Tempat jual box panel listrik Jakarta dicari karena fungsi dari alat itu sendiri untuk melindungi komponen-komponen listrik agar tetap rapi dan tidak membahayakan. Panel ini nantinya berfungsi untuk dipasangkan papan yang berisi komponen-komponen listrik.

Komponen yang ada pada papan tersebut berupakan komponen pendukung dari mesin listrik supaya bisa beroperasi dengan baik sesuai dengan prinsip kerja mesinnya.

Terdapat berbagai jenis panel listrik bisa Anda gunakan sesuai dengan fungsi dan kebutuhannya di Indonesia. Pada tempat jual box panel listrik Jakarta saat ini juga sudah banyak menyediakan berbagai pilihan jenis-jenis yang bisa dipilih.

 

Mengenal Panel Listrik, Fungsi dan Tujuan Pemasangannya

Panel listrik merupakan benda kubus yang tersedia dalam banyak ukuran bervariasi. Pada sisi depan dibuat lubang sebesar dengan sisi lainnya namun nantinya akan ditutup dengan lembaran seperti daun pintu dihubungkan oleh baut sehingga bisa dibuka dan ditutup.

Di dalamnya akan berisi sebuah papan yang terhubung dengan bagian sisi belakang dari kubus tersebut memakai baut. Sehingga, papan tersebut nantinya bisa dilepas pasang sesuai dengan kebutuhan atau jika panel listrik harus diperbaiki.

Banyak tempat jual box panel listrik jakarta, pada umumnya alat ini dibuat dari plat besi. Biasanya ketebalan plat besi tersebut nantinya akan disesuaikan dengan ukuran panel bervariasi dari mulai 0,5 milimeter sampai 1 milimeter.

Terakhir fungsi dari alat ini adalah menata komponen menjadi lebih rapi dan aman. Berbeda jika komponen-komponen dan mesin listrik tersebut ditata tanpa pelindung dan asal terpasang.

Selain terlihat tidak rapi juga dikhawatirkan akan berbahaya. Karena bisa saja terjadi konsleting listrik bahkan membuat orang tersengat listriknya tersebut. Sehingga membuat Anda penting mencari tempat jual panel listrik Jakarta.

Tujuan dari pemakaian panelnya adalah guna memudahkan dalam mengoperasikan mesin-mesin listriknya. Benda ini juga dijadikan sebagai indikator mesin ketika saat beroperasi ataupun tidak beroperasi. Untuk bisa mencapai tujuan tersebut Anda harus memilih tempat jual box panel listrik Jakarta yang menyediakan produk berkualitas.

 

Jenis-Jenis dari Panel Listrik Lengkap dengan Penjelasan

Jenis-jenis paling banyak diketahui adalah berdasarkan dengan penggunaannya yang terdiri dari MVMDP, LVMDP, terakhir LVSDP. Untuk Anda masih bingung ketiga jenis alat ini berdasarkan penggunaannya berikut ini penjelasan lengkapnya.

MVMDP

MVMDP bisa ditemui pada tempat jual box panel listrik Jakarta yang memiliki kepanjangan Medium Voltage Main Distribution Panel. Fungsi dari panelnya ini adalah sebagai pemutus, pemisah dan juga menjadi penyalur tenaga listrik bertegangan 20 kV sama dengan 20.000 Volt serta menjadi pada gardu PLN/Panel.

Setelah itu langkah selanjutnya akan dilakukan oleh MVMDP adalah mendistribusikan pada Trafo Step Down guna menurunkan tegangan menengan menjadi rendah setelahnya didistribusikan kembali pada LVMDP.

LVMDP

Memiliki fungsi yang berbeda dari sebelumnya LVMDP singkatan dari Low Voltage Main Distribution Panel atau biasa disebut juga sebagai yang panel bertegangan rendah. Memiliki fungsi sebagai pemutus, serta pengaman untuk feeder.

Serta fungsi lainnya adalah menerima daya listrik berasal dari trafo selanjutnya akan disebarkan kembali pada yang lainnya memiliki tegangan rendah. Pada LVMDP dilengkapi komponen di dalamnya peralatan pengaman, distribusi sampai alat ukur.

LVSDP

Terakhir, jenis terakhir juga bisa ditemui pada tempat jual box panel listrik Jakarta berdasarkan penggunaannya adalah LVSDP memiliki kepanjangan Low Voltage Sub Distribution Panel. Fungsinya dari LVSDP adalah menyebarkan/mendistribusikan tenaga listriknya pada LVMDP pada panel lokal.

Arti lokal itu juga biasa disebut beban listrik pada peralatan elektronik seperti lampu, stop kontak, dan lain sebagainya

 

Komponen-Komponen yang Ada Pada Box Panel Listrik

Komponen listrik terdapat pada panelnya sangat banyak, setiap bagian memiliki fungsinya sendiri-sendiri. berikut ini fungsi-fungsi dari setiap komponen yang terpasang pada panel listriknya.

MCCB

MCCB atau moulded Case Circuit memiliki fungsi untuk memutuskan serta menghubungkan kembali aliran listrik 2 Fasa. Digunakan sebagai salah satu komponen pengalam batas besaran pemakaian listrik.

Bus Bar

Selanjutnya bus bar berupa plat dari kuningan dengan fungsi terminal penghubung kabel arus pembagi. Saat membeli di tempat jual box panel listrik Jakarta sangat penting bagi Anda memahami komponen-komponen ini dengan fungsinya masing-masing.

MCB

Pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan komponen ini, miniature circuit breaker atau MCB berfungsi untuk memutus dan menyambungkan aliran listrik 1 Fasa. Komponen ini akan memutuskan aliran listriknya secara otomatis jika terjadi konslet atau short pada jalur instalasiya.

Pilot Lamp

Pilot lampo digunakan sebagai lampu indikator dan berfungsi sebagai tanda arus listriknya mengalir. Terdapat tiga jenis warna yang biasa dipakai yaitu kuning untuk Fasa R, Merah untuk Fasa S, dan terakhir hijau untuk Fasar T.

Ampere Meter dan Volt Meter

Ampere meter berfungsi sebagai alat ukur untuk melihat besaran pemakaian digunakan dalam bentuk satuan Ampere. Sama dengan unsur sebelumnya, Volt Meter memiliki fungsi untuk mengukur besaran tegangan yang ada pada tempat pelindung listriknya.

Selektor Switch Voltmeter

Alat ini digunakan untuk menjadi pemilih besaran mana yang akan diukur. Antara 1 fasa dan 3 fasa, caranya tinggal memindahkan selektronya ke arah kanan atau sebaliknya dan Anda bisa melihat besarnya tegangan pada volt meter.

Emergency button

Seperti namanya emergency button diadakan untuk memutuskan aliran listriknya ketika kondisi darurat terjadi. Saat membeli sebuah tempat pelindung listriknya lengkap dengan komponennya di tempat jual box panel listrik Jakarta pasti Anda tidak akan asing dengan komponen ini.

Dengan menekannya secara otomatis semua alirannya akan terputus, untuk Anda yang kebingungan bagaimana cara menormalkannya. Sangat mudah tinggal memutarkan tombolnya ke arah sesuai dengan jarum jam atau ke kanan.

Masih banyak lagi komponen penting lainnya biasanya di jual box panel listrik Jakarta. Antara lain Push button, kontraktor 3 Fasa dan 1 Fasa, TOR (thermal overload relay), PLC, CT, sampai yang terakhir ACB atau Air Circuit breaker.

 

Tempat Jual Box Panel Listrik Jakarta

Sedang menjadi tempat menjual box pelindung listrik khususnya pada ibukota Jakarta. Saat Anda membeli tentunya tidak mau mendapatkan produk yang mempunyai kualitas buruk atau tidak sesuai dengan dibutuhkan. Untuk itu, Anda perlu memerhatikan beberapa hal sebelum memutuskan membeli produknya.

Pertama mengetahui box pelindung/panel jenis apa yang dibutuhkan karena setiap panel listrik memiliki fungsinya masing-masing dan tujuan berbeda. Seperti panel dibutuhkan oleh pabrik industri berbeda dengan yang dibutuhkan oleh gedung perkantoran.

Selanjutnya, Anda harus mempercayai produsen atau tempat jual box panel listrik Jakarta. Ini sangat penting dan akan mempengaruhi kualitasn barang dihasilkan. Terutama dapat dilihat dari pengalaman dimiliki oleh produsen tersebut.

Bagi Anda yang kesulitan untuk menemukan produsen tepat, Anda bisa memercayakan pada Mikmar Gracindo tempat jual box panel listrik Jakarta terlengkap dengan produk selalu ready stock dan high quality.

Keunggulan Mikmar Gracindo yang akan Anda dapatkan ketika mengorder barang pada kami adalah proses transaksi dan pengiriman cepat, berdedikasi pada kepuasan pelanggan dengan tim profesional solid.

Memiliki harga kompetitif serta kami akan membantu dalam menginstalasi, melakukan testing hingga layanan uji coba sampai produk berfungsi dengan baik.

Untuk Anda yang tertarik pada tempat jual box panel listrik Jakarta Mikmar Gracindo bisa langsung mengunjungi mikmargracindo.com atau menghubungi Nomer Kontak +62(21) 543 373 45 untuk informasi lebih lanjut.

 

Bagi Anda yang Sedang Mencari Sparepart Panel Listrik Schneder, Low Voltage (LV) Panel, Medium Voltage (MV) Panel, Trafo Step Up, Trafo Step Down, Genset Control Panel, Lighting Panel dan panel listrik lainnya dapat menghubungi di nomor (021) 543 373 45.