Trafo step up memiliki nama lain transformasi step up yang fungsinya sebenarnya sama dengan trafo step down. Fungsi utamanya adalah untuk mengubah tegangan yang masuk pada terminal trafo step up tersebut. Membeli ini bisa lewat supplier trafo step up Jakarta.

Semua tegangan yang masuk pada trafo step up akan diubah menjadi sistem bolak-balik di trafo. Trafo step up ini biasanya dimanfaatkan pada pembangkit listrik PLN kemudian disalurkan ke tempat tinggal penduduk. Ini sekilas tentang trafo step up lengkap.

Mengenal Pengertian dari Trafo Step Up

Banyak yang bertanya mengenai apa pengertian dari trafo step up. Secara mudahnya saja, trafo step up merupakan trafo yang fungsinya untuk menambah tegangan dari tegangan primer ke tegangan sekunder. Walaupun mengalami penambahan tegangan, untuk daya listrik dan frekuensinya tetap sama.

Hal yang menjadi ciri khas dari trafo step up adalah memiliki jumlah lilitan lebih banyak pada bagian output sekundernya. Sesuai dengan namanya, trafo step up merupakan trafo yang mampu menghasilkan tegangan lebih besar di bagian terminal outputnya dibanding pada tegangan listrik pada trafo.

Supplier trafo step up Jakarta banyak menyebutnya dengan istilah trafo penari tegangan. Trafo step up adalah trafo yang banyak digunakan dalam dunia kelistrikan. Sedangkan untuk trafo step down memiliki fungsi yang berkebalikan dari trafo step up.

Adapun jika mengartikannya dari segi bahasa, kata step up dapat diartikan dengan memperbesar atau menaikan. Sehingga dari namanya saja, bisa ditebak apa fungsi dari trafo step up ini.

Ciri dan Prinsip Kerja Produk dari Supplier Trafo Step Up Jakarta

Apabila dilihat dari bentuk fisiknya, sangat sulit membedakan antara trafo step down dan trafo step up. Walaupun memiliki bentuk yang sama tetapi dari spesifikasinya saja berbeda. Adapun ciri-cirinya adalah sebagai berikut:

  1. Trafo step up berguna untuk menambah tegangan jadi tegangan primernya lebih kecil dibandingkan dengan tegangan sekundernya
  2. Trafo step up juga memiliki tegangan arus sekunder dibandingkan dengan arus primernya
  3. Jumlah lilitan pada bagian sekundernya lebih banyak dibandingkan dengan jumlah lilitan pada bagian primernya

Sedangkan untuk cara kerja dari trafo step up adalah dengan memanfaatkan induksi elektromagnetik sesuai dengan hukum Faraday dan hukum Lorentz. Cara kerjanya apabila lilitan primer diberikan tegangan listrik AC kemudian akan muncul sebuah fluks magnet.

Ada tegangan yang dihasilkan dari kumparan sekunder dan bergantung pada jumlah lilitan sekunder dan primer serta bergantung pada arus primer. Tentu saja untuk menghitungnya ada rumus yang harus diketahui. Setelah memahami rumusnya maka mengetahui bagaimana cara kerja dari trafo step up.

Fungsi dari Trafo Step Up

Sebelum Anda memutuskan untuk mengunjungi supplier trafo step up Jakarta sebaiknya Anda harus tahu apa saja fungsi dari trafo step up tersebut. Trafo step up ini bisa digunakan pada microwave, transmisi listrik dan UPS.

1. Fungsi pada Microwave

Microwave adalah benda yang menggunakan trafo step up. Pada microwave ada bagian yang disebut dengan magnetron dan fungsinya untuk mengubah gelombang energi berfrekuensi tinggi. Kemudian baru microwave bisa digunakan.

2. Fungsi pada Transmisi Listrik

Fungsi transmisi listrik adalah untuk mentransmisikan listrik PLN ke rumah-rumah penduduk. Adanya trafo step up ini berguna untuk penghantar kabel tembaga yang ukurannya besar. Semakin besar penampang kabelnya maka biaya yang dibutuhkan juga besar.

3. Fungsi pada UPS

Terakhir adalah fungsi pada UPS yaitu berfungsi untuk menambah ketegangan. Ketika listrik dalam kondisi normal maka membutuhkan proses charging baterai yang kering dalam UPS.

Ternyata trafo step up memiliki fungsi yang berkebalikan dengan trafo step down. Mencari supplier trafo step up Jakarta mudah yang menjual berbagai macam trafo step up berbagai jenis.

Agar pemesanan lebih mudah Anda bisa menghubungi nomor +62 (21) 543 373 45 atau Anda bisa mengunjungi situs mikmargracindo.com.

Selain itu Bagi Anda yang Sedang Mencari Sparepart Panel Listrik Schneder, Low Voltage (LV) Panel, Medium Voltage (MV) Panel, Trafo Step Up, Trafo Step Down, Genset Control Panel, Lighting Panel dan panel listrik lainnya dapat menghubungi Mikmar Gracindo.