Ada banyak jenis trafo listrik perumahan dan tidak semua orang mampu memasangnya dengan baik. Hal ini karena transformator sama juga dengan komponen elektronik lainnya, di mana memiliki tata cara pemasangan khusus, tidak boleh asal atau sembarangan.

Bila sembarangan dipasang, akan menyebabkan trafo mudah mengalami kerusakan. Jadi, bila Anda memang tidak benar-benar bisa melakukan pemasangan sebaiknya meminta bantuan jasa pasang profesional saja.

Karena tidak semua jasa berkualitas dan dapat dipercaya, Anda perlu cermat dalam memilih. Ketika memilih, simak beberapa tips yang akan diuraikan pada pembahasan berikut. Tapi, sebelum itu ketahui materi atau hal-hal mengenai trafo terlebih dahulu.

Membahas Sekilas tentang Trafo dan Fungsinya

Supplier Step Down Trafo untuk Perusahaan

Trafo atau transformator merupakan alat statis pengubah daya listrik dari satu sirkuit ke lainnya tanpa ada bagian yang bergerak. Lalu, apa fungsi dari trafo? Fungsinya sebagai penambah atau penurun level tegangan antar rangkaian, menyesuaikan kebutuhan mesin terkait.

Di dunia kelistrikan, trafo listrik rumah memiliki peranan penting dalam pengendalian tegangan. Misalnya ingin menurunkan tegangan senilai 220 V menjadi 20 V, maka diperlukan perangkat tambahan berupa transformator.

Atau mungkin ingin menaikkan tegangan dari 110 V menjadi 220 V. Komponen ini hanya bisa ditemukan pada setiap energi listrik yang memakai arus AC atau bolak-balik. Trafo mempunyai dua atau lebih kumparan yang melilit inti besi.

Fungsinya sebagai penguat medan magnet. Komponen ini merupakan perangkat yang menjadi perantara masuknya suplai listrik dari sumber menuju beban. Harapan dari pemakaian transformator ini, daya listrik yang dialirkan bisa stabil dalam kurun waktu lama bagi beban.

 

Inilah Contoh Peralatan yang Menunjukkan Fungsi Trafo

Sebenarnya ada banyak contoh peralatan pendukung aktivitas sehari-hari yang menunjukkan fungsi trafo listrik rumah. Tapi, banyak orang yang tidak menyadarinya. Untuk fungsi pertama, yaitu menaikkan tegangan listrik.

Beberapa contoh peralatan yang menerapkan fungsi ini yaitu televisi, kulkas dan komputer. Mengenai hal ini bisa dibuktikan dengan dialaminya black out oleh peralatan tersebut selama beberapa saat atau sepersekian detik.

Kondisi tersebut merupakan efek dari trafo step up atau penaik tegangan sedang bekerja. Sedangkan untuk peralatan yang menerapkan fungsi penurun tegangan, salah satu contohnya charger handphone.

Ketika Anda mengecas handphone, trafo listrik rumah sebagai penurun tegangan akan mulai aktif. Atau mengecas perangkat elektronik lainnya, seperti baterai kamera. Jadi, baik sebagai penaik atau penurun tegangan, keduanya memiliki peran yang sangat penting.

Peralatan lainnya yang memakai transformator penurun tegangan atau step down dan sering dijumpai adalah catu daya atau power supply. Dari tegangan 220 V, akan diubah menjadi beberapa tegangan AC dengan nilai lebih kecil, mulai dari 2 V hingga 12 V.

 

Alasan Mengapa Alat Listrik Membutuhkan Trafo

Jasa Pemasangan Trafo Step Up

Bagi orang awam, biasanya yang muncul dalam benak adalah pertanyaan kenapa alat alat listrik memerlukan transformator? Karena, bila alat elektronik dipasang tanpa trafo menyebabkannya rusak atau terbakar.

Penjelasannya, transformator tersebut berperan menurunkan tegangan listrik dari PLN sebesar 220 V menjadi lebih rendah menyesuaikan kebutuhan. Sebelum masuk ke rangkaian elektronika alat, tegangan sebesar 220 V harus dihubungkan dengan trafo terlebih dahulu.

Jenis trafo listrik rumah yang digunakan tepatnya adalah step down. Jadi, perlu diturunkan terlebih dahulu sebelum dipakai, misalnya untuk kebutuhan peralatan listrik sebesar 22 V. Bila alat listrik tersebut langsung dihubungkan dengan PLN akan membuatnya terbakar dan rusak.

Sedangkan bila dipasang step down terlebih dahulu sebagai pengubah tegangan 220 V menjadi 22 V, kerusakan pada alat bisa dicegah. Penting diingat bahwa setiap perangkat listrik kebutuhan tegangannya berbeda-beda, tidak selalu tinggi, sehingga perlu untuk diperhatikan.

 

Beberapa Jenis Trafo serta Penjelasannya Masing-masing

Ketika dicermati, ada banyak jenis trafo yang akan kita temukan dipasaran. Komponen untuk perangkat besar dan kecil tentu berbeda mengingat fungsinya tidak sama. Inilah beberapa jenis trafo dan penjelasannya yang penting dipahami sebelum membeli:

1. Step Up dan Step Down

Jenis pertama adalah trafo listrik rumah step up dan step down. Sebelumnya sudah disinggung sedikit mengenai varian ini, yaitu sebagai penaik dan penurun tegangan. Transformator step up fungsinya menaikkan tegangan.

Varian ini sering dipakai pada pembangkit tenaga listrik. Step up memerlukan lilitan sekunder dengan jumlah lebih banyak bila dibandingkan lilitan primer. Hal ini relevan dengan fungsinya sebagai penaik tegangan.

Sedangkan trafo step down berfungsi sebaliknya, yaitu sebagai penurun tegangan. Jumlah lilitan sekundernya lebih sedikit bila dibandingkan dengan lilitan primer. Adaptor AC-DC biasanya akan menggunakan komponen jenis step down.

2. Switching

Jenis trafo listrik rumah berikutnya adalah switching. Transformator jenis ini biasanya dipakai untuk teknologi switching power supply. Alat elektronika modern seperti DVD player, PSU komputer, printer dan lain-lain juga memakai varian ini.

3. Frekuensi

Transformator frekuensi terbagi ke dalam tiga kelompok, yaitu rendah, menengah dan tinggi. Varian frekuensi rendah bekerja pada angka 20 Hz hingga 20 KHz atau lebih selama masih terjangkau. Biasanya jenis ini memakai inti besi lunak, seperti trafo adaptor dan I/O.

Berikutnya frekuensi menengah atau IF (Intermediate Frequency) yang bekerja pada angka 455 KHz hingga 10,7 MHz. Varian ini banyak dipakai pada radia penerima AM/FM. Bagian lilitan primer dan sekundernya sudah diparalel dengan kapasitor khusus.

Terakhir, trafo listrik rumah frekuensi tinggi yang banyak dipakai untuk kebutuhan pembangkit frekuensi atau osilator, flyback rangkaian TV tabung serta lilitan resonansi. Istilah lainnya adalah spul osilator.

4. Autotransformator

Jenis autotransformator hanya mempunyai satu lilitan saja. Jadi, lilitan yang sama berperan sebagai sisi primer dan sekunder. Fasa arus lilitan sekunder dalam komponen ini selalu berlawanan dengan arus primer.

5. Pulsa

Trafo listrik rumah varian pulsa di desain khusus supaya mengeluarkan gelombang pulsa. Varian ini memakai jenis bahan material cepat jenuh. Jadi, sesudah arus primer mencapai titik tertentu, bagian fluks magnet akan berhenti berubah.

6. Isolasi

Jenis terakhir adalah transformator isolasi, di mana jumlah lilitan primer dan sekundernya sama. Jadi, tegangan antara sekunder dan primernya sama. Fungsi komponen jenis ini yaitu sebagai pemisah beban listrik dari sumbernya.

Baca juga : Perusahaan Penyedia Trafo Step Down

 

Memahami Cara Kerja Trafo Berdasarkan Prinsip Induksi Elektromagnetik

Transformer (Trafo)

Trafo bekerja pada prinsip sederhana industri timbal balik antara kumparan primer dan sekunder. Kumparan ini akan berperan membantu mengubah energi sebuah rangkaian menuju rangkaian lainnya.

Secara umum, bagian kumparan primer dari trafo listrik rumah menerima tegangan yang sifatnya bolak-balik. Arus yang mengikuti kumparan ini akan menghasilkan fluks. Fluks tersebut terus berganti dan berubah-ubah di sekitar kumparan primer.

Kumparan sekunder akan terhubung dengan kumparan primer karena fluks bolak-balik tersebut. Akibat dari fluks yang terus menerus mengalami perubahan, akhirnya menginduksi EMF di dalam kumparan sekunder.

Hal ini dilakukan sesuai dengan hukum induksi elektromagnetik Faraday. Menurut hukum ini, akan ada EMF yang di induksi pada bagian kumparan kedua. Bila rangkaian kumparan sekunder ditutup, akan menyebabkan arus mengalir melewatinya.

Seperti inilah prinsip kerja trafo listrik rumah. Komponen ini tidak membutuhkan bagian bergerak untuk melakukan transfer energi. Jadi, tidak ada kerugian gesekan yang berhubungan dengan mesin listrik lainnya.

 

Berbagai Hal Penyebab Trafo Listrik Mudah Rusak

Apakah Anda pernah berpikir, hal-hal apa sajakah yang bisa menyebabkan transformator listrik mudah mengalami kerusakan? Tidak bisa dipungkiri bahwa kita akan menemukan produk trafo mudah rusak dengan atau tanpa alasan jelas. Berikut ini berbagai hal penyebabnya:

1. Material Inti Kurang Berkualitas

Penyebab pertama, material penyusun bagian inti komponen kurang berkualitas. Padahal material penyusun inti ini memiliki peranan sangat penting dalam mendukung performa komponen.

Tapi bukan berarti berkualitas yang dimaksud berarti harus tebal. Trafo listrik rumah dengan bagian material inti terlalu tebal malah kurang efisien. Pemakaian material inti ini harus menyesuaikan dengan tujuan pemakaian dan kapasitas transformator.

2. Pemasangan Inti Kurang Teliti

Tidak sedikit orang bertanya-tanya, mengapa trafo berbunyi? Komponen ini bisa berbunyi bila pemasangan bagian intinya kurang rapat. Biasanya bunyi yang dihasilkan berupa degung atau getaran.

Inilah penyebab pemasangan bagian inti harus dilakukan dengan teliti. Solusi yang bisa dilakukan adalah menambahkan jumlah inti transformator supaya batas lilitan kawat dengan inti benar-benar sudah rapat.

Bukan hanya itu, pemasangan baut juga harus dipastikan kencang supaya terhindar dari munculnya getaran. Bila getaran atau degungan yang terdengar diabaikan begitu saja, bisa membuat fungsinya menjadi kurang maksimal dan mudah mengalami kerusakan.

3. Ukuran Inti Tidak Menghasilkan Daya Sesuai

Penyebab trafo listrik rumah mudah rusak selanjutnya yaitu ukuran bagian intinya tidak menghasilkan daya sesuai. Penting dipahami bahwa kapasitas serta efisiensi transformator bergantung dengan ukuran bagian intinya.

Bukan hanya sekadar ukuran kawat yang besar, tapi juga terkait maksimum daya tampung trafo. Bila komponen menanggung daya terlalu besar akan membuatnya mudah mengalami overheating dan bergetar dengan hebat.

4. Komponen Tidak Pernah Menjalani Servis

Penyebab terakhir, komponen tidak pernah di servis. Tidak berbeda dengan komponen listrik lainnya, transformator juga memerlukan maintenance secara rutin supaya kualitasnya senantiasa terjaga.

 

Penyebab Trafo Meledak dan Cara Mengatasinya

Pada momen tertentu, ditemukan trafo listrik rumah meledak. Apakah Anda sudah mengetahui penyebabnya? Transformator merupakan salah satu alat kelistrikan, sehingga tetap ada kemungkinan tiba-tiba meledak serta terbakar.

Penyebab hal ini bisa terjadi yaitu komponen utama di dalamnya, yakni bushing mengalami short circuit. Penyebab lainnya adalah bahan bakar. Bahan bakar juga bisa menyebabkan komponen ini meledak.

Bahan bakar dimaksud yaitu minyak yang memiliki fungsi sebagai pendingin dan isolasi. Jenis bahan bakar tersebut mudah terbakar. Apa yang harus dilakukan bila mendapati transformator terlanjur meledak?

Bila trafo listrik rumah meledak, segera hubungi pihak PLN. Mereka akan membantu permasalahan Anda dan segera mengganti komponen sesuai dengan prosedur aman. Sebaiknya jangan mengotak-atik komponen secara mandiri setelah terjadi ledakan.

Sebab, masih ada kemungkinan arus listrik mengalir. Hal ini bisa membahayakan keselamatan Anda sendiri serta orang lain. Jangan nekat melakukan hal-hal yang tidak diketahui daripada harus menanggung dampak lebih buruk.

 

Tips Memilih Jasa Pasang Trafo Listrik Rumah Tenaga Profesional

Logo footer

Ketika membahas tentang komponen listrik, pemasangannya antara jenis satu dengan lainnya berbeda. Baik itu komponen listrik dengan fungsi sama maupun berbeda, termasuk transformator ini.

Ketika Anda ingin memasang trafo listrik rumah, sebaiknya gunakan jasa pasang bertenaga profesional. Kecuali bila Anda memang sudah ahli di bidangnya dan benar-benar sudah paham tata cara pemasangannya.

Dari sekian banyaknya jasa pasang, tidak semuanya menjamin berkualitas. Jadi, diperlukan keselektifan dalam memilih supaya terhindar dari jasa abal-abal. Ketika memilih, terapkan beberapa tips berikut:

1. Berpengalaman

Tips pertama, pastikan jasa dipilih berpengalaman. Minimal mereka sudah menekuni bidang kelistrikan terutama dalam hal pasang trafo selama satu tahun. Lebih berpengalaman tentu akan lebih baik.

Untuk mengetahui jasa pasang trafo listrik rumah yang dipilih berpengalaman, bisa melihat rekam jejaknya. Anda bisa mempertimbangkan ulasan para pelanggan yang sudah pernah menggunakan layanan jasa tersebut.

Semakin banyak ulasan positif para pelanggan, menunjukkan bahwa jasa tersebut memang berkualitas. Bila masih kurang yakin dengan ulasan tersebut, Anda bisa mencoba untuk menanyakan sertifikat resmi keahlian kelistrikan mereka.

2. Jaminan Keselamatan serta Keamanan

Tips berikutnya, jasa pasang tersebut benar-benar menjamin keselamatan serta keamanan. Bila berhubungan dengan listrik, salah satu hal penting dan tidak boleh diabaikan adalah keamanan hasil pasang.

Bila pemasangan trafo listrik rumah tidak sesuai standar, sangat berisiko mengancam keselamatan dan keamanan. Jasa berkualitas akan selalu mengerjakan tugasnya sesuai dengan standar berlaku.

Ketika pemasangan sesuai standar, bukan hanya keselamatan dan keamanan penghuni rumah saja yang terjamin, tapi juga teknisi listriknya. Teknisi juga harus bekerja dengan mengenakan pakaian keselamatan sesuai standar dan lengkap.

Mulai dari sarung tangan khusus, sepatu yang bisa mengisolasi arus listrik hingga helm keselamatan. Bagaimanapun juga, jasa yang sangat memperhatikan keselamatan pekerjanya penting dijadikan pertimbangan untuk meminimimalisir kendala pemasangan.

3. Material Berkualitas

Ketika memilih jasa pasang trafo listrik rumah, pastikan mereka menggunakan material berkualitas. Hal ini berlaku ketika Anda bukan hanya menyewa jasa pasang, tapi pembelian berbagai komponen utama maupun pendukung juga dilakukan oleh mereka.

Jasa berkualitas akan selalu mengutamakan material dengan standar SNI. Jadi, bukan hanya pelayanan saja yang diberikan dengan prima, tapi juga pemberian material. Tidak ada salahnya Anda melakukan pengecekan terhadap komponen yang mereka bawa.

Tujuannya untuk memastikan bahwa komponen yang akan dipasang memang benar-benar berkualitas terbaik. Akan disayangkan bila ternyata materialnya berkualitas rendah. Belum lama dilakukan pemasangan tapi sudah harus diperbaiki dan diganti lagi.

Bila hal seperti ini terjadi bukannya menghemat pengeluaran malah sebaliknya. Jadi, sangat penting memperhatikan trafo listrik rumah yang dipasang sekaligus kualitas pemasangan jasa terkait.

4. Sudah Profesional di Bidangnya

Pilih jasa yang memang sudah profesional di bidangnya. Mengenai hal ini bisa diketahui dengan melihat cara mereka dalam melayani klien. Jasa profesional dalam memenuhi kebutuhan klien akan mengusahakan semaksimal mungkin.

Mereka akan bekerja dengan teliti dan penuh perhitungan alias tidak sembarangan. Sebab, salah dalam proses eksekusi pemasangan transformator, berpotensi menyebabkan dampak membahayakan terjadi.

Perhatikan juga manajemen waktu dalam pemasangan trafo listrik rumah yang dilakukan. Jasa profesional enggan mengulur waktu dan akan bekerja secara tepat serta cepat.

5. Harga Sesuai dengan Kualitas

Tips terakhir, perhatikan tarif harganya apakah sesuai dengan kualitas atau tidak. Biasanya terkait harga berhubungan dengan tingkat profesionalitas dan kualitas layanan yang diberikan.

Tapi, tidak menjamin harga jasa yang tinggi memberikan kualitas tinggi. Juga sebaliknya, tidak menjamin harga jasa murah kualitasnya rendah. Jadi, tetap harus dipilih dan di pilah supaya memperoleh jasa dengan pelayanan terbaik.

Bagi Anda yang masih bingung mencari jasa pasang transformator listrik tenaga profesional, Mikmar Gracindo adalah solusinya. Selain berpengalaman, tarif harganya juga terjangkau. Konsultasikan trafo listrik rumah yang Anda butuhkan melalui nomor WA dibawah ini.

Mikmar Gracindo menyedikan layanan Panel Listrik Schneder, Low Voltage (LV) Panel, Medium Voltage (MV) Panel, Trafo Step Up, Trafo Step Down, Genset Control Panel, Lighting Panel dan panel listrik lainnya dapat menghubungi Mikmar Gracindo.

Baca juga : Distributor Trafo Terpercaya di Jakarta