Cara mengetahui sumber korsleting listrik sangat penting dipahami sebab dapat terjadi sewaktu-waktu. Apalagi listrik menjadi kebutuhan primer setiap orang, baik untuk rumah tangga maupun industri.

Korsleting atau konslet disebabkan adanya aliran kelistrikan yang menyimpang dari kabel yang sudah terpasang. Secara teknis, ada tabrakan antara arus positif dan negatif sehingga terjadi kesalahan pada kelistrikannya.

Lalu, apa akibatnya jika terjadi korsleting listrik? Dapat dikatakan, jika kesalahan rangkaian kelistrikan ini tidak segera diatasi maka bisa sangat berbahaya untuk Anda. Sebab terjadinya arus kelistrikan ini dapat menyebabkan kebakaran seperti sudah sering terjadi.

Anda tentu tidak ingin hal tersebut terjadi karena bisa menyebabkan kerugian, baik berupa materi hingga nyawa. Oleh sebab itulah, penting mencegah, mengetahui sumbernya, juga mengatasi konslet sebelum terjadi hal-hal tidak diinginkan.

Penyebab Terjadinya Korsleting Listrik yang Perlu Diketahui

simbol-simbol instalasi listrik

Mungkin tidak banyak orang mengetahui apa saja yang menyebabkan korsleting listrik? Padahal dengan mengetahui penyebab-penyebabnya, maka akan lebih mudah bagi Anda untuk menghindari hal tersebut terjadi.

Penyebab pertama, sambungan kabel tidak sempurna sehingga meningkatkan risiko konslet baik pada gedung maupun hunian. Jika sambungan kabel kurang rapi dan isolator tidak rapat, maka kelistrikan pada kabel bisa keluar jalur kemudian menyebabkan arus pendek.

Cara mengetahui sumber korsleting listrik bisa dengan memperhatikan penyebab berikutnya, yaitu stop kontak sudah kendur. Jika stop kontak tidak stabil maka akan menurunkan kualitasnya, bahkan hingga menghasilkan percikan api penyebab konslet.

Penyebab lainnya adalah stop kontak basah atau terkena air, sebab zat ini bisa menghantarkan arus tegangan. Oleh sebab itulah, pastikan menjauhkan percikan air dengan stop kontak atau arus kelistrikan agar tidak terjadi hal tersebut.

Bukan hanya menjauhkan dari air, Anda juga perlu menjauhkan sumber kelistrikan dari sumber panas seperti api karena bisa sangat berbahaya. Arus pendek kelistrikan bisa terjadi akibat paparan suhu tinggi yang berlebihan.

Selain itu, cara mengetahui sumber korsleting listrik adalah memperhatikan kabelnya apakah sudah sesuai dengan penggunaannya atau belum. Sebab tegangan arus harus sesuai dengan kabelnya agar tidak terjadi korsleting.

Penyebab terakhir adalah perangkat kelistrikan memiliki kualitas rendah dan tidak sesuai standar keamanan. Jika tidak ingin hal tersebut terjadi, maka sangat penting menggunakan perangkat kelistrikan sesuai standar dengan logo SNI.

Cara Mengetahui Sumber Korsleting Listrik

jasa pemasangan listrik baru

Sebelum memahami cara mudah mengetahui sumber korsleting listrik, ada baiknya untuk mengetahui beberapa jenisnya. Setidaknya ada dua jenis konslet yang sering terjadi dengan pengertian masing-masing.

1. Korsleting Normal

Jenis pertama adalah korsleting normal, yaitu ketika kabel membawa arus lalu bersentuhan dengan kabel netral. Jika hal tersebut terjadi, maka resistansi akan turun secara instan lalu arus berjumlah besar mengalir dalam jalur tidak terduga.

2. Korsleting Ground Fault

Jenis selanjutnya adalah korsleting ground fault, yaitu terjadi ketika kabel membawa arus bersentuhan dengan sistem di tanah. Sistem ini bisa berupa kotak dinding logam, kabel telanjang, maupun bagian peralatan yang ditanam dalam tanah.

Cara mengetahui sumber korsleting listrik sendiri adalah dengan mematikan semua saklar maupun kabel yang masih tertancap pada stop kontak. Kemudian, nyalakan MCB pada kWh meter atau rangkaian instalasi kelistrikan di gedung maupun hunian.

Setelah menyalakan MCB pada rangkaian instalasi kelistrikan, selanjutnya Anda dapat menyalakan saklar. Setelah menyalakan saklar tersebut, maka Anda juga akan menemukan yang konslet untuk kemudian

Apabila cara mengetahui sumber korsleting listrik masih belum berhasil, maka bisa kembali menancapkan kabel ke stop kontak satu per satu. Dengan cara tersebut, maka Anda dapat melihat di mana titik konslet dengan tanpda MCB menunjukkan trip.

Jika tidak memungkinkan sehingga Anda tidak dapat langsung memperbaikinya, ada baiknya untuk melepaskan kabel yang mengalami konslet. Langkah tersebut dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya hal-hal tidak diinginkan.

Cara Mengatasi Korsleting Listrik

elektrikal

Selain cara mengetahui sumber korsleting listrik, penting juga memahami tentang langkah mengatasi adanya kesalahan pada kelistrikan. Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi jika konslet terjadi.

Pertama, matikan semua aliran arus kelistrikan dengan menggeser saklar MCB. Langkah ini sangat penting dilakukan agar aliran arusnya tidak terhubung ke perangkar elektronik maupun instalasi kelistrikan pada gedung maupun hunian.

Selain mematikan arus kelistrikan, Anda juga perlu mencabut semua perangkat elektronik. Ini juga menjadi salah satu cara mengetahui sumber korsleting listrik, sebab bisa jadi penyebabnya adalah kerusakan pada perangkat.

Bukan hanya perangkat elektronik saja, Anda juga dapat melakukannya pada stop kontak kelebihan muatan. Stop kontak yang terhubung dengan banyak colokan bisa menyebabkan konslet, sehingga usahakan tidak berlebihan dalam mencolokkan perangkat.

Cara mengetahui sumber korsleting listrik juga mengatasinya juga dapat dilakukan dengan memeriksa semua perangkat elektronik. Jika ada perangkat yang rusak dan kabelnya masih terhubung stop kontak, maka segera amankan dari arus kelistrikan.

Perbaiki instalasi kelistrikan yang tidak tepat menggunakan tenaga ahli profesional agar sesuai standar dan tetap aman. Selain itu, Anda juga tidak perlu lagi khawatir sebab semua peralatan yang digunakan tentu berkualitas dan memiliki logo SNI.

Tenaga ahli profesional juga sudah tentu mengetahui cara mengetahui sumber korsleting listrik. Sehingga dengan begitu, bisa langsung memperbaiki sumber kerusakan arus listrik dengan tepat dan lebih aman.

Jika konslet menimbulkan percikan api, maka jangan sekali-kali menyiramnya dengan air sebab bisa menyebabkan Anda tersetrum. Lebih baik segera panggil pemadam kebakaran sebelum kobaran api tidak terkendali.

Cara Mencegah Korsleting Listrik

Setelah mengetahui bahayanya, tentu Anda bertanya-tanya bagaimana cara mencegah agar tidak terjadi korsleting listrik? Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mencegah terjadinya konslet.

1. Rutin Memeriksa Kondisi Perangkat Kelistrikan

Pertama, rutin memeriksa kondisi perangkat kelistrikan, seperti memastikan kabel masih utuh, juga mengenai sambungan, stop kontak, dan lainnya. Batasi juga beban listrik sehingga tegangan terlalu tinggi dan menyebabkan konslet.

2. Tidak Menyambung Kabel Menggunakan Isolasi

Cara mudah mencegah korsleting listrik selanjutnya adalah tidak menyambung kabel menggunakan isolasi karena berisiko menghasilkan arus pendek. Meskipun bukan sebagai penghantar listrik, namun isolasi yang terkena panas terus menerus akan memuai dan terbakar.

3. Tidak Membiarkan Kabel Tertancap Pada Stop Kontak Dalam Waktu Lama

Usahakan untuk tidak membiarkan kabel tertancap pada stop kontak dalam waktu lama. Selain itu, usahakan juga agar kabel digunakan sesuai kapasitasnya sehingga tegangan dan hantaran arus listrik tidak berlebihan.

Konsleting listrik bisa sangat berbahaya dan memberikan kerugian baik berupa materi maupun nyawa. Oleh sebab itulah, cara mengetahui sumber korsleting listrik sangat penting diketahui untuk pencegahan maupun mengatasinya.

Jika cara mengetahui sumber korsleting listrik berhasil, maka harus segera diatasi yaitu dengan melakukan pergantian produk baru. Biasanya sumbernya seperti MCB maupun lampu yang rusak.

Langkah terakhir yang tidak kalah penting adalah menggunakan alat kelistrikan berkualitas tinggi. Anda bisa mendapatkan produk kelistrikan berkualitas tinggi, konsultasi, juga jasa pemasangan panel melalui PT Mikmar Gracindo. PT Mikmar Gracindo telah berpengalaman dalam menyuplai peralatan kelistrikan sesuai standar dan keamanan.

Mikmar Gracindo menyedikan layanan Panel Listrik Schneder, Low Voltage (LV) Panel, Medium Voltage (MV) Panel, Trafo Step Up, Trafo Step Down, Genset Control Panel, Lighting Panel dan panel listrik lainnya dapat menghubungi Mikmar Gracindo.

Baca juga : Kenalan Yuk Sama Simbol-simbol Instalasi Listrik Ini