atau audio berfrekuensi rendah yang pecah. Untuk itu, diperlukan kapasitor bank sebagai pemasok energi listrik sementara.

Dengan begitu, maka tidak akan ada gangguan saat amplifier dihidupkan oleh daya pada saat dalam kapasitas maksimalnya.

Mikmar Gracindo: Supplier Kapasitor Bank Murah Terbaik

Kami merupakan supplier panel listrik yang sudah ada sejak tahun 2011. Dari awal berdirinya hingga sekarang, kami telah mengalami banyak perkembangan dalam dunia kelistrikan dari yang awalnya hanya menyediakan Medium Voltage Panel.

Salah satu produk yang memiliki kualitas tinggi adalah kapasitor bank. Perangkat tersebut seperti yang kita tahu memiliki banyak fungsi dalam dunia kelistrikan, baik di industri maupun yang lainnya. Lalu, mengapa harus memilih kami? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut penjelasannya.

1. Produk Siap Angkut dengan Kualitas Tinggi

Kebutuhan kapasitor bank yang mendadak atau urgent tentunya tidak bisa terpenuhi jika Anda membelinya secara pre-order. Untuk itu, kami telah menyediakan produk ready atau siap angkut dan kualitasnya pun tak perlu diragukan.

Anda bisa memesan langsung produk siap angkutnya secara online atau menghubungi nomor yang disertakan setelah ini. Anda tinggal hanya duduk manis dan produk akan sampai dengan sendirinya di lokasi yang sebelumnya telah diberitahukan.

2. Pelayanan Instalasi, Testing, dan Pengujian

Untuk memastikan bahwa produk telah berjalan dan dapat berjalan sebagaimana fungsinya, maka kami menyediakan layanan penuh mulai dari pemasangan hingga pengujian kapasitor bank di lokasi.

Dengan begitu, tidak akan ada biaya tambahan yang perlu Anda keluarkan untuk membayar jasa pemasangan hingga pengujian tersebut secara terpisah dengan pembelian produk.

3. Harga Terjangkau

Meskipun produknya memiliki kualitas tinggi dan pelayanannya maksimal, Anda tidak perlu khawatir mengenai harganya. Harga produk panel di tempat kami bisa bersaing dengan tempat penjualan lainnya atau bahkan bisa lebih murah.

Dengan adanya penawaran harga produk yang terjangkau dan kompetitif ini, Anda bisa lebih menghemat pengeluaran bagi industri maupun keperluan sehari-hari seperti pemasangan pada audio mobil tadi.

4. Proses Pemesanan dan Pengiriman Cepat

Pemesanan barang secara online mungkin sudah menjadi hal yang biasa sekarang ini. Namun, biasanya pengemasan dan pengiriman yang lama padahal sedang darurat, membuat kita tidak sabar dan merasa kesal.

Tetapi, hal itu tidak akan Anda temukan jika membeli produk kapasitor bank di tempat kami. Hal ini karena selain proses pemesanannya mudah, pengirimannya juga cepat.

5. Memiliki Tim yang Berdedikasi dan Berpengalaman

Untuk memberikan layanan maksimal pada customer, kami telah memiliki tim yang berdedikasi dalam bekerja serta memiliki pengalaman di bidangnya. Hal ini bisa dibuktikan dengan usia perusahaan yang sudah mencapai satu dekade lebih.

Dengan begitu, Anda tidak perlu merasa gelisah dan ragu untuk memilih mana supplier yang berkualitas baik dalam segi produk maupun pelayanannya.

Percayakan supplier kapasitor bank murah terbaik pada Mikmar Gracindo. Untuk info mengenai produk secara lengkap, silakan kunjungi website-nya di mikmargracindo.com atau hubungi di nomor telepon +6221 5433 7345.

Selain itu Bagi Anda yang Sedang Mencari Sparepart Panel Listrik Schneder, Low Voltage (LV) Panel, Medium Voltage (MV) Panel, Trafo Step Up, Trafo Step Down, Genset Control Panel, Lighting Panel dan panel listrik lainnya dapat menghubungi Mikmar Gracindo.