Dalam sebuah bangunan, terdapat pusat kendali tenaga listrik yang disebut dengan LVMDP atau Low Voltage Main Distribution. Anda bisa menemukannya di supplier panel LVMDP murah Jakarta yang akan dibahas di bawah ini.

Namun sebelumnya, akan lebih baik jika kita mengenal terlebih dahulu tentang apa pengertian panel LVMDP dan apa saja komponen-komponen yang ada di dalamnya. Dengan begitu, kita juga bisa mengetahui apa saja fungsinya. Yuk simak selengkapnya berikut ini!

Pengertian Panel LVMDP dan Fungsinya

LVMDP atau kependekan dari Low Voltage Main Distribution adalah pusat atau induk yang mengendalikan tenaga listrik dalam sebuah bangunan, seperti kantor, gudang, rumah, pabrik, hotel, dan lain sebagainya.

Mendapat sebutan sebagai pusat kendali tenaga listrik karena tenaga listrik diolah dan dikontrol terlebih dahulu melalui induk power sebelum didistribusikan ke berbagai macam pemakaian. Berkat adanya LVMDP ini, pendistribusian listrik juga lebih aman terkendali.

Lalu, fungsi dari LVMDP itu sendiri adalah sebagai penyalur daya ke panel distribusi lain untuk dialirkan ke barang elektronik. Mekanismenya, LVMDP menerima daya sebesar 20 kilo volt – 380 volt dari trafo dan kemudian mendistribusikannya ke LVSDP.

Melalui Air Circuit Breaker atau Moulded Case Circuit Breaker, LVSDP kemudian baru meneruskan pendistribusian daya ke LVSDP lainnya atau mesin-mesin elektronik. Jadi, listrik yang bisa Anda gunakan di rumah adalah hasil dari distribusi daya yang lebih kecil oleh LVMDP.

Komponen-Komponen Panel LVMDP

LVMDP bisa bekerja sesuai dengan fungsinya karena didukung oleh komponen-komponen yang menyusunnya. Apabila salah satu dari komponen tersebut tidak ada, mungkin LVMDP akan mengalami gangguan dan bisa jadi mengalami kerusakan.

Banyaknya komponen pembentuk LVMDP inilah yang menjadi salah satu penyebab harganya mahal, sehingga menemukan supplier panel LVMDP murah Jakarta terasa sulit. Berikut komponen-komponen yang menyusun sebuah LVMDP:

1. Air Circuit Breaker (ACB)

Karena merupakan perangkat dengan tegangan rendah, maka LVMDP menggunakan ACB, karena komponen ini bisa digunakan pada tegangan menengah sampai rendah. Adapun ACB merupakan penutup sirkuit yang menggunakan udara sebagai sarana pemadam busur api.

Busur api yang timbul akibat adanya proses switching atau gangguan akan diredam dengan udara yang ada pada tekanan ruang atmosfer.

2. Oil Circuit Breaker (OCB)

Selain menggunakan udara, LVMDP juga menggunakan minyak sebagai sarana pemadam busur api pada penutup sirkuit berjenis OCB. Minyak akan otomatis berubah menjadi uap minyak jika terjadi busur api pada minyak.

Setelah itu, busur api tersebut akan dikelilingi oleh gelembung gas dan uap minyak tersebut. Gas tersebut dapat memadamkan loncatan bunga api karena memiliki sifat konduktivitas termal yang baik serta memiliki tegangan ionisasi yang tinggi.

3. Mini Circuit Breaker (MCB)

Sebagai alat pengaman arus berlebih, LVMDP memiliki Mini Circuit Breaker atau MCB. Cara kerja MCB adalah dengan memutus hubungan yang disebabkan adanya beban berlebih dengan relai arus lebih seketika pemakaian elektromagnetik.

MCB berfungsi untuk melindungi arus lebih yang muncul akibat adanya beban berlebih maupun akibat hubungan pendek.

4. Moulded Case Circuit Breaker (MCCB)

MCCB adalah alat yang digunakan sebagai pengaman dalam LVMDP. Dalam proses operasinya, MCCB memiliki dua kegunaan, yakni sebagai alat penghubung serta pengaman. Adapun pengaman yang dimaksud adalah mengamankan gangguan arus hubung singkat serta arus dengan beban lebih.

Pengaman tersebut bisa diatur sesuai keinginan dalam pemutusannya, namun tergantung juga dari jenisnya.

5. Grounding

Grounding merupakan komponen LVMDP yang berfungsi sebagai pengaman listrik yang disebabkan oleh mengelupasnya beberapa kabel yang kemudian mengenai body part alat elektronik atau peralatan listrik dan dapat melukai orang-orang di sekitarnya.

Aliran listrik yang tidak berfungsi akan dibumikan oleh komponen panel listrik yang satu ini.

6. Ground Foult Circuit Interruption (GFCI)

Dibandingkan dengan MCB, Circuit Breaker berjenis Ground Foult Circuit Interruption ini memiliki reaksi yang lebih cepat. Adanya GFCI dalam LVMDP akan membuat listrik lebih terpantau jika sewaktu-waktu terdapat short maupun kabel yang terkelupas.

Kabel yang terkelupas tersebut jika mengenai manusia bisa mengakibatkan kematian, oleh sebab itu dengan adanya komponen ini secara tidak langsung menjadi pelindung manusia dari sengatan listrik.

7. Current Transformer (CT)

Bentuk Current Transformer (CT) adalah lingkaran atau gelang persegi yang bagian tengahnya memiliki lubang. Komponen ini terbuat dari bahan baja atau metal yang berfungsi untuk menurunkan arus atau tegangan yang terdapat pada box panel.

Secara umum current transformer dan panel metering dipasang dengan rasio yang sama. Hal ini dimaksudkan agar hasil pengukuran dapat lebih akurat saat dibaca. Misalnya, ampere meter yang hendak digunakan memiliki nilai 100/5A, maka current transformer yang dipakai biasanya juga memiliki nilai atau rasio yang sama yaitu 100/5A.

Supplier Panel LVMDP Murah Jakarta Terpercaya

Mencari pemenuh kebutuhan panel LVMDP murah di area Jakarta memang cukup sulit jika Anda tidak benar-benar jeli. Hal ini bisa terjadi karena kurangnya riset mengenai harga-harga panel LVMDP, sehingga Anda membelinya dengan harga yang terlampau mahal.

Mikmar Gracindo merupakan perusahaan yang telah berdiri sejak tahun 2011 dan tetap setia dalam melayani kebutuhan panel listrik terbaik. Satu dekade lebih berdirinya perusahaan tersebut membuktikan bahwa klien mempercayainya untuk menangani penjualan maupun pemasangan panel LVMDP.

Selain membelinya, tentunya panel tersebut perlu dipasang dengan benar oleh ahlinya. Perusahaan ini sendiri siap melayani konsumen mulai dari pemasangan, testing, hingga pengujian.

1. Layanan Instalasi / Pemasangan

Mikmar Gracindo merupakan anggota dari Asosiasi Kontraktor Listrik dan Mekanikal di Indonesia (AKLI). Oleh sebab itu, pemasangan panel bisa dipercayakan sepenuhnya, mulai dari penempatan dan pemasangan trafo, pemasangan tray line, pemasangan kabel listrik utama, energizing, dan sebagainya.

Selain itu, agar perusahaan klien lebih bisa dipercaya akan keamanan instalasi listriknya, maka perusahaan MG dalam layanan instalasinya juga akan menyertakan Sertifikasi Kelayakan Operasi (SLO).

Teknisi yang dipekerjakan sudah pasti memiliki sertifikat keahlian dengan kategori sangat baik di bidangnya. Belum lagi dengan pengalaman selama beberapa tahun, proyek pemasangan instalasi listrik Anda akan selesai tepat waktu dan tentunya aman.

2. Layanan Testing dan Pengujian

Agar pemasangan dapat berjalan sesuai tujuan, maka perlu dilakukan adanya testing serta pengujian. Proses ini meliputi pemeriksaan instalasi listrik agar pengoperasiannya dipastikan tanpa cacat dan juga tentunya aman.

Testing yang dilakukan terdiri dari dua bagian, yaitu pengecekan visual (Visual Check) serta pengecekan konstruksi (Construction Check). Pengecekan visual dilakukan dengan mengecek setiap komponen dalam instalasi listrik, seperti kawat, scoen, sistem kontrol, dan lain sebagainya.

Hal itu dilakukan untuk memastikan bahwa semua komponen sudah baik dan sesuai dengan spesifikasi dalam kontrak. Lalu, dalam pengecekan konstruksi akan dilakukan pemeriksaan terhadap instalasi serta rakitan komponen.

Hal ini dilakukan agar pemasangan sudah dilakukan sesuai standar dan peraturan dan dengan kehati-hatian.

Melihat bagaimana maksimalnya layanan yang disediakan, tentunya kini Anda sudah yakin dengan Mikmar Gracindo, bukan? Yuk kunjungi website-nya di mikmargracindo.com untuk menggali informasi lebih lanjut mengenai supplier panel LVMDP murah Jakarta kualitas oke.

Selain itu Bagi Anda yang Sedang Mencari Sparepart Panel Listrik Schneder, Low Voltage (LV) Panel, Medium Voltage (MV) Panel, Trafo Step Up, Trafo Step Down, Genset Control Panel, Lighting Panel dan panel listrik lainnya dapat menghubungi Mikmar Gracindo.