Terdapat beberapa ketentuan yang perlu Anda ketahui tentang SLO PLN Jakarta. Pembuatan SLO di Jakarta dan sekitarnya telah menetapkan beberapa ketentuan untuk mempermudah para pemohon dalam melengkapi segala bentuk keperluan dan kebutuhan terkait. SLO merupakan syarat wajib untuk menggunakan instalasi listrik menjadi lebih terjamin dan juga aman.

 

Prosedur Pembuatan SLO di Jakarta dan Sekitarnya

Calon pelanggan melakukan pendaftaran SLO melalui laman slo.djk.esdm.go.id/pendaftaran dan mengisi form pendaftaran sesuai dengan form data calon pelanggan. Pendaftaran juga bisa dilakukan dengan cara menghubungi salah satu Lembaga Inspeksi Teknik di nomor urut 1 sampai dengan 10 pada daftar Lembaga Inspeksi Teknik atau bisa juga melalui Layanan Satu Pintu (LSP) pada pengajuan penyambungan listrik baru PT PLN (Persero).

Untuk pembuatan SLO di Jakarta dan sekitarnya bisa melalui slo.djk.esdm.go.id/pendaftaran, apabila pendaftaran berhasil, maka calon pelanggan akan memperoleh email verifikasi berisi link untuk melakukan validasi pendaftaran. Jika email tidak muncul pada kotak inbox maka cobalah untuk mengecek kotak spam. Jika pendaftaran sudah tervalidasi, maka calon pelanggan akan memperoleh email berisikan informasi bahwa pendaftaran telah berhasil dilakukan dan mendapatkan Nomor Agenda.

Lembaga Inspeksi Teknik yang sesuai dengan pilihan pelanggan pada waktu mendaftar form pendaftaran, akan menghubungi pelanggan sesuai Nomor Agenda yang didapatkan. Kemudian akan mengkonfirmasi tentang biaya pemeriksaan, pengujian, pembayarannya serta waktu pelaksanaan pemeriksaan dan pengujian instalasi milik pelanggan. Lembaga Inspeksi Teknik kemudian akan melakukan pemeriksaan dan pengujian instalasi milik pelanggan sesuai mata uji pada Permen ESDM Nomor 38 tahun 2018 tentang Tata Cara Akreditasi dan Sertifikasi Ketenagalistrikan.

Apabila Instalasi milik pelanggan telah dinyatakan Laik Operasi berdasarkan hasil pemeriksaan dan pengujian oleh Lembaga Inspeksi Teknik, maka SLO akan diterbitkan dalam kurun waktu maksimal tiga hari kerja oleh Lembaga Inspeksi Teknik. Pembuatan SLO di Jakarta dan sekitarnya yang sudah diterima oleh pelanggan akan bisa digunakan untuk permohonan Sambung Baru atau Tambah Daya kepada penyedia tenaga listrik.

 

Persyaratan SLO Instalasi Pemanfaatan Tegangan Rendah

Untuk memperoleh Sertifikat Laik Operasi, pemilik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik Tegangan Rendah yakni 450 – 197.000 VA harus mengajukan permohonan kepada Lembaga Inspeksi Teknik Tegangan Rendah yang ditetapkan oleh Menteri. Caranya adalah dengan melengkapi data sebagai berikut:

  1. Data diri pemilik instalasi pemanfaatan tenaga listrik tegangan rendah
  2. Lokasi instalasi
  3. Jenis serta kapasitas instalasi
  4. Gambar instalasi yang dikeluarkan oleh Badan Usaha Konsultan Perencana Tenaga Listrik atau Direktur Jenderal*
  5. Peralatan yang diinstal

Keterangan: (*) Dalam hal tidak ada Badan Usaha Jasa Penunjang Tenaga Listrik Bidang Konsultansi Perencana, gambar instalasi sebagaimana yang dimaksud pada angka nomor 4 dapat dikeluarkan oleh badan usaha jasa pembangunan serta pemasangan instalasi penyediaan tenaga listrik sebagai bagian dari pelaksanaan pembangunan serta pemasangan instalasi penyediaan tenaga listrik tegangan rendah tanpa perlu membayar biaya gambar instalasi.

 

Klasifikasi, Tujuan Hingga Masa Berlaku Pembuatan SLO Di Jakarta Dan Sekitarnya

1. Klasifikasi tenaga listrik

Pemohon wajib mengetahui sebelum memilih tegangan listrik yang sesuai yaitu mengenai klasifikasinya. Instalasi tenaga listrik ini secara umum terbagi menjadi dua jenis yaitu untuk pemanfaatan listrik dan penyedia listriknya. Sementara untuk pemanfaatan listrik juga dibagi lagi menjadi tiga jenis.

Adapun pembagiannya yaitu memuat tegangan rendah, tegangan rendah dan tegangan tinggi. Lalu penyedia listriknya terbagi menjadi tiga jenis yaitu instalasi distribusi tenaga listrik, instalasi transmisi tenaga listrik dan juga instalasi pembangkit listrik.

2. Tujuan Penggunaan SLO Dalam Instalasi Listrik

Selanjutnya yang tidak kalah penting dalam pembuatan SLO merupakan kesesuaiannya dengan tujuan tersebut. Terdapat pula tujuan untuk penggunaan SLO PLN Jakarta sekarang adalah sebagai berikut:

  • Mempunyai tipe pengamanan untuk pemanfaatan tenaga listrik.
  • Mempunyai jenis pengamanan untuk instalasi tenaga listrik yang ada.
  • Jenis pemenuhan terkait standar yang berlaku untuk pemanfaatan dan peralatan terkait kelistrikan.

3. Pemanfaatan SLO

Selain tujuan pembuatan SLO juga mempunyai fungsi khusus yang harus memenuhi beberapa kriteria penting yang mengikat sebagai berikut:

  • Instalasi listrik yang telah terpasang harus memenuhi segala bentuk keramahan terhadap lingkungan.
  • Mempunyai tipe keamanan yang lebih baik untuk manusia serta makhluk hidup terkait.
  • Mempunyai andal dan aman untuk instalasinya.

4. Masa Berlaku

Bukan hanya wajib melakukan pembuatan SLO, pemohon pun wajib mengurus perpanjangan apabila telah habis waktunya. Waktu masa berlaku ini pun berbeda-beda tergantung dengan jenis instalasi yang ada. Masa berlakunya mulai dari lima tahunan untuk yang paling pendek, sepuluh tahun untuk menengah lalu lima belas tahun untuk yang paing lama.

 

Syarat Pengurusan SLO

Selain beberapa hal penting tersebut Anda pun wajib untuk memahami alur pembuatan SLO yang paling aman sebagai berikut:

1. Spesifikasi Teknik Dan Standar

Pemohon perlu melampirkan dokumen yang berisi spesifikasi teknik serta standart yang berlaku. Pastikan dokumen lengkap agar mempermudah proses berlangsungnya pembuatan SLO di Jakarta dan sekitarnya.

2. Spesifikasi Instalasi Dan Peralatan

Semuanya harus dalam kondisi yang baik dan layak fungsi sesuai dengan fungsinya masing-masing.

3. Diagram Dan Gambar

Hal selanjutnya yakni melampirkan gambar dan diagram yang menunjukkan alur dari instalasi listrik yang terpasang.

4. Kapasitas Dan Jenis

Dokumen yang penting berikutnya merupakan menjelaskan mengenai jenis serta kapasitas dari instalasi yang ada.

5. Lokasi Terkait

Untuk lokasi pemasangan instalasi listrik ini perlu memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku sesuai dengan tegangan yang terinstal..

6. Izin Usaha

Dalam operasional instalasi kelistrikan ini pun harus lengkap dengan terdapatnya izin usaha yang terkait. Jika tidak memiliki izin usaha maka tidak dapat melakukan operasional instalasi kelistrikan.

7. Proses Evaluasi

Apabila semua syarat dan dokumennya telah masuk dan diproses maka selanjutnya adalah evaluasi oleh petugas. Proses pembuatan SLO di Jakarta dan sekitarnya ini akan cukup memakan waktu sekitar empat harian sampai muncul hasil laik atau tidaknya. Apabila telah dinyatakan laik maka dapat lanjut untuk pengesahan dan penerbitan sertifikatnya melalui tembusan terkait.

8. Penerbitan

Apabila tidak laik hasilnya maka sertifikat otomatis tidak akan bisa terbit. Akan tetapi jika laik proses penerbitan akan terperinci sesuai jabatan yang harus mengesahkan. Maka berikutnya sertifkat akan menuju kepada pemohonnya masing-masing.

Pembuatan SLO di Jakarta dan sekitarnya ini sebenarnya tidak terlalu sulit, hanya saja keperluannya memang terbilang banyak. Jadi Anda perlu untuk melakukan pengecekan secara berkala dan rinci guna menghindari kurangnya syarat dan ketentuan. Apabila Anda masih bingung soal persyaratan dan pengurusannya, Anda dapat menghubungi kami melalui website kami disini, atau hubungi customer service kami di no WA +62(21) 543 373 45.

Kami akan membantu Anda agar lebih mudah baik dalam proses instalasinya maupun dalam pembuatan SLO di Jakarta dan sekitarnya dengan cepat dan aman serta kami menawarkan harga yang kompetitif. Kami siap melayani pembuatan SLO di Jakarta dan sekitarnya maupun seluruh wilayah di Indonesia. Silahkan menghubungi tim marketing kami melalui tautan di atas.

 

Mikmar Gracindo menyedikan layanan Panel Listrik Schneder, Low Voltage (LV) Panel, Medium Voltage (MV) Panel, Trafo Step Up, Trafo Step Down, Genset Control Panel, Lighting Panel dan panel listrik lainnya dapat menghubungi Mikmar Gracindo.