Satu panel listrik terdapat komponen-komponen yang bisa berfungsi satu sama lain. Ada komponen yang bekerja sebagai proteksi, sistem kontrol dan alat pengukuran. Jika ingin membeli panel listrik bisa melalui supplier box panel listrik murah Jakarta.

Ketika menggunakan panel listrik, sebaiknya Anda tahu apa saja komponennya agar lebih mudah jika ingin melakukan perawatan. Lalu apa saja komponen pendukung dari panel listrik? Coba baca ulasan selengkapnya di bawah ini.

Komponen dari Supplier Box Panel Listrik Murah Jakarta

Sebuah panel listrik dikatakan ideal apabila terdapat komponen-komponen pendukungnya. Komponen dalam panel harus memenuhi beberapa aspek seperti keindahan, keandalan dan keamanan. Adapun komponennya adalah sebagai berikut:

1. Moulded Case Circuit Breaker (MCCB)

Komponen pertama yang terdapat dalam panel listrik adalah MCCB atau moulded case circuit breaker. Fungsi utama dari MCCB ini adalah untuk mengamankan aliran listrik apabila terjadi gangguan seperti beban lebih atau hubung singkat.

Sedangkan untuk cara kerja dari MCCB ini adalah mirip dengan MCB akan tetapi fiturnya memang lebih banyak. MCCB ini hanya mampu bekerja apabila arusnya mencapai 1000 ampere. Contoh fitur di dalamnya adalah interrupting capacity dengan kekuatan 10 sampai 100 kA.

Fitur tersebut hanya bisa bekerja apabila tegangan sedang turun yang akan memutuskan arus dari sumber eksternal. Biasanya rating arus tersebut turun menjadi 1000 ampere.

2. Over Current Relay (OCR)

Komponen kedua pada panel listrik yang dijual oleh supplier box panel listrik murah Jakarta adalah OCR. OCR merupakan komponen untuk melindungi panel listrik apabila mengalami gangguan hubung singkat. Selain itu fungsi lain dari OCR adalah untuk mengamankan transformator apabila arus melebihi batas.

3. Relay Control

Komponen lain yang menjadi komponen standar dari panel listrik adalah relay control. Relay control merupakan sebuah alat yang berfungsi menyesuaikan dengan prinsip elektromagnetik sehingga membuat anak kontak bekerja.

Masih banyak yang mengatakan bahwa relay control ini sama dengan kontraktor magnetic, padahal keduanya berbeda. Perbedaannya adalah terdapat pada penggunaannya, anak kontak pada kontaktor magnet berfungsi untuk melayani daya di beban motor.

Sedangkan anak pada relay control memiliki fungsi melayani sistem kontrol. Pada sistem kontrol, relay control ini mulai digantikan dengan PLC yang dilengkapi dengan banyak fitur modern.

4. Lampu Indikator atau Pilot Lamp

Komponen berikutnya yang terdapat pada panel listrik adalah lampu indikator atau pilot lamp. Fungsi dari lampu indikator adalah untuk menunjukkan panel listrik tersebut sedang bertegangan. Sedangkan untuk warna yang bermunculan pada lampu indikator adalah merah – kuning – hijau.

Akan tetapi pada panel listrik tertentu ada yang hanya menggunakan satu lampu saja. Sedangkan untuk membedakan jenis phrasanya bisa dilihat dari keterangan yang terdapat pada phrasanya. Baik panel dengan tiga warna atau satu warna juga dijual oleh supplier box panel listrik murah Jakarta.

5. Miniature Circuit Breaker (MCB)

MCB atau singkatan dari miniature circuit breaker ini merupakan sebuah komponen yang bekerja sebagai sistem keamanan. Fungsinya adalah untuk memutuskan aliran listrik apabila terjadi gangguan hubung singkat atau short circuit dan overload (beban lebih).

Permasalahan tersebut biasanya disebabkan oleh lonjakan listrik. Contoh gangguan hubung singkat yang biasanya terjadi adalah terhubungnya netral dengan pharasa sehingga arus berubah menjadi naik. Arus yang melebihi batas bisa memutuskan aliran listrik.

Panel listrik tidak akan bisa bekerja tanpa adanya salah satu komponen, pastikan juga jangan ada komponen yang rusak. Ada banyak supplier box panel listrik murah Jakarta yang menyediakan panel listrik dengan komponen lengkap langsung saja menghubungi nomor +62(21) 543 373 45 atau ke laman ini

Selain itu Bagi Anda yang Sedang Mencari Sparepart Panel Listrik Schneder, Low Voltage (LV) Panel, Medium Voltage (MV) Panel, Trafo Step Up, Trafo Step Down, Genset Control Panel, Lighting Panel dan panel listrik lainnya dapat menghubungi Mikmar Gracindo.