Sudahkah Anda mengetahui manfaat menggunakan trafo step up, yang biasa digunakan untuk mendistribusikan listrik PLN ke lokasi lebih jauh. Fungsi utama dari trafo set up adalah, menaikkan tegangan primer menjadi sekunder namun daya listrik dan frekuensi tetap sama.

Perangkat ini sering digunakan dan bisa Anda temukan dengan mudah, biasanya perangkat ini sering disandingkan dengan transformator step down yang memiliki fungsi kebalikan dari set up. Kami akan mengajak anda, untuk mengenal lebih jauh fungsi dari perangkat listrik berikut ini.

Manfaat menggunakan trafo step up tentunya sangat beragam, oleh karena itu perangkat ini sering digunakan oleh banyak orang. Trafo berasal dari singkatan Transformator yang berarti mengubah, sedangkan set up memiliki arti meningkatkan atau memperbesar.

Mungkin bagi Anda tidak begitu mengenal dunia kelistrikan, masih asing mendengar istilah trafo set up. Namun jika mengetahui apa saja manfaat dari perangkat tersebut, Anda pasti langsung mengenalinya, serta kami akan mengajak Anda untuk mengenali ciri-ciri trafo set up.

 

Manfaat Menggunakan Trafo Step Up pada Berbagai Perangkat

Pemakaian perangkat ini sangat luas, mulai dari transformator onverter monitor LCD, trafo inverter Televisi, AC dan masih banyak lagi. Namun ada beberapa perangkat, yang sudah pasti memakai komponen ini untuk menaikkan tegangan listrik agar bisa menjalankan fungsinya.

Micromave

Pasti Anda sudah tidak asing dengan perangkat elektronik satu ini, micromave merupakan salah satu barang yang mengandalkan manfaat menggunakan trafo step up ini. Tentunya micromave memiliki beberapa bagian komponen, yang mendukung perangkat ini bisa berfungsi semestinya.

Micromave memiliki bagian yang disebut dengan Magnetron, fungsinya adalah mengubah energi listrik menjadi gelombang mikro frekuensi tinggi. Namun untuk membuat magnetron bisa berfungsi, dibutuhkan tegangan tinggi dengan arus cukup besar melalui transformator set up.

UPS

Uninterruptible Power Supply membutuhkan transformator set up, sebab dalam penggunaannya UPS akan membutuhkan transformator set up dan down, karena ketika listrik dalam keadaan normal, maka dibutuhkan proses charging atau pengisian daya pada baterai kering di dalam UPS.

Transmisi Listrik

Manfaat menggunakan trafo step up juga berlaku pada transmisi listrik, dimana alat ini berfungsi untuk proses penghantaran listrik secara besar-besaran dari pembangkit listrik menuju gardu listrik yang tersebar ke berbagai tempat.

Nantinya transformator set up akan berfungsi untuk mentransmisikan listrik PLN ke lokasi yang jauh, untuk mengubah daya listrik yang besar dalam hitungan MegaWatt, maka akan dibutuhkan penghantar berupa kabel tembaga berukuran besar.

Namun fungsi trafo set up disini tidak hanya dimanfaatkan sebagai transmisi listrik jarak jauh saja, melainkan juga bagi peralatan elektronik lain dan sering kita gunakan di dalam kehidupan sehari-hari.

 

Ciri-Ciri dari Transformator Set Up

Beberapa orang masih belum familiar dengan ciri-ciri dari perangkat ini, selain itu bentuknya juga mirip dengan trafo set down yang membuat banyak orang keliru. Jika Anda sedang membutuhkan perangkat ini, maka jangan sampai salah dalam mengenali ciri fisik dari perangkat tersebut.

Jumlah Lilitan pada Primer Transformator Lebih Sedikit

Setelah mengetahui manfaat menggunakan trafo step up, maka kenali ciri pertama dari trafo set up yaitu memiliki jumlah lilitan primer lebih sedikit. Perlu diketahui bahwa pada trafo set up terdapat lilitan primer dan sekunder pada fisiknya, dan itu yang perlu Anda kenali sejak awal.

Jumlah lilitan primer transformator set up lebih sedikit daripada sekundernya, maka dari itu sering disinggung bahwa Np<Ns. Kumparan primer biasanya datang dari sebelah kiri, sedangkan kumpatan sekunder berasal dari sebelah kanan.

Tegangan Primer Akan Selalu Lebih Kecil

Ciri berikutnya adalah tegangan primer selalu bernilai lebih kecil, jika dibandingkan dengan tegangan sekunder, maka dari itu diketahui bahwa Vp<Vs.

Besar Arus Primer Lebih Besar

Setelah mengetahui manfaat menggunakan trafo step up, Anda juga perlu mengetahui berapa besaran arus antara primer dengan sekunder. Jika besar arus primer lebih besar dari sekunder Ip>Is, maka dapat dikatakan bahwa perangkat tersebut adalah transformator set up.

 

Prinsip Kerja Transformator Set Up

Prinsip kerja trafo set up adalah memanfaatkan induksi elektromagnetik, sesuai dengan hukum Lorentz dan Faraday. Sebagai pengguna, Anda tidak hanya perlu mengetahui manfaat menggunakan trafo step up, sebab prinsip kerja perangkat ini penting untuk diketahui pula.

Induksi elektromagnetik yang terjadi pada lilitan kumparan primer diberi tegangan, pada arus bolak-balik atau AC (Alternating Current), maka akan semakin besar tegangan yang diberikan, semakin besar pula induksi elektromagnetik yang dihasilkan oleh kumparan.

Nantinya induksi elektromagnetik tersebut, akan menyebabkan terjadinya flux magnet pada inti trafo yang selanjutnya akan menginduksikan Gaya Gerak Listrik (GGL) pada kumparan sekunder. Itulah yang menjadi awal dari manfaat menggunakan trafo step up, bisa pengguna rasakan.

Pada umumnya daya yang diberikan ke kumparan primer, akan diteruskan ke kumparan sekunder. Dan cara kerja dari trafo set up sebenarnya hampir sama dengan trafo set down, hanya saja terdapat beberapa proses yang berbeda atau kebalikannya.

Perangkat ini sangat mudah ditemui di beberapa perangkat elektronik yang sering Anda gunakan, dan sudah seharusnya pengguna juga mengetahui prinsip kerja dari perangkat tersebut. Dalam menggunakan perangkat ini, Anda juga perlu mengetahui cara merawat perangkat.

Tujuannya adalah agar transformator set up tidak mudah rusak, dan bisa digunakan dalam jangka panjang. Dan jika Anda ingin memasang perangkat ini sendiri, sebaiknya ketahui terlebih dahulu cara pemasangan yang sesuai, agar fungsi perangkat ini bisa bekerja sebagaimana mestinya.

 

Tempat Terbaik untuk Menemukan Trafo Set Up dengan Kualitas Terbaik

Mungkin Anda akan bertanya-tanya, bagaimana mendapatkan trafo set up dengan kualitas terbaik, meskipun kini Anda bisa mendapatkannya dengan mudah. Namun kami sarankan untuk anda, untuk soal perangkat listrik dan lainnya, jangan sembarangan dalam memilih penjual.

Setelah mengetahui berbagai manfaat menggunakan trafo step up, tentunya Anda harus memiliki trafo set up, baik sebagai cadangan apabila dibutuhkan. Akan lebih baik untuk memilih perangkat listrik berkualitas, sebab akan fatal jika Anda membeli produk dengan kualitas buruk.

Listrik memang bisa menjadi sumber energi yang membawa manfaat, namun bisa juga menjadi sumber bencana apabila manusia tidak menggunakannya dengan baik dan benar. Maka dari itu Anda harus selektif, apabila membeli perangkat yang berhubungan dengan kelistrikan.

Karena tidak semua perusahaan memiliki standar kualitas yang sama dengan anda, maka dari itu kami sarankan bagi Anda untuk menggunakan jasa Mikmar Gracindo. Perusahaan kami telah berdiri sejak tahun 2011, dan memiliki kantor yang berlokasi di daerah Tangerang, Banten.

Bagi Anda yang ingin merasakan manfaat menggunakan trafo step up, maka Anda bisa mendapatkan produk tersebut di toko kami. Kualitas dari setiap produk yang dijual selalu terjamin, sehingga konsumen tidak perlu ragu dalam menggunakan produk kami.

Tim profesional dan berpengalaman di bidangnya bisa selalu Anda andalkan, untuk bisa mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai perusahaan kami, silahkan mengunjungi website resmi atau menghubungi nomor telepon +62(21) 543 373 45.

Jangan sampai Anda melewatkan manfaat menggunakan trafo step up, karena membeli produk tidak berkualitas dari toko lain dengan harga yang tidak sebanding kualitas.

 

Bagi Anda yang Sedang Mencari Sparepart Panel Listrik Schneder, Low Voltage (LV) Panel, Medium Voltage (MV) Panel, Trafo Step Up, Trafo Step Down, Genset Control Panel, Lighting Panel dan panel listrik lainnya dapat menghubungi di nomor (021) 543 373 45.