Dalam membagi sumber tenaga listrik yang tersedia, Anda membutuhkan kubikel yang berfungsi sebagai pengendali juga pelindung. Tanpa adanya cubicle, maka sumber tenaga listrik akan sulit terbagi, belum lagi berbagai kemungkinan terjadinya korsleting listrik atau kendala lainnya.

Untuk mencegah hal tersebut, maka dibutuhkan komponen listrik tersebut untuk memastikan jika pembagian energi listrik dapat berfungsi dengan stabil. Listrik memang menjadi energi bermanfaat bagi semua orang, namun bisa berbahaya jika tidak mampu dikendalikan.

Apa itu panel cubicle? Mungkin sebagian dari pembaca pernah mendengarnya, tapi kami akan memberi penjelasan kepada Anda mengapa komponen ini sangat berguna. Terutama bagi Anda yang memiliki perusahaan atau pabrik, dan tentunya membutuhkan listrik dengan skala besar.

Sumber utama listrik pasti menghasilkan energi cukup besar, maka dari itu pengendaliannya perlu dilakukan dengan baik. Dibutuhkan komponen yang mampu membagikan energi secara stabil, untuk mencegah adanya hubungan arus pendek atau kendala lainnya.

Mengenal Bagian Utama Kubikel Berikut

KUBIKEL 20 KV - EDUKASIKINI.COM

Komponen ini tentu saja tidak berdiri sendiri, melainkan ada berbagai bagian di dalamnya yang memiliki banyak manfaat. Bagi Anda yang ingin menggunakan komponen ini, kami rasa Anda perlu mengetahui apa fungsi dari masing-masing bagian.

1. Kompartemen

Bagian utama dari kubikel adalah kompartemen, di mana bagian ini berfungsi sebagai rumah dari terminal penghubung. Keberadaan kompartemen berguna untuk mencegah agar operator tidak tersetrum oleh bagian penghasil tegangan, dengan begitu operator akan aman.

Ada beberapa bagian pada kompartemen di dalam cubicle, yaitu Kompartemen bubar, Kompartemen tegangan rendah, pemutus beban dan saklar pentanahan, Kompartemen mekanik operasi, dan Kompartemen kabel.

2. Rell Atau Busbar

Bagian utama lainnya adalah Rell atau Busbar, menjadi penghubung antar cubicle tersebut dengan cubicle lainnya. Posisinya terletak di atas cubicle, terdapat cubicle tipe RMU atau Ring Main Unit rell 20 kv terdapat dalam tabung SF 6 vacum bentuk rell dengan bentuk bulat dan pipih.

3. Terminal Penghubung

Bagian utama pada kubikel berikutnya bernama Terminal Penghubung, sesuai dengan namanya, bagian ini menjadi penghubung bagian-bagian cubicle yang bertegangan satu sama lain. Perlu Anda ketahui, bahwa ada beberapa jenis terminal penghubung.

Mulai dari Terminal Busbar, berguna sebagai tempat dudukan busbar, lalu Terminal Kabel sebagai tempat menghubungkan kabel incoming dan outgoing.

Lalu Terminal PT sebagai tempat menyambungkan transformator tegangan untuk pengukuran, kemudian Terminal CT yaitu tempat menghubungkan transformator arus untuk pengukuran.

4. Heater

Bagian berikutnya Heater atau dikenal juga dengan Terminal Pemanas, bagian ini berguna untuk memanaskan ruang terminal kabel sehingga kelembaban di dalamnya terjaga. Kondisi tersebut diharapkan mampu mengurangi efek corona pada terminal cubicle tersebut.

 

Apa Fungsi dari Kubikel ?

kubikel

Setiap bagian di dalam cubicle pasti memiliki fungsi tersendiri, namun pada umumnya, komponen listrik ini berfungsi mengendalikan sirkuit yang dilakukan oleh saklar utama. Sehingga saat Anda menyalakan listrik, maka komponen tersebut mampu membagi tenaga listrik sesuai rating.

Dan cara menggunakannya juga cukup praktis, hanya perlu mengendalikannya melalui sirkuit utama. Fungsi kubikel lainnya adalah sebagai proteksi atau melindungi sirkuit, dan dilakukan oleh Fuse atau pelebur, Saklar Pemisah (PMS) dan Pemutus Tenaga (PMT).

Fungsi ini bertujuan untuk memastikan bahwa tidak terjadi gangguan, saat komponen digunakan dan pastinya kendala lain yang biasa terjadi pada listrik. Selain itu cubicle juga berfungsi untuk membagi sirkuit, dan dilakukan oleh bagian Busbar (jurusan atau kelompok).

Masing-masing bagian di dalam komponen ini memegang peranan penting, dan jika digabungkan secara keseluruhan, maka fungsi cubicle sangat luas. Komponen ini juga dikenal dengan fungsinya yaitu sebagai, pengukur besaran listrik baik dalam tegangan, arus, daya, frekuensi dan lainnya.

Pengukuran ini dilakukan oleh Metering, setelah Anda mengetahui apa yang dimaksud dengan kubikel? Kini penggunaan komponen ini terasa lebih bermanfaat dan efisien bukan, cubicle digunakan oleh hampir setiap perusahaan terutama yang membutuhkan pasokan listrik tinggi.

Di dalam bagian cubicle, Anda bisa menemukan berbagai bagian yang memiliki fungsi tersendiri dan mampu bekerja secara bersama-sama sehingga menghasilkan manfaat begitu besar bagi kehidupan manusia, dan setiap harinya tidak bisa lepas dari penggunaan listrik.

Maka dari itu, kami mengajak Anda untuk memastikan bahwa komponen yang Anda gunakan nantinya mampu berfungsi dan bermanfaat dengan baik. Pastikan bahwa cubicle yang nantinya Anda gunakan, memiliki kualitas baik agar fungsinya bisa bekerja dengan baik pula.

Baca juga : Supplier Cubicle Panel untuk Perusahaan

Pastikan Anda Mendapat Supplier Terpercaya

Mendapatkan produk yang berfungsi sebagai komponen dalam peralatan listrik, tentu perlu mendapatkannya dari supplier terpercaya. Jangan sembarangan dalam memilih produk tersebut, sebab bisa berakibat fatal apabila kualitasnya tidak cukup baik.

1. Memiliki Kontak dan Alamat yang Jelas

Tidak sulit bukan dalam memilih produk kubikel, hanya saja Anda perlu memastikan jika penjual memiliki kontak dan alamat secara jelas. Tidak semua penjual memiliki informasi tersedia secara lengkap, dan hal tersebut tentu menyulitkan konsumen dan membuat kita curiga.

Entah apakah penjual memang terpercaya atau tidak memiliki pengalaman, maka dari itu dengan mengetahui informasi alamat atau kontak penjual, konsumen bisa menghubungi dan memastikan bahwa penjual memang ada dan bisa dikunjungi secara langsung.

2. Menjual Produk Berkualitas

Untuk mengetahui seorang penjual memang menyediakan produk berkualitas, kita bisa melihat produk secara langsung atau mengunjungi website mereka dan mengetahui review dari para konsumen sebelumnya, sehingga Anda bisa lebih yakin dalam memilih produk dari suatu penjual.

3. Mampu Memberikan Pelayanan Terbaik

Dalam memiliki supplier kubikel, konsumen juga membutuhkan pelayanan berkualitas dan tidak membuat Anda merasa kecewa atau malas untuk kembali bertransaksi. Layanan sangat memberi nilai penting bagi konsumen, dan hal itulah yang akan terus membekas di ingatan konsumen.

4. Memberikan Garansi

Selain itu Anda juga perlu memastikan, bahwa penjual mampu memberikan garansi dari produk yang Anda beli. Garansi sangat dibutuhkan, terlebih lagi yang Anda beli adalah peralatan listrik. Kita tidak akan tahu bagaimana kualitas produk, sebelum membeli dan menggunakannya.

Maka dari itu perhatikan dengan baik, apakah penjual pilihan Anda bisa memberikan garansi untuk memastikan bahwa saat Anda menggunakan produk, tidak terjadi kerusakan dan dapat merugikan konsumen itu sendiri.

 

Menemukan Produk Berkualitas, agar Konsumen Tidak Kecewa

Memang tidak sulit untuk menemukan kubikel, hanya saja Anda perlu memastikan jika produk pilihan Anda terjamin kualitasnya. Tidak perlu khawatir jika Anda mendapatkannya di toko yang akan kami rekomendasikan berikut ini, sebab kualitas produknya sudah terjamin.

Jangan sampai kualitas produk buruk membuat konsumen kecewa, maka dari itu kita harus cermat dalam memilih penjual atau penyedia produk. Untuk memastikan bahwa cubicle atau produk listrik yang kita gunakan, dalam kondisi baik dan tidak membahayakan pengguna.

Memastikan produk listrik aman saat digunakan, merupakan prioritas utama bagi pengguna. Agar tidak terjadi hal tidak diinginkan, menentukan kualitas suatu produk memang tidak bisa hanya dilihat lewat harga saja, namun juga kualitas penjual tersebut.

Kubikel dengan harga murah belum tentu kualitasnya buruk, tapi jangan mudah tergiur dengan harga murah namun kualitasnya masih diragukan. Akan lebih baik jika Anda memilih produk yang memiliki harga kompetitif dengan penjual lain, seperti toko yang akan kami rekomendasikan.

Di sana konsumen bisa menemukan produk dengan harga kompetitif, selain itu kualitasnya juga tidak perlu diragukan lagi. Memastikan jika Anda mendapat produk berkualitas sangat penting, jangan sampai Anda kecewa setelah menggunakannya.

Terlebih lagi produk listrik tidak bisa disepelekan, pastikan jika kualitasnya terjamin dan penjual bisa memberikan garansi. Anda juga perlu memastikan, apa saja keuntungan yang bisa konsumen dapat untuk memastikan bahwa Anda tidak mendapat kerugian dari penggunaannya.

 

Pemeliharaan Kubikel secara Rutin, agar Masa Gunanya Bertahan Lama

Pengoperasian dan Pemeliharaan Kubikel 20 KV – Cecep Munawar Depok

Selain menemukan produk berkualitas, pengguna juga harus bisa merawatnya secara rutin untuk memungkinkan komponen ini bisa bertahan dalam waktu lama. Salah satu kesalahan yang sering dilakukan penggunanya ialah, menyepelekan pemeliharaan padahal alat ini sudah tidak layak.

1. Preventive

Pemeliharaan secara preventif, sesuai dengan namanya, preventif adalah sifat mencegah agar tidak terjadi hal tidak diinginkan. Maka dari itu perawatan preventif bertujuan agar, tidak ada peluang terjadinya kerusakan lebih parah pada mesin.

Pemeliharaan preventif ini dilakukan dengan pemeriksaan, perbaikan peralatan, perubahan atau pergantian bagian-bagian tertentu. Dan dilakukan secara berkala, agar kerusakan atau bagian yang harus diperbaiki dapat ditemukan lebih awal.

2. Prediktif

Kubikel juga membutuhkan perawatan prediktif, di mana pemeliharaan ini dilakukan dengan cara memprediksi kondisi peralatan listrik. Bentuk maintenance tersebut berbasis kondisi, dengan cara memonitor kondisi peralatan secara online ataupun offline.

3. Korektif

Pemeliharaan selanjutnya ialah korektif, perawatan ini dilakukan secara terencana saat diketahui ada peralatan yang mengalami kerusakan. Sehingga perbaikan akan langsung dilakukan, setelah diketahui adanya kerusakan pada bagian tertentu.

Pemeliharaan ini tentu penting untuk dilakukan, agar saat alat digunakan, tidak menimbulkan kerusakan lebih parah dan malah baru diketahui setelahnya. Pemeliharaan korektif juga dapat menghemat waktu, karena masalah bisa dikendalikan terlebih dulu sebelum alat digunakan.

4. Darurat

Pemeliharaan kubikel darurat, untuk hal ini kerusakan baru diketahui saat alat hendak digunakan dan kerusakan mendadak ini, tentu harus dilakukan saat itu juga. Kerusakan yang tidak diketahui sebelumnya, bisa terjadi karena Anda tidak melakukan pemeriksaan secara berkala.

Apabila kerusakan tidak diperbaiki saat itu juga, dikhawatirkan bisa menimbulkan kerusakan lain atau membuat alat tidak mampu bekerja secara maksimal.

 

Teliti dalam Memilih Produk, Karena Berkaitan dengan Arus Listrik

Sebagai konsumen, kita memang perlu teliti dalam memilih produk terutama yang berkaitan dengan arus listrik seperti halnya kubikel. Jangan sampai produk ini membahayakan Anda, karena penjual menyediakan produk dengan kualitas buruk.

Maka dari itu, telitilah dalam memilih produk juga penjual, tentu Anda bisa dengan mudahnya menemukan komponen listrik ini. Namun menemukan produk yang telah terjamin akan kualitas dan kondisinya tidak mudah, konsumen perlu menemukan produk yang memiliki keunggulan.

Masyarakat Indonesia tentunya tidak bisa dengan mudah lepas dari komponen listrik, sebab pada kesehariannya, penggunaan listrik tidak dapat dibatasi. Terutama perusahaan atau pelaku usaha yang setiap harinya, pasti membutuhkan pasokan listrik dalam jumlah besar.

Untuk memungkinkan agar ketersediaan listrik terus ada, Anda juga membutuhkan komponen kubikel yang dapat mendukung agar fungsi sirkuit bisa berjalan dengan baik. Cubicle menjadi salah satu komponen listrik yang memegang peranan penting dan tidak bisa dilupakan.

Anda perlu menemukan komponen cubicle yang sudah terjamin kualitasnya, jangan memilih produk ini sembarangan untuk memastikan bahwa komponen dapat berfungsi dengan baik, dan tidak ada kendala saat digunakan.

 

Mengenal Apa Saja Jenis Kubikel ?

Jual Cubicle Schneider motorize IM/QM/DM1A CB/VCB Bandung | Distributor  Trafo

Dalam memilih suatu produk, akan lebih baik jika Anda mengetahui apa saja jenis dari alat yang hendak digunakan sebelum membelinya. Akan bermasalah, jika ternyata komponen listrik yang digunakan tidak sesuai dengan kebutuhan dan tidak berfungsi dengan layak.

1. Incoming

Ada berbagai jenis cubicle yang bisa Anda temukan, salah satunya dikenal dengan nama Incoming yang memiliki fungsi untuk menghubungkan sisi sekunder trafo daya busbar 20 kV. Terdapat berbagai komponen di dalam cubicle ini, yaitu Busbar, Pemisah, Heater, Earthing Switch.

Tegangan 20 kV pada sisi sekunder trafo, terhubung ke dalam busbar 20 kV yang berada pada kubikel 20 kV. Setiap komponen penyusun pada Incoming, memiliki fungsinya masing-masing yang sangat berguna untuk menjalankan fungsi alat ini.

2. Kopel

Jenis kubikel berikutnya bernama Kopel, bagian ini berguna untuk menghubungkan rel 1 dengan rel 2, dikenal juga dengan sebutan Bus Kopling.

3. Outgoing

Jenis lainnya yaitu Outgoing, yang berperan menjadi penghubung busbar 20 kV dengan jaringan tegangan menengah. Terdapat bagian utama di dalamnya yaitu CB atau Circuit Breaker, yang akan menjadi pemutus atau penghubung arus listrik sesuai ratingnya.

Lalu adapula bagian lain bernama Trafo Arus, alat ini dapat diperluas batas pengukuran suatu alat ukur dan diletakkan di dalam rangkaian tenaga listrik untuk berguna sebagai peralatan ukur yang dihubungkan dengan relay pengaman.

4. Metering

Kubikel metering yaitu alat yang berguna untuk keperluan pengukuran, jika Anda membutuhkan alat yang mampu bekerja sebagai Amperemeter, Voltmeter, Wattmeter. Adapun bagian di dalam Metering, yang berperan penting tentunya untuk menjalankan atau melindungi dari gangguan.

Terdapat bagian Fuse yang berperan sebagai proteksi, sekring tegangan menengah ini juga biasa disebut sebagai Solefuse yang dapat melindungi trafo tegangan dari gangguan. Lalu Potensial Transformer, untuk menurunkan tegangan tinggi atau menengah menjadi rendah.

 

Temukan Supplier Kubikel Schneider Terpercaya Disini

Logo footer

Untuk menemukan produk listrik yang aman dan mampu berfungsi dengan baik, Anda memang perlu memperhatikan toko atau penjual di mana Anda mendapatkan produk tersebut. Jika produk memiliki kualitas yang tidak cukup baik, bukan tidak mungkin jika penjual kurang berpengalaman.

Dibutuhkan penyedia produk berpengalaman, yang sudah memahami mana produk yang dapat digunakan dengan aman dan memiliki kualitas terbaik untuk konsumennya. Maka dari itu kami sarankan Anda menemukan produk kubikel di Mikmar Gracindo.

Kami menyediakan beragam produk listrik berkualitas tinggi, serta pelayanan jasa yang memiliki standar sesuai keinginan konsumen. Mikmar Gracindo selalu mengutamakan kebutuhan serta kepentingan konsumen, karena kami ingin konsumen puas dengan layanan dan produk kami.

Mikmar Gracindo sudah diketahui oleh banyak orang, dan dikenal sebagai perusahaan penyedia, supplier, distributor juga kontraktor terpercaya. Kami menyediakan berbagai pilihan produk, mulai dari Low Voltage Panel, Medium Voltage Panel, Trafo, hingga jasa instalasi listrik.

Setelah pembaca mengetahui apakah yang dimaksud kubikel? Kini Anda bisa menemukan fungsi tersebut di toko kami, bagi Anda yang membutuhkan produk atau jasa untuk kebutuhan listrik berskala besar, Mikmar Gracindo siap membantu Anda kapanpun dibutuhkan.

Dapatkan informasi lebih lengkap dengan menghubungi kami, Mikmar Gracindo siap membantu dan memenuhi kebutuhan konsumen.

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap, Anda bisa mengunjungi website resmi kami atau langsung klik ikon berikut ini agar terhubung via WhatsApp.  Tidak perlu ragu untuk membeli kubikel atau produk lain, sebab kualitas produk di toko kami sudah terjamin.

Mikmar Gracindo menyedikan layanan Panel Listrik Schneder, Low Voltage (LV) Panel, Medium Voltage (MV) Panel, Trafo Step Up, Trafo Step Down, Genset Control Panel, Lighting Panel dan panel listrik lainnya dapat menghubungi Mikmar Gracindo.

Baca juga: Supplier Cubicle Panel Berkualitas Jakarta