Distributor Schneider Tangerang merupakan salah satu jasa yang menawarkan beragam jenis panel listrik. Namun, sudahkah Anda tahu mengenai panel listrik dan fungsi dari alat tersebut?

Panel listrik ialah suatu perangkat dengan bentuk kotak yang memuat sejumlah komponen listrik dan mempunyai fungsi tertentu. Contohnya saja fungsi kendali mesin listrik, pembagi, pengaman penyuplai, dan lain sebagainya.

Ada banyak sekali jenis panel listrik. Mulai dari MVMDP, LVMDP, MDP, SDP, MCC, LCC, KWH motor, capacitor bank, cos dan lain sebagainya. Dalam artikel ini akan kami sampaikan informasi beberapa jenis panel.

 

Mengenal MCC dari Distributor Schneider Tangerang

Distributor Panel MDP Tangerang

Pertama, mari membahas mengenai panel MCC yang merupakan bentuk pendek dari motor control panel. Alat ini berguna sebagai pusat kendali motor listrik dimana motor sangat umum dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.

Mungkin Anda pernah melihat pengaplikasian motor pada penggerak pompa, compressor, turbin, conveyor, fan dan lain sebagainya. Biasanya sebuah industri besar memiliki sejumlah motor listrik untuk menunjang proses produksi.

Lantas, apa gunanya MCC yang dapat dibeli di distributor Schneider Tangerang? MCC dipakai untuk mengoperasikan motor secara lebih efisien. Alat tersebut mampu mengontrol operasi sejumlah motor dalam waktu bersamaan.

Apabila suatu motor dikontrol secara manual tentu akan memerlukan waktu lama. Apalagi jika alat controller diletakkan secara terpisah di lapangan. Sehingga lebih efektif jika menerapkan MCC.

Secara umum, MCC mempunyai dua fungsi utama. Pertama, sebagai sistem proteksi dari beban motor. Kedua, sebagai sistem control, interlock dan monitoring beban motor.

Tatkala membeli MCC dari distributor Schneider Tangerang, Anda akan mendapati beberapa komponen di dalamnya. Yakni motor starter, bus bar, sekering (fuse), push buttons dan lain sebagainya.

Motor starter berguna dalam mengendalikan motor. Biasanya dipakai untuk menghidupkan dan mematikan motor melalui contactor di dalamnya. Bukan itu saja, starter tersebut juga dapat berfungsi sebagai overload relay.

Overload relay akan memberikan proteksi pada motor. Melalui pemutusan aliran listrik ke motor tatkala terjadi kondisi beban berlebih. Akan tetapi, overload relay tidak berperan dalam proteksi akibat arus pendek. Sekering yang mengambil peran tersebut.

 

Ragam Fungsi Motor Control Panel

machine-control-panel-3

Ada banyak sekali risiko yang mungkin terjadi apabila tidak menerapkan MCC. Misalnya saja membahayakan keselamatan, kurangnya pengamanan, lonjakan arus tanpa kendali dan lain sebagainya. Oleh sebab itu penting untuk menerapkan MCC yang mempunyai banyak fungsi.

1. Keselamatan

Jika Anda memesan MCC di distributor Schneider Tangerang, Anda akan memperoleh keuntungan keselamatan dari alat tersebut. sebab, tombol start-stop motor lebih mudah dioperasikan. Tombol tersebut letaknya di luar panel sehingga lebih aman.

Posisi tombol lebih menjamin keselamatan operator. Apabila terjadi kerusakan di dalam panel sampai mengakibatkan api maupun ledakan, tidak akan langsung membahayakan operator.

2. Proteksi

MCC juga mampu menawarkan beragam jenis proteksi dari kerusakan motor maupun panel itu sendiri. Proteksi tersebut berupa overload, overcurrent, short circuit, phase failure, interlock dan lain sebagainya.

3. Control Station

Fungsi lain yang mampu ditawarkan oleh distributor Schneider Tangerang berkaitan dengan MCC ialah control station. Anda bukan hanya dapat mengoperasikan start-stop motor di tombol panel.

Anda bisa mendekatkan tombol tersebut dengan emergency stop. Sehingga akan mempermudah kinerja operator. Kemudian juga lebih mudah dalam melakukan pengawasan. Intinya dapat menempatkan tombol start-stop dimana saja sesuai keperluan.

4. Start-Stop Terkendali

Tidak jarang terjadi listrik padam karena aktivitas PLN maupun gangguan tertentu. Tatkala padam dan tiba-tiba menyala, tidak akan ada risiko terhadap motor listrik. Sebab, Anda perlu mengoperasikan sistem start-stop terlebih dahulu.

Motor akan menyala tatkala Anda menekan tombol ON. Apabila motor dalam keadaan power shut down, maka semua motor akan berhenti beroperasi. Ketika ingin menyalakannya maka wajib menekan tombol ON.

 

Mengenali Apa Itu Panel SDP

Manfaat Menggunakan Panel SDP

Jenis panel lain yang perlu dibahas ialah SDP. SDP ialah panel yang menyambungkan listrik dari trafo menuju rumah atau industri. Sehingga daya dapat langsung digunakan.

Sebelumnya, listrik dari gardu PLN perlu disalurkan memakai berbagai alat, seperti MVMDP, LVMDP dan MCCP. SDP ialah panel terakhir yang akan menghubungkan listrik dengan pengguna.

Alat yang mudah ditemukan di distributor Schneider Tangerang ini mampu memberikan sejumlah keuntungan dalam pendistribusian daya. Coba saja simak beberapa keuntungannya di bawah ini.

1. Hemat

Pemakaian SDP mampu menghemat proses distribusi listrik. Sebab, mampu menyalurkannya sesuai dengan keperluan. Energi listrik dapat langsung dipakai untuk menyalakan peralatan elektronik maupun keperluan lainnya.

2. Aman

Berbagai jenis panel dari distributor Schneider Tangerang memang dilengkapi dengan fitur pengaman. Begitu juga SDP yang mampu menjaga dari bahaya listrik seperti short circuit.

3. Konversi Power

Listrik yang berasal dari gardu PLN tidak langsung disalurkan dengan tegangan dan arus sama. Keduanya perlu diatur melalui berbagai panel. Panel SDP bertugas untuk mengonversinya sesuai dengan keperluan rumah tangga atau industri yang siap menggunakannya.

4. Stabil

SDP memelihara aliran listrik secara terus-menerus. Sehingga energi listrik tetap stabil begitu mengalir ke rumah atau industri. Anda dapat menggunakannya untuk peralatan listrik tanpa takut daya tiba-tiba tidak stabil.

Energi listrik dari PLN perlu disalurkan kepada masyarakat secara merata, stabil dan aman. Oleh sebab itu diperlukan berbagai alat untuk mendukung upaya tersebut. Salah satunya ialah SDP yang menjadi panel terakhir dalam proses distribusi listrik.

 

Ragam Bentuk Panel SDP untuk Distribusi Listrik

Panel SDP mempunyai bentuk beragam. Anda dapat menyesuaikan bentuknya dengan keperluan. Sebab, setiap bentuk mempunyai fungsi tersendiri, seperti berikut ini.

1. Tipe Wall Mounted

Bentuk pertama dari SDP yang bisa ditemukan di distributor Schneider Tangerang ialah wall mounted. Bentuk panel ini juga biasa disebut dengan tipe tembok. Sebab, peletakannya pada tembok.

Umumnya tipe wall mounted berukuran kecil dan berbentuk persegi. Kalau misalnya ukurannya terlalu besar tentu akan membebani tembok dan rentan rusak. Oleh sebab itu, diproduksi dalam ukuran kecil dengan tetap memuat komponen lengkap.

2. Tipe Minimalis

Tipe lainnya ialah minimalis yang mempunyai sifat ringkas dan praktis. Alat ini biasanya dipakai untuk memenuhi keperluan di swalayan. Ukurannya sendiri biasanya ialah 70 × 70 cm. tipe minimalis dapat dipasang pada beberapa lokasi.

3. Tipe Tidak Beraturan

Ada juga SDP dengan tipe tidak beraturan. Umumnya, produsen tidak menetapkan bentuk khusus untuk produknya. Produsen dapat menciptakan SDP dalam bentuk persegi panjang bahkan hingga segitiga.

Biasanya, fokus utama produsen ialah kelengkapan komponen di dalamnya. Lebih fokus pada tujuan mengalirkan energi listrik dengan lancar dan aman. Sehingga keindahan bentuk tidak diperhatikan.

4. Tipe Outdoor

Anda bisa mendapatkan SDP tipe outdoor di sejumlah distributor Schneider Tangerang. Tipe ini menjadikan SDP bisa dipasang di luar ruangan. Karena posisinya tersebut, Anda dapat lebih mudah dalam melakukan pengecekan.

Tipe outdoor mungkin mudah dijumpai di rumah-rumah atau restoran. Apabila berminat menerapkannya akan lebih baik untuk memilih bentuk minimalis. Sehingga luar ruangan juga tampak rapi.

Ada banyak tempat yang menjual panel listrik. Namun, jika menghendaki produk berkualitas dengan pelayanan ramah, hubungi Mikmar Gracindo. Hubungi saja di website mikmargracindo.com atau nomor 08118847345.

Ada berbagai jenis panel listrik yang diperlukan dalam kebutuhan sehari-hari. Misalnya saja MCC dan SDP. Sebelum memasangnya, perlu memilih produk terbaik di distributor Schneider Tangerang.

 

Mikmar Gracindo menyedikan layanan Panel Listrik Schneder, Low Voltage (LV) Panel, Medium Voltage (MV) Panel, Trafo Step Up, Trafo Step Down, Genset Control Panel, Lighting Panel dan panel listrik lainnya dapat menghubungi Mikmar Gracindo.