Komponen yang menjadi bagian panel listrik terbilang cukup melimpah. Inilah alasannya orang yang baru belajar tentang kelistrikan terbilang lambat dalam mengingat. Terlebih selain banyak, dikatakan detail sekaligus terperinci.

Umumnya Anda dapat mengenali komponen seperti power, indicator, control hingga pengaman. Setiap bagian tersebut pastinya memiliki fungsi dan manfaat berbeda. Tidak heran jika harus dipelajari dengan baik tanpa kesalahan.

Pada dasarnya masih terdapat beragam kesalahan dapat ditemukan karena belum terlalu paham. Misalnya pemasangan atau instalasi menjadi kurang tepat. Begitu juga saat ingin melakukan perbaikan atau kegiatan penting lainnya.

Berkaitan dengan bagian panel listrik sebenarnya mampu bekerja satu sama lain. Apabila terdapat bagian kurang baik, komponen lainnya bisa bermasalah. Tidak heran jika harus dipahami bagaimana kegunaan agar maksimal fungsinya.

Belum lagi saat ini terdapat juga aspek penting perlu diperhatikan seperti keindahan. Pastinya berhubungan juga dengan kontrol, pengukuran maupun penghantar. Semuanya bekerja satu sama lain dan tidak pernah sendiri-sendiri.

Untuk komponen yang digunakan sendiri dapat dikatakan memiliki standar khusus. Tujuannya agar mampu meningkatkan aspek dan sektor penting yang perlu diperhatikan. Termasuk agar perlengkapannya tepat sesuai dengan kegunaan.

Komponen dan Bagian Panel Listrik Terlengkap

Dalam dunia listrik profesional, seorang ahli telah mengenali dengan baik. Pada jenis 1 phasa sampai 3 phasa tentunya berbeda-beda. Anda harus mampu mengenalinya dengan baik supaya paham seperti apa fungsinya.

1. Sekring

Banyak sekali pertanyaan bagian panel listrik apa saja? Sekring atau fuse menjadi bagian penting karena melindungi dan mengamankan alat jika ada gangguan. Pastinya beban berlebih sampai hubung singkat bisa dicegah.

2. MCB

MCB merupakan singkatan dari Miniature Circuit Breaker. Tentunya menjadi komponen listrik yang mampu memproteksi beban berlebih. Short Circuit atau hubungan ringan yang tidak disengaja maupun disengaja dapat di atasi.

Inilah alasannya kenapa MCB menjadi bagian panel listrik paling penting. Apalagi setiap keadaan overload hingga korsleting mampu Anda lindungi lebih baik. Terlebih masalah sengaja maupun kurang sengaja perlu di proteksi.

3. MCBB

MCBB adalah kependekan istilah Moulded Case Circuit Breaker. Pastinya menjadi komponen dengan manfaat mengamankan apabila hubungan singkat terjadi. Kerusakan atau kebakaran juga mampu dihindari karena telah ada MCBB.

4. Kabel Penghantar

Fungsi bagian panel listrik berupa kabel Penghantar yakni menghantarkan listrik pada satu komponen dengan lainnya. Kabel disini biasanya tergantung pada sistemnya. Tentu harus ada kabel standar berkualitas sehingga baik kinerjanya.

5. Magnetic Kontraktor

Magnetic Kontraktor berguna apabila ingin memutus maupun menyambungkan arus listrik. Tidak lain harus menggunakan prinsip magnetik yang dihubungkan pada Coil Kontraktor. Biasanya ditemukan pada motor listrik, lampu atau heater.

6. HMI

HMI menjadi kependekan Human Machine Interface dan bisa mengatasi interaksi dari manusia dengan mesin. Apalagi terdapat perangkat keas dan lunak yang telah diinput sebagai sinyal. Kemudian mampu memberikan hasil terbaik.

7. Push Button

Push Button merupakan bagian panel listrik yang dipakai untuk mengontrol. Tentunya bisa menghubungkan arus apabila menekan tombol hijau. Tapi jika dilepas warnanya menjadi merah dan biasanya punya tipe-tipe berbeda.

8. OCR

OCR atau Over Current Relay fungsinya sebenarnya menjadi pelindung maksimal apabila arus berlebih. Gangguan hubungan singkat terkadang banyak terjadi. Tapi bisa di atasi OCR, apalagi mampu mengamankan juga transformatornya.

9. Selector Switch

Selector Switch menjadi komponen yang berguna sebagai kontak N/O atau N/C. Pastinya memiliki perbedaan dengan Push Button karena dipakai memutar ke kanan atau kiri. Untuk mengoperasikan Selector Switch pastinya mudah.

10. Relay Control

Pertanyaan yang sering muncul saat ini apa saja isi dalam box panel? Relay Control dapat menjadi jawabannya karena merupakan perangkat elektromagnetik untuk operasi kontak. Mekanisme sakelar magnet dapat dimaksimalkan fungsinya.

11. Busbar

Busbar memiliki bentuk seperti lembengan tembaga dengan fungsi menghantarkan listrik. Tentunya seringkali dijadikan juga sebagai pengganti kabel yang penampangnya besar. Jika memakai busbar pastinya isi panel menjadi rapi.

12. Power Meter

Power Meter sebenarnya telah dibentuk digital sehingga lebih mudah dipahami. Apalagi terdapat kelengkapan yang begitu baik untuk dipakai. Alhasil power meter mampu dipakai pada setiap setting atau kebutuhan pengaturan lainnya.

Wajar jika disebutkan sebagai suatu bagian panel listrik terpenting. Anda dapat mengatur watt, kWH, Cos Phi sampai faktor daya  di dalamnya. Tentu dapat menjadikannya sebagai komponen efisien dengan fungsi terbanyak.

13. TOR

TOR atau Thermal Overload Relay mampu dipakai agar beban mampu diamankan. Tidak lain karena mampu memutuskan rangkaian kontrol berdasarkan suhu Thermal. Operasinya begitu mudah disebabkan hanya perlu memanfaatkan button.

14. Frequency Meter

Untuk bagian panel listrik krusial lainnya yakni Frequency Meter. Sebenarnya dijadikan sebagai pengukur nilai frekuensi yang terdapat dalam panelnya. Kalau untuk pemakaian di Indonesia sendiri nilainya mencapai 50 Hz.

15. Timer Listrik

Timer Listrik biasa juga disebut sebagai Time Delay Relay. Komponen ini sendiri bisa dipakai menunda waktu yang disesuaikan pada range timer sesuai kebutuhan. Kemudian bisa memutus dan menyalakan rangkaian kontrol.

16. Omega Rails

Omega Rails menjadi bagian panel listrik dengan fungsi sebagai frame atau tatakan. Disini menempel kontraktor, terminal block, plc dan sebagainya. Pastinya setiap komponen pendukung panel disediakan pada Omega Rails.

17. Volt Meter

Volt Meter berguna agar bisa menampilkan voltase atau tegangan 1 atau 3 phase. Mesin listrik maupun panel distribusi sebenarnya selalu memakainya. Tentu akan diperlihatkan secara realtime sehingga fungsinya terasa.

18. Terminal Block

Bagian panel listrik terpenting lainnya yang perlu dipelajari yakni Terminal Block. Apalagi fungsinya mampu menyambungkan kabel pada panel dengan kabel yang keluar. Tentu banyak dipakai karena kelihatan profesional dan ramping.

19. PLC

PLC adalah bagian panel listrik yang dipakai sebagai pengganti Circuit Relay Sekuensial. Kepanjangannya yakni Programmable Logic Control dan dipakai pada alat berat. Pastinya dapat bekerja apabila sudah melalui input dulu.

Proses input sendiri akan tergantung pada keadaan atau kondisinya. Nantinya dibutuhkan suatu program yang telah diprogram langsung menggunakan suatu software. Kemudian mampu memberikan hasil sesuai yang Anda inginkan.

20. Ampere Meter

Ampere Meter menampilkan beban ampere yang dipakai dalam bentuk realtime. Ada pertanyaan apa sajakah isi komponen dari panel daya pada sebuah mesin listrik? Ampere meter penting karena mendukung sendor CT.

21. Wire Duct

Wire Duct sebenarnya menjadi komponen penting karena mendukung kerapian dan keindahan panel. Terlebih pada urusan penjaluran kabel harus dilakukan dengan baik. Dibuarnya dari PVC sehingga aman dijadikan untuk jalur kabelnya.

22. Pilot Lamp

Pilot Lamp disebut juga sebagai lampu panel yang mampu mengidentifikasi tegangan dan arus. Pastinya terdapat warna tersendiri untuk menunjukkan keadaan tegangan distribusi. Untuk warna akan tergantung pada PUIL dalam perusahaan.

23. Emergency Stop

Emergency Stop masih dijadikan sebagai bagian panel listrik paling penting lainnya. Apalagi karena berguna untuk menghentikan kerja mesin sangat cepat. Apabila Anda tekan, kemudian tegangan utama pada mesinnya akan terputus.

Apabila ingin memasang panel dengan baik, pastikan untuk konsultasi dengan Mikmar Gracindo. Kami telah menjadi kontraktor panel listrik terpercaya. Tentu instalasi listrik pada pabrik, gedung hingga perumahan dapat dilakukan.

Terlebih pengalaman kami begitu baik sebagai supplier sekaligus distributor. Artinya Anda dapat memesan layanan pemasangan panel kelistrikan dengan mudah.

Mikmar Gracindo pastinya sangat berpengalaman untuk memasang listrik dalam skala besar. Bahkan mendapatkan pengakuan dari setiap klien dari seluruh Indonesia. Artinya menjamin kualitas bagian panel listrik selalu maksimal.

Mikmar Gracindo menyedikan layanan Panel Listrik Schneder, Low Voltage (LV) Panel, Medium Voltage (MV) Panel, Trafo Step Up, Trafo Step Down, Genset Control Panel, Lighting Panel dan panel listrik lainnya dapat menghubungi Mikmar Gracindo.

Baca juga : Yuk Mengenal Seperti Apa Rangkaian Panel Listrik 3 Phase