Apakah Anda sedang memerlukan informasi perusahaan transformator Jakarta? Transformator atau trafo merupakan perangkat elektronika yang cukup penting dalam dunia instalasi listrik. Sehingga perlu mengetahui jenis-jenisnya sebelum membeli.

Trafo sendiri biasa dipakai untuk mengubah level tegangan AC ke level yang berbeda. Biasanya tujuannya ialah untuk meningkatkan atau mengurangi tegangan. Sementara prinsip kerjanya didasarkan pada induksi elektromagnetik.

Setiap jenis dari perangkat elektronika tersebut mempunyai fungsi tersendiri. Anda perlu menyesuaikan jenisnya dengan keperluan. Jangan sampai salah membeli jenis produk karena kurang mengenali perbedaannya.

 

Jenis Trafo dari Perusahaan Transformator Jakarta

perusahaan transformator Jakarta

Transformator mempunyai peran besar dalam proses distribusi listrik, baik pada sebuah pabrik maupun perumahan. Untuk memperoleh fungsi produk secara tepat, Anda perlu melakukan pembelian sesuai dengan jenisnya berikut ini.

1. Step Up

Pertama ada jenis trafo step up yang umum dijumpai pada perusahaan transformator Jakarta. Jenis step up biasanya diaplikasikan pada rangkaian pembangkit tegangan.

Contohnya penerapannya ialah trafo inverter monitor LCD dan inverter TV. Sementara ketika diterapkan pada pembangkit listrik, transformator tipe ini dipakai sebagai penghubung trafo generator ke grid.

Fungsi produk dari perusahaan transformator Jakarta ini ialah untuk menaikkan tegangan. Biasanya juga dipakai dalam proses penaikan tegangan AC. Alat ini memang banyak digunakan dalam berbagai keperluan.

Nilai tegangannya pada tipe ini didasarkan pada jumlah belitan di sisi primer dan sekunder. Jumlah belitan primer wajib lebih sedikit jika dibandingkan dengan sisi sekunder.

Komponen tegangan sekunder diubah ke dalam bentuk tegangan keluaran yang lebih tinggi. Hal tersebut bisa ditingkatkan dengan menaikkan kecepatan pada kumparan sekunder. Hasilnya, kecepatan kumparan primer lebih rendah.

 

2. Step Down

Supplier Trafo Step Down Jakarta

Trafo step down juga mudah ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Biasanya tersedia di perusahaan transformator Jakarta maupun toko alat elektronik. Contohnya saja trafo 1A, 2A, 3A, 5A dan lain sebagainya.

Jenis ini menerapkan rasio jumlah putaran kumparan primer jauh lebih besar dibandingkan dengan jumlah putaran kumparan sekunder. Jika jenis step up berguna untuk menaikkan, step down justru berfungsi menurunkan tegangan listrik.

Jenis ini dipakai untuk mengubah jaringan bertegangan rendah sehingga bisa dipakai untuk peralatan rumah tangga. Alat ini dapat dijumpai pada peralatan listrik rumah tangga seperti power amplifier, speaker aktif, dan lainnya.

Contoh pemakaian produk tipe ini ialah pada kulkas. Tujuannya ialah mengatur tegangan supaya listrik tidak padam tatkala kulkas dioperasikan untuk pertama kalinya.

Nilai tegangannya sendiri didasarkan pada jumlah belitan di sisi primer dan sekunder. Jumlah belitan primer wajib lebih banyak jika dibandingkan dengan sisi sekunder.

 

3. Isolasi

Mungkin kebanyakan orang lebih familier dengan fungsi trafo untuk mengubah tegangan. Akan tetapi, tipe isolasi justru dipakai untuk mengisolasi tegangan tanpa ada maksud menaikkan atau menurunkannya.

Trafo isolasi kerap diaplikasikan pada rangkaian inverter, yakni rangkaian untuk mengubah tegangan DC menjadi tegangan AC dengan besar tegangan yang sama. Anda tahu bukan jika perusahaan transformator Jakarta menyediakan kumparan primer dan sekunder?

Lilitan primer dan sekunder di dalam trafo isolasi jumlahnya sama. Sebab, prinsip kerjanya yang bertujuan mengisolasi tegangan tanpa menaikkan atau menurunkan tegangan. Sementara tipe step up atau step down jumlah kumparan primer dan sekunder berbeda.

Transformator tidak mempunyai hubungan listrik antara primer dan sekunder. Alat ini dapat dipakai sebagai penghalang isolasi dimana konduksi hanya mampu berlangsung dengan adanya fluks magnet. Biasanya digunakan dengan tujuan keamanan.

 

4. CT dan Non CT

CT dan Non CT

Perusahaan transformator Jakarta juga menyediakan produk yang berguna dalam pembuatan rangkaian power supply. Terdapat dua jenis produk yang dapat dipakai, yakni jenis CT dan Non CT.

Trafo CT berfungsi dalam menciptakan rangkaian power supply simetris gelombang penuh seperti yang umum dipakai untuk amplifier sekarang ini. Amplifier di zaman sekarang menggunakan kutub positif, netral dan negatif.

Sementara jenis Non CT mempunyai fungsi berlawanan. Yakni digunakan untuk power supply Non simetris. Power supply Non simetris ialah power supply yang hanya memiliki kutub positif dan kutub negatif.

 

5. Daya

Trafo daya yang mungkin disediakan oleh perusahaan transformator Jakarta umum diaplikasikan dalam stasiun pembangkit listrik dan gardu transmisi. Biasanya difokuskan pada transfer energi listrik.

Dalam proses transfer energi listrik ke gardu induk, transformator menjadi jembatan antara pembangkit listrik dengan jaringan distribusi primer. Biasanya jenis ini mempunyai tingkat insulasi tinggi.

Jenis daya ini mempunyai ukuran alat yang besar dan umumnya digunakan dalam aplikasi transfer daya tinggi. Daya tinggi tersebut dapat mencapai angka 33 Kilo Volt.

Sebab dipakai untuk mengalirkan daya tinggi, konstruksi transformator perlu diperhatikan dengan serius. Konstruksinya meliputi periferal isolasi yang solid dan sistem pendingin seimbang. Biasanya alat tersebut didinginkan memakai oli.

Prinsip dari transformator daya ialah mengubah arus tinggi tegangan rendah menjadi arus rendah tegangan tinggi. Tujuannya ialah menurunkan kerugian daya dalam sistem distribusi energi listrik.

 

6. Distribusi

Jika Anda menjumpai jenis trafo distribusi di perusahaan transformator Jakarta, fungsinya sesuai dengan namanya. Yakni berguna untuk mendistribusikan energi listrik dari pembangkit listrik ke perumahan atau kawasan industri.

Seperti yang Anda tahu, pada pembangkit listrik, tegangan perlu dinaikkan supaya dapat didistribusikan secara lancar. Kemudian, tatkala hendak disalurkan ke perumahan atau pabrik perlu diturunkan sesuai dengan keperluan tujuannya.

Alat ini juga dapat diandalkan tatkala hendak mendistribusikan daya dari pembangkit listrik ke lokasi terpencil. Transformator tipe ini dipakai untuk menyalurkan energi listrik di tegangan rendah kurang dari 33KV.

Alat tipe ini mampu beroperasi dalam efisiensi rendah sekitar 50 sampai 70%. Ukuran alatnya sendiri terbilang kecil sehingga instalasi lebih mudah. Kemudian mempunyai keunggulan pada hal kerugian magnetik yang rendah.

Transformator distribusi bisa dikategorikan dalam dua jenis berdasarkan insulasi yang dipakai. Yakni insulasi tipe kering dan tipe cairan. Sementara penempatannya dapat ditetapkan pada ruang bawah tanah, bantalan beton maupun di kotak baja tertutup.

 

7. PLN

Jenis produk dari perusahaan transformator Jakarta ini begitu dibutuhkan oleh penyedia listrik paling besar di tanah air. Alat ini mempunyai cukup banyak fungsi. Mulai dari menaikkan daya, menurunkan daya dan lain sebagainya.

 

8. Arus

Trafo arus berguna dalam mengonversi arus primer yang mempunyai nilai arus besar. Secara umum, nilai arus berada dalam rentang angka ribuan ampere. Lantas dapat dikonversi menjadi arus sekunder rendah yakni 1A atau 5A berdasarkan keperluan.

 

9. AutoTransformator

Biasanya transformator mempunyai dua lilitan, yakni lilitan primer dan sekunder. Sementara AutoTransformator hanya mempunyai satu jumlah lilitan. Sebagian lilitan primer di dalamnya juga disebut sebagai lilitan sekunder.

Lilitan sekunder senantiasa menghadap ke arus primer. Ketika mengaplikasikan AutoTransformator, Anda akan memperoleh keuntungan berupa bentuk kecil dan performa bagus.

Jika Anda memerlukan transformator di daerah Jakarta, cukup hubungi kami, Mikmar Gracindo. Kami menyediakan beragam jenis transformator berkualitas. Hubungi saja di website mikmargracindo.com atau nomor 08118847345.

Untuk menikmati energi listrik, diperlukan alat bernama transformator. Alat tersebut terbagi atas beberapa jenis. Untuk mendapatkan jenis yang sesuai keperluan, bisa konsultasi terlebih dahulu dengan perusahaan transformator Jakarta.

 

Mikmar Gracindo menyedikan layanan Panel Listrik Schneder, Low Voltage (LV) Panel, Medium Voltage (MV) Panel, Trafo Step Up, Trafo Step Down, Genset Control Panel, Lighting Panel dan panel listrik lainnya dapat menghubungi Mikmar Gracindo.