Kontraktor mekanikal elektrikal atau MEP merupakan salah satu bagian yang penting dalam pembangunan gedung, baik hunian, perkantoran, dan berbagai jenis bangunan lainnya. Karena begitu penting sehingga MEP tidak boleh ditinggalkan.

Alasannya adalah layanan jasa ini akan membantu pembangunan konstruksi menjadi lebih cepat selesai. Selain itu, MEP juga memiliki berbagai peranan, salah satunya dalam segi pengamanan instalasi mekanik dan kelistrikan dalam bangunan.

Banyak juga yang menyamakannya dengan kontraktor sipil atau arsitek, padahal keduanya berbeda peranan. Sama-sama harus ada, tapi punya ruang lingkup pekerjaan berbeda. Untuk lebih jelasnya mengenai MEP, Anda bisa simak paparan berikut ini.

 

Mengenal Kontraktor Mekanikal Elektrikal atau MEP?

Kontraktor Mekanikal Elektrikal Jakarta

Bagi sebagian besar masyarakat mungkin belum tahu tentang MEP, bahkan banyak yang berpikir bahwa pekerjaan pembangunan hanya dilakukan kontraktor. Tidak salah memang, tapi kontraktor sendiri nyatanya memiliki sub kerja masing-masing.

Seperti untuk mendesain, membangun, hingga memastikan instalasi pemipaan, kelistrikan, dan sanitasi dalam sebuah bangunan. Jadi, ada pembagian pekerjaan sesuai ruang lingkup tanggung jawab masing-masing.

Nah, ada satu istilah yang akan kami bahas di sini, yaitu kontraktor mekanikal elektrikal atau MEP, yakni layanan yang diberikan untuk melakukan instalasi mekanikal dan elektrikal sebuah bangunan atau gedung.

Mekanikal dan elektrikal (ME) mencakup pekerjaan instalasi listrik, fire alarm/fighting, sound system, lift, AC, genset, escalator, pemipaan, pompa, serta desainnya. Keduanya merupakan bagian penting dari 3 komponen bangunan bersama dengan struktur serta arsitektur.

Ketiga komponen ini saling terkait dan melengkapi sehingga membentuk struktur, kekuatan, dan kenyamanan dalam sebuah bangunan. Komponen struktur akan menjamin kekuatan, arsitek lebih pada keindahan, sedangkan ME mengedepankan fungsi atau kenyamanan.

Bangunan kuat, kokoh, serta indah harus ditunjang dengan ME agar memiliki fungsi sebagai hunian, kantor, fasilitas umum, dan lain sebagainya. Di sinilah peran kontraktor mekanikal elektrikal untuk memastikan bangunan memiliki fungsi sesuai tujuan pembangunannya.

Intinya, sebuah bangunan yang dirancang arsitek, dibangun pemborong, harus dilengkapi dengan sarana serta prasarana sesuai kebutuhan gedung tersebut. Maka peran ME tidak dapat ditinggalkan, bahkan seharusnya dikhususkan agar pekerjaan menjadi optimal.

 

Mengapa Kontruksi Membutuhkan Kontraktor Mekanikal Elektrikal?kontraktor mekanikal elektrikal Tangerang

Sebelumnya sudah dikatakan bahwa MEP menjadi komponen terpenting sebuah bangunan. Alasannya jelas, karena tanpanya sebuah gedung maupun hunian tidak akan sempurna. Apa saja manfaat menggunakan MEP, yaitu:

  1. Memastikan sebuah gedung memiliki instalasi listrik, baik digunakan untuk penerangan maupun kebutuhan lainnya.
  2. Kontraktor mekanikal elektrikal bertanggung jawab memasang berbagai mesin sesuai kebutuhan gedung yang dibangun.
  3. ME memastikan adanya jaringan komunikasi, seperti telepon dan internet.
  4. Memberikan kenyamanan kepada penghuni atau pengguna bangunan dengan memasang instalasi AC, sanitasi, lift, serta berbagai penunjang kenyamanan lainnya.

Apa Saja Tugas Kontraktor Mekanikal Elektrikal?

MEP harus ada dan dilaksanakan dengan sebaik mungkin serta dilakukan oleh ahlinya. Dengan demikian, penyempurnaan fungsi bangunan dapat dilakukan. Lalu apa saja sebenarnya tugas kontraktor ME dan tanggung jawabnya? Mari simak paparan berikut ini:

1. Memasang Instalasi Listrik

Tugas utama pertama dari MEP adalah melakukan pemasangan instalasi kelistrikan dalam gedung, rumah, atau jenis bangunan lainnya, bahkan sampai ke gedung pencakar langit.

Pemasangan instalasi listrik berkaitan dengan penerangan, pembagian arus listrik ke seluruh ruangan, hingga pembagian daya. Sekaligus penyediaan peralatan dan perlengkapannya.

Selain itu, juga memastikan keamanan instalasi, seperti pemasangan pipa pelindung kabel sehingga instalasi kelistrikan terjamin dan tidak membahayakan penghuni.

 

2. Pemasangan Instalasi Elektrikal

Kontraktor mekanikal elektrikal juga menangani instalasi elektrikal, baik pemasangan alarm kebakaran, jaringan telepon, sound system, dan berbagai hal lainnya.

Berbagai peralatan dan perlengkapan penunjuang juga akan disiapkan, seperti fire hydrat, alarm, speaker, dan berbagai perlengkapan lainnya.

Kebanyakan kontraktor MEP juga menjadi penyedia kebutuhan tersebut, tapi adapula yang hanya bekerja memasang instalasinya. Tergantung dari kontrak kerjasama dengan pihak pemilik gedung.

 

3. Pemasangan Berbagai Mesin dalam Gedung

Dalam sebuah gedung untuk hunian maupun kebutuhan lainnya dibutuhkan berbagai mesin sebagai penunjang fungsinya. Misalnya, gedung perkantoran dibutuhkan lift untuk mempermudah pengunjung.

Selain itu juga dibutuhkan pemasangan pompa agar dapat mengalirkan air ke segala arah serta untuk aliran limbah ke lokasi pembuangan. Nah, pemasangan mesin-mesin maupun pompa ini juga tanggung jawab kontraktor MEP.

 

4. Pemasangan Instalasi AC

Kontraktor mekanikal elektrikal juga bertanggung jawab memasang instalasi AC. Biasanya untuk hunian berbentuk rumah tidak terlalu dibutuhkan instalasi AC yang rumit sehingga seringkali tidak digunakan jasa kontraktor ME.

Namun, pada gedung berukuran besar dan bertingkat serta memiliki banyak ruang dibutuhkan pemasangan sistem instalasi ducting. Karena menggunakan mesin khusus yaitu AHU atau mesin AC split yang ditempatkan pada bagian dinding.

 

5. Pemasangan Sistem Pemadam Kebakaran

Selain memastikan gedung dapat berfungsi sebagaimana tujuan pembangunannya, kontraktor ME juga diharuskan memastikan perlindungan bangunan berupa memasang sistem pemadam kebakaran.

Sistem pemadam kebakaran yang dipilih bisa fire hydrat dan fire sprinkler. Dengan demikian, gedung memiliki perlindungan dari musibah kebakaran sehingga dapat dicegah menyebar cepat ke bagian lainnya.

Perbedaan Kontraktor Mekanikal Elektrikal dengan Kontraktor Sipil

Kontraktor Panel MCC untuk Pabrik

Kebanyakan orang memang tidak mengetahui bahwa jasa ME berbeda dengan ahli sipil atau yang lebih dikenal sebagai arsitek. Karena dari segi pekerjaan keduanya memiliki tanggung jawab berbeda.

Tugas dan tanggung jawab kontraktor mekanikal elektrikal telah disebutkan di poin sebelumnya. Jika dibandingkan dengan tugas ahli sipil maka akan terlihat perbedaannya. Singkatnya tugas ahli sipil adalah sebagai berikut:

1. Melakukan Pekerjaan yang Berkaitan Struktur Bangunan

Tugas utama ahli sipil adalah melakukan pekerjaan yang berkaitan dengan struktur bangunan. Mulai dari membuat desain bangunan, menetapkan material, membangun struktur bangunan, hingga bertanggung jawab pada landscape.

Tampilan interior dan eksterior juga masuk dalam tugas ahli sipil. Meskipun pada penerapannya untuk desain interior yang lebih detail dapat dikerjakan desainer interior agar hasilnya lebih maksimal.

 

2. Mengatur Manajemen dan Hasil Pekerjaan Kontraktor ME

Ahli sipil dapat bertanggung jawab penuh terhadap sebuah proyek pembangunan sebuah gedung, meliputi dari perancangan hingga penyelesaian. Termasuk di dalamnya adalah pekerjaan ME.

Jadi, dapat dikatakan bahwa ME bisa menjadi sub bagian dari tanggung jawab ahli sipil. Namun, tergantung dari proyek yang dikerjakan. Bisa saja keduanya menjadi satu kesatuan atau dipisahkan menjadi dua proyek berbeda.

Dilihat dari tugas ahli sipil, terlihat bahwa Kontraktor mekanikal elektrikal dan ahli sipil memiliki tugas serta tanggung jawab berbeda. Ahli sipil dapat mencakup ME di dalamnya sedangkan ME tidak mencakup tugas ahli sipil di dalamnya.

ME memiliki cakupan lebih kecil dan fokus pada beberapa bagian saja sedangkan ahli sipil mengambil tanggung jawab lebih besar, yakni keseluruhan proyek.

 

Lingkup Kerja Kontraktor Mekanikal Elektrikal

kontraktor mekanikal elektrikal

Kalau dilihat dari ruang lingkup tugas serta tanggung jawab ME, maka seperti yang disebutkan di atas bahwa ME punya ruang tanggung jawab lebih sempit. Sebab hanya mengerjakan bagian tertentu saja, yaitu pekerjaan berkaitan mekanik dan elektrik.

Kesimpulannya, ruang lingkup pekerjaan dari kontraktor ME lebih sempit dibandingkan ahli sipil dan bisa berada dalam lingkup pekerjaan ahli sipil. Namun, biasanya berada pada sub-kontraktor sehingga bertanggung jawab sendiri pada pekerjaannya.

Singkatnya kontraktor mekanikal elektrikal hanya bertanggung jawab pada pemasangan peralatan kelistrikan, pemipaan, pemasangan mesin, sound system, dan instalasi AC serta lift juga CCTV.

Sedangkan urusan pondasi, rangka, desain ruangan, dan lainnya bukan termasuk dalam ruang lingkup ME. Melainkan menjadi tanggung jawab ahli sipil maupun arsitek dalam pengerjaannya.

ME merupakan satu kesatuan, tapi jika dijabarkan dalam lingkup pekerjaan masing-masing, maka mekanikal akan berhubungan dengan alat mesin besar. Sebagai contoh pemasangan lift maupun eskalator dalam gedung, pemasangan pompa air, dan penunjang lainnya.

Untuk elektrikan merupakan pekerjaan yang mencakup instalasi listrik, seperti panel TM dan transformer, kabel daya tenaga rendah, menengah maupun tinggi. Juga panel distribusi box, kabel daya listrik, armature lampu penerangan sakelar, sistem penangkal petir, dan lainnya.

Biasanya dalam pekerjaan ME tidak mengandalkan satu orang melainkan satu tim tenaga ahli dalam pengerjaan setiap bagiannya. Kemudian akan ada kepala tim menjadi penanggung jawab dari pekerjaan yang dilakukan.

Umumnya, pekerjaan ME untuk gedung terutama dengan pekerjaan rumit dilakukan oleh tenaga profesional dan berpengalaman.

 

Biaya Pekerjaan Kontraktor Mekanikal Elektrikal

Perkiraan biaya pekerjaan instalasi ME sangat tergantung dengan banyaknya pemasangan yang dibutuhkan, berapa luas bangunan, dan ruangan mana saja harus diinstalasi. Selain itu, juga dipertimbangkan tingkat kesulitannya.

Misalnya pada pekerjaan instalasi air akan dihitung biaya pemasangan pipa per meter. Setiap kontraktor mekanikal elektrikal biasanya menentukan tarif mereka sendiri. Sebagai contoh untuk pemasangan pipa PVC ½ inchi dikenakan biaya IDR 42.000 per meter.

Apabila dibutuhkan 10 meter maka dikalikan angka IDR 42.000. Lain lagi dengan pipa PVC 2 inci dibutuhkan biaya IDR 67.000 per meter. Karena adanya perbedaan harga ini, Anda harus menghitung dengan benar berapa jarak yang dibutuhkan dan ukuran pipanya.

Kontraktor ME juga bisa mengerjakan penggalian sumur resapan dengan panjang, lebar, dan kedalaman berbeda. Sebagai contoh resapan kap. 1,5 meter kubik dengan harga IDR 4,5 juta per unit.

Pembuatan bak septictank kap. 4 meter kubik dengan rembesan 2x1x2 berbiaya sebesar IDR 12 juta atau disesuaikan dengan lokasi masing-masing. Kemudian pemasangan pompa air mulai dari IDR 200 ribu.

Untuk pekerjaan instalasi listrik juga akan dihitung per panjang kabel dan tergantung jenis kabel, sebagai contoh pemasangan instalasi supply kabel NYY 4×10 mm2 adalah sebesar IDR 90 ribu.

Namun, besaran biaya dapat berubah-ubah sesuai dengan kontraktor dan wilayah pekerjaan. Jadi, jika Anda hendak menyewa jasa kontraktor ME sebaiknya bicarakan masalah biaya di awal dan buatlah perjanjian kontrak kerja terlebih dahulu.

 

Cara Memilih Layanan Kontraktor Mekanikal Elektrikal

Kontraktor Elektrikal Berpengalaman Jakarta

Dalam memilih jalas kontraktor ME bukan hanya melihat dari biaya yang dikenakan saja, tapi juga ada beberapa pertimbangan lainnya. Agar dapat memilih penyedia jasa terbaik, sebaiknya perhatikan dan pertimbangkan beberapa hal berikut ini:

1. Reputasi

Hal pertama yang penting diperhatikan adalah reputasi dari kontraktor ME. Karena sekarang ada banyak perusahaan ataupun jasa layanan yang menawarkan instalasi ME di Indonesia.

Di masing-masing wilayah biasanya sudah ada perusahaan beroperasi sehingga tidak sulit menemukannya. Bahkan Anda dapat mencari melalui media internet. Karena mudah dicari dan banyak yang menawarkan jasa, seringkali membuat Anda bingung.

Oleh sebab itu, sebaiknya pilihan pertama dijatuhkan pada pemberi layanan dengan reputasi baik, terutama punya pengalaman mengerjakan berbagai jenis pekerjaan ME. Karena sudah ada jaminan bagaimana kinerjanya saat diberi tanggung jawab.

 

2. Tenaga Kerja

Kontraktor mekanikal elektrikal yang baik dan terpercaya salah satu cirinya adalah memiliki tenaga kerja berpengalaman. Pengerjaan instalasi pada bangunan, baik pemipaan, kelistrikan, maupun berhubungan dengan mesin tidak dikerjakan sendiri.

Pengerjaan pekerjaan semacam ini biasanya dilakukan oleh beberapa orang atau satu tim dengan satu penanggung jawab. Agar pekerjaan cepat selesai dan minim kesalahan diperlukan tenaga kerja berpengalaman.

Oleh sebab itu, salah satu syarat dalam memilih jasa layanan ME adalah memastikan bahwa penyedia jasa sudah memiliki tenaga kerja berpengalaman atau paling tidak dipimpin oleh ketua tim berpengalaman.

 

3. Ketersediaan Alat

Pertimbangan selanjutnya adalah dari segi kelengkapan alat, sebab pekerjaan ME sangat berkaitan dengan penggunaan alat. Jika kontraktor mekanikal elektrikal tidak memiliki alat yang lengkap, maka akan menghambat pekerjaan.

Bahkan sangat besar kemungkinan kontraktor tersebut tidak akan bisa menyelesaikan pekerjaannya apabila tidak memiliki peralatan pendukung. Sebagai contoh penggalian sumur resapan membutuhkan bor.

Ketika kelengkapan alat tidak dimiliki dan kontraktor mengatakan tidak bisa mengerjakan pekerjaan tersebut, maka pekerjaan menjadi terbengkalai sehingga membuat pekerjaan molor dari waktu ditentukan.

Akibatnya, bisa menghambat pekerjaan lainnya dan membuat kerugian bagi proyek konstruksi.

 

4. Mudah Dihubungi

Pertimbangan berikutnya adalah dari segi tingkat kemudahan untuk dihubungi, terutama ketika Anda membutuhkan update dari pekerjaan yang sudah dilakukan.

Anda mungkin tidak bisa meninjau lokasi secara berkala sehingga membutuhkan update, baik melalui telepon, video call, maupun rekaman pekerjaan. Jadi, paling baik agar memilih kontraktor yang mau dan bisa dihubungi kapan saja.

Selain itu, Anda juga akan mudah membicarakan berbagai hal terkait pekerjaan, misalnya ada bagian yang perlu ditambahkan atau diperbaiki.

 

5. Memerhatikan Keamanan Kerja

Pekerjaan kontraktor mekanikal elektrikal sangat rawan sengatan listrik, semburan api, dan bahaya lainnya, karena berhubungan kelistrikan, mesin, dan pemasangan instalasi yang berkaitan dengan las.

Oleh sebab itu, keamanan dalam pekerjaan segi keamanan sangat penting untuk diperhatikan. Pastikan memilih kontraktor yang mengetahui dan peduli pada keselamatan kerja ini sehingga risiko kecelakaan kerja dapat diminimalkan.

Kecelakaan kerja bukan hanya akan menghambat pekerjaan dan membuat waktu penyelesaian bertambah. Namun, juga berisiko penghentian pekerjaan, bahkan apabila kecelakaan besar terjadi ada kemungkinan proyek bisa dihentikan.

Jika hal ini terjadi, maka Anda sebagai pemilik gedung yang akan mengalami kerugian terbesar.

 

Rekomendasi Kontraktor Mekanikal Elektrikal Terbaik

Sebagai negara berkembang, pembangunan di berbagai wilayah Indonesia saat ini masih terus dilakukan. Bukan hanya pembangunan jalan, tapi juga berbagai bangunan serta gedung. Mulai dari perumahan hingga gedung pencakar langit.

Seua jenis bangunan terutama berukuran besar memerlukan jasa kontraktor untuk membangunnya. Baik ahli sipil hingga kontraktor ME sehingga sangat wajar apabila banyak orang yang menawarkan jasa untuk proyek-proyek tersebut.

Kami sudah memberikan beberapa tips dalam memilih jasa kontraktor mekanikal elektrikal, terutama harus yang berkualitas, berpengalaman, ahli, memilih peralatan lengkap, mudah dihubungi serta selalu memerhatikan keselamatan kerja.

Dari sekian banyak perusahaan yang menawarkan jasa, Anda perlu jeli dalam memilih, terutama pastikan memilih jasa dengan pelayanan luas dan lengkap. Seperti yang ditawarkan Mikmar Gracindo.

Kontraktor ME satu ini memiliki pengalaman mengerjakan berbagai instalasi elektrikal maupun mekanikal. Mulai dari pengkabelan, jaringan pencahayaan, pemipaan, pemasangan pompa, hingga pembangunan sumur resapan dan septictank.

Jadi, apapun jenis pekerjaan berkaitan ME dapat dilakukan dengan baik dan sesuai standar Indonesia. Sehingga bangunan dapat berfungsi sesuai tujuan pembangunan.

Nah, sekarang Anda mengerti bahwa kontraktor sipil dan ME merupakan dua jenis berbeda dengan tanggung jawab pekerjaan masing-masing. Keduanya membentuk komponen yang akan membuat pembangunan bangunan maupun gedung sempurna.

Jika Anda membutuhkan jasa instalasi ME, jangan ragu untuk menghubungi Mikmar Gracindo. Sebagai kontraktor mekanikal elektrikal Mikmar Grancindo sudah berpengalaman menangani berbagai pekerjaan, silakan hubungi kami melalui WA.

Mikmar Gracindo menyedikan layanan Panel Listrik Schneder, Low Voltage (LV) Panel, Medium Voltage (MV) Panel, Trafo Step Up, Trafo Step Down, Genset Control Panel, Lighting Panel dan panel listrik lainnya dapat menghubungi Mikmar Gracindo.

Baca juga : Kontraktor Listrik Terbaik Tangerang