Bingung bagaimana caranya melakukan pemasangan kabel listrik agar tidak terjadi korsleting? Harus diakui proses ini memang tidak mudah, cukup sulit karena Anda perlu memperhatikan beberapa hal penting.

Oleh karena itu, dalam pembahasan kali ini kami akan memberikan berbagai macam tips mudah untuk Anda. Harapannya dengan membaca apa yang disampaikan bisa membantu mencegah kerusakan setelah semua selesai.

Tips dalam Pemasangan Kabel Listrik

electrical installation service

Poin pertama yang perlu diperhatikan adalah mengukur luas bangunan Rumah. Oleh karena itu, kami dan tim biasanya akan membuat gambar instalasi listrik rumah terlebih dulu perlu diketahui denah adalah rencana.

Mana saja yang menjadi titik pemasangan, kemudian rencana penyambungan listrik mau seperti apa. Bukan hanya hunian saja, saat melakukan proses untuk gedung atau pabrik juga perlu gambar semacam ini.

Tidak perlu bagus atau terlalu besar, cukup sederhana tetapi saat dilihat semua petugas paham bahwa per ruangan seperti apa. Dengan begini saat menentukan rencana pemasangannya mana saja, menjadi sangat mudah.

Pada denah yang sudah tersedia di dalam kertas tersebut nantinya akan ada rencana pemasangan kabel, penempatan kebutuhan kelistrikan sampai peralatan yang dibutuhkan. Bagaimana cukup rumit bukan?

Proses pemasangan tersebut memang tidak boleh sembarangan, akibatnya akan fatal. Maka dari itu harus ada pembahasan terlebih dulu mana titik paling pas. Misalnya terjadi apa-apa, penghuni rumah tetap selamat. Setelah gambar tersebut jadi secara total dan disepakati oleh semua orang. Maka langkah selanjutnya adalah

1. Melihat Ukuran dan Menentukan Daya

Proses berikutnya dalam instalasi kabel listrik adalah menentukan dayanya serta ukuran rumah seluruhnya. Hal tersebut digunakan agar mengetahui seberapa kebutuhan kabel listrik tersebut. Selain itu, menentukan kelengkapan lainnya.

Misalnya, berapa jumlah saklar yang harus terpasang, lampu, fitting dan lain sebagainya. Semua itu harus terperinci dan detail. Harus diakui kebutuhan Gedung serta pabrik jauh lebih rumit dan banyak.

Inilah alasannya mengapa sebelum melakukan pemasangan kabel harus tahu denahnya terlebih dulu. Jadi, tidak akan memaksakan jumlah kabel yang tersisa, hal tersebut sangat berbahaya dan tidak direkomendasikan.

Setelah melihat semuanya sekarang waktunya menentukan dayanya. Pada dasarnya menentukan berapa besar untuk rumah itu mudah. Sesuaikan saja berapa kebutuhan dan pemakaiannya, begitu juga dengan pabrik.

Penentuan daya seperti ini juga berpengaruh kepada jumlah pemasangan kabel. Maka dari itu perhatikan dengan benar. Kira-kira Anda membutuhkan berapa agar semua kebutuhan tercukupi tanpa takut terjadi arus pendek.

Dari penentuan ini para teknisi juga bisa menentukan peralatan lainnya. Karena ada beberapa komponen harus ikut serta dalam proses ini agar sistem keamanan kelistrikannya mampu berjalan baik.

2. Persiapan Peralatan Kelistrikan

Tips pemasangan kabel untuk instalasi berikutnya adalah mempersiapkan semua peralatan kelistrikan salah satunya adalah MCB. Bukan hanya rumah saja, melaikan pabrik dan perkantoran dengan gedung bertingkat juga perlu.

Dalam persiapan peralatan kelistrikan tersebut, Anda harus tahu kira-kira butuh berapa. Contohnya rumah besar terdiri dari 3 lantai. Setidaknya memakai 3 MCB demi keamanan. Pembagian jaringan tersebut sangat penting

Dengan begini, Anda tidak perlu khawatir kemungkinan terjadi over capasity dalam satu ruangan sangat mungkin terjadi. Bila nantinya dalam pemasangan kabel terjadi kerusakan, maka para teknisi akan mudah mencari penyebabnya.

Inilah alasannya mengapa dalam instalasi tersebut harus memecah alirannya menjadi beberapa. Jangan pernah dijadikan satu agar saat rusak bisa dicari dan tidak menyebar ke jaringan lainnya.

3. Penggunaan Peralatan SNI

Tips berikutnya pada sangat pemasangan kabel ini adalah menggunakan peralatan SNI. Artinya semua yang digunakan itu harus benar-benar berkualitas bagus. Jangan hanya asal begitu saja, karena cukup berbahaya.

Kualitas bagus seperti ini biasanya hanya ada pada perusahaan jasa yang berpengalaman dan sudah terpercaya oleh seluruh pelanggan. Penggunaan SNI seperti ini dapat meminimalkan terjadinya hal tidak diinginkan.

Dalam menghadapi aliran listrilk, kabel dengan kualitas menengah ke bawah biasanya mempunyai ketahanan yang cukup rendah. Tidak heran bila usianya tidak bisa lama, kemungkinan 1 tahun harus ganti.

Berbeda dengan pemasangan kabel yang sudah terverifikasi. Kemampuannya menahan arus yang terkadang berlebihan dapat mencegah terjadinya kerusakan. Dengan begini kemungkinan adanya arus pendek dapat terhindarkan.

Bahan instalasi listrik standar nasional Indonesia sekarang sudah banyak. Hanya saja, jangan sampai tertipu karena, yang memalsukannya juga tidak sedikit. Maka dari itu percayakan semuanya kepada jasa instalasi saja.

Dengan begini Anda tidak perlu pusing mencari dan memasangnya. Semua sudah dikerjakan dan tunggu hasilnya, bila kurang memuaskan bisa mengajukan keluhan semua akan tertangani segera, menyenangkan sekali bukan?

4. Membuat Pipa untuk Jalur Kabel

Tips selanjutnya dalam melakukan pemasangan kabel adalah membuat jalur pipa sesuai dengan lintasan kabel yang tersedia pada gambar. Nantinya, penghubung arus ini akan disimpan di dalam tembok.

Dengan begini Rumah atau bangunan Anda tetap bagus dan mempunyai nilai estetika tinggi. Selain itu, memasukkan ke dalam tembok juga menjadi salah satu upaya terbaik melindunginya dari berbagai serangan.

Contohnya ada tikus, terkena air, dan kemungkinan lainnya. Tetapi, jangan langsung di tanam saja, usahakan memasukkan pipa agar kabel tersebut tetap aman. Dalam pemilihan pipa juga harus disesuaikan.

Mulai dari ukurannya, kualitas serta ketahanannya, dengan begini ketahanannya bisa sampai lama. Saran dari kami memakai pipa PVC saja karena kemampuannya memang mumpuni. Tahan terhadap korosi serta berbagai bahan kimia.

Walau berada di dalam tembok, kemungkinan terjadinya korosi sangat tinggi karena kondisinya lembab. Hal tersebut yang perlu diperhatikan sebelum melakukan pemasangan kabel. Bagaimana merasa rumit membaca tips di atas?

Jika iya, tidak perlu khawatir karena sekarang sudah ada jasa instalasi yang siap memberikan pelayanan terbaik dan sudah kerja sama dengan berbagai pelanggan. Hampir semua menyukainya, apa itu?

Perusahaan Jasa Instalasi Listrik Terpercaya 

Mikmar Gracindo Logo

Mikmar Gracindo merupakan perusahaan jasa instalasi listrik berkompeten dan sudah berpengalaman. Mempunyai berbagai fasilitas terbaik untuk para pelanggannya, seperti produk selalu ready, seperti saat memasang kabel.

Kami menggunakan produk SNI dijamin kualitasnya bagus dan tahan lama. Beberapa pelanggan mengaku cukup senang dengan apa yang diberikan karena, ketahanannya memang lama. Sehingga dapat menekan biaya operasional.

Lalu bagaimana caranya menghubungi kami? Langsung saja, hubungi via WA, Customer service Mikmar Gracindo akan menjawabnya dengan ramah.

Kami juga memberikan sesi konsultasi gratis, mengenai pemasangan, serta berbagai keluhan mengenai instalasi listrik, bagaimana menyenangkan bukan?

Customer service kami akan memberi tahu bagaimana alur kerja sama dengan kami, harga, kemudian layanan apa saja yang akan didapatkan. Rasakan pengalaman berbeda bersama Mikmar Gracindo.

Sistem kelistrikan menjadi poin utama dalam pembangunan rumah atau gedung. Jangan sampai salah terutama dalam pemasangan kabel, Hasilnya bisa cukup fatal salah satunya terjadi korsleting listrik.

Mikmar Gracindo menyedikan layanan Panel Listrik Schneder, Low Voltage (LV) Panel, Medium Voltage (MV) Panel, Trafo Step Up, Trafo Step Down, Genset Control Panel, Lighting Panel dan panel listrik lainnya dapat menghubungi Mikmar Gracindo.

Baca juga : Supplier Panel Listrik Schneider: Jenis dan Spesifikasi Panel