Saat kita menggunakan listrik di rumah maupun di gedung-gedung, sebenarnya ada peran panel-panel penghubung salah satunya panel SDP. Supplier panel SDP listrik memang tidak menjelaskan apa saja panel tersebut, oleh sebab itu Anda perlu mencari informasi sendiri.

Tak perlu khawatir, kali ini Anda bisa menyimak penjelasan di bawah ini agar tidak bingung dengan panel SDP, mulai dari pengertian hingga apa saja kelebihan yang dimiliki oleh panel tersebut. Dengan begitu, Anda bisa yakin jika ingin memakai ataupun memilih supplier terbaik untuk produk tersebut.

Mengenal Definisi Panel SDP dan Kelebihannya

SDP atau Sub Distribution Panel merupakan panel yang memiliki fungsi sebagai pendistribusi data listrik setelah melalui LVMDP memakai ACB (Air Circuit Breaker) serta MCCB (Moulded Case Circuit Breaker). Keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan SDP ini antara lain:

  • Lebih aman jika terjadi bahaya listrik seperti Short Circuit.
  • Pendistribusian listrik menjadi lebih hemat.
  • Memiliki kemampuan konversi power serta distribusi dari sumber primer maupun sekunder untuk berbagi peralatan dan perangkat eksternal.
  • Membagi sumber pasokan listrik ke beberapa sirkuit menggunakan fuse atau pemutusan beban dalam setiap rangkaian.
  • Dapat menerima incoming 3 phase serta mendistribusikan bermacam-macam kombinasi outgoing 3 phase dan 1 phase.

Keuntungan-keuntungan di atas bisa Anda peroleh dengan memasang SDP yang sebelumnya bisa dibeli melalui supplier panel SDP listrik.

Komponen-Komponen SDP

Dalam sebuah SDP tersusun banyak komponen agar dapat berfungsi sebagaimana seharusnya, yakni menjaga arus listrik agar berjalan secara wajar tanpa adanya kelebihan beban yang dapat menimbulkan percikan api dan kebakaran.

Secara umum, komponen SDP tidak jauh berbeda dengan LVMDP ataupun MDP. Lebih lengkapnya, berikut beberapa komponen SDP yang dimaksud.

1. Air Circuit Breaker (ACB)

Seperti namanya, Air Circuit Breaker (ACB) menggunakan tekanan udara dalam proses switching-nya. Komponen ACB ini dapat digunakan dalam perangkat bertegangan rendah, yaitu hanya sekitar 380 kV.

2. Miniature Circuit Breaker (MCB)

Di rumah mungkin Anda sudah melihat yang namanya MCB ini, namun Anda belum menyadarinya. Adapun yang disebut dengan Miniature Circuit Breaker merupakan sakelar atau perangkat elektromekanis yang memiliki fungsi melindungi rangkaian instalasi listrik jika terjadi arus lebih.

3. Moulded Case Circuit Breaker (MCCB)

Untuk penggunaan listrik di bidang industri, MCCB ini biasanya digunakan. Fungsi dari MCCB ini adalah pengaman sekaligus pemutus arus listrik ketika terjadi korsleting maupun overload. Hal ini karena jika tidak diputus maka motor listrik bisa rusak dan percikan bunga api bisa menyebabkan kebakaran.

Oleh sebab itu, industri, pabrik, dan tempat yang mengharuskan adanya penggunaan alat-alat berat wajib memasang panel SDP listrik.

4. Thermal Overload Relay

Komponen pengaman selanjutnya adalah Thermal Overload Relay. Komponen ini memiliki fungsi sebagai pelindung rangkaian motor listrik dari kerusakan yang disebabkan oleh arus berlebih. Gerbangnya tersusun dari bahan logam yang mempunyai koefisien muai berbeda (bimetal).

5. Ampere Meter

Fungsi dari ampere meter pada SDP adalah sebagai komponen yang dapat menunjukkan seberapa besar beban ampere pada mesin listrik yang bisa dipakai secara terus-menerus.

6. Pilot Lamp

Jika terdapat arus maupun tegangan yang masuk maka akan ditunjukkan oleh alat yang bernama Pilot Lamp ini. Komponen SDP yang satu ini akan menunjukkan tanda R berwarna biru, S berwarna kuning, serta T berwarna merah.

7. Volt Meter

Secara umum kegunaan voltmeter hampir sama dengan ampere meter. Yang membedakan keduanya adalah volt meter lebih lengkap karena terdapat penghitungan berapa daya yang telah dipakai serta faktor daya.

8. Magnetic Contactor

Magnetic Contactor merupakan komponen SDP listrik yang memakai prinsip kerja medan magnet yang muncul akibat arus listrik. Kontraktor mengakibatkan munculnya magnet yang disebut juga dengan coil. Magnet tersebut dapat menarik kontak NO (Normally Open) menjadi NC (Normally Close).

9. Current Transformer (CT)

Yang disebut dengan Current Transformer adalah alat yang dipakai untuk mengubah arus, yaitu mengubah besaran arus dari besar menjadi kecil maupun sebaliknya dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

10. Push Button

Untuk menghubungkan arus, diperlukan tombol yang bisa mengontrolnya, dan inilah yang disebut dengan push button. Pada SDP listrik, jika menyambung maka tombol akan menunjukkan simbol N/O (Normally Open) dan tegangan berwarna hijau.

Sedangkan jika diputus atau dilepas maka tegangan berwarna merah dan tombol menunjukkan simbol N/C (Normaly Close).

Supplier Panel SDP Listrik Terpercaya? Cek Disini!

Memilih supplier panel SDP tidak bisa dilakukan sembarangan. Hal ini karena biasanya pembelian panel akan memerlukan pemasangan langsung dan biasanya dilakukan oleh layanan perusahaan tempat Anda membeli panel tersebut.

Tanpa ditangani oleh ahlinya, pemasangan instalasi listrik bisa saja mengalami gangguan dan justru tidak aman. Selain itu, pembelian panel SDP secara sembarangan bukan di tempat terpercaya juga bisa merugikan, terutama masalah kualitas.

Untuk itu, daripada coba-coba dengan penyedia panel SDP yang belum jelas kualitasnya, lebih baik memilih penyedia panel SDP yang sudah terbukti berpengalaman. Mikmar Gracindo adalah salah satu jawaban terbaik bagi Anda yang memiliki kebutuhan akan panel SDP maupun pemasangannya.

Perusahaan tersebut menyediakan produk panel SDP berkualitas tinggi serta layanan pemasangan yang dilakukan oleh tenaga profesional alias sangat baik dan ahli di bidangnya. MG dapat memenuhi kebutuhan konsumen di berbagai sektor, seperti:

  • Perusahaan manufaktur
  • Rumah sakit
  • Pengembang perumahan dan real estate
  • Proyek pemerintah
  • Dan masih banyak yang lainnya.

Meskipun lokasi kantor pusat berada di Tangerang, MG siap melayani pelanggan hingga ke Sumatera, Sulawesi, Kalimantan, Jawa, Bali, hingga mungkin Papua. Ini menjadi salah satu komitmen perusahaan dalam melayani konsumen secara menyeluruh di Indonesia.

Mengapa perlu memilih perusahaan MG sebagai supplier terpercaya?

  • Produk ready stock, dengan begitu pemasangan akan lebih cepat tidak perlu menunggu pembuatan produk terlebih dahulu yang membutuhkan waktu lama.
  • Kualitas tinggi, sehingga Anda bisa lebih lama menggunakan produk MG dan tentunya lebih hemat anggaran.
  • Pemrosesan dan pengiriman pesanan cepat, Anda tak perlu menunggu barang sampai terlalu lama yang bisa mempengaruhi ketepatan waktu pada jadwal atau rencana yang sudah disusun.
  • Layanan khusus, Anda bisa menghubungi support team dari MG untuk berkonsultasi mengenai pemasangan panel pada instalasi listrik. Hal ini sangat bermanfaat untuk menghindari adanya kegagalan dalam pemasangan.
  • Harga kompetitif, dengan kualitas tinggi yang ditawarkan tak membuat harga produk terlalu tinggi, justru bisa bersaing dengan supplier lainnya yang bahkan belum jelas bagaimana layanan dan produknya.
  • Menyediakan layanan jasa pemasangan, termasuk pengecekan dan pengujian instalasi untuk memastikan pemasangan sudah sesuai dengan standar dan dapat dilabeli dengan Sertifikasi Kelayakan Operasi (SLO).

Sudah banyak klien yang membuktikan bahwa kami memang menjadi supplier panel SDP listrik terbaik di Indonesia. Jika Anda berminat untuk memakai produk maupun layanannya, silakan hubungi di nomor +62(21) 5433 7345 atau kunjungi website mikmargracindo.com.

Selain itu Bagi Anda yang Sedang Mencari Sparepart Panel Listrik Schneder, Low Voltage (LV) Panel, Medium Voltage (MV) Panel, Trafo Step Up, Trafo Step Down, Genset Control Panel, Lighting Panel dan panel listrik lainnya dapat menghubungi Mikmar Gracindo.