Treatment trafo merupakan proses pemurnian minyak dengan sebuah alat, namanya adalah Transformer Oli Purification Plant. Hal ini memang harus dilakukan bahkan, beberapa teknisi sudah menjadwalkannya agar rutin dilakukan.

Apa yang dilakukan ini disebut juga dengan purifikasi. Tujuan utamanya adalah menghilangkan, hingga mengurangi kontaminasi berbagai partikel yang mengandung air, serta berbagai zat lainnya. Agar tidak merusak fungsinya.

Penggunaan oli trafo ini sendiri juga sangat penting sebagai salah satu pendingin. Jadi, saat digunakan bisa berjalan dengan baik, menghindari kondisi panas sehingga, terjadi kerusakan baik ringan sampai parah.

 

Berbagai Jenis Treatment Trafo

panel trafo

Bukan hanya sebagai pendingin saja, treatment ini juga punya beberapa jenis termasuk fungsinya. Maka dari itu, agar dalam melakukan perawatan ini tidak salah, kami akan sampaikan jenisnya.

Pertama ada regeneration oil trafo, yaitu sebuah proses ekstra yang dilakukan ketika kondisi oli tersebut sudah lama memakainya. Bisa juga saat di kondisi sekitar terdapat banyak debu dan kotoran.

Dengan begini, akan mempengaruhi kinerja dari trafo itu sendiri. Sebenarnya, sudah ada filter berupa silica gel sayangnya, tidak bisa memenuhi. Maka dari itu, perlu adanya filtrasi berupa si02 dan AL203.

Bukan hanya itu saja, treatment trafo berdasarkan proses jenisnya, juga mempunyai beberapa fungsi yang memang dibutuhkan, apa saja itu? Mari simak kembali pembahasannya di bawah ini

1. Filtrasi

Jenis treatment yang dilakukan pertama merupakan proses filtrasi. Tujuannya adalah menyaring beberapa debu dan kotoran, kemungkinan masuk saat pemakaian berlangsung. Filtrasi ini berupa proses penyaringan dari berbagai partikel halus.

Biasanya masuk ke dalam oli sehingga fungsinya sebagai pendingin tidak mampu bekerja dengan baik. Maka dari itu, dalam melakukan prosesnya akan memisahkan dulu antara air dan oli.

Harapannya mampu menyerap kelembapan yang terjadi akibat kandungan air terlalu banyak. Dalam jenis treatment trafo ini memakai magnet filtrasion. Tujuannya adalah menghilangkan kandungan oksida serta berbagai material magnetik.

 

2. Vacuum Dehydration Oil Trafo

Berikutnya adalah Vacuum Dehydration Oil Trafo di mana dalam proses ini tekanan pada oli akan diturunkan, sehingga penguapan air lebih cepat terjadi. Caranya adalah adanya pemanasan sampai 60 derajat celcius.

Dengan begini kandungannya akan terkuras. Poin utama agar Vacuum Dehydriation oil trafo dapat berjalan lancar adalah suhu pemanasan. Usahakan jangan terlalu tinggi, karena bisa berpotensi merusak oli.

Maka dari melakukan jenis treatment trafo ini memang disarankan sesuai standar prosedur saja yaitu di angka 60 derajat celcius. Agar berjalan lancar dan kemampuan untuk menjadi pendingin bisa efektif kembali.

 

Jenis Oli Modern Saat Ini

Saat ini sudah banyak perusahaan yang mengeluarkan produk tersebut. Biasanya mereka memakai jenis ASTM D3487, merupakan sebuah oil mineral. Di mana mempunyai 2 tipe berbeda yaitu.

1. Tipe 1

Dalam tipe ini dapat digunakan untuk peralatan yang tidak memerlukan kemampuan membersihkan karat. Sayangnya, zat penghambatnya hanya sedikit yaitu 0,08 persen saja. bagaimana dengan lainnya?

2. Tipe 2

Ada lagi tipe 2, dimanfaatkan untuk perlindungan lebih dan membutuhkan kemampuan ekstra terutama, terhadap oksidasi. Kandungannya kurang lebih 0,3% inhibitor oksidan, suhu penguapannya mencapai 294,99 F, tidak heran ketahanannya terjaga.

Dalam treatment trafo penggunaan oil ini memang perlu diperhatikan, tetapi di zaman modern seperti ini, semua kandungannya sudah disesuaikan. Maka dari itu, Anda dapat memilih bebas hanya saja perhatikan voltage insulation.

Menurut pengertiannya Voltage insulation ini adalah pengukuran ketahanan terhadap sebuah resistan dari isolasi pembungkusnya. Jika terlalu tinggi akan menimbulkan kerusakan atau kabel listrik sehingga mengakibatkan kebocoran

 

Mengenal Tujuan dari Purifikasi Trafo

harga trafo untuk perusahaan

Penghantar listrik tidak akan lepas dari beberapa komponen. Andai saja berjalan dengan baik, maka, hasilnya juga akan mengikuti. Salah satu yang harus dijaga adalah trafo karena fungsinya sendiri sebagai pengantar.

Ketika mengantarkan arus ke seluruh tempat, maka diperlukan beberapa komponen lagi agar kinerjanya bisa maksimal. Sebagai contoh mobil, supaya mesin dapat hidup dan digunakan untuk perjalanan jauh, harus sehat dulu.

Supaya mesin sehat dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya oli dan air radiator serta masih banyak lagi. Semuanya harus di cek, bahkan perlu ada penggantian sehingga, mesin tersebut dapat maksimal.

Kondisi tersebut tidak jauh berbeda dengan trafo. Harus ada sesuatu untuk menjaga serta merawatnya. Karena, kandungan di dalam bila dibiarkan begitu saja, justru merusak dan menyebabkan kebocoran.

Maka dari itu perlu adanya treatment trafo, bukan hanya membuatnya semakin bagus dan baik. Tetapi, langkah ini mampu memperpanjang usianya lebih panjang. Bagi industri, langkah semacam ini sangat penting.

Dapat digunakan sebagai salah satu upaya menekan anggaran. Karena, perannya sendiri cukup penting, pengaruhnya adalah total daya listrik. Ditengah penggunaan mesin begitu besar, dayanya memang harus tinggi juga.

Maka dari itu, Anda pelu memperhatikan treatment trafo ini sebagai salah satu perawatan, agar hasilnya bisa maksimal dan awet digunakan beberapa tahun. Untuk melakukan Purifikasi ini juga ada aturannya.

 

Tips Melakukan Treatment yang Benar

Supplier Trafo untuk Pabrik

Perhatian khusus untuk trafo ini menjadi upaya keselamatan yang wajib dipikirkan oleh perusahaan. Maka dari itu, perlu adanya teknisi khusus atau bekerja sama dengan kontraktor berpengalaman.

Karena, melakukan purifikasi seperti ini sudah ada perhitungan periodenya sendiri. Semuanya akan dilihat sesuai dengan kebutuhan serta kondisinya. Lalu, purifikasi trafo berapa tahun sekali agar kemampuannya bisa maksimal.

Walaupun melihat bagaimana penggunaannya, namun disarankan sekitar 2 sampai 3 tahun. Ini untuk jenis baru, setidaknya Anda baru beli belum genap 10 tahun. Lalu, bagaimana kalau sudah lebih dari itu?

Tips treatment trafo disarankan selama 1 tahun sekali, mengapa? Kemampuannya sudah menurun, maka dari itu perlu adanya perhatian khusus, andai saja beberapa komponen meminta untuk diganti.

Berikutnya, dalam melakukan purifikasi ini dapat dilakukan dengan dua metode yaitu secara online. Jadi, dapat dilakukan dalam keadaan hidup atau mesin masih hidup. Bisa juga secara offline.

Ketika ada kebocoran oli atau memerlukan pergantian dan perhatian khusus, maka keadaannya harus mati. Biasanya proses melakukan purifikasi ini selama kurang lebih 3 jam lamanya. Sumber listriknya dialihkan ke genset.

 

Kontraktor Terbaik untuk Treatment

Mikmar Gracindo Logo

Memahami bagaimana proses dari treatment trafo ini memang sangat penting. Jika, teknisi Anda belum dilengkapi dengan pengalaman tersebut, saran kami jangan pernah melakukannya. Serahkan saja kepada ahlinya.

Maka dari itu, Anda perlu membeli sebuah kebutuhan listrik untuk perusahaan di Mikmar Gracindo, perusahaan kontraktor yang sudah berpengalaman. Mempunyai berbagai produk berkualitas dan didukung oleh tenaga berpengalaman. Termasuk dalam melakukan treatment trafo. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat hubungi kami via WA.

Semua pertanyaan mengenai treatment atau harga panel dan lainnya akan di jawab oleh customer service kami. Termasuk bagaimana cara pengiriman dan lain sebagainya. Konsultasikan dulu agar kami paham kebutuhan Anda.

Trafo merupakan komponen penting yang tidak boleh diremehkan. Sebagai salah satu bentuk perawatan, Anda harus memaksimalkan melakukan treatment trafo, Jika bingung langsung hubungi Mikmar Gracindo sekarang juga.

 

Mikmar Gracindo menyedikan layanan Panel Listrik Schneder, Low Voltage (LV) Panel, Medium Voltage (MV) Panel, Trafo Step Up, Trafo Step Down, Genset Control Panel, Lighting Panel dan panel listrik lainnya dapat menghubungi Mikmar Gracindo.

 

Baca juga: Jual Trafo Distribusi Schneider Jakarta