Apa fungsi kapasitor sangat penting dan diperlukan dalam sebuah komponen elektronika untuk menyimpan muatan listrik. Besaran kapasitor pada muatan listrik sendiri dinyatakan dalam hitungan Farad (F).

Dalam penggunaannya sebagai komponen elektronika, fungsinya sendiri terbagi menjadi dua kelompok. Pertama yang memiliki kapasitas tetap, sedangkan yang kedua kapasitasnya dapat diubah-ubah atau biasa disebut kapasitor variabel.

Apa berbedaan kapasitor dan kondensor? Kedua komponen ini memiliki perbedaan dalam fungsinya. Jika kapasitornya digunakan untuk menyimpan muatan, kondensor berfungsi untuk memadatkan panas dalam rangkaian dan sistem pertukaran panas.

Jenis-jenis Kapasitor yang Perlu Anda Pahami

kapasitor bank 3 phase

Selain sangat penting digunakan untuk menyimpan muatan listrik, komponen ini juga memiliki beberapa jenis. Apa saja jenis-jenis kapasitor? Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai jenis komponen elektronika ini.

1. Kapasitor Keramik

Seperti namanya, bahan yang digunakan untuk komponen ini adalah keramik dan banyak digunakan pada aplikasi audio ke RF. Selain itu, jenis ini juga banyak digunakan dalam rangkaian elektronik dan cara membaca kapasitornya sangat mudah.

2. Kapasitor Elektrolit

Jenis ini dapat dikatakan terpolarisasi dan memberikan hasil suatu kapasitansi tinggi hingga di atas 1 mikrofarad. Apa fungsi kapasitor pada jenis ini banyak digunakan pada aplikasi pasokan listrik frekuensi rendah dan kopling audio.

Memasang komponen dengan jenis ini harus sangat berhati-hati karena memiliki polaritas (+) dan (-). Jika Anda memasangnya dalam posisi terbalik maka bisa berakibat fatal, bahkan hingga meledak.

3. Kapasitor Tantalum

Jenis ini mirip dengan jenis elektrolit, namun memiliki kapasitas tinggi dan lebih populer. Jenis ini sendiri memiliki kekurangan yaitu sering meledak jika penggunaannya terus menerus dalam tekanan tinggi.

Meski demikian, apa fungsi kapasitor pada jenis ini juga memiliki beberapa kelebihan. Salah satunya memiliki bentuk dan ukuran kecil, namun kapasitasnya besar sehingga lebih efisien ketika digunakan.

Selain itu, jenis ini juga dapat digunakan pada range frekuensi lebar maupun tinggi. Penggunaan tantalum juga bisa tahan pada suhu -55°C hingga 125°C sehingga sangat cocok pada rangkaian dengan daya tahan tinggi.

4. Kapasitor Mika

Jenis ini jarang digunakan karena kalah populer dengan jenis tantalum maupun elektrolit. Padahal stabilitasnya bisa dikatakan cukup bagus, selain juga memiliki kapasitansi cukup tinggi hingga 1000 pikofarad.

Apa fungsi kapasitor jenis ini umumnya digunakan pada rangkaian RF berfrekuensi tinggi. Fungsi lainnya adalah sebagai osilator RF, fi liter, dan juga kopling.

5. Kapasitor Kertas

Jenis ini menggunakan kertas pada bagian isolator, umumnya nilai kapasitornya antara 300 pf hingga 4 µf. Jenis ini tidak memiliki polaritas arah atau juga dapat dipasang bolak-balik pada rangkaian elektronika.

6. Kapasitor Polyester

Jenis ini menggunakan polyester pada isolatornya berbentuk segi empat. Kapasitornya dapat dipasang terbalik dalam sebuah rangkaian elektronika atau bisa dikatakan tidak memiliki memiliki polaritas arah.

Apa Fungsi Kapasitor? Berikut Penjelasannya

bank kapasitor

Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa komponen ini sangat penting dalam sebuah komponen elektronika. Ada cukup banyak fungsi-fungsinya baik pada kapasitas tetap maupun variabel. Berikut adalah penjelasan lengkap apa saja fungsi kapasitor?

Pertama, fungsi utamanya adalah untuk menyimpan muatan listrik sehingga sebuah alat dapat digunakan sebagaimana mestinya. Ada banyak sekali peralatan yang menggunakan komponen ini seperti AC, mobil, kipas angin, dan lain sebagainya.

Apa fungsi kapasitor selanjutnya adalah menyaring frekuensi atau rentang frekuensi tertentu dalam sebuah rangkaian. Biasanya komponen ini akan menyaring sinyal frekuensi yang sangat rendah, biasanya disebut dengan sinyal DC.

Komponen ini juga digunakan untuk kopling, fungsinya untuk memasang atau menghubungkan dua rangkaian seri. Kapasitornya akan bertugas memblokir sinyal DC sehingga hanya sinyal AC saja yang bisa melewatinya.

Bukan hanya itu saja, fungsi lainnya adalah untuk pengaman atau fuse dengan cara kerja mendeteksi jika ada kelebihan muatan maupun arus pendek. Komponen ini akan memutus aliran listrik tersebut dari sumber arus sehingga tidak ada lompatan listrik.

Apa fungsi kapasitor juga untuk mengurangi tegangan listrik ke tegangan lebih rendah, biasanya disebut dengan power supply. Ada beberapa perangkat yang menggunakan power supply, salah satunya seperti mobil.

Komponen ini juga digunakan untuk menyeimbangkan hantaran listrik sehingga alat dapat bekerja lebih baik. Bukan hanya itu saja, komponen ini juga digunakan untuk cadangan energi jika aliran sirkuit tiba-tiba terputus karena arus tansien.

Fungsi terakhir adalah untuk menghaluskan atau meratakan fluktuasi sinyal. Aplikasi paling umum adalah menyearahkan rangkaian listrik dari arus/tegangan AC menjadi DC.

Memahami Cara Kerja Kapasitor

Selain mengetahui mengenai fungsi-fungsinya, Anda juga perlu memahami bagaimana cara kerja dari kapasitor? Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai cara kerja komponen elektronika ini.

Komponen ini bekerja dalam rangkaian dengan mengalirkan elektron pada kapasitor sehingga tegangan akan berubah. Selanjutnya, elektron keluar dan mengalir ke sirkuit yang dibutuhkan dan menghasilkan rangkaian reaktif.

Alat ini sendiri memiliki bentuk maupun ukuran yang berbeda-beda. Meski demikian apa fungsi kapasitor tetap dibutuhkan pada komponen hingga rangkaian elektronika agar dapat berjalan dengan semestinya.

Terdapat dua pelat di dalamnya yang dipisahkan oleh isolator, namun tidak akan ada elektrik yang bisa melintasi celah kedua pelatnya. Saat baterai tidak terhubung, maka titik kabel penghubung di terminal negatif elektroda akan menolak elektron.

Sementara itu, titik elektroda positif yang terpasang akan menarik elektron yang kemudian tersebar ke seluruh pelat kapasitor. Elektron nantinya akan mengalir dari panel kiri ke kanan. Arus juga akan tetap mengalir melalui kapasitor walaupun tidak ada elektron melalui pelat.

Apa fungsi kapasitor setelah mengisi bagian luar chip, selanjutkan akan menolak muatan baru dari baterai secara bertahap. Dengan demikian jumlah arus pada pelat perlahan berkurang hingga kedua pelatnya ada pada tegangan yang dimiliki baterai.

Pelat di sebelah kanan nantinya akan mempunyai kelebihan elektron, Anda dapat mengukurnya dengan muatan -Q. Sementara itu pelat pada bagian kiri memiliki muatan +Q.

Mengenal Prinsip Pembentukan Kapasitor

Fungsi kapasitor bank

Apa fungsi kapasitor dapat bekerja dengan maksimal jika menggunakan prinsip-prinsip pembentukannya. Berikut adalah penjelasan mengenai prinsip pembentukan dari komponen elektronik ini.

  1. Apabila dua pelit ataupun lebih saling berhadapan serta dibatasi isolasi, maka pelatnya dialiri arus listrik. Dengan demikian akan terbentuk kapasitor, sementara isolasi yang membatasi dua pelat disebut dengan dielektrik.
  2. Dielektrik menggunakan bahan yang berbeda-beda, sehingga apa fungsi kapasitor akan tergantung dengan dielektriknya. Luas pelat yang berhadapan menggunakan bahan isolator, juga jarak kedua pelatnya akan mempengaruhi nilai kapasitansi.
  3. Kapasitansi parasit merupakan properti yang tidak terjadi kapasitor liar dalam suatu rangkaian. Alasannya karena komponen berdekatan dengan jalur konduktor listrik maupun gulungan kawat.

Pentingnya apa fungsi kapasitor sehingga Anda harus memilih produk berkualitas dari supplier berpengalaman. Anda dapat melakukan konsultasi maupun pemesanan di PT Mikmar Gracindo sebagai penyedia panel tegangan menengah sesuai kebutuhan pelanggan.

Untuk melihat informasi lebih lanjut mengenai kami Anda bisa hubungi kami via Whattsapp.

Dalam sebuah komponen elektronik, alat yang digunakan untuk penyimpanan tegangan listrik sangat penting agar dapat digunakan sebagaimana mestinya. Oleh sebab itu, Anda perlu memahami apa fungsi kapasitor agar dapat disesuaikan jenis dan kebutuhannya. 

Mikmar Gracindo menyedikan layanan Panel Listrik Schneder, Low Voltage (LV) Panel, Medium Voltage (MV) Panel, Trafo Step Up, Trafo Step Down, Genset Control Panel, Lighting Panel dan panel listrik lainnya dapat menghubungi Mikmar Gracindo.

Baca juga : Distributor Kapasitor Listrik Terpercaya Jabodetabek