Panel tegangan menengah Jakarta memang merupakan salah satu kebutuhan yang paling dicari. Hal ini karena pembangunan gedung baru dan besar terus dilakukan di Jakarta begitu juga dengan kota – kota besar lainnya. Pembangunan tentu membutuhkan listrik

Seperti yang Anda tahu, listrik kini menjadi kebutuhan paling penting dalam kehidupan. Karena kini banyak kegiatan yang hanya bisa dilakukan dengan adanya listrik. Mulai dari penerangan ruangan, operasi komputer, dan jenis alat elektronik lain yang menunjang segala kegiatan.

Dalam gedung – gedung yang baru dibangun, berbagai kegiatan pasti dilakukan dengan tujuannya masing – masing. Itulah mengapa di setiap sudut tertentu gedung besar terdapat sebuah kotak berbentuk balok dan berwarna abu – abu. Inilah yang disebut dengan panel.

Distributor Panel Box Harga Terjangkau

Salah satu panel yang sering sekali digunakan dalam gedung – gedung besar adalah panel tegangan menengah. Jenis ini juga bisa disebut dengan cubicle atau medium volt. Panel tegangan menengah Jakarta bisa ditemukan dengan mudah di salah satu tempat terpercaya

Salah satu tempat jual panel terbaik ini adalah Mikmar Gracindo. Disini Anda bisa menemukan barang berkualitas dengan harga terjangkau begitu juga dengan jasa pemasangan dan produk lainnya. Namun sebelum itu, Anda harus paham terlebih dahulu apa saja fungsi panel ini.

Medium volt atau cubicle memiliki beberapa jenis yang harus dipasang bersama untuk bisa membahu – bahu menyampaikan arus listrik agar bisa digunakan oleh alat – alat elektronik di dalam gedung, serta keperluan lain yang membutuhkan listrik dalam jumlah besar atau kecil.

 

Fungsi Panel Tegangan Menengah Jakarta

Sebenarnya selain tegangan menengah terdapat jenis lain yaitu tegangan rendah. Namun dalam gedung – gedung besar, jenis tegangan menengah lebih banyak digunakan. Hal ini karena medium volt lebih cocok untuk mengalirkan daya arus besar ke berbagai alat elektronik.

Jika Anda awam dalam hal ini, mungkin Anda bertanya – tanya mengapa keberadaan panel tegangan menengah sangat penting dalam gedung. Selain untuk memenuhi kebutuhan listrik dalam gedung untuk berbagai aktivitas, inilah fungsi – fungsi cubicle tegangan menengah

1. Menerima Arus dari Sumber Utama

Fungsi utamanya adalah menerima arus listrik dari sumber utama. Setiap tegangan memiliki sumber utama yang mengandung listrik dalam jumlah besar. Sumber ini digunakan oleh beberapa panel untuk disalurkan ke semua cabang yang membutuhkan

Panel tegangan menengah Jakarta diperlukan dalam gedung – gedung, baik gedung kantor, pusat belanja, rumah sakit maupun lainnya. Karena fungsi utama ini menjadi awal mengapa segala kegiatan yang membutuhkan listrik bisa berjalan dengan baik.

Setelah menerima arus dari sumber utama, tentu arus ini dialirkan ke komponen lainnya dan diatur tegangannya. Hal ini dilakukan sebelum arus lebih banyak disalurkan ke alat – alat elektronik di dalam gedung.

 

2. Menyalurkan dan Memutuskan Arus

Panel tegangan menengah Jakarta yang bisa dibeli di tempat terbaik juga berfungsi menyalurkan dan memutuskan arus. Anda bisa mendapatkan panel terbaik hanya di Mikmar Gracindo agar mendapatkan fungsi ini dengan maksimal.

Fungsi menyalurkan dan memutuskan arus ini dapat didapatkan sesuai kondisi. Pastinya menyalurkan listrik merupakan salah satu fungsi yang akan dilakukan oleh panel setiap hari. Namun di kondisi tertentu, panel juga bisa memutuskan aliran listrik.

Penyaluran dan pemutusan arus dilakukan dengan komponen yang berbeda dalam panel. Itulah mengapa di beberapa kondisi harus memutuskan aliran listrik, petugas akan membuka panel untuk melakukan hal tersebut.

 

3. Mengukur Arus Listrik

Salah satu komponen dalam panel tegangan menengah Jakarta adalah metering. Dengan komponen ini arus yang masuk akan diukur terlebih dahulu. Daya yang masuk dari sumber listrik bisa berukuran terlalu besar, biasa atau terlalu rendah.

Pengukuran ini dilakukan agar mengetahui besaran listriknya. Karena sebelum dialirkan lebih jauh sampai ke alat elektronik, tegangan perlu diatur dahulu. Setiap alat elektronik memiliki kebutuhan daya berbeda – beda dan tidak boleh melebihi kebutuhan.

Yang terjadi pada alat elektronik ketika melebihi kebutuhan daya adalah alat elektronik bisa rusak, bahkan bisa mengejutkan sumber pemberi listrik sehingga mematikan seluruh daya. Sedangkan jika kekurangan maka nyala alat elektronik tidak maksimal

 

4. Menurunkan dan Menaikkan Tegangan

Di dalam komponen sama dengan metering, panel tegangan menengah Jakarta juga berfungsi untuk menaikkan dan menurunkan tegangan. Setelah pengukuran tegangan, maka panel sudah mengetahui berapa banyak yang harus dinaikkan atau turunkan.

Karena kebutuhan daya listrik alat elektronik berbeda – beda, maka cubicle akan berusaha menurunkan atau menaikkan tegangan sesuai kebutuhan. Proses ini akan dilakukan cepat karena alat elektronik biasanya menyala dalam waktu bersamaan.

Fungsi ini membuat medium volt sangat dibutuhkan. Namun fungsi ini bisa didapatkan hanya jika menggunakan medium volt dengan kualitas terbaik. Kualitas baik juga akan menjamin proses kerja panelnya menjadi baik.

 

5. Mengendalikan Arus Listrik

Adanya panel tegangan menengah Jakarta akan membantu pihak pemilik gedung atau petugas kelistrikan mengendalikan arus listrik sesuai kebutuhan. Hal ini sering diperlukan jika terjadi keadaan darurat.

Listrik merupakan salah satu kebutuhan paling penting, namun di beberapa kondisi hal ini bisa menjadi sangat berbahaya jika terjadi kecelakaan atau perilaku tidak hati – hati dalam penggunaannya. Adanya panel ini akan memudahkan pengendalian arus listrik.

 

6. Melindungi Sirkuit

Istilah sirkuit lebih sering digunakan saat membicarakan balapan motor atau mobil. Namun istilah ini juga sering digunakan dalam kelistrikan. Setiap listrik memiliki sirkuit yang harus dilindungi dari berbagai hal yang membahayakan seperti air dan kelembapan

Sirkuit dalam kelistrikan memiliki ujung. Perlindungan ini diberikan kepada ujung sirkuit tersebut, karena di dalam medium volt terdapat komponen khusus yang berfungsi sebagai proteksi sirkuit.

Dengan menggunakan panel tegangan menengah Jakarta terbaik, tentu sirkuit bisa terlindungi dengan baik. Anda pasti paham apa dampak jika sirkuit dalam kelistrikan terkena hal – hal berbahaya, pasti dampak yang ditimbulkan juga akan berbahaya.

 

7. Membagi Arus Listrik

Membagi arus listrik juga menjadi salah satu fungsi medium volt. Setelah arus listrik diukur dan diatur besarannya, maka selanjutnya adalah membagi arus ini ke berbagai alat elektronik sesuai kebutuhan. Terdapat komponen khusus untuk melakukan proses pembagian ini di dalam panel tegangan menengah Jakarta.

Pembagiannya juga dilakukan dengan cepat karena penggunaan alat elektronik dalam jumlah besar dan waktu bersamaan. Kinerja medium volt harus bisa mengimbangi kebutuhan alat – alat elektronik yang akan dioperasikan.

Fungsi – fungsi panel akan sangat bermanfaat bagi gedung – gedung besar. Pengeluaran untuk cubicle ini pasti besar untuk gedung karena jumlahnya harus banyak. Namun Anda tidak perlu khawatir dengan pengeluaran besar ini ketika belanja kebutuhan panel di Mikmar Gracindo.

Mikmar Gracindo merupakan tempat di Jakarta yang bisa memenuhi kebutuhan panel dengan harga terjangkau namun berkualitas. Kunjungi website mikmargracindo.com atau hubungi WA admin di nomor 08118847345 untuk pemesanan panel tegangan menengah Jakarta terbaik.

 

logo final mikmar gracindo-small

Mikmar Gracindo menyedikan layanan Panel Listrik Schneder, Low Voltage (LV) Panel, Medium Voltage (MV) Panel, Trafo Step Up, Trafo Step Down, Genset Control Panel, Lighting Panel dan panel listrik lainnya dapat menghubungi Mikmar Gracindo.