Menggunakan layanan dari supplier & jasa instalasi panel listrik terpercaya merupakan pilihan terbaik untuk mendapatkan hasil maksimal. Terutama dari segi pekerjaan secara teknis serta penggunaan produk-produk kelistrikan yang berkualitas tinggi.

Khusus untuk produk kelistrikan, penyedia layanan yang profesional biasanya memberikan berbagai macam jenis kepada konsumen. Terutama untuk membantu mereka menyelesaikan masalahnya, terkait dengan kebutuhan akan komponen kelistrikan yang menunjang pekerjaan.

Pilihan Produk dari Supplier & Jasa Instalasi Panel Listrik Terpercaya

Beberapa produk utama terkait dengan pemasangan panel kelistrikan yang disediakan oleh penyedia layanan terdiri dari beberapa jenis. Mulai dari model low voltage, medium voltage, hingga transformer (trafo) dengan spesifikasi khusus.

1. Low voltage panel

Low voltage panel merupakan komponen dari sistem distribusi listrik yang membagi umpan daya kelistrikan ke sirkuit cabang. Biasanya digunakan untuk mencegah korsleting saat mendistribusikan listrik ke seluruh bangunan atau fasilitas.

Setidaknya ada beberapa model yang masuk kategori sebagai low voltage panel secara umum dalam industri kelistrikan. Mulai dari bank capacitor, pengisi daya baterai, LVMDP, motor control center, hingga sub distribution.

2. Medium voltage panel

Supplier & jasa instalasi panel listrik  tentu menyediakan produk selain low voltage seperti medium voltage. Istilah “medium voltage” biasanya digunakan untuk sistem distribusi dengan tegangan di atas 1 kV.

Salah satu produknya adalah panel Tegangan Menengah (cubicle), yang merupakan salah satu sistem distribusi kelistrikan. Alat ini secara umum digunakan untuk menyalurkan arus tegangan menengah (20kv) untuk berbagai macam penggunaan.

3. Transformer (trafo)

Disebut juga sebagai transformator, alat ini berfungsi untuk mengubah energi listrik dari satu atau lebih pada rangkaian kelistrikan. Cara kerjanya berdasarkan prinsip induksi elektromagnetik, yakni menaikkan atau menurunkan jumlah tegangan.

Tipe step-up adalah transformator dengan jumlah kumparan sekunder lebih banyak dari pada kumparan primer untuk meningkatkan tegangan. Sedangkan step-down memiliki kumparan primer lebih banyak daripada kumparan sekunder untuk menurunkan tegangan.

 

Mengenal Fungsi Instalasi Panel Listrik Secara Umum

Tidak hanya menggunakan layanan dari supplier & jasa instalasi panel listrik, Anda juga harus memahami cara kerjanya. Terutama fungsi dari instalasi panel listrik secara umum untuk berbagai jenis penggunaan.

1. Mengatur serta merapikan komponen kelistrikan

Alat berbentuk kubus dengan bahan besi dan material sejenis tersebut merupakan pelindung bagi komponen di dalamnya. Di mana fungsi utamanya adalah mengatur serta merapikan komponen kelistrikan agar tidak mudah rusak.

Selain itu, panel tersebut juga berfungsi sebagai pelindung komponen dari paparan debu dan cuaca ekstrim. Selain menghindari kemungkinan adanya kerusakan, komponen di dalam akan terjaga sehingga mampu bekerja tanpa kendala.

2. Memastikan kinerjanya sesuai dengan kebutuhan

Supplier & jasa instalasi panel listrik yang bekerja secara profesional, biasanya mampu memastikan produknya bekerja sesuai kebutuhan. Terutama penggunaan panel untuk berbagai jenis aplikasi, baik rumah tangga serta industri.

Panel listrik pada dasarnya adalah sistem distribusi tegangan yang menghubungkan saluran listrik utama. Baik untuk penggunaan di rumah pribadi, maupun mendistribusikan arus kelistrikan menuju ke berbagai sirkuit pada lingkup industri.

3. Menghindari terjadinya korsleting

Anda akan menemukan pemutus sirkuit pada panel dan dikendalikan dengan tuas yang menempatkannya di posisi “On” atau “Off”. Di mana fungsi lainnya adalah mencegah terjadi korsleting dengan mematikan arus listrik.

Setiap panel yang ditawarkan oleh supplier & jasa instalasi panel listrik, secara teknis telah mendukung kemampuan ini. Oleh sebab itu, Anda sebagai konsumen tidak perlu khawatir ketika akan menggunakannya.

 

Tipe Panel Kelistrikan Beserta Fungsinya

Secara umum, papan pengatur kelistrikan terdiri dari beberapa tipe dengan fungsinya masing-masing untuk berbagai penggunaan. Mulai dari penerangan elektris, penyalur daya kelistrikan, hingga model switchboard untuk bangunan atau lokasi berskala besar.

1. Penerangan elektris

Panel listrik penerangan dan peralatan khusus untuk proteksi arus lebih dan sarana untuk memutuskan penerangan. Disebut juga sebagai LVSDP, yang kemudian menuju ke stop kontak, serta sirkuit beban kecil lainnya.

Supplier & jasa instalasi panel listrik juga memastikan bahwa produknya telah menjalankan fungsi sesuai dengan tipenya. Terutama sebagai sistem penyedia distribusi daya kelistrikan atau tegangan keseluruhan bangunan maupun lokasi.

2. Penyalur daya kelistrikan

Penyalur daya umumnya digunakan di fasilitas industri dan aplikasi konstruksi komersial baru atau retrofit. Di mana kebutuhan distribusi listrik lebih kompleks serta memerlukan solusi dengan sistem tertentu untuk memenuhi kebutuhannya.

Oleh sebab itu, supplier & jasa instalasi panel listrik menawarkan kemampuan aplikasi sistem yang luas. Termasuk rancangan khusus untuk memenuhi aplikasi, di mana perubahan serta penambahannya dilakukan secara efisien.

3. Switchboard

Tipe switchboard biasa diaplikasikan untuk bangunan atau lokasi berskala lebih besar, panel tunggal, rangka, atau rakitan panel jumbo. Tujuannya adalah memasang sakelar serta sebagai perangkat pelindung bagi beberapa peralatan lainnya.

Switchboard sering diakses dari depan atau dipasang pada lantai dengan posisi yang berdekatan di dinding. Alat tersebut berfungsi sama seperti panelboard lainnya, yakni memberi daya namun dalam skala yang besar.

 

Keuntungan Menggunakan Penyedia Layanan yang Profesional

Ada beberapa keuntungan jika menggunakan layanan supplier & jasa instalasi panel listrik yang profesional. Mulai dari garansi serta dukung teknis, investasi jangka panjang bagi pemilik, serta pilihan produk-produk berkualitas.

Garansi serta dukungan secara teknis sangat dibutuhkan oleh konsumen, ketika mereka menemukan kendala dalam penggunaan. Terutama pada beberapa jenis produk tertentu dengan tingkat kesulitan tinggi, sehingga membutuhkan asistensi secara khusus.

Supplier & jasa instalasi panel listrik terpercaya seperti Mikmar Gracindo berkomitmen penuh untuk memberikan yang terbaik. Salah satunya adalah layanan khusus dan tim dukungan teknis seperti instalasi, testing, dan lainnya.

Bagi konsumen, menggunakan layanan dari penyedia jasa profesional bisa menjadi sarana investasi untuk jangka panjang. Tentu ini merupakan salah satu keuntungan yang didapatkan, sehingga pengeluaran berupa biaya tidak akan sia-sia.

Keuntungan lainnya adalah kemudahan akses untuk mendapatkan produk-produk elektrik berkualitas, untuk memenuhi kebutuhan terkait kelistrikan. Konsumen juga bisa menyesuaikan pilihannya dengan memilih berbagai jenis produk yang tersedia beserta spesifikasi teknisnya.

Supplier & jasa instalasi panel listrik terpercaya seperti Mikmar Gracindo menyediakan beberapa produk pilihan dengan kualitas terbaik. Mulai dari transformer (trafo), medium serta low voltage, hingga beberapa jenis produk lainnya.

Selain produk-produk di atas, Kami juga menyediakan beberapa jasa instalasi listrik dengan sertifikasi Kelayakan Operasi (SLO). Beberapa di antaranya adalah penempatan dan pemasangan trafo, kabel listrik utama, dan lain sebagainya.

Kunjungi situs resmi Kami di mikmargracindo.com  jika Anda tertarik untuk mendapatkan produk serta layanan yang ada. Bisa juga menghubungi di nomor telepon +62(21) 543 373 45 untuk mendapatkan informasi selengkapnya.

Agar sistem kelistrikan berjalan dengan baik, penggunaan produk berkualitas serta penyedia layanan profesional sangat dibutuhkan. Salah satunya adalah supplier & jasa instalasi panel listrik terpercaya seperti Mikmar Gracindo di atas.