Apabila hendak memasang genset, perlu untuk memesan secara lengkap bersama jasa instalasi kontrol panel genset. Jadi bukan hanya mencari jasa instalasi Generator Set saja, melainkan sekaligus panel kontrolnya.

Panel kontrol ini berguna dalam mengoperasikan generator. Saat ini sudah banyak perusahaan yang menawarkan produk ini. Anda juga dapat dengan mudah menemukan perusahaan yang menyediakan jasa instalasi.

Memasang genset sendiri penting apabila gedung yang Anda miliki memerlukan pasokan energi listrik cukup banyak. Selain itu juga sebagai antisipasi jika tiba-tiba arus listrik dari PLN terputus.

Mengenal Apa Itu Kontrol Panel Genset

Setiap komponen di dalam suatu Generator Set membutuhkan pemeriksaan fungsi secara efisien, bukan hanya dibiarkan bekerja. Mesin yang terus menerus bekerja bisa saja menjadi panas sehingga mengurangi tingkat kinerjanya.

Adanya produk dari jasa instalasi kontrol panel genset akan membantu mengelola kinerja mesin Generator Set. Alat tersebut mampu mendeteksi adanya kejanggalan dalam mesin seperti hawa panas.

Kontrol panel genset ialah alat yang mampu memperlihatkan pengukuran parameter tegangan, arus dan frekuensi. Kemampuan alat ini disokong oleh ketahanannya terhadap pengaruh hujan dan salju.

Sebab mampu melawan korosi, alat ini mampu bertahan dengan baik dalam cuaca buruk. Tidak perlu khawatir akan terjadi kerusakan meskipun diterjang cuaca ekstrem Indonesia.

Alat ini umumnya terpasang pada generator genset kecil yang biasanya dipakai oleh rumah pribadi. Akan tetapi, untuk Generator Set khusus industri umumnya alat tersebut diproduksi secara terpisah.

Jasa instalasi kontrol panel genset menawarkan produk dengan tombol atau switch yang bisa membantu mengoperasikan Generator Set. Misalnya saja tersedia tombol switch-off atau turn-on key.

Sekarang ini kontrol panel genset menawarkan beragam fitur menarik. Misalnya saja tampilan waktu, tekanan minyak, sensor suhu, dan lain sebagainya. Anda dapat menentukan fitur yang diperlukan dengan konsultasi bersama jasa instalasi.

Kontrol panel ini sendiri sebenarnya dapat dirancang secara otomatis maupun manual. Jadi bisa memakai tipe konvensional maupun digital. Semuanya kembali pada keputusan konsumen ingin menerapkan tipe yang mana.

Jenis Produk Jasa Instalasi Kontrol Panel Genset

Produk ini mempunyai beberapa jenis. Setiap jenis produk ini mempunyai fungsi masing-masing. Jadi sesuaikan dahulu fungsi mana yang ingin Anda dapatkan sehingga bisa menentukan pilihan produk tepat.

1. ATS (Automatic Transfer Switch)

Automatic Transfer Switch ialah salah satu jenis produk dari jasa instalasi kontrol panel genset yang bertugas dalam mengatur dua sumber listrik. Contohnya saja sumber listrik dari PLN dan Genset.

Sebuah bangunan tidak harus mengandalkan energi listrik dari PLN sepenuhnya. Kemudian juga tidak wajib memakai genset saja. Bisa memakai keduanya secara bergantian. Hal ini akan didukung dengan Automatic Transfer Switch.

Automatic Transfer Switch akan membantu mengganti sumber listrik secara aman dan otomatis. Alat ini dapat diterapkan dalam berbagai tempat, misalnya rumah, kantor maupun pabrik. Jadi bisa memindahkan listrik dari sumber utama ke sumber alternatif.

2. AMF atau Automatic Main Failure

Jenis alat dari jasa instalasi kontrol panel genset bertugas dalam mengelola ON/OFF secara otomatis. Misalnya saja saat sumber listrik utama terputus, maka alat akan bekerja secara otomatis dengan menyalakan mesin genset.

Nantinya, apabila sumber listrik utama menyala lagi maka alat akan mematikan genset secara otomatis. Jadi, konsumen tetap dapat menikmati sumber listrik utama ketika arusnya memang menyala.

3. Synchronizing Generator

Produk dari jasa instalasi kontrol panel genset ini mampu menggabungkan dua atau lebih sumber listrik dari generator. Jadi, mampu menjadikan perangkat listrik tersebut dalam paralel.

Tujuan dari menjadikan perangkat listrik ke bentuk paralel ialah untuk memperoleh sumber daya listrik lebih besar dalam jalur transmisi sama. Alat ini akan memperhatikan frekuensi, urutan fasa dan tegangan efektif.

Fungsi Penggunaan Kontrol Panel Genset

Produk yang disediakan oleh jasa instalasi kontrol panel genset ini secara umum mempunyai fungsi untuk menyalakan Generator Set secara otomatis. Hal ini dilakukan apabila aliran listrik dari PLN padam.

Dalam menjalankan fungsi tersebut, terdapat system start stop yang membutuhkan input listrik PLN. Data-data engine dapat memantau apakah perangkat listrik sukses dinyalakan secara otomatis.

Panel dihubungkan dengan Generator Set menggunakan kabel. Sehingga alat tersebut bisa bekerja untuk menyalakan atau mematikan perangkat listrik secara otomatis ketika listrik dari PLN padam dan menyala kembali.

Genset model baru sekarang ini telah banyak memakai system modul yang mana sudah menawarkan fungsi system start stop otomatis. Sehingga jika hendak menerapkan system otomatis cukup membeli panel transfer switch dari jasa instalasi kontrol panel genset.

Apabila Generator Set telah menyala secara otomatis dengan tegangan normal, maka sudah bisa menerima perintah untuk transfer daya ke beban. Sistem transfer energi listrik atau transfer switch akan membantu proses menghubungkan.

Yakni menghubungkan perangkat listrik ke jaringan gedung secara otomatis. Transfer switch juga akan mampu mendeteksi energi listrik dari PLN. Jadi, jika sumber listrik PLN sudah menyala lagi, maka transfer switch akan mengembalikan beban ke PLN.

Alat dari jasa instalasi kontrol panel genset ini secara sederhana mampu menggantikan peran operator manual dalam berjaga sehari-hari. Yakni untuk berjaga-jaga apabila terjadi pemadaman PLN.

Meskipun alat sudah otomatis, bukan berarti akan lepas dari pengawasan manusia. Alat tersebut tetap perlu dipantau mengenai kesiapan mesinnya, misalnya pada bagian level air radiator, oil level, kondisi filter, dan lain sebagainya.

Tips Menentukan Kontrol Panel Genset

Setelah mengetahui beragam jenis dari kontrol panel genset, apakah Anda sudah menentukan ingin membeli yang mana? Sebelum melakukan pemesanan produk, simak dahulu tipsnya berikut ini.

1. Melakukan Pembelian di Penjual Terpercaya

Sangat penting untuk membeli produk ini di tempat terpercaya dengan reputasi bagus. Jangan sampai hanya mencari produk harga murah tanpa peduli reputasi penjualnya. Anda dapat menentukan tempat terpercaya dengan melihat jumlah konsumen dan testimoninya.

2. Tersedia Toko Offline

Meskipun saat ini sudah banyak toko online, bukan berarti Anda harus mengabaikan toko offline. Anda juga dapat melakukan pembelian di toko offline terpercaya. Selain membeli di toko, juga bisa membeli di jasa instalasi kontrol panel genset.

3. Memahami Produk yang dijual

Jangan mengandalkan penjelasan penjual untuk memahami produk ini. Anda perlu memahami sendiri mengenai cara kerja, komponen, perawatan dan segala hal berhubungan dengan kontrol panel genset.

Sehingga bisa menentukan produk jenis mana yang paling sesuai dengan gedung Anda. Spesifikasi kontrol panel genset sendiri wajib disesuaikan dengan kebutuhan gedung. Sementara kebutuhan gedung sendiri bermacam-macam.

4. Memiliki Banyak Produk

Penjual terbaik umumnya menyediakan beragam jenis produk yang mampu memenuhi kebutuhan konsumen. Sehingga Anda juga akan memperoleh jumlah produk yang tepat berdasarkan keperluan gedung.

Sebuah gedung besar umumnya memerlukan pasokan listrik lebih besar. Selain itu, juga memerlukan sumber listrik alternatif apabila arus listrik PLN padam. Solusinya ialah memasang genset dan memesan jasa instalasi kontrol panel genset.

Apabila Anda sudah memutuskan hendak membeli kontrol panel genset, tidak perlu bingung mencari penjual terpercaya. Ada Mikmar Gracindo yang menyediakan beragam jenis panel untuk mengelola listrik di bangunan Anda.

Mikmar Gracindo bukan sekedar menawarkan produk namun juga jasa instal. Jadi, tidak perlu memikirkan cara memasangnya. Anda bisa menghubungi Mikmar Gracindo pada nomor telepon +62(21)54337345, atau selengkap nya pada laman resmi https://mikmargracindo.com/.

Selain itu Bagi Anda yang Sedang Mencari Sparepart Panel Listrik Schneder, Low Voltage (LV) Panel, Medium Voltage (MV) Panel, Trafo Step Up, Trafo Step Down, Genset Control Panel, Lighting Panel dan panel listrik lainnya dapat menghubungi Mikmar Gracindo.