Memahami spesifikasi panel LVMDP akan membantu bisnis Anda. Panel listrik sendiri merupakan benda berbentuk kubus dengan ukuran beragam. Bahan pembuatannya sendiri dari plat besi kokoh dengan ketebalan 0.5 – 1 mm.

Perangkat listrik ini berfungsi sebagai tempat bagi komponen-komponen listrik. Sehingga menjadikannya pendukung agar listrik dapat beroperasi sesuai prinsip kerjanya. Bila berdasarkan fungsi penggunaannya, dalam perangkat listrik terdapat LVMDP.

Mengenal Apa Itu Panel LVMDP

Supplier Panel LVMDP Murah Jakarta

LVMDP singkatan dari Low Voltage Main Distribution atau sebutan lainnya adalah PUTR (Panel Utama Tegangan Rendah). Dapat diartikan sebagai pusat kendali tenaga listrik yang meliputi satu bangunan.

Perangkat LVMDP bekerja pada listrik tegangan rendah, sehingga berfungsi sebagai pembagi utama dalam daya seluruh instalasi. Ada juga yang menyebut MDP atau Main Distribution Panel.

Biasanya bangunan yang membutuhkan instalasi perangkat LVMDP ini berupa gedung seperti perkantoran, pergudangan, apartemen, hotel, mall, atau pabrik. Namun baru-baru ini tren perangkat LVMDP dapat digunakan pada hunian rumah.

Spesifikasi panel LVMDP ini mampu menerima data transformer 20 Kv – 380 Vol, LVMDP kemudian mendistribusikannya ke LVSDP melalui ACB atau MCCB. Selanjutnya LVSDP melanjutkan distribusi daya ke lainnya.

Jadi, pada umumnya LVMDP berfungsi menyalurkan daya ke perangkat listrik distribusi lainnya. Untuk kemudian daya tersebut dialirkan ke barang elektronik sesuai kebutuhan gedung atau lampu-lampu penerangan.

Kelebihan pada spesifikasi panel LVMDP ini mampu menampung daya besar dari PLN, genset, atau keduanya secara parallel. Tetapi memerlukan tiga phase sebelum disalurkan ke panel LVSDP.

Dengan begitu dapat dipastikan bila menggunakan instalasi LVMPD mampu menghemat penggunaan listrik, melindungi dari bahaya arus pendek, menjaga kestabilan daya, serta membagi tenaga listrik ke circuit lain.

Dalam proses perakitannya sama dengan perangkat MDP biasa. Bedanya ada pada jumlah komponen dan kapasitas komponen lebih besar dari MDP biasa. Panel LVMPD dalam pemakaiannya digunakan untuk shorted output device.

Tidak hanya itu, bisa juga dipakai untuk heater current indication, loop break alarms pada bandara, Stadium, Convention centuries, dan pabrik. Ini karena hasil sumber daya primer dan sekundernya lebih aman.

Komponen Spesifikasi Panel LVMDP

Komponen yang Ada di Panel LVMDP

Sistem keamanan instalasi listrik juga harus diperhatikan, sehingga penggunaan akan lebih aman bagi konsumen. Akan tetapi, perhatikan komponen dalam panel LVMDP berikut yang sering digunakan.

1. Box Panel

Box ini berguna sebagai penempatan semua peralatan listrik yang akan dipakai. Komponen box dalam spesifikasi panel LVMDP harus memiliki sistem proteksi. Harus tahan air dan debu, semata-mata demi menjaga keamanan.

2. Air Circuit Breaker

Air Circuit Breaker merupakan penutup circuit dengan pemadam busur api berupa udara. Biasanya bisa dipakai pada tegangan rendah hingga tegangan menengah. Udaranya berfungsi memberi tekanan sebagai redaman dari proses gangguan.

3. Main BusBar

Ukuran Main BusBar dalam spesifikasi panel LVMDP dapat disesuaikan besarannya. Tetapi harus seimbang dengan kapasitas perangkat listrik yang akan dipasang. Segi ukuran ini wajib diperhatikan karena berhubungan dengan suhu.

4. Oil Cicuit Breaker

OCB atau Oil Circuit Breaker merupakan penutup circuit yang memakai minyak dalam memadamkan busur api saat mengalami gangguan. Ketika ada busur api pada minyak maka minyak akan berubah menjadi uap.

5. MCCB

MCCB dalam spesifikasi panel LVMDP merupakan alat pengalaman yang memiliki dua kegunaan yaitu sebagai pengaman sekaligus sebagai alat penghubung. Pengaman ini berkemampuan memutus arus sesuai keinginan pengguna.

6. Grounding

Komponen pengamanan ini sangat membantu apabila terjadi pengelupasan kabel yang berakibat melukai orang. Grounding merupakan pengaman listrik berkemampuan mengalihkan aliran listrik yang tidak berfungsi ke bumi.

7. Current Transformer

Komponen ini berbahan dari baja atau metal berbentuk lingkaran atau gelang persegi dimana bagian tengahnya berlubang. Komponen ini mampu menurunkan arus tegangan pada komponen box.

Proses Merawat Panel LVMDP

Kontraktor Panel LVMDP untuk Perusahaan

Di perangkat LVMDP ada kapasitor bank yang berfungsi meningkatkan efisiensi operasi sistem daya listrik. Kegunaan kapasitor adalah untuk mengurangi kerugian sistem dan menyediakan dukungan pada tegangan.

Beberapa komponen untuk spesifikasi panel LVMDP yang sudah disebutkan di atas memiliki beberapa cara perawatan khusus. Agar instrumennya tetap memiliki kondisi prima, jadi ada kontrol periode bulanan meliputi:

  1. Cek indikator lampu dan holder, serta bagian fuse dan holder
  2. Cek baut pada seluruh terminal kabel
  3. Cek contact point control switch, proteksi contractor, sistem keamanan proteksi, push button, lalu amati apakah ada komponen yang hangus
  4. Cek sistem trip, dan setting metering gauge
  5. Cek luar dan dalam perangkat, pastikan bagian floor rubber terhindar dari debu dan lembab

Selain itu, ada perawatan untuk periode semi tahunan atau tahunan dalam menjaga spesifikasi panel LVMDP agar tetap prima. Dimana cara perawatan perangkat LVMDP tahunan meliputi berikut:

  1. Cek LBS pada seluruh trafo yang akan di maintenance
  2. Cek dan pastikan tidak ada arus di daerah yang akan di maintenance
  3. Cek baut-baut seluruh komponen pada spesifikasi panel LVMDP
  4. Tambahkan sedikit grease pada bagian yang bergerak
  5. Cek moving serta pastikan contact point tidak ada yang hangus
  6. Cek kondisi kabel insulasi, busbar joint, pembatas antar phase, kawat insulasi, trafo dan current trafo
  7. Cek sistem keamanan proteksi dari ACB, MCB, MCCB
  8. Cek sistem otomatis dan sistem manual dari ACB, MCB, MCCB

Spesifikasi Panel LVMP dan Kontraktor Perangkat Listrik Terpercaya

Distributor Panel LVMDP Perusahaan Berkualitas

Spesifikasi panel LVMDP memiliki tegangan masuk sebesar 415 Volt, dengan nilai tegangan keluar sama. Dayanya sebesar 450 KVA, LVMDP memiliki 3 phase. Frekuensinya sebesar 50 Hertz, lalu memiliki sistem ATS.

Sakelar transfer otomatis (ATS) mampu memudahkan konsumen karena dilengkapi sistem switching dari penyalur daya PLN ke genset. Sehingga pengoperasiannya dapat dilakukan secara otomatis tanpa bantuan siapapun.

Setelah memahami beberapa hal tentang spesifikasi panel LVMDP di atas, maka Anda dapat mengerti bahwasannya untuk mendapatkan kontraktor dalam hal perangkat listrik, memang tidak bisa sembarangan.

Anda harus mencari informasi terkait perusahaan yang dapat membantu instalasi listrik serta perangkatnya sesuai kebutuhan. Dengan begitu, ketika pemasangan tidak terjadi kendala yang tidak diinginkan.

Carilah perusahaan yang menyediakan komponen perangkat listrik berkualitas. Seperti yang sudah diketahui, masing-masing komponennya tidak boleh ada yang terlupakan. Terutama baut-bautnya harus terpasang dengan teliti.

Mikmar Gracindo bisa menjadi solusi saat Anda membutuhkan kontraktor listrik berpengalaman. Produk yang ditawarkan tentunya memiliki kualitas tinggi. Disamping itu, untuk proses pemesanan bisa cepat.

Sebelum pemesanan, Anda bisa melakukan konsultasi lebih dulu untuk menyampaikan keinginan sekaligus berkonsultasi. Tersedia juga layanan instalasi, pengujian, dan komisioning sebagai bagian dari servis Kami.

Jika sedang mencari perusahaan perangkat listrik, pastikan perusahaan sudah memiliki pengalaman dalam bidangnya. Mikmar Gracindo memiliki tim profesional yang sudah menangani kebutuhan pelanggan dari multi sektor.

Tidak hanya pelanggan Jakarta, tetapi ada di daerah lain seperti Sumatera, Sulawesi, Jawa, Kalimantan, Timor Tenggara, Bali, hingga Papua. Dengan begitu, Mikmar Gracindo terbukti mengedepankan kepuasan pelanggan.

Mikmar Gracindo juga menyediakan perangkat listrik seperti LV, MV, dan trafo berkualitas dengan harga bersaing. Untuk informasi lebih lanjut mengenai spesifikasi panel LVMDP bisa menghubungi via WA berikut.

Mikmar Gracindo menyedikan layanan Panel Listrik Schneder, Low Voltage (LV) Panel, Medium Voltage (MV) Panel, Trafo Step Up, Trafo Step Down, Genset Control Panel, Lighting Panel dan panel listrik lainnya dapat menghubungi Mikmar Gracindo.

Baca juga : Kontraktor Panel LVMDP untuk Perusahaan