Manfaat panel MDP sangat penting dalam mendistribusikan listrik di dalam bangunan, baik gedung perkantoran, perumahan, dan sebagainya. Adanya alat-alat kelistrikan ini membuat semua aktivitas yang membutuhkan aliran listrik dapat dilakukan.

MDP atau disebut juga dengan main distribution panel juga sangat erat kaitannya dengan SDP atau sub distribution panel. Keduanya merupakan kotak box berisi berbagai peralatan dan komponen kelistrikan.

Selain manfaat panel MDP maupun SDP, berbagai jenis komponen lain juga memiliki fungsi penting masing-masing dalam pendistribusian listrik. Setiap gedung umumnya akan menggunakan spesifikasi dan jenis berbeda tergantung dengan kebutuhannya.

Pemasangan serta perawatan setiap komponen sendiri perlu dilakukan oleh tenaga ahli dalam bidangnya agar terpasang dengan baik dan menghindari kesalahan sistem. Dengan demikian mesin dapat bekerja baik serta tidak terjadi kecelakaan kerja di area sekitar.

Manfaat Panel MDP yang Perlu Diketahui

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, salah satu komponen listrik ini berfungsi sebagai penyalur pada beban masing-masing di sebuah gedung maupun perumahan. Selain itu, juga untuk mencegah adanya listrik liar yang dapat membahayakan sistemnya.

Pada sebuah gedung bertingkat seperti perkantoran, apartemen, hotel, dan sebagainya, manfaat panel MDP perlu didukung dengan komponen-komponen lainnya. Dengan demikian jaringan kelistrikan dapat lebih mudah digunakan.

Jaringan-jaringan kelistrikan akan tersusun pada sebuah box dengan menggunakan bahan tertentu. Terdapat box berbahan plat besi tipis agar kuat serta tahan lama. Selain itu, plastik yang berbahan HDPE juga umum digunakan karena kuat dan tahan dengan suhu tinggi.

Manfaat panel MDP juga terbagi atas beberapa jenis tergantung dengan kebutuhannya. Terdapat wall maunting yang biasa ditempelkan pada dinding untuk jaringan gas, lighting, maupun lift.

Jenis panel lainnya adalah free standing yang berukuran lebih besar jika dibandingkan jenis wall maunting. Jenis terakhir adalah switch gear untuk tegangan menengah. Pada umumnya, jenis ini masih akan melakukan pendistribusian menuju sub-sub panel yang lebih kecil lagi.

Panel MDP dan Komponen Lain

Selain manfaat panel MDP dalam distribusi listrik di berbagai gedung dan sektor, terdapat juga beberapa komponen lain dengan spesifikasi berbeda. Berikut adalah penjelasan mengenai berbagai macam panel listrik.

1. MDP

MDP memiliki fungsi utama dalam menerima suplai listrik dari LVMDP. Selanjutnya, suplai tersebut akan dibagi dan didistribusikan pada panel-panel selanjutnya.

2. SDP

SDP merupakan panel yang menggunakan MCCB atau Moulded Case Circuit Breaker. Fungsinya sendiri adalah untuk mendistribusi tegangan yang berasal dari LVMDP.

3. Synchronizing

Selain manfaat panel MDP, synchronizing arau biasa juga disebut Synchron genset juga menjadi komponen pening lain. Biasanya terdiri dua atau lebih jaringan dan dapat dioperasikan baik otomatis maupun manual.

Genset pada jaringan ini akan memiliki kapasitas berbeda-beda. Dengan demikian, genset akan menerima beban bersamaan untuk kemudian dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan listrik.

4. Capacitor Bank

Spesifikasi komponen ini juga memiliki cukup banyak manfaat, salah satunya adalah untuk menurunkan ampere dengan beban motor. Fungsi lainnya adalah menghilangkan daya induktif pada motor sehingga menjadi lebih stabil, tidak panas, dan hemat tenaga listrik.

5. LVMDP dan LVSDP

Manfaat panel MDP juga tidak terlepas  dengan adanya LVMDP untuk pemeriksaan data yang berasal dari transformator untuk kemudian didistribusikan pada LVSDP. Selanjutnya LVSDP akan mendistribusikan daya yang telah diterima menuju berbagai macam alat elektronik.

6. Kwh

KWH biasanya digunakan untuk pemakaian listrik dalam skala besar, misalnya pada sebuah perusahaan. Fungsinya sendiri adalah mengumpulkan beberapa KWH serta sebagai alat ukur daya yang memiliki beban berbeda.

7. Level Control

Level control juga biasa disebut dengan Water Level Control (WLC) yang umumnya dioperasikan dengan menggunakan energi listrik untuk memompa air. Spesifikasi ini umum digunakan untuk keperluan industri pompa air maupun kebutuhan rumah tangga.

Tidak kalah penting dari manfaat panel MDP, kegunaan WLC adalah untuk melakukan kontrol pada tangki penampungan sesuai kapasitas air. Selain itu, terdapat juga pelampung sehingga batas air di penampungan dapat ditentukan.

Dengan adanya level kontrol ini, kebutuhan air akan terpenuhi tanpa ada yang terbuang sia-sia. Sebab ketika air sudah penuh, maka jaringan listrik pada mesin ini akan mati secara otomatis.

8. Genset AMF ATS

Genset AMF AMF atau Automatic Main Failure berfungsi untuk menghidupkan genset secara otomatis ketika listrik dari PLN padam. Sementara ATS atau Automatic Transfer Switch berguna untuk menutup aliran dari PLN dan menyuplai daya dengan otomatis.

9. Change Over Switch (COS)

COS memiliki kegunaan untuk memutus serta menyambungkan aliran arus listrik langsung dari sumbernya. Spesifikasi jenis ini sendiri dapat dioperasikan baik secara manual maupun otomatis.

Prosedur Pemasangan Panel MPD

Jika Anda membutuhkan manfaat panel MPD, maka penting untuk mencari penyedia jasa instalasi serta supplier yang tepat. Sebab terdapat prosedur pemasangan yang tepat agar dapat digunakan dengan aman.

Prosedur pertama adalah penempatan maupun pemasangan panel, termasuk pemasangan serta penyambungan kabel. Dalam hal ini, sangat penting dilakukan oleh tenaga kerja bersertifikat dan memiliki keahlian pada bidangnya.

Setelah pemasangan, maka perlu dilakukan pengujian untuk memastikan bahwa instalasi telah dilakukan secara sempurna dan manfaat panel MDP dapat lebih maksimal. Prosesnya berupa pemeriksaan, juga pengujian yang terdiri dari visual check dan construction check.

Visual check merupakan pemeriksaan setiap komponen instalasi listrik seperti kawat, sistem kontrol, dan lainnya agar sesuai spesifikasi teknis. Sedangkan contruction check merupakan pemeriksaan instalasi dan merakit komponen agar sesuai standar.

Setelah prosedur pemasangan telah selesai, maka perlu juga melakukan perawatan secara berkala untuk memastikan bahwa semua sistem aman digunakan. Jika terjadi kerusakan, maka perlu untuk segera diganti atau diperbaiki.

Supplier dan Instalasi Panel MDP

Untuk mendapatkan manfaat panel MDP dalam kelistrikan Anda, maka sangat penting mencari supplier sekaligus penyedia jasa instalasi terpercaya. Sebab kesalahan dalam pemasangan bisa mempengaruhi kinerja dari jaringan kelistrikan tersebut.

PT. Mikmar Gracindo merupakan solusi terbaik untuk Anda dalam hal kelistrikan dalam berbagai sektor. Telah memulai mengembangkan sayap sejak tahun 2011, kami terus mengikuti kebutuhan setiap pelanggan baik produk maupun pelayanan.

Kami memiliki tenaga kerja bersertifikat keahlian pada bidang masing-masing dan memiliki pengalaman bertahun-tahun untuk memastikan setiap proyek selesai tepat waktu. Selain itu, kami juga mengutamakan keselamatan kerja untuk kenyamanan tiap pelanggan.

PT. Mikmar Gracindo juga menjadi distributor berbagai mesin kelistrikan dengan produk berkualitas tinggi namun harga tetap kompetitif. Proses dan pengiriman yang cepat sehingga Anda dapat menggunakan manfaat panel MDP untuk memenuhi kebutuhan listrik.

Tidak perlu khawatir jika Anda berada di luar Jakarta, sebab kami juga memberikan pelayanan di berbagai daerah hingga luar Jawa. Kebutuhan kelistrikan dalam skala besar dapat dijangkau bahkan hingga Papua.

Berbagai peralatan baik rumah tangga, industri, perkantoran, dan lainnya sudah tentu membutuhkan aliran listrik. Manfaat panel MDP sendiri menjadi sangat penting karena merupakan komponen yang mendistribusikan tegangan listrik dari sumbernya

 

PT. Mikmar Gracindo memiliki website resmi untuk mendapatkan berbagai informasi mengenai produk dan layanan melalui laman https://mikmargracindo.com/. Anda juga dapat menghubungi layanan costumer service kami melalui nomor telepon +62(21) 543 373 45.

Selain itu Bagi Anda yang Sedang Mencari Sparepart Panel Listrik Schneder, Low Voltage (LV) Panel, Medium Voltage (MV) Panel, Trafo Step Up, Trafo Step Down, Genset Control Panel, Lighting Panel dan panel listrik lainnya dapat menghubungi Mikmar Gracindo.