Transformator dikenal dengan istilah trafo ini terdiri dari step down dan step up. Kebanyakan orang lebih mengenalnya dengan istilah trafo. Berbagai supplier trafo step down pabrik yang dijual dengan harga murah dan tentunya berkualitas.

Lebih jelasnya trafo merupakan sebuah benda kelistrikan yang di dalamnya terdapat banyak komponen pendukung. Tanpa adanya komponen tersebut trafo tidak akan bisa bekerja dengan baik. Di bawah ini ada beberapa komponen pelengkapnya.

Komponen pada Supplier Trafo Step Down Pabrik

Mengetahui apa saja komponen yang terdapat dalam trafo akan memudahkan Anda untuk melakukan perawatan. Komponen-komponen tersebut saling melengkapi dan membuat kinerja trafo meningkat, apa saja komponennya? Simak uraian di bawah ini

1. Kumparan Trafo

Komponen pertama yang terdapat dalam trafo step down adalah kumparan trafo. Sesuai dengan namanya, kumparan trafo ini bentuknya serupa dengan lilitan dan berbentuk gulungan. Kumparan trafo tersebut terdiri atas kumparan sekunder dan kumparan primer.

Fungsinya adalah untuk mengisolasi pada inti besi sedangkan bentuknya adalah berupa karton, pertinak dan sebagainya. Kumparan trafo merupakan salah satu komponen paling penting pada trafo step down.

2. Bushing

Setiap supplier trafo step down pabrik yang menjual trafo step down pasti telah dilengkapi dengan bushing. Bushing sendiri merupakan sebuah komponen yang fungsinya sebagai penghubung antara jaringan luar dengan bagian dalam trafo.

Selain itu fungsi lain dari bushing adalah penyekat antara tangki trafo dengan konduktor. Fasilitas yang terdapat pada bushing trafo biasanya digunakan untuk menguji bagaimana kondisi dari bushing tersebut, sering disebut dengan istilah center tap.

3. Dehydrating Breather

Dehydrating breather merupakan komponen pelindung agar bagian konservator minyak tidak mengenai udara. Dehydrating breather akan melindungi konservator minyak dari kelembapan udara yang mengandung uap air walaupun terkontaminasinya perlahan-lahan.

Komponen ini akan bekerja untuk menghisap kelembapan udara, sedangkan bahan yang biasanya digunakan adalah silica gel.

4. Inti Besi

Inti besi adalah komponen utama pada trafo step down. Inti besi ini bekerja untuk memudahkan jalan bagi fluksi magnetik. Fluks magnetik tersebut biasanya muncul karena adanya aliran listrik dalam kumparan. Inti besi merupakan sebuah komponen yang terbuat dari lempengan besi pipih.

Selain memudahkan jalan fluks magnetik, inti besi ini juga memiliki kegunaan yang lainnya. Kegunaannya adalah mengurangi panas atau sebagai isolator.

5. Tangki Konservator

Setiap supplier trafo step down pabrik pasti menjual trafo step down yang telah dibekali dengan tangki konservator. Sebagai salah satu komponen terpenting dalam trafo step down, tangki konservator digunakan sebagai penampung uap air dan minyak yang berasal dari proses pemanasan trafo.

Relai bucholtz yang dipasangkan di antara trafo dan tangki ini bermanfaat sebagai penyerap gas akibat kerusakan. Agar minyak selalu terjaga dari percikan air, maka terdapat silica gel di antara saluran udara dan saluran pelepasan.

6. Minyak Trafo

Minyak trafo adalah komponen berikutnya yang terbuat dari bahan isolasi cair. Guna dari minyak trafo adalah untuk pendingin trafo dan di dalamnya terdapat senyawa hidrokarbon contohnya adalah parafinik, aromatik dan naftenik.

7. Tap Charger

Komponen terakhir pada trafo adalah tap charger. Tap charger dibuat untuk mengatur tegangan pada trafo agar kondisinya selalu normal. Hal ini tentunya berkaitan dengan kualitas suatu operasi dari tenaga listrik ditentukan sejak awal setting, akan tetapi tidak menutup kemungkinan akan terjadi penurunan tegangan di pertengahan.

Komponen-komponen tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Agar tidak salah membeli, Anda harus tahu di mana tempat supplier trafo step down pabrik dengan komponen lengkap. Salah satunya bisa di Mikmar Gracindo dengan menghubungi kami melalui laman ini atau nomor +62 (21) 543 373 45.

Selain itu Bagi Anda yang Sedang Mencari Sparepart Panel Listrik Schneder, Low Voltage (LV) Panel, Medium Voltage (MV) Panel, Trafo Step Up, Trafo Step Down, Genset Control Panel, Lighting Panel dan panel listrik lainnya dapat menghubungi Mikmar Gracindo.