Di wilayah Jakarta, banyak yang jual panel listrik ready stock dengan harga bersaing. Tapi tidak semuanya memiliki kualitas bagus, sehingga diperlukan kecermatan dalam memilih. Untuk mendapatkan penyedia terbaik, perlu dilakukan aktivitas pilih dan pilah.

Bagi yang kesehariannya atau sudah lama terjun di dunia kelistrikan, tentu sudah tidak asing dengan istilah panel listrik. Berbeda dengan orang awam, kemungkinan masih asing atau sudah pernah mendengar tapi belum terlalu paham.

Untuk mendapatkan produk ini area Jakarta dengan harga bersaing bagi kebanyakan orang awam juga bukanlah hal mudah. Jadi, perlu menerapkan beberapa tips yang akan diuraikan pada pembahasan berikut agar memperoleh produk terbaik.

 

Membahas Secara Singkat Mengenai Panel Listrik

Supplier Spare Part Panel Listrik

Sebelum mencari penyedia yang jual panel listrik ready stock, alangkah baiknya bila memahami dengan baik perangkat ini terlebih dahulu. Panel listrik merupakan suatu perangkat yang terdiri atas beragam komponen listrik dengan penyusunan dan pengaturan sedemikian rupa.

Komponen dimaksud mendukung pendistribusian serta penyaluran tenaga listrik kepada para pengguna atau konsumen dari sumbernya. Secara umum, perangkat ini berbentuk kubus atau persegi.

Dengan bahan berupa plat besi dan kisaran ketebalan 0,5 hingga 1 mm, menyesuaikan ukuran produk. Panel dipakai sebagai tempat atau wadah terpasangnya beragam jenis komponen. Mengenai bahan, model, ukuran serta spesifikasi lainnya tersedia dengan varian beragam.

Pada bagian depannya terdapat pintu yang bisa ditutup, dibuka dan dikunci. Jadi, wadah tertutup dari berbagai sisi supaya terlindung dari benda atau hal-hal membahayakan dari luar yang membuatnya lebih aman.

 

Apa Sebenarnya Fungsi dari Panel Listrik?

Sebelumnya sudah dibahas mengenai fungsi panel ini yaitu sebagai wadah terpasangnya komponen listrik. Ketika membeli pada penyedia yang jual panel listrik ready stock, Anda bisa menanyakan ukuran tersedia.

Beragam komponen terpasang memiliki fungsinya masing-masing yang akan mendukung kinerja atau pengoperasian mesin sesuai dengan prinsip kerjanya. Dengan adanya panel ini, pengoperasian mesin menjadi lebih mudah.

Selain itu, informasi mengenai indikator mesin saat beroperasi atau tidak menjadi tampak lebih jelas. Sebab, baik sistem pengoperasian maupun indikatornya sudah ditata dengan rapi sedemikian rupa.

 

Inilah Beragam Komponen di dalam Panel Listrik

Ketika Anda membeli pada penyedia yang jual panel listrik ready stock, akan menemukan beragam komponen di dalamnya. Setiap komponen ini memiliki fungsi dan peranannya masing-masing. Beberapa komponen dimaksud meliputi:

 

1. ACB

ACB atau Air Circuit Breaker merupakan komponen yang memiliki fungsi sebagai pemutus atau penghubung rangkaian listrik. Komponen satu ini bisa dioperasikan secara otomatis atau manual.

Biasanya ACB bisa ditemukan pada jenis MDP atau Main Distribution Panel. Prinsipnya, komponen ACB saat mengalami short circuit atau mempunyai nilai arus besar (over current) akan melakukan pemutusan rangkaian.

 

2. MCB

MCB atau Miniature Circuit Breaker memiliki fungsi sebagai pengaman saat terjadi hubungan singkat atau arus berlebih. Tapi, komponen satu ini khusus dipakai pada rangkaian listrik yang memiliki nilai arus kecil, yaitu kurang dari 100 A.

 

3. MCCB

Ketika beli pada penyedia yang jual panel listrik ready stock, Anda akan menemukan MCCB (Moulded Case Circuit Breaker) di dalamnya. Fungsi komponen ini sama seperti sebelumnya, yaitu pelindung rangkaian saat terjadi short circuit atau over current.

Perbedaannya terletak pada kemampuannya dalam memutuskan arus rangkaian dengan nilai berapa. Dibandingkan MCCB, ACB bisa memutuskan arus dengan nilai maksimal lebih tinggi.

 

4. Pilot Lamp

Berikutnya, pilot lamp yang memiliki peran sebagai lampu indikator R-S-T, tanda adanya arus mengalir pada perangkat. Bila terdeteksi ada arus, pilot lamp akan menyala. Warna kuning untuk fasa R, merah fasa S dan hijau fasa T.

 

5. Emergency Stop

Emergency stop memiliki fungsi memutuskan aliran listrik saat dalam kondisi darurat. Ketika membeli pada penyedia yang jual panel listrik ready stock, biasanya sudah include komponen ini.

Bila ternyata terlupa tidak dimasukkan emergency stop pada produk yang Anda pesan, tanyakan kepada penyedia terkait. Pengoperasiannya, Anda hanya perlu menekan tombol ini saat kondisi darurat, lalu seluruh aliran daya akan terputus secara otomatis.

 

6. Push Button

Terdapat dua jenis push button yang penting dipahami sesuai kegunaannya, yaitu ON (run) dan OFF (stop). Pada jenis ON, sistem akan NO atau Normally Open dengan warna hijau. Sedangkan pada jenis OFF, sistem akan NC atau Normally Close dengan warna merah.

 

7. CT

Komponen selanjutnya ada CT atau Current Transformator. Fungsi komponen satu ini sebagai pengukur arus yang melewatinya. Setelah itu, mengirimkan nilai arus yang sudah diukur menuju ampere meter.

 

8. Ampere Meter

Penyedia yang jual panel listrik ready stock, biasanya tidak melupakan dengan komponen ampere meter. Peranan ampere meter pada perangkat yaitu sebagai alat ukur listrik. Biasanya komponen ini tersambung dengan sensor arus CT.

 

9. Volt Meter

Selain ampere meter, Anda juga akan menemukan volt meter pada perangkat. Fungsi volt meter yaitu sebagai pengukur tegangan secara langsung dari sumbernya.

 

10. Magnetic Contactor

Magnetic contactor memiliki fungsi menghubungkan atau memutus rangkaian dengan memakai prinsip kerja induksi magnetic. Jadi, bisa dikatakan bahwa kontraktor jenis ini merupakan saklar berbasis magnet.

 

11. PLC

Ketika beli pada penyedia yang jual panel listrik ready stock, Anda akan menemukan komponen PLC atau Programmable Logic Control di dalamnya. PLC dibuat sebagai pengganti sirkuit relay sekuensial yang diperlukan untuk mengontrol alat berat.

Sebenarnya masih banyak komponen lainnya sebagai pendukung kinerja perangkat satu ini. Ada TOR atau Thermal Overload Relay, EFR, RPR, kWh meter, RCD, ELCB, kapasitor bank, hour meter, busbar dan masih banyak lagi lainnya.

 

Jenis Panel Listrik Berdasarkan Bahan dan Tipe

Jasa Instalasi Panel Listrik untuk Kantor

Ada banyak jenis panel ini dan diklasifikasikan ke dalam beberapa kategori. Berdasarkan bahan pembuatan, perangkat ini dibagi menjadi dua jenis, yaitu box besi dan box plastik. Sesuai namanya, box besi terbuat dari bahan logam, yaitu baja tuang atau besi plat.

Pembentukannya melalui metode press. Sedangkan box plastik terbuat dari bahan plastik jenis HDPE. Jenis ini bersifat keras, kuat serta tahan lama terhadap paparan suhu tinggi. Sedangkan berdasarkan tipe, diklasifikasikan menjadi tiga jenis.

Pertama, wall mounting, penempatannya di dinding. Para pencari penyedia yang jual panel listrik ready stock varian ini biasanya untuk kebutuhan lift atau lighting. Mengenai ukuran relatif kecil, seperti 700 x 500 x 200 Mm.

Kedua, free standing, yang ditempatkan tegak dengan konstruksi tinggi, lebar serta panjang. Ukuran varian ini biasanya 2.200 x 1.600 x 600 Mm. Ketiga, switch gear, fungsinya sebagai pendistribusi energi listrik menuju panel berkapasitas lebih kecil.

Proses pendistribusian memanfaatkan komponen pendukung trafo. Beberapa nilai tegangan yang dipakai mulai dari 3.3 kV hingga 24 kV. Produk varian ini hanya berperan dalam memutuskan dan membagi beban, bukan pensupply bagian beban akhir.

 

Jenis Panel Listrik Dilihat dari Aspek Penggunaan

Dari aspek penggunaan, panel ini terbagi menjadi berbagai jenis. Tapi tidak semua penyedia yang jual panel listrik ready stock menyediakan seluruh varian, sehingga Anda perlu memastikan dengan menanyakannya sebelum membeli. Jenis perangkat ini dari aspek penggunaan meliputi:

 

1. MVMDP

MVMDP atau Medium Voltage Main Distribution Panel memiliki fungsi sebagai pemisah, pemutus serta penyalur tenaga listrik dengan jumlah tegangan mencapai 20 kV dari gardu PLN. Setelah itu dialirkan menuju step down trafo sebelum disalurkan menuju LVMDP.

 

2. LVMDP

LVMDP atau Low Voltage Main Distribution Panel adalah panel utama bertegangan rendah. Fungsinya sebagai pengaman, pemutus serta menerima daya dari transformator untuk nantinya didistribusikan menuju berbagai panel bertegangan rendah.

 

3. LVSDP

LVSDP atau Low Voltage Sub Distribution Panel memiliki fungsi sebagai pendistribusi tenaga listrik dari LVMDP menuju panel lokal atau peralatan listrik. Misalnya seperti stop kontak, lampu, AC, motor listrik dan perangkat lainnya.

 

Jenis Panel Listrik Dilihat dari Fungsi Kontrol

fungsi control panel genset

Terakhir adalah jenis panel dikategorikan berdasarkan fungsi kontrol. Jangan sampai Anda salah saat membeli pada penyedia yang jual panel listrik ready stock mengingat variannya banyak. Walaupun banyak tidak semuanya mampu mengatasi permasalahan Anda.

 

1. Genset

Pada kontrol genset, ada ATS (Automatic Transfer Switch), AMF (Automatic Main Failure), ATS-AMF dan Sinkronisasi. ATS fungsinya menyalurkan energi listrik dari genset maupun sumber back up lain sebagai pengganti sumber utama PLN.

AMF fungsinya menghidupkan genset saat sumber PLN mengalami kegagalan atau mati. ATS-AMF fungsinya gabungan dari ATS dan AMF. Terakhir, panel sinkronisasi fungsinya menggabungkan serta menggabungkan dua sumber listrik.

Pengoperasiannya secara paralel dengan tujuan mendapatkan sumber tenaga listrik lebih besar dan bisa diatur sesuai keperluan beban. Varian perangkat ini melakukan sinkron terhadap tegangan, fasa serta frekuensi.

 

2. Motor

Jenis berikutnya panel kontrol motor, mencakup beberapa varian, seperti DOL, Star Delta, MCC dan VSD. Ketika Anda mencari penyedia yang jual panel listrik ready stock, tanyakan mengenai varian sesuai kebutuhan.

DOL berperan dalam menghubungkan atau memutuskan motor bersumber tenaga listrik lewat kontraktor serta MCB. Sedangkan Stal Delta berperan menyambungkan star atau delta lonjakan arus terlalu tinggi.

MCC fungsinya sebagai pusat kontrol beragam kumpulan motor listrik dalam satu perangkat pada industri, bisa secara otomatis atau manual. VSD fungsinya menjalankan motor induksi dengan inverter memakai frekuensi tegangan masuk.

Tujuannya untuk mengatur kecepatan atau speed motor yang membuat tingkat efisiensi lebih tinggi. Sedangkan tingkat losses bisa ditekan. Bila masih bingung mengenai setiap varian, Anda bisa menanyakannya kepada penyedia yang jual panel listrik ready stock.

 

3. Faktor Daya

Jenis terakhir yaitu panel kontrol faktor daya yang berfungsi mengoptimalkan tenaga listrik. Caranya dengan memperbaiki KVAR atau faktor daya menjadi bernilai lebih baik, yakni mendekati 0,99 hingga 1 atau sesuai keinginan, sehingga bisa lebih hemat tagihan.

 

Beragam Cara Perawatan Panel Listrik Bisa Dilakukan

Bagi sebagian orang, merawat produk satu ini supaya awet dan tidak mudah rusak merupakan salah satu aktivitas yang diutamakan. Sebab, dengan perawatan yang baik, menandakan durasi daya pakainya menjadi lebih lama.

Walaupun Anda membeli pada penyedia yang jual panel listrik ready stock, akan tetap berpotensi mengalami penurunan performa atau kerusakan lebih cepat bila tidak dirawat dengan baik. Beberapa upaya perawatan yang bisa Anda lakukan diantaranya:

 

  1. Perawatan perangkat dari debu, serangga dan kotoran minimal dilakukan 1 bulan sekali. Serangga, debu, kotoran atau sampah yang terbuat dari bahan logam bisa mengakibatkan terjadinya korsleting, sehingga perlu dihindari.
  2. Bagian kontraktor sebaiknya dirawat minimal dalam jangka waktu 6 bulan sekali. Kontraktor akan terkikis akibat lonjakan arus atau gesekan saat proses pengoperasian. Jadi, perlu dibersihkan dengan cara mengamplas atau memakai produk kontak cleaner.
  3. Selalu pastikan perangkat dalam keadaan kering. Bila kondisinya dibiarkan lembab akibat oli, minyak atau air, bisa mengakibatkan terjadinya karatan dari kontak. Selain itu, juga berpengaruh terhadap menurunnya kinerja komponen.
  4. Aspek kerapian sebaiknya selalu dipastikan supaya saat proses perawatan menjadi lebih mudah. Ketika membeli pada penyedia yang jual panel listrik ready stock tentu saja setiap komponennya sudah tertata rapi. Tapi, tidak menjamin tetap demikian seiring berjalannya waktu, sehingga perlu tetap di monitoring.
  5. Kekencangan baut perlu dirawat minimal dalam kurun waktu 6 bulan sekali. Baut bagian kontak yang selalu mendapatkan aliran daya akan berubah menjadi panas dan akhirnya mengalami pemuaian. Akibatnya, baut menjadi kurang kencang alias longgar. Kondisi ini bisa menyebabkan komponen leleh serta mengurangi kinerja dari kontak.

Tips Memilih Penyedia yang Jual Panel Listrik Ready Stock Jakarta Harga Bersaing

Logo footer

Semakin banyaknya opsi penyedia yang jual panel listrik ready stock wilayah Jakarta, membuat banyak orang semakin bingung dalam menentukan pilihan. Apalagi bagi para pencari produk pemula. Supaya mendapatkan harga bersaing tapi tetap berkualitas, terapkan tips berikut:

 

1. Melakukan Riset Beberapa Produsen

Bila menginginkan harga bersaing, berarti Anda harus melakukan riset beberapa produsen terlebih dahulu, baik secara offline maupun online. Sebaiknya jangan hanya fokus pada harganya saja, tapi juga perhatikan dari segi kualitas.

Tidak semua yang berharga murah berkualitas buruk. Dan tidak semua yang berharga mahal berkualitas tinggi. Anda bisa memperoleh produk berkualitas dengan harga terjangkau, asalkan berkenan lebih cermat dalam memilih produsen.

Dari beberapa penyedia yang jual panel listrik ready stock, bisa Anda pilih dan pilah dari berbagai aspek pertimbangan. Bila perlu, buat daftar catatan supaya lebih memudahkan dalam proses membandingkan.

 

2. Mempertimbangkan Lokasi Pengiriman Produk

Tips berikutnya, pertimbangkan lokasi pengiriman produk. Walaupun tarif harganya murah, bila alamat atau lokasinya jauh, budget akan lebih besar karena diakumulasikan dengan tarif jasa pengiriman.

Jadi, Anda bisa menimbang ulang bila ada produk sejenis berlokasi dekat berharga lebih mahal, dengan yang jauh tarif lebih murah tapi harus dikenai biaya pengiriman. Untuk mendapatkan harga paling murah, bisa mengakumulasikan total biaya keseluruhan.

 

3. Tetap Mengutamakan Kualitas

Walaupun sedang memilih penyedia yang jual panel listrik ready stock Jakarta harga bersaing, Anda tetap harus mengutamakan kualitas. Sebab, keawetan produk sangat bergantung pada kualitasnya.

Dengan kualitas tinggi, waktu pakai produk menjadi lebih lama yang secara otomatis menghemat budget. Hal ini karena Anda bisa meminimalisir pengeluaran untuk melakukan perbaikan atau pembelian produk baru.

 

4. Mempertimbangkan Garansi

Tips terakhir, pertimbangkan layanan garansi penyedia yang jual panel listrik ready stock. Dengan adanya layanan garansi, Anda bisa melakukan klaim atau pengajuan bila ternyata pembelian produk bermasalah padahal belum digunakan.

Bisa juga produk masih dipakai belum lama sudah mengalami kerusakan atau ketentuan pengajuan lainnya. Penting diingat bahwa produsen berkualitas biasanya tidak akan ragu untuk memberikan jaminan garansi produk terhadap para pelanggannya.

Apakah Anda sedang bingung mencari panel listrik ready stock wilayah Jakarta yang memiliki harga bersaing tapi berkualitas? Segera hubungi saja Mikmar Gracindo, penyedia yang jual panel listrik ready stock harga terjangkau dengan jaminan berkualitas melalui link atau klik tombol WA berikut.

 

Mikmar Gracindo menyedikan layanan Panel Listrik Schneder, Low Voltage (LV) Panel, Medium Voltage (MV) Panel, Trafo Step Up, Trafo Step Down, Genset Control Panel, Lighting Panel dan panel listrik lainnya dapat menghubungi Mikmar Gracindo.

 

Baca juga : Jual Panel Listrik Berkualitas di Tangerang