Sekarang jasa kontraktor mekanikal elektrikal berpengalaman dibutuhkan oleh berbagai aspek kehidupan. Semakin majunya teknologi membuat kehidupan manusia tidak dapat dipisahkan dari perangkat berteknologi.

Namun sayangnya tidak semua manusia mampu melakukan perawatan terhadap perangkat tersebut. Sehingga harus ada individu dengan kemampuan khusus untuk melakukan perawatan pada perangkat tersebut.

Oleh karena itu sekarang jasa mekanikal elektrikal semakin dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia. Jadi layanan seperti itu memang sudah tidak identik lagi dengan manufacturing atau pabrik.

Bahkan pengguna skala Individu justru sekarang semakin membutuhkan keberadaan mereka. Oleh karena itu kami akan menjelaskan berbagai detail terkait layanan seperti ini kepada Anda.

Sehingga ketika nanti mengalami masalah terkait kelistrikan atau mekanik bisa mengetahui solusinya. Tentu akan sangat membantu jika terjadi masalah kita bisa menghubungi pihak tepat guna menyelesaikannya.

 

Pengertian Kontraktor Mekanikal Elektrikal Berpengalaman

Kontraktor Mekanikal Elektrikal Jakarta

Kita awali dulu pembahasan ini dengan pengertian, karena belum tentu semua orang mengetahui. Akan kami jelaskan seperti apa pengertian secara detail sehingga Anda dapat menjadikannya sebagai referensi.

Pada dasarnya kontraktor mekanikal elektrikal berpengalaman adalah pihak dengan kapabilitas dari dua bidang tersebut. Mereka mendirikan sebuah layanan kepada para pelanggan untuk digunakan.

Mekanik dan elektrik sendiri berhubungan pada mesin yang dapat ditangani oleh penyedia service atau maintenance tersebut. Ketika terjadi masalah teknis misalnya pada transformer atau low voltage hubungi saja mereka.

Karena butuh kemampuan tersendiri untuk melakukan pengecekan pada transformer misalnya. Tanpa kemampuan dari bidang elektronika dan mekanik tentu akan sulit menyelesaikan masalah.

Apalagi saat masalahnya berhubungan dengan arus kuat yang notabene berbahaya bagi orang awam. Jadi adanya jasa seperti ini dapat menjadi salah satu opsi paling mudah untuk mengatasi masalah tersebut.

Kemampuan kontraktor mekanikal elektrikal berpengalaman tentu sudah tidak dapat diremehkan. Karena untuk bekerja dalam bidang tersebut ada sertifikasi yang perlu dimiliki oleh seseorang.

Cukup sulit sebenarnya untuk menjadi teknisi dua bidang sekaligus antara mekanik dan elektronik. Jadi ketika mereka sudah berani menawarkan jasa pelayanan artinya kemampuan tidak perlu diragukan lagi.

Sebagai tambahan insight bagi masyarakat awam tidak sembarangan orang boleh bekerja dalam bidang tersebut. Perlu ada pendidikan relevan, pengujian, dan lulus sertifikasi agar bisa menerima pekerjaan.

 

Apa Perbedaan Mekanikal dan Elektrikal?

Sekarang kita masuk dalam pembahasan teknis terkait perbedaan mekanikal dan elektrikal terutama dalam manufakturing. Sehingga Anda dapat menjadikannya sebagai insight jika belum pernah mempelajarinya.

1. Elektrikal

Pada dasarnya elektrikal adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan kelistrikan. Tidak peduli itu skalanya rumah tangga atau manufakturing bidang utama tetap kelistrikan.

Seorang teknisi listrik harus memiliki kemampuan spesifik baik itu arus kuat atau lemah. Jadi kontraktor mekanikal elektrikal berpengalaman biasanya memiliki dua divisi spesifik terkait job desk.

Sebagai perumpamaan agar paling mudah dipahami orang awam teknisi kelistrikan mengurus semua hal yang ada arus listriknya. Misalnya kelistrikan dalam kabel instalasi pabrik atau komponen listrik mesinnya.

Jadi selama disitu ada arus listrik atau potensinya maka seorang teknisi kelistrikan berada pada bidang tersebut. Ini adalah pengertian paling umum yang mudah dipahami oleh orang awam.

 

2. Mekanikal

Meskipun perbedaan mekanikal dan elektrikal cukup besar namun keduanya tidak dapat dipisahkan. Karena setiap sebuah rangkaian listrik hampir pasti digunakan untuk mekanik tertentu.

Pada dasarnya mekanikal engineering berkaitan dengan komponen atau alat yang dialiri oleh listrik tersebut. Misalnya elektrikal boiler atau transformator sebagai contoh alatnya.

Memang cukup tipis bidang dikerjakan pada saat turun ke lapangan secara langsung. Namun keduanya memiliki dasar ilmu berseberangan meskipun pada akhirnya digunakan dalam satu bidang juga.

Jadi sebuah penyedia layanan seperti kontraktor memang menguasai disiplin ilmu cukup kompleks. Tidak bisa hanya mengetahui salah satu saja karena masing-masing memiliki keterkaitan kuat.

Dua pemahaman tersebut tentu dapat memberikan insight sehingga Anda sekarang mulai memahaminya. Jadi layanan seperti ini memang sifatnya sangat teknikal agar aman bagi klien dan kontraktornya sendiri.

 

Pentingnya Menggunakan Kontraktor Mekanikal Elektrikal Berpengalaman

Biasanya penyedia jasa seperti ini memang dianggap sepele oleh manufakturing skala kecil. Misalnya dalam sebuah industri pembuatan bijih plastik dimana mesin digunakan masih sangat basic sekali.

Namun jangan salah sangka meskipun sepertinya peralatan kelistrikan digunakan cukup dasar. Anda tetap harus menggunakan layanan profesional agar tidak terjadi suatu hal membahayakan keselamatan.

Ada beberapa aspek penting yang perlu Anda ketahui agar tidak menganggapnya sebelah mata lagi. Berikut ini juga akan dijelaskan agar masyarakat awam secara umum mengerti manfaat kontraktor mekanikal elektrikal berpengalaman.

1. Menjaga keselamatan lingkungan kerja

Tahukah Anda bahwa peralatan elektronik dengan daya tinggi harus dirawat secara optimal. Misalnya generator atau trafo yang paling sering dilihat oleh mata orang awam.

Ketika mesin seperti itu tidak dirawat secara berkala tentu saja bisa terjadi degradasi. Terjadinya degradasi pada peralatan seperti itu tentu dapat membahayakan orang disekitarnya.

Pada saat perawatan benar-benar disepelekan bisa jadi mesin tadi akan meledak ketika digunakan. Memang itu adalah peluang terburuk namun tetap saja harus dijadikan pertimbangan.

2. Menjaga efektivitas dan usia alat

Sebuah peralatan elektronik ketika tidak dirawat secara berkala jelas terjadi degradasi. Pada saat itu terjadi kemampuan mereka dalam melaksanakan tugas jelas menjadi turun.

Oleh karena itu kita butuh kontraktor mekanikal elektrikal berpengalaman agar degradasi tidak terjadi. Jika terawat secara optimal usia dari peralatan tentu dapat dijaga agar tetap beroperasi.

Meskipun perlu diketahui juga bahwa tetap ada usia efektif sebuah peralatan sampai harus ganti baru. Jika kita rawat sebaik mungkin sebuah alat dapat bertahan sampai masa efektif tersebut habis.

Dua alasan tersebut adalah hal dasar yang paling sering dibutuhkan oleh industri dan kebanyakan orang. Jadi memang tidak jauh dari kehidupan kita fungsi dari layanan jasa seperti itu.

Seberapa Sering Dibutuhkan Kontraktor Mekanikal Elektrikal Berpengalaman

Kontraktor Elektrikal Berpengalaman Jakarta

Intensitas penggunaan jasa ini juga sedikit diketahui oleh para pengguna karena minimnya informasi. Kami akan jelaskan secara fair karena ada beberapa artikel terlalu intens dalam menjual jasanya.

Kita akan bagi menjadi beberapa segmen tergantung seperti apa komponen yang dimiliki. Karena memang terdapat perbedaan seberapa sering harus melakukan perawatan dari setiap alat.

1. Mesin tidak bergerak

Ini adalah kategori dimana mesin tidak melakukan gerakan aktif sama sekali contohnya trafo, panel surya, dan baterai. Komponen seperti ini tentu biasanya jarang dilakukan tweaking.

Sehingga usia mereka juga jauh lebih awet dan memerlukan perawatan cukup jarang. Biasanya kontraktor mekanikal elektrikal berpengalaman menganjurkan perawatan setiap satu atau dua tahun sekali.

Jadi misalnya usaha Anda menggunakan panel surya sebagai penghasil listrik maintenance tidak perlu terlalu intense. Cukup lakukan pengecekan berkala setiap satu atau dua tahun saja.

2. Mesin bergerak aktif

Ini sudah berbeda lagi kasusnya ketika peralatan melakukan gerakan secara aktif. Misalnya conveyor tentu harus dirawat secara lebih intens agar dapat bertahan optimal setiap bekerja.

Biasanya kontraktor mekanikal elektrikal berpengalaman akan menganjurkan pengecekan setiap satu semester. Jadi jika terdapat kerusakan atau potensinya dapat segera ditanggulangi.

Kemudian peralatan mesin gerak aktif seperti conveyor sifatnya juga krusial dalam produksi. Pada saat ada kerusakan dan itu sifatnya parah pasti akan berdampak besar pada sistem produksi manufacturing.

Memang mungkin dua hal tersebut tidak pernah terlintas di benak Anda sebagai seorang awam. Namun ini adalah fakta lapangan yang dapat dijadikan insight ketika nanti Anda berkecimpung dalam dunia engineering.

 

Apa Saja Layanan Diberikan Kontraktor Mekanikal Elektrikal Berpengalaman

Kontraktor Panel Listrik untuk Kantor

Biasanya orang awam memang tidak mengetahui apa sebenarnya dilakukan oleh penyedia jasa seperti ini. Kebanyakan orang hanya mengetahui bahwa mereka mampu memperbaiki peralatan tertentu.

Agar tidak ada miskonsepsi akan kami jelaskan secara detail layanan apa saja yang diberikan. Jadi ketika ada permasalahan yang relevan Anda bisa langsung menghubungi penyedia layanan seperti ini.

1. Instalasi

Pihak kontraktor mekanikal elektrikal berpengalaman jelas menawarkan jasa instalasi pada klien. Ini adalah hal paling dibutuhkan karena setiap manufakturing tentu membutuhkan alat.

Tentu saja orang biasa tidak bisa melakukan pemasangan alat secara sembarangan. Sehingga dibutuhkan tangan ahli agar peralatan tersebut dapat berfungsi secara optimal ketika digunakan.

2. Field testing

Sebuah manufakturing yang mendatangkan alat baru tentu butuh melakukan field testing. Pengetesan tersebut terkait kapabilitas, ketahanan, dan kuantitas produksi terkait.

Hal seperti ini juga harus dilakukan agar ketika nantinya difungsikan seratus persen bisa berjalan optimal. Tanpa melakukan field testing tentu kita tidak tahu seperti apa kemampuannya saat digunakan nanti.

Biasanya mekanik akan menjadi pemandu sekaligus operator terkait field testing peralatan. Jadi nantinya bisa diketahui apakah sudah berfungsi sesuai standar pabrik atau tidak.

3. Services and maintenance

Perbaikan dan perawatan adalah layanan kontraktor mekanikal elektrikal berpengalaman yang umum diketahui semua orang. Jadi mereka memang bisa merawat dan memperbaiki peralatan dengan spesifikasi tertentu.

Umumnya setiap penyedia layanan pasti memiliki spesialisasi pada peralatan tertentu. Misalnya ada kontraktor dengan spesialisasi seperti trafo, panel low voltage, dan panel high voltage.

Jadi memang tidak ada kontraktor serba bisa semua alat karena butuh pemahaman kompleks untuk satu peralatan saja. Oleh karena itu hubungi penyedia layanan yang relevan dengan kebutuhan Anda.

 

Produk Umum Kontraktor Mekanikal Elektrikal Berpengalaman

Tidak hanya menyediakan beberapa layanan seperti dijelaskan pada segmen sebelumnya. Kontraktor biasanya juga menjual beberapa jenis produk, akan kami jelaskan apa saja yang paling umum disediakan.

1. Trafo

Transformator, transformer, atau trafo sama saja hanya beda istilah penyebutan saja. Peralatan satu ini digunakan untuk meningkatkan atau mengurangi daya listrik sebuah saluran.

Di tiang listrik pinggir jalan kita dapat melihatnya sehingga menjadi salah satu peralatan elektronik paling mudah ditemui. Kontraktor biasanya menjual peralatan tersebut karena banyak dibutuhkan.

2. PMV

Panel medium voltage adalah sebuah alat yang digunakan untuk mendistribusikan tenaga. Biasanya medium voltage memiliki coverage daya sekitar 20KV pada beberapa peralatan sekaligus.

Pihak kontraktor mekanikal elektrikal berpengalaman biasanya juga menjual alat ini untuk klien. Mereka biasanya juga langsung memberikan layanan instalasi sekaligus pengujian.

3. Low voltage panel

Panel daya rendah adalah sebuah alat digunakan untuk mendistribusikan tenaga pada beberapa alat. Coverage dari panel daya rendah juga relatif kecil dan biasanya satu panel untuk satu alat saja.

Sehingga dalam sebuah pabrik ruang control biasanya berisi beberapa panel mulai daya rendah sampai sedang. Itu digunakan agar mesin dapat berjalan secara optimal dan ada kontrol daya langsung.

Kapasitas daya dari panel ini juga cukup rendah karena kurang dari 20kv sehingga terbatas sekali kegunaannya pada satu mesin. Oleh karena itu butuh beberapa set peralatan agar kerjanya dapat berjalan optimal.

Ketiga peralatan tersebut biasanya juga dijual oleh kontraktor mekanikal elektrikal berpengalaman. Jadi ketika Anda membutuhkannya tentu dapat menemukan tempat membeli terpercaya.

 

Tips Memilih Kontraktor Mekanikal Elektrikal yang Berpengalaman

Kontraktor Panel Listrik untuk Pabrik

Agar hasil bisa optimal kami juga akan memberikan beberapa tips pemilihan jasa kontraktor. Karena ternyata cukup banyak kesalahan dilakukan terutama manufakturing skala kecil dalam menentukan opsi.

1. Cek relevansi kapabilitas dan kebutuhan

Pastikan kebutuhan Anda sesuai dengan kapabilitas dari kontraktor mekanikal elektrikal berpengalaman. Karena sudah kami singgung sedikit jasa seperti ini selalu memiliki spesialisasi tersendiri.

Misalnya ketika kontraktor condong bergerak di bidang control panel tentu urusan mereka sangat bagus pada alat tersebut. Jika Anda menggunakan layanan untuk panel surya tentu tidak relevan.

Oleh karena itu jangan asal memilih tanyakan dulu seperti apa saja kemampuan mereka. Apakah bisa mengatasi kebutuhan Anda atau tidak agar mampu memberikan hasil terbaik.

2. Lihat portofolio

Anda juga perlu melihat track record atau portofolio dari kontraktor terkait sebelum menggunakannya. Apakah mereka benar-benar teruji dan profesional dalam memberikan layanan atau tidak.

Apabila kita asal memilih belum tentu kemampuan mereka bagus digunakan dalam mengatasi masalah. Oleh karena itu lihat apakah mereka sudah pernah bekerjasama dengan perusahaan besar atau belum.

3. Lihat pengalamannya sejak berdiri

Jika mencari kontraktor mekanikal elektrikal berpengalaman tentu kita harus lihat sejak kapan dia berdiri. Karena semakin lama tentu kemampuannya sudah terasah dan banyak digunakan perusahaan.

Misalnya jika perusahaan sudah berdiri sejak tahun 2011 tentu pengalaman mereka cukup banyak. Sehingga para klien tidak perlu khawatir ketika hendak menggunakan jasa mereka.

Ketiga hal tersebut merupakan tips umum dan paling mudah digunakan untuk menentukan kualitas layanan. Sebagai klien bijak akan lebih baik jika Anda meneliti terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menggunakannya.

 

Rekomendasi Kontraktor Mekanikal Elektrikal Berpengalaman dari Mikmar Gracindo

Logo footer

Sekarang penyedia layanan seperti ini memang sudah banyak berdiri di Indonesia sehingga mudah menemukannya. Namun ada masalah lain jika terlalu banyak opsi untuk digunakan oleh seseorang.

Jika Anda masih bingung harus memilih mana untuk dijadikan sebagai opsi jangan khawatir. Mengapa tidak bekerjasama bersama kami Mikmar Gracindo sebuah jasa kontraktor mekanikal elektrikal berpengalaman di Indonesia.

Kami sudah berdiri sejak tahun 2011 sehingga untuk urusan pengalaman tidak perlu diragukan lagi. Sudah satu dekade lebih kami berhasil memberikan kepuasan pada klien yang menggunakan jasa.

Mikmar Gracindo bergerak dalam spesialisasi pengadaan alat seperti trafo, low, dan medium voltage panel. Jadi ketika Anda membutuhkan ketiga hal tersebut kami siap melakukan pengadaan secara profesional.

Selain melakukan pengadaan Mikmar Gracindo juga siap memberikan layanan instalasi, testing, dan commision service. Artinya tidak hanya menjual saja namun Kami memiliki kapabilitas sebagai teknisi handal.

Semua produk yang kami tawarkan selalu ready stock sehingga kapanpun Anda memesan kami siap. Proses pengiriman dijamin aman dan cepat sampai tujuan sehingga peralatan dapat digunakan secara efektif.

Apabila Anda membutuhkan bantuan kami juga menyediakan dedicated customer service 24/7. Anda bisa langsung menghubunginya melalui website resmi kami.

Kami sediakan juga nomor whatsapp apabila ingin menanyakan detail terkait pengadaan di nomor +62(81) 543 373 45. Mikmar Gracindo berani menjamin memberikan pelayanan terbaik untuk para klien.

Urusan pengadaan alat, reparasi, sampai maintenance Anda sudah tidak perlu bingung lagi. Jangan sampai salah dalam memilih kontraktor karena hasilnya belum tentu bisa sebaik di Mikmar Gracindo.

Jika sudah mengetahui solusi tepat seperti itu tentu saja tidak perlu bingung lagi menentukan opsi. Jika mencari kontraktor mekanikal elektrikal berpengalaman selalu ingat Mikmar Gracindo saja. Anda bisa menghubungi kami dengan klik tombol WA berikut.

 

Mikmar Gracindo menyedikan layanan Panel Listrik Schneder, Low Voltage (LV) Panel, Medium Voltage (MV) Panel, Trafo Step Up, Trafo Step Down, Genset Control Panel, Lighting Panel dan panel listrik lainnya dapat menghubungi Mikmar Gracindo.

 

Baca juga : Kontraktor Mekanikal Elektrikal Berkualitas Tangerang