Sebelum membahas berbagai fungsi kubikel, kami akan menjelaskan terlebih dulu bagaimana pengertiannya. Alat ini merupakan perlengkapan listrik yang berperan sebagai pengendali, melindungi hingga menghubungkan tenaga dengan sumbernya.

Bisa dikatakan perlengkapan tersebut secara umum mempunyai perlengkapan seperti switching serta kombinasinya dengan peralatan kontrol, proteksi sampai alat untuk mengatur. Dirakit serta saling terkait sesuai standar IEC 298:1990.

Ini Jenis dan Fungsi Kubikel 

kubikel

Ada berbagai fungsi yang perlu diketahui dari peralatan tersebut yaitu sebagai perlindungan sirkuit dari peleburan. Sebenarnya, bukan hanya itu saja, masih ada beberapa lagi tetapi, penjelasannya dapat disesuaikan berdasarkan jenis.

Ada kubikel pms, berperan sebagai pemutus, bisa juga penghubung aliran listrik 20 kV. Hanya, kontak yang menghubungkan tersebut tidak dilengkapi dengan pemadam busur api, jadi sistemnya nanti akan buka tutup.

1. Loadbreakswitch

Ruang kubikel adalah sebuah ruang yang digunakan sebagai tempat, salah satu jenisnya adalah Loadbreakswicth. Perannya di sini adalah pemutus hubungan dengan kelengkapan penuh yaitu hadirnya peredam busur api.

Maka dari itu, pengoperasiannya dapat dilakukan dalam dua keadaan berbeda. Dapat terpasang di kabel incoming atau juga outgoing pada gardu penghubung. Loadbreakswitch ini akan dilengkapi sakelar pentanahan.

Dalam fungsi kubikel sakelar pentanahan tersebut teramat penting karena merupakan sebuah sistem perlindungan. Jadi, saat terjadi kebocoran, secara otomatis akan menghantarkan ke bumi atau tanah, sehingga orang di sekitarnya aman.

Sakelar pentanahan ini terdapat di dalam tabung atau bisa juga secara terpisah yaitu di luar. Biasanya dapat dikendalikan secara manual atau otomatis, tergantung bagaimana pilihan Anda.

2. Kubikelpmt

Jenis berikutnya adalah pmt, fungsi kubikel tersebut adalah pemutus sekaligus penghubung arus listrik baik dalam keadaan tidak normal terjadi sebuah gangguan atau biasa saja. Dilengkapi dengan relay proteksi circuit breaker.

Komponen tersebut akan jadi pemutus otomatis apabila, dalam sakelar terjadi korsleting. Jadi, keamanan untuk warga kantor tetap terjaga. Karena, terlalu banyaknya beban dalam satu waktu membuat hal ini terjadi.

Dipasang untuk alat pembatas, pengaman, sekaligus pengukuran. Pada salah satu sisinya memiliki double sekunder fungsinya mensuplai alat ukur dalam kWh. Sisi lainnya berperan sebagai penggerak relay.

Dalam diagram simbol terlihat jelas bagaimana cara pmt memberikan perlindungan. Ketika terjadi korsleting, pemutusnya sangat cepat bekerja, kemungkinan terjadi kebakaran akibat hubungan arus pendek dapat diminimalkan.

3. Transformer Protection

Fungsi kubikel untuk jenis ini adalah alat pengaman agar komponen transformer ini tetap berjalan dengan baik, lebih dikenal dengan istilah kubikelPb. Berisi lbs serta fuse pengaman khusus trafo berbagai ukuran.

Mulai dari 25a, 32a, bahkan sampai 43a, semua bergantung pada kapasitas yang akan diamankan. Dalam prosesnya jenis ini terbagi menjadi dua, pertama adalah W dilengkapi shunt trip.

Sebuah alat bantu yang berperan sebagai alat pemutus saluran secara otomatis. Dalam keadaan mendesak atau darurat, alat akan berjalan sebagaimana fungsinya. Pilihan kedua dari Ptm ini tidak adanya shunt trip.

4. Potensial Transformer

Fungsi kubikel berdasarkan jenis berikutnya adalah potensial transformer di mana didalamnya terdapat pms hingga transformator tegangan. Perannya adalah menurunkan tegangan dari 20 ribu volt menjadi 100 untuk mensuplai tenaga.

Beberapa Bagian Kubikel beserta Fungsinya

cubicle-mv-2

Setelah mengetahui berbagai jenisnya, saatnya beralih ke komponen atau bagian-bagian dari peralatan ini. Di mana semuanya mempunyai peran masing-masing, sehingga dapat berjalan dengan baik dan sesuai keinginan.

Kondisi tersebut sejalan dengan kubikel kantor adalah alat yang digunakan sebagai pengaman sekaligus pelindung dari tegangan listrik besar. Ledakan akibat adanya hubungan arus pendek, berikut bagiannya.

1. Kompartmen

Kompartmen merupakan sebuah tempat atau rumah yang akan menghubungkan beberapa peralatan seperti, Fuse, trafo ukur, LBS, PMT dan masih banyak lagi. Tegangannya sangat rendah sehingga aman saat disentuh.

Terdapat 2 bagian, di atas untuk busbar, sementara di bawah dimanfaatkan sebagai penyambung terminal kabel. Hati-hati, jangan sembarang membuka, kecuali alirannya sudah disalurkan ke tanah dan dimatikan karena, tegangan tinggi.

2. RellBusbar dan Kotak Pemutus

Komponen kubikel RellBusbar dan kotak pemutus ini merupakan sebuah penghubung, tepatnya berada di bagian atas kapasitasnya 20 kV berada di dalam tabung SF 6 Vacum ada yang bulat dan pipih. Selain itu ada lagi kotak pemutus.

Seperti namanya, perannya sebagai penghubung untuk memutuskan aliran. Mempunyai dua bagian yaitu gerak serta tetap, fungsi lainnya adalah peredam busur api di LBS dan CB. Menggunakan beberapa media untuk mendukungnya.

Meliputi, minyak, gas, SF 6, Vacuum serta udara. Semuanya ini bermanfaat untuk memperkecil busur api, sehingga dapat dipadamkan sesaat hanya, membuka serta memutus kontak secara mekansi.

3. Pemisah Hubung Tanah dan Terminal Penghubung

Komponen lain ada pemisah hubung. Fungsi kubikel Komponen tersebut adalah memberikan keamanan pada perlatan saat tidak ada tegangan sama sekali. Dengan menghubungkan ke grounding atau terminal kabel tanah.

Kondisi tersebut menjadi salah satu sistem keamanan terbaik. Karena, saat personil dengan bekerja dapat terhindar dari kesalahan operasi, sehingga kabel terisi tegangan. Dalam PMS tanah sudah punya sistem interlock.

Jadi, pintu ini sulit di buka apabila pms tanah tersebut belum masuk, begitu juga sebaliknya LBS sulit dimasukkan ke dalam bila PMS tersebut masih dalam keadaan tertutup, cukup aman bukan?

Selanjutnya adalah terminal penghubung fungsi kubikel komponen ini adalah menghubungkan tegangan satu ke beberapa tempat seperti

  • Busbar
  • PT
  • Penghubung incoming dan outging
  • PT
  • CT

Selain sebagai pelindung, kubikel juga mempunyai peran lain yang tidak kalah penting yaitu membagi sirkuit ke beberapa jurusan. Hal ini membuat sistem keamanan pada jaringan listrik tersebut semakin terjaga.

Bila melihat bagaimana fungsi kubikel harus diakui begitu krusial. Maka dari itu, tidak salah bila Anda membelinya bukan di toko sembarangan. Harus terpercaya dan benar-benar memberikan kualitas terbaiknya.

Saat ini banyak toko yang mengatakan menjual produk tersebut dengan harga terjangkau. Sayangnya, setelah membelinya ternyata kurang maksimal dan kualitasnya cenderung menurun, kondisi ini pasti membuat Anda bingung.

Untuk mendapatkan fungsi kubikel terbaik, awet, dan dapat melindungi kantor Anda. Langsung saja hubungi Mikmar Gracindo. Perusahaan supplier panel listrik yang sudah berpengalaman menangani berbagai masalah.

Selain itu, semua produk dan jasanya terpercaya, dan memberikan pelayanan terbaik nomor sata. Oleh karena itu, untuk pertanyaan lebih lanjut Anda bisa hubungi kami via WA.

Customer service kami siap menerima konsultasi mengenai instalasi listrik. Mereka juga akan memberikan list harga sesuai dengan kebutuhan Anda. Tidak perlu khawatir, semua pertanyaan pasti akan terjawab.

Bila masih bingung mengenai fungsi dari kubikel dapat ditanyakan atau dikonsultasikan dengan kami. Dengan begini, Anda akan tahu lebih detail serta jelas. Kami juga punya layanan khusus serta dukungan tim profesional.

Harus diakui penggunaan kubikel memang penting bagi perusahaan. Karena, mereka membutuhkan daya yang super besar. Bukan hanya itu saja, masih ada beberapa fungsi kubikel yang dapat dimanfaatkan.

Mikmar Gracindo menyedikan layanan Panel Listrik Schneder, Low Voltage (LV) Panel, Medium Voltage (MV) Panel, Trafo Step Up, Trafo Step Down, Genset Control Panel, Lighting Panel dan panel listrik lainnya dapat menghubungi Mikmar Gracindo.

Baca juga : Supplier Cubicle Panel untuk Perusahaan