Ketika membangun kantor baru, Anda perlu menyadari pentingnya menggunakan jasa kontraktor panel listrik untuk kantor. Kantor merupakan gedung di mana Anda melakukan berbagai pekerjaan untuk kepentingan bisnis.

Misalnya mengerjakan laporan bulanan, menerima dan membuat panggilan telepon, mengirim email, membuat desain, dan lain sebagainya. Agar semua pekerjaan bisa terselesaikan dengan baik, diperlukan berbagai fasilitas penunjang yang mendukung.

Salah satu penunjang paling penting di area kantor adalah listrik, maka instalasinya harus benar-benar diperhatikan. Dengan instalasi berkualitas baik, kantor Anda akan memperoleh pasokan listrik secara cukup dan aman.

 

Mengenal Apa Itu Panel Listrik

Panel listrik (electric switchboard) yang dipasang oleh kontraktor panel listrik untuk kantor adalah suatu perangkat kelistrikan berupa plat besi dengan bentuk seperti box dan dapat dibuka dan ditutup.

Fungsinya adalah sebagai tempat yang di dalamnya terdapat komponen-komponen kelistrikan untuk memberikan pasokan listrik pada berbagai peralatan elektronik di kantor sehingga bisa beroperasi sebagaimana fungsinya masing-masing.

Electric switchboard tersedia dengan berbagai ukuran dan dapat disesuaikan berdasarkan kebutuhan kelistrikan kantor Anda. Di dalam box panel terdapat papan (board) yang dipasang pada bagian belakang box menggunakan baut.

Umumnya, electric switchboard yang dipasang oleh kontraktor panel listrik untuk kantor adalah jenis electric switchboard 3 phase atau biasa disebut kontaktor magnetik. Dengan perangkat ini, daya medan magnet akan terkumpul sehingga menghasilkan arus listrik.

Panel listrik terdiri dari beberapa komponen yang saling mendukung satu sama lain sehingga bisa berfungsi dengan baik, antara lain:

  1. Bus bar, sebagai terminal kabel atau arus pembagi
  2. Magnetic contractor, sebagai penyambung dan pemutus arus
  3. Pilot lamp, sebagai penanda aliran arus pada suatu kabel
  4. Miniatur circuit breaker (MCB)
  5. Ampere mater, sebagai pengukur jumlah pemakaian
  6. Voltmeter, sebagai pengukur tegangan
  7. Selector switch voltmeter
  8. Emergency stop
  9. Programmable logic control (PLC)
  10. Air circuit breaker
  11. Current transformator
  12. Box panel listrik

 

Fungsi Electric Switchboard pada Bangunan

Setiap bangunan khususnya yang baru dibangun membutuhkan jasa kontraktor panel listrik untuk kantor agar mendapatkan pasokan listrik. Sehingga perangkat elektronik di dalamnya bisa digunakan sesuai fungsinya masing-masing.

Pada dasarnya, fungsi utama box panel ini adalah sebagai tempat terpasangnya berbagai komponen untuk mendukung berbagai mesin elektronik sehingga bisa beroperasi berdasarkan prinsip kerjanya.

Adapun fungsi electric switchboard yang dipasang oleh kontraktor panel listrik untuk kantor di dalam kantor atau bangunan lainnya antara lain sebagai berikut:

  1. Untuk memudahkan pengoperasian mesin-mesin elektrik.
  2. Wadah untuk menyimpan serta mengontrol komponen-komponen listrik secara aman sehingga dapat bekerja sebagaimana prinsip kerjanya masing-masing.
  3. Electric switchboard berfungsi sebagai indikator yang menunjukkan apakah mesin kelistrikan di dalamnya sedang beroperasi atau tidak.
  4. Pemasangan electrik switchboard memungkinkan kantor Anda memiliki rangkaian kelistrikan yang tertata rapi.
  5. Penataan yang rapi membuat perawatan atau maintenance lebih mudah.
  6. Instalasi electric switchboard membuat komponen kelistrikan menjadi lebih aman dan terhindar dari bahaya eksternal.

 

Jenis-Jenis Panel Listrik untuk Kantor Anda

Anda dapat menggunakan jasa kontraktor panel listrik untuk kantor dan meminta instalasi kelistrikan sesuai kebutuhan. Ada beberapa macam electric switchboard dengan kegunaan atau spesifikasi berbeda-beda.

Jenis Electric Switchboard berdasarkan Bahannya

Jika ditinjau dari segi bahan yang digunakan, electric switchboard terdiri dari dua macam yaitu panel box besi dan plastik. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Panel Box Besi

Sesuai namanya, box ini terbuat dari material plat besi. Box besi adalah jenis switchboard yang paling banyak digunakan karena lebih kuat serta keamanannya lebih terjamin.

Proses pembuatannya yaitu material besi dipress sehingga menjadi kepingan atau plat pipih dengan ukuran tertentu. Selanjutnya, plat pipih ini dirangkai sampai terbentuk box berbentuk kubus maupun balok dengan pintu pada sisi bagian depannya.

Panel Box Plastik

Selain besi, Anda juga bisa meminta kontraktor panel listrik untuk kantor agar memilih jenis box plastik. Jenis plastik yang digunakan tidak boleh sembarangan karena bisa berisiko memeleh. Untuk itu, Anda harus berhati-hati saat memilihnya.

Material plastik yang digunakan untuk membuat box switchboard ini yaitu HDPE. Pemilihan material HDPE dilakukan karena plastik jenis ini memiliki karakteristik kuat, keras, tahan lama, serta memiliki ketahanan yang baik pada suhu tinggi.

Jenis Electric Switchboard berdasarkan Tipenya

Selain bahan, box electrix switchboard juga terdapat pilihan jenis berbeda jika ditinjau dari tipenya. Tipe box berbeda akan berpengaruh terhadap kegunaan serta cara pemasangannya. Adapun jenis box switchboard dari segi tipe antara lain:

TipeWall Mounting

Ciri khas box switchboard bertipe wall mounting yaitu kontraktor panel listrik untuk kantor akan memasangnya menempel pada dinding. Tipe wall mounting umumnya memiliki ukuran relatif lebih kecil dibanding tipe lainnya.

Penggunaan switchboard tipe wall mounting pada umumnya diterapkan pada lighting, gas, hingga lift. Adapun ukuran yang banyak digunakan antara lain 70 x 50 x 20 cm, 80 x 60 x 20 cm, 70 x 80 x 20 cm.

Tipe Free Standing

Tipe lain yang juga bisa dipasang oleh kontraktor panel listrik untuk kantor yaitu free standing box. Sesuai namanya, box ini dipasang secara berdiri bebas sehingga dapat ditempatkan pada berbagai ruangan.

Free standing box biasanya memiliki ukuran lebih besar dibanding tipe wall mounting. Umumnya, free standing box yang digunakan adalah ukuran 220 x 160 x 60 cm. Namun ada pula pilihan ukuran lain.

Tipe Switch Gear

Switch gear yang dipasang kontraktor panel listrik untuk kantor biasanya juga disebut dengan panel tegangan menengah. Switch gear berperan sebagai distributor pasokan listrik ke panel lain yang kapasitas tegangannya lebih kecil melalui transformator (trafo).

Dengan demikian, fungsi dari switch gear adalah sebagai pemutus dan juga penyalur beban listrik. Besaran kapasitas trafo pada switch gear antara lain bertegangan 3,3 kV, 6,6 kV, 20 kV, serta 24 kV.

 

Tips Memilih Kontraktor Panel Listrik untuk Kantor

Untuk menyediakan pasokan listrik ke seluruh area kantor, sebaiknya Anda memilih kontraktor listrik yang berpengalaman. Nah, tips memilih kontraktor listrik yang tepat untuk kantor Anda antara lain:

Menyediakan Beberapa Jasa Instalasi Sekaligus

Ada baiknya Anda memilih kontraktor yang menyediakan beragam jenis instalasi listrik. Misalnya penempatan serta instalasi bilik atau transformator, pemasangan kabel listrik utama, pemasangan tray line, penyambungan kabel, dan sebagainya.

Memiliki Tim Engineer Profesional

Pilihlah kontraktor panel listrik untuk kantor yang memiliki tim engineer profesional, berpengalaman, dan juga bersertifikat. Dengan begitu, keamanan rangkaian listrik yang terpasang di kantor Anda terjamin.

Perhatikan Harga

Perhatikan berapa harga instalasi yang ditawarkan kepada Anda. Pilihlah jasa kontraktor dengan harga masuk akal. Harga terlalu murah tentu perlu dipertanyakan kualitasnya, sedangkan jika terlalu mahal dapat merugikan alokasi anggaran Anda.

Untuk memastikan kualitas instalasi listrik kantor, gunakan jasa Mikmar Gracindo yang bisa dipesan melalui telepon (021) 543 373 45 atau website https://mikmargracindo.com . Kami adalah kontraktor panel listrik untuk kantor berpengalaman yang siap membantu Anda.

 

Bagi Anda yang Sedang Mencari Sparepart Panel Listrik Schneder, Low Voltage (LV) Panel, Medium Voltage (MV) Panel, Trafo Step Up, Trafo Step Down, Genset Control Panel, Lighting Panel dan panel listrik lainnya dapat menghubungi di nomor (021) 543 373 45.