Kebutuhan terhadap panel tegangan menengah berkualitas sudah semakin lonjak hingga kini. Bersama dengan banyaknya gedung baru yang di bangun baik di kota besar seperti Jakarta maupun kota – kota besar lainnya, kebutuhan listrik yang besar juga harus dipenuhi.

Dalam berbagai bangunan, baik rumah maupun gedung besar dan kecil semuanya pasti membutuhkan listrik. Karena listrik dapat membantu memudahkan segala pekerjaan atau kegiatan lain yang dilakukan manusia. Kebanyakan kegiatan sekarang bergantung pada listrik

Adanya panel dan trafo akan membantu menyediakan kebutuhan listrik di dalam bangunan. Keduanya memiliki fungsinya masing – masing, namun jika membicarakan kebutuhan listrik di dalam gedung besar, tentu jenis panel yang dibutuhkan adalah tegangan menengah.

panel tegangan menengah berkualitas

Untuk memenuhi kebutuhan panel tegangan menengah berkualitas, Anda bisa membeli atau memesannya di tempat terbaik seperti Mikmar Gracindo. Di tempat ini, Anda bisa memenuhi kebutuhan panel lengkap dengan jasa pemasangannya di gedung – gedung besar.

Namun untuk memenuhi kebutuhan ini, Anda harus bisa memperkirakan berapa banyak panel yang dibutuhkan. Jenis tegangan menengah bisa juga disebut dengan cubicle atau medium volt. Dibanding jenis lainnya, medium volt memang dianggap paling cocok di gedung besar.

Hal ini karena fungsi cubicle medium volt lebih cocok untuk aliran arus listrik di gedung besar dengan kebutuhan alat elektronik beragam. Anda juga harus memahami komponen apa saja yang terkandung di dalam beserta fungsi masing – masing untuk lebih memahami medium volt.

 

Komponen Panel Tegangan Menengah Berkualitas

Harga Panel Medium Voltage

Cubicle medium volt memiliki 3 jenis yang harus bekerja dalam waktu bersamaan. Ketiga jenis tersebut adalah incoming, metering dan outcoming. Ketiga jenis ini tidak dibeli secara terpisah karena memang harus digunakan secara bersamaan. Sehingga bisa menyesuaikan kebutuhan Anda.

Jika satu jenis saja yang tidak ada, maka cubicle medium volt tidak akan bisa beroperasi. Hanya dengan beroperasi bersama, Anda bisa mendapatkan manfaat dari panel secara maksimal. Inilah komponen – komponen yang ada di dalam panel medium volt dan perlu Anda ketahui lebih lanjut.

1. Heater

Komponen panel tegangan menengah berkualitas yang dapat melindungi keseluruhan komponen adalah heater. Komponen ini berfungsi untuk menjaga kelembapan udara, sebab kelembapan udara dapat menimbulkan karatan atau kondisi lain yang berbahaya.

Heater dapat tetap berfungsi meskipun tidak ada asupan daya listrik, karena komponen ini sengaja dibuat agar menjaga kondisi kelembapan normal seluruh komponen dalam panel. Sebagian besar isi cubicle medium volt adalah kabel dan besi yang bisa berkarat

Sekali terjadi karatan, tentu ini akan menyebar ke seluruh komponen dan menyebabkan kerusakan. Peristiwa kerusakan akibat karat ini jarang terjadi, namun jika Anda pemilik gedung yang menggunakan panel, maka Anda beruntung dengan adanya heater.

 

2. Fuse

Di dalam panel pasti terdapat trafo yang berfungsi menurunkan atau menaikkan daya. Bagian ini merupakan bagian terpenting dalam cubicle medium volt, sehingga memerlukan proteksi cukup penuh. Fuse inilah yang memiliki fungsi melindungi trafo

Trafo di dalam panel tegangan menengah berkualitas berpotensi mengalami gangguan yang disebabkan oleh arus listrik berlebih dari daya yang bisa ditampungnya. Kerusakan pada trafo juga bisa menimbulkan kejutan listrik yang bisa merusak beberapa bagian

Tidak hanya merusak bagian – bagian di dalam, namun kejutan listriknya juga bisa merusak sebagian alat elektronik yang sedang digunakan. Keadaan ini bisa membahayakan namun dengan adanya fuse, kondisi seperti ini bisa terhindarkan.

 

3. Trafo Tegangan

Trafo tegangan memiliki fungsi menurunkan dan menaikkan daya yang diterima, serta disesuaikan dengan kebutuhan daya. Panel tegangan menengah berkualitas pasti mengandung komponen ini terutama jika Anda membelinya di Mikmar Gracindo.

Tanpa trafo tegangan, maka daya yang diterima tidak bisa disalurkan dengan baik ke alat – alat elektronik. Karena setiap alat elektronik membutuhkan daya yang berbeda – beda. Itu sebabnya trafo tegangan menyesuaikan dayanya dahulu sesuai kebutuhan.

Berbagai alat elektronik di dalam gedung terbagi menjadi 2, yaitu alat elektronik tegangan tinggi dan alak elektronik tegangan rendah. Kebutuhan keduanya harus sesuai tidak boleh lebih dan kurang, karena jika tidak sesuai bisa menimbulkan dampak bahaya.

 

4. PMS

PMS disebut juga dengan pemisah atau disconnecting switch. Bagian dari panel tegangan menengah berkualitas ini berfungsi sebagai pemutus saklar utama serta menyambungkannya lagi sesuai keadaan. Prosesnya juga bisa berjalan dengan cepat.

Terkadang, terdapat beberapa kondisi dalam gedung yang mengharuskan pemutusan atau pemisahan aliran listrik. Jika proses oleh PMS tidak bisa dilakukan dengan cepat, maka dampak lainnya bisa timbul dan membahayakan orang – orang di dalamnya.

 

5. Busbar

Semua daya listrik yang sudah diukur dan diatur ketinggian serta kerendahannya akan berkumpul di dalam busbar. Busbar merupakan bagian dari panel tegangan menengah berkualitas yang berfungsi mengumpulkan dan membagikan arus listrik.

Meskipun ada banyak jumlah alat elektronik yang beroperasi dalam gedung, busbar dapat menyebarkan atau membagikan arus listrik sesuai kebutuhan dengan cepat. Namun hal ini juga harus disertai daya listrik pas untuk busbar yaitu 20 kilo volt.

Bisa dibilang, busbar ini merupakan komponen terakhir dengan pekerjaan memberikan asupan listrik pada setiap kegiatan yang membutuhkannya di dalam gedung. Sehingga tidak mungkin komponen busbar ini tidak ada dalam setiap panel medium volt.

 

6. Circuit Breaker

Bagian ini berfungsi sebagai pemutus aliran yang bisa digunakan secara manual ataupun otomatis. Fungsinya mirip dengan bagian PMS atau pemisah, hanya saja kedua bagian ini memiliki tempat yang berbeda – beda.

PMS berada dalam bagian incoming sedangan circuit breaker atau pemutus sirkuit berada dalam bagian outcoming. Komponen ini memiliki fungsi penting dan lebih baik lagi jika berada dalam panel tegangan menengah berkualitas dari Mikmar Gracindo.

Barang berkualitas tidak hanya menunjukkan kualitasnya secara fisik namun juga bagian dalamnya. Semua komponen ini pasti ada dalam setiap panel tegangan menengah namun bagus tidaknya kinerja setiap komponen dapat dinilai dari kualitas panelnya.

 

7. Trafo Arus

Selain trafo tegangan, di dalam panel tegangan menengah berkualitas juga terdapat trafo arus. Trafo arus berfungsi alat ukur tegangan, komponen ini bekerja sebelum arus listrik mulai diturunkan atau dinaikkan tegangannya serta dibagikan ke seluruh alat.

Untuk mengetahui ukuran daya maka harus diukur dahulu. Listrik yang mengalir dari sumber terkadang memiliki besaran yang berbeda, tentunya besaran ini tidak bisa diterapkan secara langsung ke alat – alat elektronik agar tidak memberi dampak bahaya.

Berbagai komponen dalam cubicle medium volt bekerja sama untuk memenuhi kebutuhan listrik dengan baik. Akan lebih baik lagi jika Anda memesan barang ini hanya di Mikmar Gracindo dengan semua produk dan jasa berkualitasnya namun harga tetap terjangkau.

Kami sudah berdiri di Jakarta sejak 2011, hingga kini terus memenuhi kebutuhan kelistrikan dengan produknya. Hanya disini, Anda bisa mendapat panel tegangan menengah berkualitas dengan menghubungi nomor WA 08118847345 atau mengunjungi website mikmargracindo.com.

 

logo final mikmar gracindo-small

Mikmar Gracindo menyedikan layanan Panel Listrik Schneder, Low Voltage (LV) Panel, Medium Voltage (MV) Panel, Trafo Step Up, Trafo Step Down, Genset Control Panel, Lighting Panel dan panel listrik lainnya dapat menghubungi Mikmar Gracindo.