Memilih supplier komponen panel listrik murah juga penting untuk memperhatikan kualitas produk yang ditawarkan. Sebab perangkat memiliki fungsi penting masing-masing sehingga harus bermutu tinggi agar dapat bekerja secara optimal.

Perangkat penting ini sendiri memiliki fungsi sebagai tempat untuk berbagai komponen yang mendukung mesin-mesin kelistrikan sehingga beroperasi sesuai prinsip kerja mesin. Selain itu, fungsi lainnya untuk melindungi dan menata rangkaian kelistrikan agar tetap aman.

Dengan adanya supplier komponen panel listrik murah maka Anda akan lebih mudah dalam mengoperasikan mesin serta melihat indikator mesin bekerja. Indikator ini dipasang dalam dalam panel tersebut untuk mempermudah pengoperasian.

Perangkat ini dibagi menjadi berbagai jenis, mulai dari bahan, tipe, serta penggunaannya. Memahami mengenai berbagai jenis ini dapat membuat Anda dapat memilih sesuai dengan kebutuhan sehingga lebih efisien.

 

Penggunaan Komponen Panel Listrik

Dalam mencari supplier komponen panel listrik murah tidak terlepas pula dengan penggunaanya agar dapat disesuaikan kebutuhan. Berikut adalah beberapa jenis-jenis panel listrik sekaligus penjelasan singkatnya.

MVMDP

MVMDP atau medium voltage memiliki fungsi untuk memutus, memisahkan, dan menyalurkan tenaga  atau tegangan dengan besar 20kv atau 20.000 volt dari PLN. Selanjutnya tegangan akan didistrubisikan ke Step Down Transformel sebelum ke LVMDP.

LVMDP

Selanjutnya adalah LVMDP atau Low Voltage berfungsi untuk memutus, mengamankan feeder, juga menerima daya dari trafo. Selanjutnya daya akan didistribusikan ke panel dengan dengan tegangan rendah.

Supplier komponen panel murah akan menawarkan produk serta peralatan untuk pengamanan, distribusi, serta alat ukur. Semua komponen ini sangat penting sebab berada di dalam LVMDP.

LVSDP

Selanjutnya adalah LVSDP dengan fungsinya dalam mendistribusi daya dari LVMDP ke panel lokal atau beban listrik. Berbagai peralatan elektrik yang menggunakan daya ini seperi stop kontak, lampu, air conditioner, motor listrik, dan masih banyak lainnya.

 

Fungsi Kontrol Komponen Panel Listrik

Selain memahami jenis penggunaannya, Anda juga perlu mengerti mengenai fungsi kontrol sebelum membeli di supplier komponen panel listrik murah. Berikut adalah beberapa fungsi dari kontrol komponen ini.

Kontrol Genset

Kontrol panel dibagi menjadi empat bagian, pertama adalah automatic transfer switch yang berfungsi memasukkan listrik secara otomatis dari genset. Hal ini dilakukan untuk mengganti sumber utama PLN yang mati

Selanjutnya adalah AMF atau automatic main failure untuk menyalakan genset secara otomatis. Sama halnya dengan ATS, AMF ini juga digunakan sebagai pengganti sumber utama PLN yang gagal atau mati.

Supplier komponen panel listrik murah selanjutnya adalah ATS – AMF berfungsi dalam mengoperasikan genset secara otomatis. Selain itu juga untuk menghubungkan energi dari sumber genset atau backup lain sebagai pengganti sumber utama PLN.

Terakhir adalah panel sinkronisasi dengan fungsi untuk menggabungkan atau mengoperasikan dua atau lebih sumber listrik yang bekerja paralel. Dengan begitu, sumber kelistrikan bisa lebih besar dan bisa disesuaikan kebutuhan.

Panel Kontrol Motor

Kontrol motor juga memiliki beberapa jenis, pertama adalah motor DOL. Fungsinya adalah untuk menghubungkan dan memutus motor secara langsung dengan sumber MCB dan kontraktor kelistrikan.

Selanjutnya adalah motor star delta yang berfungsi untuk soft stater oada starting yang ada di beban motor listrik. Cara kerjanya dengan menghubungkan star atau delta sehingga lonjakan arus dapat dicegah.

MCC dari supplier komponen panel listrik murah memiliki fungsi sebagai aplikasi pusan kontrol dan beberapa motor listrik dalam satu panel. Bisa dilakukan dengan otomatis secara jarak jauh dengan PLC atau DSC, sementara jika manual menggunakan MCB di MCC.

Kemudian VSD berfungsi untuk mengoperasikan motor induksi menggunakan inverter berfrekuensi tegangan masuk. Pengaturan speed motor dapat meningkatkan efisiensi sekaligus losses bisa ditekan.

Kontrol Faktor Daya

Fungsi dari kontrol faktor daya adalah mengoptimalkan daya dengan memperbaiki KVAR agar baik dan mendekati angka 0,99-1 atau sejumlah nilai yang dibutuhkan. Dengan demikian tagihan akan lebih hemat dan denda PLN juga dapat dihindari.

 

Komponen pada Panel Listrik

Supplier komponen panel listrik murah menyediakan berbagai perangkat yang lengkap untuk mempermudah dalam instalasi kelistrikan. Berikut merupakan penjelasan dari komponen serta fungsi-fungsinya.

MCCB

MCCB sangat penting sebagai alat yang menghubungkan dan memutus aliran 3 fasa. Fungsi lainnya sendiri untuk pengaman dan pembatas besaran dari pemakaian listrik dan akan turun otomatis jika ada konsleting atau kelebihan pemakaian.

Jika MCCB turun, maka Anda bisa segera menaikkan atau menormalkan kembali. Caranya adalah dengan menurunkan tuas hingga bawah dan kembali menekan hingga tuas benar-benar ada di atas.

MCB

Supplier komponen panel listrik murah akan menyediakan MCB yang menjadi komponen untuk memutuskan dan menghubungkan aliran 1 fasa. MCB juga akan memutuskan aliran dengan otomatis jika terjadi konslet pada jalur instalasi jika pemakaian melebihi batas.

Bus Bar

Bus bar adalah plat kuningan dengan fungsi sebagai terminal kabel arus pembagi. Dengan adanya komponen ini, maka aliran dari sumber listrik akan terbagi menuju titik yang membutuhkan daya.

Pilot Lamp

Pilot lamp juga menjadi bagian penting panel sebagai lampu indikasi, fungsinya sebagai penanda arus telah mengalir. Lampu akan menyala secara otomatis jika arus telah masuk dalam panel.

Pilot lamp terkoneksi langsung pada incoming aliran listrik yang pertama masuk. Sedabfkan pengaman yang digunakan adalah fuse sehingga konsleting bisa dicegah. Penggunaan lampu juga dibedakan dalam beberapa warna, umumnya merah, kuning, dan biru atau hijau.

Emergency Stop

Supplier komponen panel listrik murah juga akan menyediakan emergencu stop yang berguna untuk memutuskan aliran listrik jika dalam keadaan darurat. Penggunaannya cukup dengan menekan tombol sehingga otomatis akan terputus.

Menormalkan emergency stop juga tidak sulit. Anda hanya tinggal memutar saja ke kanan atau searah jarum jam.

 

Supplier Komponen Panel Listrik Murah

Ada baiknya jika Anda tidak hanya memilih supplier komponen panel listrik murah saja, namun juga memiliki kualitas produk mumpuni. Oleh karena itu, pastikan bahwa distributor telah terpercaya dan memiliki reputasi yang bagus.

Utamakan pelayanan yang diberikan sebelum melakukan pembelian. Beberapa pelayanan berupa informasi yang dibutuhkan, serta memberikan garansi jika terdapat produk cacat atau tidak dapat digunakan agar menghindari kerugian.

Salah satu rekomendasi supplier komponen panel listrik murah dan terpercaya adalah PT. Mikmar Gracindo. Sebab telah berdiri sejak tahun 2011 sehingga memiliki pengalaman panjang dalam hal instalasi kelistrikan.

Kami memprioritaskan keselamatan kerja serta kepuasan pelanggan sehingga terus mengambangkan diri. Oleh karena itu, kami menyediakan produk lengkap dan berkualitas sehingga mempermudah Anda dalam hal kelistrikan.

Tentu saja pengalaman yang dimiliki akan membantu Anda dalam kelistrikan, baik untuk bangunan perusahaan, real estate, dan lain sebagainya. Selain itu perusahaan kami juga memberikan pelayanan di luar Jakarta, hingga luar Jawa.

Website resmi perusahaan kami dapat dilihat dalam laman https://mikmargracindo.com/ untuk mendapatkan berbagai informasi yang Anda butuhkan. Nomor telepon kami di +62(21) 543 373 45 jika ingin melakukan pemesanan.

Panel listrik memiliki komponen yang sangat banyak sehingga membutuhkan supplier yang menyediakan produk lengkap. Bukan hanya supplier komponen panel listrik murah saja, namun penting untuk memperhatikan produk yang ditawarkan.

 

Bagi Anda yang Sedang Mencari Sparepart Panel Listrik Schneder, Low Voltage (LV) Panel, Medium Voltage (MV) Panel, Trafo Step Up, Trafo Step Down, Genset Control Panel, Lighting Panel dan panel listrik lainnya dapat menghubungi di nomor (021) 543 373 45.